Carisinyal / Tips Membeli iPhone / 10 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Mudah

10 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 November 2019

Sejak awal kemunculannya, iPhone menjadi smartphone bertaraf high-end yang versi terbarunya selalu dinanti-nanti oleh sekian banyak orang. Hingga kini, iPhone masih dianggap sebagai ponsel ‘mewah’ nan canggih. Bahkan, sebagian besar penggemar produk Apple rela mengantri atau melakukan pre-order  untuk mendapatkan iPhone seri terbaru.

Jangan heran ketika satu unit iPhone terbaru bisa dibandrol dengan harga belasan juta. Dari awal kehadirannya, iPhone memang selalu dijual dengan harga yang tinggi. Hal tersebut membuat iPhone menjadi memiliki trademark sebagai ponsel mahal yang dapat meningkatkan gengsi.

Nah, karena hal inilah iPhone selalu diminati oleh banyak orang. Bahkan, karena permintaan pasar yang banyak, kini beredar pula iPhone palsu. iPhone palsu merupakan handset supercopy atau rekondisi yang dilakukan bukan oleh toko resmi Apple.

Supercopy adalah tiruan yang sangat mirip dengan aslinya. Sedangkan rekondisi adalah iPhone refurbish atau gagal produksi yang dipoles ulang agar nampak seperti baru. Sekilas tampilan iPhone KW ini memang nampak persis dengan aslinya. Namun, selalu saja ada cara cek iPhone asli untuk membedakan dengan yang palsu.

Pada umumnya, iPhone palsu dijual dengan harga yang lebih miring dari aslinya. Sebagai contoh, iPhone 6s yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu dijual dengan harga Rp 10.500.000 – Rp 13.500.000 di Authorized Reseller Apple. Namun, beberapa situs penjual smartphone KW menawarkan iPhone 6s dengan harga 3-5 jutaan saja.

Nah, di sini Anda jangan tergiur dulu dengan harga miring yang ditawarkan, karena umumnya itu adalah iPhone palsu atau rekondisi tidak resmi. Selain tidak memiliki garansi, smartphone tersebut juga akan cepat dalam waktu beberapa bulan saja.

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu

Nah, jika Anda berniat untuk membeli iPhone dalam waktu dekat ini, pastikan Anda memilih iPhone yang original. Ada beberapa cara untuk membedakan iPhone asli dengan yang palsu. Cara-cara berikut ini dapat membantu Anda untuk mengenali iPhone yang asli:

1. Material iPhone Berbeda dari yang Lain

cara cek iphone supercopy

Karena iPhone dipasarkan untuk kalangan menengah ke atas, maka dapat dipastikan bahwa smartphone besutan Apple ini menggunakan material premium yang tidak sama dengan smartphone lain. Selain iPhone 5c, hampir semua perangkat iPhone mengusung material logam dan kaca berkualitas tinggi.

Jenis material tersebut akan sangat terasa kuat dan kokoh dalam genggaman tangan Anda. Nah, sedangkan iPhone palsu mungkin menggunakan material yang lebih ringkih. Jika diperhatikan lebih seksama, maka Anda bisa dengan mudah melihat perbedaan mencolok antara iPhone asli dan palsu tersebut.

2. Hanya iPhone Asli yang Menggunakan Retina Display

iphone supercopy

Retina display adalah bagian dari produk-produk Apple. Tentu saja vendor lain tidak bisa menggunakan teknologi ini. Retina display adalah teknologi pada tampilan layar iPhone. Teknologi ini mulai dikenalkan pada iPhone 4. Sejak saat itu, semua seri iPhone mengusung layar retina ini.

Tampilan dari retina display ini sangat jernih dan halus. Matriks kecil pada layar hanya akan terlihat dalam jarak dekat atau dengan bantuan kaca pembesar. Dengan kata lain, retina display membuat layar iPhone memiliki resolusi yang tinggi. Sedangkan, iPhone supercopy atau KW umumnya mengusung layar dengan resolusi rendah. Jadi, matriks-matriks piksel akan terlihat secara lebih jelas.

