carisinyal web banner retina

Inilah Cara Mengaktifkan Tombol Home di iPhone

Ditulis oleh Aris Wibowo

Produk Apple iPhone terbaru menghadirkan desain layar sentuh yang kian berkualitas dan nyaman digunakan. Sayangnya, desain iPhone terbaru saat ini menghilangkan tombol home yang menjadi ciri khas iPhone selama ini.

Untungnya, perangkat iPhone dengan iOS terbaru dibekali fitur Assistive Touch yang diklaim berfungsi menggantikan tombol home iPhone. Ada pula berbagai cara lain untuk mengaktifkan tombol home iPhone yang bisa Anda langsung coba berikut ini.

Cara Mengaktifkan Tombol Home iPhone

Nah, Untuk mendapatkan tombol home iPhone di seri terbaru maupun seri lama, silakan ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi "Settings" di homescreen iPhone Anda.
  • Kemudian pilih opsi "General" terletak di bagian paling atas.
Cara Mengaktikan Tombol Home iPhone
  • Pilih "Accessibility".
  • Selanjutnya pilih opsi "Touch".
Cara Mengaktikan Tombol Home iPhone
  • Di bagian ini, Anda tinggal mengaktifkan pilihan "Assistive Touch" dengan menggeser tombol sampai berwarna hijau.
Cara Mengaktikan Tombol Home iPhone
  • Untuk melakukan pengaturan lanjutan, silakan pilih "Customize Top Level Menu".
  • Di sini, Anda bisa mengatur menu atau perintah yang akan muncul pada Assitive Touch. Jangan lupa, pilih bagian "Home" pada Assitive Touch agar tombol home iPhone muncul di layar.
  • Ikon Assistive Touch sudah muncul di layar iPhone Anda berbentuk bulat transparan.
IPHONE-HOME-BUTTON

Nah, Anda dapat menekan ikon tersebut untuk melihat tombol Home virtual. Tombol ini bisa digunakan layaknya tombol home fisik. Namun, tombol home ini lebih berfungsi untuk mengembalikan tampilan iPhone ke tampilan home screen.

Bila cara di atas sedikit ribet, Anda bisa mengaktifkan fitur Assitive Touch melalui Siri. Anda cukup membuka aplikasi asisten virtual ini dan mengucapkan “Turn On Assistive Touch”. 

Sebagai catatan, fitur Assistive Touch ini dapat digeser-geser, sehingga posisinya bisa disesuaikan. Anda pun dapat menyentuh tombol home lebih cepat sesuai posisi yang diinginkan.

Fungsi Tombol Home iPhone 

iphone 14 pro dynamic island_

Apple menghadirkan tombol home pada perangkat iPhone dengan berbagai fungsi. Tidak sekadar hanya untuk tombol navigasi saja. Tombol fisik pada iPhone ini seiring perkembangan juga digunakan sebagai sistem keamanan tempat sensor sidik jari. 

Selain itu, tombol bulat di bawah layar ini juga bisa digunakan untuk navigasi kembali ke halaman layar utama atau home screen atau untuk masuk ke pusat pemberitahuan ponsel. Lalu, apa saja fungsi tombol home iPhone? Simak daftarnya berikut ini.

Tombol home iPhone bisa digunakan untuk mengontrol aplikasi musik di layar kunci. Anda dapat menekan tombol home untuk menampilkan pilihan pengaturan volume, mengganti lagu, hingga pause/play.

Anda dapat memunculkan aplikasi multitasking dengan menekan tombol home dua kali di iPhone Anda. Untuk iPhone dengan iOS 10 ke atas, Anda dapat mengakses Siri dengan menekan tombol home. Dalam iOS 11, tombol home bisa digunakan untuk menuliskan kalimat perintah untuk Siri.

Demikian cara mengaktifkan tombol home iPhone yang bisa Anda coba. Semoga dengan mengaktifkan tombol home virtual, Anda bisa lebih mudah dalam mengoperasikan perangkat iOS ini.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram