Carisinyal / Tips iPhone / Tips dan Trik Cara Restart iPhone yang Sedang Bermasalah

Tips dan Trik Cara Restart iPhone yang Sedang Bermasalah

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Oktober 2018

Melakukan restart atau reboot merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pengguna iPhone. Restart iPhone tidak dilakukan ketika handset mengalami lag, hang, atau error. Namun, Anda juga harus rutin merestart perangkat iPhone tersebut setiap harinya.

Mengapa kita perlu melakukan restart iPhone? Bukankah iPhone adalah perangkat mahal yang minim kerusakan? Jawabannya adalah karena iPhone adalah perangkat yang cukup mahal, maka Anda harus memelihara iPhone tersebut dengan cara merestartnya secara rutin.

Dengan merestart ponsel, Anda sudah membantu untuk memperpanjang usia dari perangkat tersebut karena secara otomatis akan me-refresh sistem yang ada di dalamnya. Dengan kata lain, restart juga bertindak sama dengan refresh yang ada di komputer.

Manfaat Restart iPhone

restart iphone hang

Terdapat banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan restart atau reboot iPhone. Manfaat ini akan sangat terasa apabila Anda sudah berhari-hari tidak merestart-nya.  Nah berikut adalah beberapa manfaat dari restart iPhone tersebut.

  • Ketika Sistem Mendadak Berhenti atau Malfunction

Saat sedang asyik berselancar di dunia maya menggunakan iPhone, tiba-tiba perangkat tersebut berhenti dan tidak dapat berfungsi. Jangan panik, Anda hanya perlu merestart iPhone tersebut untuk membuat sistem dapat berfungsi kembali.

  • Menyempurnakan Aplikasi yang Baru Diunduh

Bila Anda baru saja mengunduh aplikasi dari App Store atau situs lain, layar Anda mungkin akan menampilkan perintah untuk restart iPhone Anda. Lakukan hal ini untuk menyempurnakan proses instalasi aplikasi baru itu.

  • Mengurangi Beban iPhone

Siapa bilang iPhone tidak bisa overload? Sama seperti ponsel Android dan lainnya, iPhone yang digunakan terus menerus dapat menjadi overload. Hal ini disebabkan karena cache yang menumpuk dan banyaknya aplikasi yang dijalankan.

Nah, untuk mengurangi beban iPhone ini, Anda harus merestart perangkat tersebut sehingga berbagai cache akan dibersihkan. Karena jika dibiarkan begitu saja, iPhone Anda akan menjadi lag atau lemot ketika digunakan.

  • Mengistirahatkan iPhone yang Digunakan Berhari-hari

Sistem dalam suatu perangkat juga dapat merasa ‘lelah’ jika digunakan sehari-hari tanpa diistirahatkan. Merestart atau mematikan perangkat setelah beberapa hari digunakan dapat membuat perangkat tersebut menjadi lebih tahan lama. Sebaiknya, jangan lupa untuk merestart iPhone minimal 3-4 hari sekali.

  • Test Jaringan

Restart juga bermanfaat untuk mencoba jaringan yang terkoneksi pada perangkat Anda. Misalnya, ketika browsing di iPhone menjadi lemot, mungkin itu saatnya Anda merestart iPhone untuk memperbaharui koneksi jaringan. Setelah direstart, browsing di iPhone akan menjadi lebih cepat dan normal.

Manfaat restart ini tidak hanya berlaku untuk iPhone saja, tetapi untuk semua jenis gadget. Pasalnya, restart dilakukan untuk memperbarui sistem pada gadget. Sama seperti manusia, gadget juga perlu direstart untuk mengistirahatkan sistem selama beberapa saat.

Nah, jika Anda merupakan pengguna baru iPhone, mungkin Anda belum mengetahui cara restart iPhone yang tepat. Nah, kali ini Carisinyal akan membagikan beberapa cara restart Apple yang bisa Anda coba untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

Cara Restart Melalui Sistem

cara restart iphone melalui sistem

Cara pertama dan yang paling mudah adalah melalui sistem iPhone Anda. Cara restart ini merupakan cara yang dianjurkan oleh pihak Apple dan dapat dilakukan jika perangkat Anda tidak memiliki masalah yang siginifikan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai layar menampilkan slider berwarna merah
  2. Tarik slider pada layar untuk mematikan iPhone Anda
  3. Setelah iPhone mati, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai Anda melihat logo Apple pada layar

Cara Restart Secara Paksa

cara reboot iphone

Bila cara restart iPhone di atas tidak dapat bekerja pada perangkat Anda, mungkin Anda harus merestart secara paksa. Nah, berikut ini adalah cara restart secara paksa yang sebaiknya dilakukan saat keadaan darurat atau ketika iPhone tidak menjalankan perintah restart di atas:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake selama 10 detik
  2. Diamkan sampai Anda melihat logo Apple pada layar

Beda seri iPhone, beda pula cara restart paksanya. Langkah-langkah di atas dapat diaplikasikan pada iPhone 4s ke atas, dan berikut ini adalah cara merestart paksa dari perangkat iPhone 3G, 3GS, dan 4:

  • iPhone 3G bisa direstart secara paksa dengan menekan tombol Home selama 6-10 detik
  • iPhone 3GS dan 4 dapat direstart dengan cara tekan dan tahan tombol Sleep/Wake. Jika layar menampilkan slider berwarna merah, sebaiknya Anda tidak menarik slider merah tersebut, sebaiknya tekan dan tahan tombol ‘Home’ selama 6-15 detik