3. iTunes Hanya Mampu Mendeteksi iPhone Asli

cara backup iphone itunes

Salah satu cara cek iPhone asli atau palsu adalah dengan menghubungkan ponsel tersebut ke komputer yang sudah terpasang iTunes. Seperti kita ketahui, iTunes merupakan aplikasi wajib untuk memasukan lagu, video, dan file lainnya ke dalam iPhone.

Jika iTunes bisa mendeteksi ponsel yang Anda hubungkan, maka dapat dipastikan bahwa ponsel itu adalah iPhone asli. Sebaliknya, apabila iTunes tidak bisa membaca iPhone yang Anda hubungkan dengan komputer, maka Anda perlu curiga bahwa itu iPhone palsu.

4. iPhone Asli Memiliki App Store

apple app store

Untuk menguji keaslian iPhone, Anda harus membuka App Store melalui iPhone tersebut. Apabila Anda bisa menemukan dan membuka App Store, maka dapat dipastikan bahwa iPhone itu asli. Akan tetapi, bila di iPhone Anda tidak bisa mengaksesnya, maka Anda harus curiga dengan keasliannya.

Lebih parah lagi apabila di dalamnya Anda menemukan Google Play Store atau Windows Phone Store, kami menjamin bahwa iPhone itu palsu. App Store adalah merk dagang dari Apple. Tentu saja App Store hanya ada di iPhone, iPod atau iPad yang asli.

5. Screenshot Melalui Tombol Tertentu Pada iPhone

cara screenshot iphone 5

Di iPhone asli untuk mengambil screenshot Anda hanya perlu menekan tombol ‘Home’ dan ‘Lock’ secara bersamaan. Tentu saja iPhone yang palsu tidak bisa mengambil screenshot dengan cara yang sama. Melalui cara ini, Anda bisa mengenali iPhone asli atau palsu dengan sangat cepat.

6. Harga iPhone Palsu Terlampau Jauh Lebih Murah dari Aslinya

cara cek iphone asli

Berbicara soal harga, siapa yang tidak tergiur dengan iPhone 6s yang ditawarkan dengan harga 3 juta saja? Bahkan, banyak orang yang rela membeli smartphone mutakhir dari Apple ini dengan harga 7 juta. Namun, di sini Anda patut curiga jika menemui penjual yang menawarkan iPhone dengan harga yang sangat miring. Karena bisa jadi itu adalah iPhone KW, supercopy atau rekondisi.

Dewasa ini, masih ada saja pedagang nakal yang menjual iPhone palsu dengan harga yang setara dengan iPhone asli. Nah, untuk hal yang satu ini Anda perlu hati-hati dan waspada. Karena Anda perlu melakukan cara cek iPhone asli atau palsu di atas.

7. Cek garansi iPhone Anda

cara cek garansi iphone

Bila Anda membeli iPhone di official store Apple atau distributor resmi Apple, maka sudah bisa dipastikan bahwa garansi iPhone Anda asli. Anda bisa mengecek keaslian garansi iPhone melalui situs resmi Apple atau dari informasi garansi yang tertera pada ponsel Anda.

Akan tetapi, bila Anda membeli iPhone di tempat yang belum terjamin resmi, sebaiknya tanyakan ke seller mengenai garansinya karena selain garansi resmi ada juga iPhone yang dijual dengan garansi distributor dan garansi toko. Jika si penjual tetap bersikukuh bahwa garansinya asli, sebaiknya langsung cek garansinya melalui ponsel yang akan dibeli itu. Panduan mengecek garansi iPhone bisa Anda baca di sini.

8. Cek kesamaan IMEI di sistem, fisik, dan dus iPhone

cara cek imei iphone asli

Ketika Anda baru saja membeli iPhone, jangan lupa cek kesamaan IMEI yang terdapat pada sistem, fisik, dan dus iPhone. Ciri-ciri iPhone yang asli tentu semua IMEI yang ada di sistem, fisik, dan dusnya sama.

Cara cek iPhone asli atau palsu melalui nomor IMEI ini sebenarnya adalah cara yang paling mudah. Batalkan pembelian jika ada salah satu nomor IMEI yang berbeda di 3 bagian tersebut. Selain itu, Anda pun bisa mengecek IMEI melalui iTunes. Untuk mengetahui cara cek IMEI iPhone yang lebih lengkap, silakan klik di sini.

9. Tidak ada slot memori eksternal

Tidak ada slot memori eksternal

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa iPhone selalu menawarkan memori internal yang besar? Bahkan, baru-baru ini iPhone juga mengeluarkan varian memori internal 256GB. Ini adalah kapasitas penyimpanan yang sangat besar bagi sebuah smartphone. Apple sengaja memberikan kapasitas memori internal yang besar karena iPhone tidak dibekali dengan slot memori eksternal.

Hal ini sangat berbeda dengan smartphone Android masa kini yang pasti menyediakan slot memori eksternal hingga 64GB. Apple merasa bahwa memori internal yang diberikan sudah cukup untuk menyimpan berbagai data penggunanya. Jadi, jika Anda menemukan iPhone yang memiliki slot memori eksternal, itu artinya Anda harus waspada bahwa iPhone tersebut adalah palsu.

10. Cek fitur iPhone yang akan dibeli

Cek fitur iPhone yang akan dibeli

Semua seri iPhone 5s ke atas bisa dipastikan bahwa sudah dibekali dengan fingerprint. Bila Anda membeli iPhone 7s tapi tidak ada fitur fingerprint, maka bisa jadi bahwa iPhone yang Anda beli itu palsu. Di samping itu, iPhone adalah ponsel single SIM alias ponsel yang hanya bisa menggunakan satu kartu SIM.

Apabila Anda mendapati iPhone dengan fitur dual SIM, bisa kami pastikan bahwa iPhone itu palsu. Apalagi jika iPhone tersebut memiliki fitur aneh-aneh yang tidak dimiliki iPhone, seperti TV Analog, dll, maka sebaiknya jangan beli iPhone tersebut karena iPhone asli tidak mungkin disertai dengan fitur yang seperti itu. Cara cek iPhone asli atau palsu melalui cara ini harus dilakukan ketika Anda memegang langsung iPhone yang akan dicek.

Karena banyak iPhone palsu yang beredar di pasaran, sebaiknya Anda harus ekstra hati-hati kala ingin membeli iPhone secara online. Pasalnya, ketika Anda membeli secara online, maka Anda tidak bisa melakukan pengecekan fisik pada iPhone tersebut.

Agar lebih aman, sangat disarankan bagi Anda untuk membeli iPhone di Authorized Reseller Apple yang ada di Indonesia. Meskipun Anda membeli di gerai resmi Apple tetap lakukan pengecekan untuk membedakan iPhone asli dan palsu.

Agar tidak mudah terkecoh, Anda juga dapat melihat daftar merk iPhone palsu yang beredar saat ini pada artikel ini. Silahkan baca artikel tersebut agar Anda mengetahui merek, ciri-ciri, serta berbagai karakteristik dari iPhone replika tersebut.

Ada banyak cara cek iPhone asli atau tidak. Anda juga dapat membedakan iPhone asli atau palsu melalui imei iPhone. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk membeli iPhone secara offline jika Anda ingin melakukan pengecekan fisik, spesifikasi, dan material secara langsung.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. nice information, tapi sedikit ada yg typo di poin 10 (Di samping itu, iPhone adalah ponsel single SIM alias ponsel yang hanya bisa menggunakan dua kartu SIM.) seharusnya “hanya bisa digunakan menggunakan satu kartu SIM”. tapi no problem lah yaa hehe, good job guys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *