Carisinyal / Realme 2019 / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme XT Ini!

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme XT Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Realme menghadirkan penerus Realme X, yakni Realme XT. Kehadiran Realme XT ini tidak terpaut jauh waktunya dengan Realme X. Hal ini menunjukan kalau Realme agresif dalam menghadirkan produk baru. Hal yang sama berlaku ketika Realme merilis Realme 5 dan Realme 5 Pro yang jaraknya tidak terlalu lama dengan Realme 3 dan Realme 3 Pro.

Lantas, seperti apa Realme XT ini? Apakah Realme XT ini menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak pembahasan soal kelebihan dan kekurangan Realme XT berikut ini.

Spesifikasi Realme XT

Realme XT

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    158.7 x 75.2 x 8.6 mm
  • Berat
    183 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED
  • Ukuran
    6,4 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~402 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • GPU
    Adreno 616

Memori

  • RAM
    4 GB / 6 GB / 8 GB
  • Memori Internal
    64 GB u/ RAM 4 GB | 128 GB u/ RAM 6/8 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Fitur
    64 MP, f/1.8, (lebar), 1/1.7", 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.3, 13mm (ultra lebar), 1/4", 1.12µm
    2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm (kamera makro khusus)
    2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    16 MP, f/2.0, 1/3.1", 1.0µm
  • Fitur
    HDR, panorama
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 20W (VOOC Flash Charge 3.0)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (di bawah permukaan layar, optik), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Pearl White, Pearl Blue
  • Lainnya
    Fitur body:
    - Panel belakang dilapisi kaca Gorilla Glass 5

    OS
    - Direncanakan dapat diupgrade ke Android 10

    Fitur audio:
    - Dolby Atmos

Kelebihan Realme XT

Setelah Anda mengetahui spesifikasi Realme XT, selanjutnya mari bahas soal kelebihan dari HP ini. Ada beberapa kelebihan dari Realme XT yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut kelebihan-kelebihannya:

1. Sensor Kamera 64 MP yang Bagus

kamera realme xt

* sumber: www.gadgetsnow.com

Realme XT hadir dengan empat kamera belakang, Kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 64 MP yang memiliki bukaan f/1.8. Kamera dengan fitur PDAF ini merupakan kamera dengan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1.

Kamera kedua HP ini adalah kamera ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.3. Kamera ketiga HP ini adalah kamera yang khusus untuk kamera makro dengan sensor 2 MP yang memiliki bukaan f/2.4. Kamera terakhir adalah kamera untuk depth sensor 2 MP yang juga memiliki bukaan  f/2.4. Lantas bagaimana hasil tangkapan kamera HP ini? Mari cek hasil fotonya berikut ini!

HASIL KAMERA REALME XT

* sumber: www.gsmarena.com

HASIL KAMERA REALME XT

* sumber: www.gsmarena.com

HASIL KAMERA REALME XT

* sumber: www.gsmarena.com

Hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus. Terutama kamera 64 MP alias kamera utamanya. GSMArena menyatakan kalau hasil tangkapan kamera utama HP ini tergolong bagus. Gambar yang tersimpan adalah resolusi 16 MP menghasilkan foto yang baik dengan detail dan warna yang nyata. Noise di gambar pun tergolong rendah.

GSMArena juga memuji hasil potrait kamera HP ini. Dengan kamera 64 MP plus bantuan kamera depth sensor 2 MP, hasil potrait menunjukan gambar yang baik dengan latar blur yang tergolong meyakinkan. 

Kamera utama HP ini sendiri bisa memakai mode 64 MP sesuai resolusi yang ditawarkan. Hasil tangkapan dengan mode 64 MP juga tergolong bagus. Seperti yang diungkapkan oleh GadgetsNDTV kalau kamera 64 MP mampu memotret gambar dengan baik.

Masih menurut GadgetsNDTV, mode kamera 64 MP di HP ini dapat menghasilkan gambar yang jika diperbesar resolusinya tidak pecah alias masih tergolong bagus. Menurut mereka juga, kamera 64 MP mampu memiliki detail yang baik jika dibandingkan dengan kamera 48 MP yang ada di Xiaomi Mi A3.

Smartprix juga memuji kualitas kamera 64 MP di HP ini. Meski untuk foto malam, hasilnya tergolong lumayan. Menariknya, dengan mode malam, hasil tangkapan kamera 64 MP di malam hari tergolong bagus.