Cara Restart Tanpa Tombol

cara restart iphone tanpa tombol

Kenyataannya, iPhone juga dapat direstart tanpa menggunakan tombol-tombol yang terletak pada body perangkat ‘mahal’ yang satu ini. Cara yang pertama adalah dengan mengubah tampilan huruf iPhone menjadi tebal atau bold. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu ‘Settings’ pada iPhone
  2. Masuk ke menu ‘General’
  3. Pilih menu ‘Accessbility’, maka Anda akan menemukan tulisan ‘Bold Text’, ubah ke posisi ON
  4. Layar Anda akan menampilkan peringatan: Applying this setting with restart your iPhone
  5. Tekan ‘Continue’ maka iPhone Anda akan terestart dengan sendirinya

Sebagai catatan, bila Anda penggunakan iPhone dengan iOS 7 atau 8, maka Anda bisa mencoba cara restart di atas ini. Namun, jika Anda menggunakan iOS 7 ke bawah, maka Anda tidak bisa menerapkan cara restart dengan dengan huruf tebal (bold) ini.

Cara restart perangkat iPhone tanpa menggunakan tombol yang selanjutnya adalah dengan mereset pengaturan jaringan wireless yang ada di iPhone Anda. Caranya:

  1. Buka menu ‘Settings’ pada iPhone
  2. Masuk ke menu ‘General’
  3. Pilih ‘Reset Network Settings’, lalu lanjutkan dengan konfirmasi untuk merestart perangkat tersebut

Berbagai cara restart iPhone di atas aman dan tidak akan merusak perangkat Anda. Hindari merestart iPhone dengan langsung melepas baterainya dalam keadaan hidup karena hal ini bisa merusak baterai dan iPhone itu sendiri. Melepas baterai hanya dapat dilakukan bila semua cara di atas tidak dapat bekerja pada iPhone Anda.

Cara Restart iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

* sumber: osxdaily.com

Para pengguna iPhone 7 ataupun iPhone 7 Plus, kini Anda tidak perlu bingung untuk cara melakukan restart. Kali ini Carisinyal akan memberikan tutorial cara merestart iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Tekan tombol power yang ada di bagian kanan ponsel
  2. Tekan tombol volume down bersamaan dengan menekan tombol power
  3. Kemudian tunggulah beberapa detik sampai logo Apple muncul
  4. Setelah itu iPhone Anda akan secara otomatis melakukan restart
  5. Lalu, Anda hanya perlu memasukan passcode atau pun sidik jari untuk menormalkan kembali ponsel Anda

Cara Restart iPhone X dan iPhone 8

Jika Anda seorang penggunaa iPhone X dan iPhone 8, maka untuk cara melakukan restart-nya pun sedikit berbeda dengan seri iPhone lainnya. Nah, jika Anda ingin melakukan restart pada iPhone X maka ada 3 langkah berbeda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Berikut cara-caranya:

  • Melakukan restart dengan tombol samping dan volume

Melakukan restart dengan tombol samping dan volume

  1. Klik dan tahan pada tombol yang ada di bagian samping kanan bersamaan dengan tahan dan klik tombol volume up/down sampai muncul slider.
  2. Kemudian drag slider tersebut sampai iPhone X Anda benar-benar mati
  3. Setelah iPhone X mati, Anda bisa langsung klik dan tahan pada tombol yang ada di bagian samping kanan sampai muncul logo Apple

Perlu Anda ketahui bahwa cara melakukan restart dengan tombol samping dan volume ini juga berlaku bagi pengguna iPhone 8.

  • Melakukan restart di menu settings

Melakukan restart di menu settings

Selain cara di atas, ada juga cara lainnya untuk melakukan restart pada iPhone X dengan mudah yaitu tanpa menggunakan bantuan dari tombol di samping / volume. Penasaran? Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Klik pada bagian settings kemudian pilih menu general
  2. Setelah itu Anda bisa melakukan scrolling down sampai menemukan kata “Shut Down”
  3. Dan kini Anda hanya perlu klik “Shut Down” untuk melakukan restart, sangat mudah bukan?
  • Melakukan restart tanpa bantuan tombol volume

Melakukan restart tanpa bantuan tombol volume

Satu lagi cara melakukan restart pada iPhone X yakni merestart tanpa bantuan tombol volume. Cara yang satu ini terbilang lebih panjang dibandingkan dua cara sebelumnya. Nah, beginilah cara melakukannya:

  1. Buka menu settings dan klik general
  2. Kemudian, klik Accessibility
  3. Pilihlah menu Assistive Touch dan turn on Assitive Touch
  4. ketuk pada tombol Assitive Touch kemudian klik “Device” dan pilih “More”
  5. Lalu, langsung saja klik “Restart”

Waktu yang ideal untuk merestart iPhone adalah setiap hari. Akan tetapi, Anda juga dapat merestart 3-4 hari atau bahkan seminggu sekali. Pastikan Anda rutin menghapus cache dan history browser di iPhone Anda agar perangkat bebas dari lag dan masalah lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

6 pemikiran pada “Tips dan Trik Cara Restart iPhone yang Sedang Bermasalah”

  1. Makasih banyak Mas, terima kasih telah membantu saya .Awalnya saya mau buka line pindah dr ig, trs tiba” ada notif line sy pencet kok gabisa yauda saya panik disitu yauda saya diemin honya selama 3 jam lebih tapi buka apa” bisa make SIRI yauda saya langsung buka ig dan cari cara restart. Eh ketemu web ginian saya coba berhasil makasih banyak mass

Tinggalkan komentar