Gadgetsnow juga memuji kamera 64 MP di HP ini. Menurut mereka, secara keseluruhan, warna yang dihasilkan kamera HP ini tergolong akurat dan pemrosesan gambar juga tergolong cepat. Ada fitur untuk zoom ini sampai 10x tetapi masih menurut mereka, melakukan zoom sampai 4x saja bisa membuat gambar kurang bagus.

Bisa dibilang, untuk kualitas kamera utama dari Realme XT tergolong bagus. Terbukti, empat situs teknologi yang menguji Realme XT pada umumnya memuji kualitas kamera utama 64 MP yang ada di Realme XT.

2. Desain dan Build Quality Bagus

coloros realme xt

* sumber: www.gadgetsnow.com

Realme XT memiliki desain bodi yang keren dan terlihat premium. Bodinya sendiri terbuat dari frame plastik tetapi Realme mengemas ponsel dengan dimensi 158.7 x 75.2 x 8.6 mm dan bobot 183 gram ini dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Kalau menurut Techradar, desain bodi HP ini terlihat premium dengan balutan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Bukan cuman terlihat tetapi ketika digenggam di tangan juga feel genggamannya terasa premium di tangan dan tidak terlalu licin.

Menurut GSMArena, desain bodi HP ini tergolong ramping tanpa desain rumit. Bentuk bodinya tergolong kokoh yang membuat HP ini memang terkesan memiliki build quality yang baik. Satu kelebihan tersendiri tentunya dari Realme XT.

3. Layar AMOLED

LAYAR REALME XT

* sumber: www.smartprix.com

Layar 6,4 inci Full HD+, rasio 19.5:9, resolusi 1080 x 2340 piksel adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh Realme XT. Spesifikasi yang ditawarkan tergolong mirip dengan Realme X. Hanya saja, Realme XT memiliki kerapatan layar yang besar yakni 402 ppi.


Jangan lupakan juga fakta kalau HP ini hadir dengan panel Super AMOLED yang membuat tampilan layar HP ini lebih baik. Seperti kata AndroidAuthority yang mengatakan kalau layar Realme XT bagus untuk kelas harganya. Terlebih HP ini memakai panel AMOLED yang tampak terang dan fantastis.

4. Daya Tahan Baterai Oke

Realme XT

* sumber: www.smartprix.com

Realme XT dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar jika dibandingkan dengan Realme X yang hanya 3.765 mAh. Lantas, berapa lama daya tahan baterai HP ini? Mari simak hasil pengujian GSMArena berikut ini.

BATERAI REALME XT

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat kalau Realme XT mendapat endurance rating 100h. Untuk waktu bicaranya, HP ini memiliki waktu bicara 30 jam 53 menit. Untuk penelusuran web, HP ini mencapai waktu 13 jam 3 menit. Sementara untuk pemutaran video, HP ini dapat memutar video sampai 16 jam 33 menit.

Hasil tersebut jelas menunjukan kalau daya tahan baterai HP ini tergolong bagus. Seperti akta Smartprix yang mengatakan kalau daya tahan baterai HP ini tergolong luar biasa. Gadgetsnow juga mengatakan kalau daya tahan baterai HP bisa sampai seharian. Dengan pemakaian yang moderate, baterai HP bisa bertahan sampai lebih dari sehari.

5.  USB Type-C dan Fast Charging

usb type c realme xt

* sumber: www.gadgetsnow.com

Keunggulan menarik yang ditawarkan oleh Realme XT adalah penggunaan USB Type-C. Hal yang sudah dilakukan Realme sejak menghadirkan Realme XT. Dengan memakai USB Type-C, Realme X T juga didukung dengan pengisian daya yang cepat.

Untuk pengisian daya cepatnya, Realme XT didukung pengisian daya cepat VOOC 3.0 fast charging 20W. Dengan teknologi ini, Realme XT dapat mengisi baterai sampai 50% hanya dengan 30 menit saja. Sementara untuk pengisian penuh, dibutuhkan waktu 80 sampai 90 menit.

6. Chipset dengan Performa Oke

PERFORMA REALME XT

* sumber: www.techradar.com

Jika Realme X ditenagai dengan chipset Snapdragon 710, maka Realme XT dibekali dengan chipset penerus Snapdragon 710, yakni Snapdragon 712. Di dalam chipset ini, tersemat  prosesor octa core yang terdiri dari dua core Kryo 360 Gold 2,3 GHz dan enam core Kryo 360 Silver 1,7 GHz. Untuk pengolah grafis, HP ini dibekali dengan pengolah grafis Adreno 616.

Realme sendiri mengklaim jika performa HP ini 10% lebih baik dibandingkan Snapdragon 710 yang ada di Realme X atau Realme 3 Pro. Lantas, seperti apa performanya? Mari simak terlebih dulu nilai benchmark Realme XT dari AndroidAuthority berikut ini.

BENCHMARK REALME XT

* sumber: www.androidauthority.com

Terlihat kalau benchmark Realme XT ini memiliki nilai Antutu 180 ribuan. Sementara untuk 3D Mark Sling Shot Open GL nilainya adalah 2.095 dan 3D Mark Sling Shot Extreme Vulkan adalah 1.984. Nilai tersebut jelas cukup mumpuni untuk berbagai tugas harian.

Seperti kata AndroidAuthority, performa HP ini tergolong bagus, terutama untuk main PUBG Mobile di pengaturan grafis tinggi. GadgetsNDTV juga mengatakan kalau performa HP ini tergolong bagus dan dapat menjalankan PUBG Mobile dei pengaturan grafis “High” dengan lancar.

7. Sensor Sidik Jari di Layar yang Cepat

UNDERDISPLAY FINGERPRINT REALME XT

* sumber: www.smartprix.com

Realme XT hadir dengan sensor sidik jari di layar. Sensor sidik jari di layar ini sudah jadi hal biasa karena kini banyak HP yang sudah menanamkan sensor sidik jari di layar. Menurut Smartprix, performa sensor sidik jari di Realme XT memiliki respon cepat dan sempurna.

Selain itu, sensor pengenalan wajah di HP ini juga tergolong bagus. Menurut Smartprix, sensor Face Unlock di HP ini tergolong baik dalam membaca wajah.

8. Kamera Depan Oke

REALME XT

* sumber: www.techradar.com

Bagaimana dengan kamera depannya? Realme XT dibekali dengan kamera depan 16 MP. Menurut GadgetsNDTV, kamera depan HP ini dapat menangkap foto selfie dengan baik. Mode kecantikan HP ini tidak terlalu agresif. Selain itu, kamera depan HP ini memiliki fitur HDR yang berfungsi dengan baik.

Kekurangan Realme XT

Karena tidak ada ponsel yang sempurna wajar jika ada kekurangan. Begitu juga dengan Realme XT yang memiliki dua kekurangan berikut ini.

1. ColorOS yang Memberatkan

OS REALME XT

* sumber: www.smartprix.com

Realme XT masih menggunakan antarmuka ColorOS punya OPPO. ColorOS yang dijalankan adalah ColorOS 6.0.1 yang berbasis Android 9 Pie. Menurut Techradar, ColorOS di HP ini memberatkan sistem karena terlalu banyak perubahan dibandingkan stock Android

Smartprix juga menyatakan kalau ColorOS di HP ini perlu improvement. Kabarnya sih, ColorOS ini bakal diganti dengan RealmeOS.

2. Sektor Kamera Lain Kurang Memuaskan

BODY REALME XT

* sumber: www.techradar.com

Realme XT ternyata hanya unggul di sektor kamera utama bagian belakang saja, yakni kamera 64 MP dan kamera depan saja. Kamera lainnya, seperti kamera ultra-wide dan kamera makro masih tergolong tidak memuaskan.

Seperti kata GSMArena, Kamera ultra-wide HP ini menghasilkan gambar dengan detail yang kurang impresif. Selain itu, dynamic range yang dihasilkan terbatas.

Hal yang sama juga berlaku untuk kamera makro HP ini. Kamera makro HP ini tidak dapat menangkap foto dengan detail yang baik. AndroidAuthority juga mengatakan kalau kamera makro di HP ini kurang berguna dan tentu tidak mengesankan.

Simpulan

Realme XT adalah produk yang tergolong menarik yang ditawarkan dari Realme. HP ini memiliki keunggulan di sektor performa dan kamera 64 MP-nya. Hanya saja, improvement dari Realme X ke Realme XT tidak terlalu signifikan. Peningkatan hanya ada di sektor performa, kamera dan baterai saja.

Meski demikian, Realme XT tetap merupakan produk yang menarik. Kekurangan yang ada masih wajar dan kamera depannya yang tidak pop-up mungkin bisa jadi satu kehilangan tersendiri tetapi bukan satu kekurangan. Tertarik dengan Realme XT ini? Anda bisa membelinya melalui toko online di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Apakah relame xt sudah support mic eksternal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *