Carisinyal / Realme 2019 / 8 Perbedaan Realme 3 dan Realme 3 Pro yang Perlu Diketahui

8 Perbedaan Realme 3 dan Realme 3 Pro yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Mei 2019

Tidak ingin ketinggalan dari brand-brand smartphone populer lainnya, Realme kembali meluncurkan serangkaian produk terbaru mereka di kuartal 1 dan 2 tahun 2019. Ponsel Realme tersebut adalah Realme 3 dan Realme 3 Pro yang merupakan suksesor dari Realme 2 dan Realme 2 Pro.

Berada di kelas menengah ke bawah, kedua ponsel pintar itu menawarkan cukup banyak fitur menarik yang mungkin tidak ditemukan di beberapa kompetitornya. Dengan harga jual di angka Rp 2 – 3 jutaan, kedua ponsel sangat menarik untuk digali spesifikasinya. Sebelum membahas satu per satu, sebaiknya ketahui dulu perbedaan di antara dua saudara ini. Ayo langsung cek saja di bawah.

Spesifikasi Realme 3

  • Chipset: Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Ion 4230 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.999.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme 3 Pro

  • Chipset: Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 16 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Ion 4045 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.799.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Realme 3 dan Realme 3 Pro

Bingung memilih antara Realme 3 dan Realme 3 Pro? Tidak perlu bingung lagi, karena Anda bisa cari yang terbaik dan temukan perbedaan keduanya dalam artikel berikut ini.

1. Tampilan

Realme 3

Realme 3 Pro

Walaupun tampilannya terlihat mirip, Realme 3 dan Realme 3 Pro dapat dibedakan dari tampilan panel belakangnya. Realme 3 misalnya, ponsel itu didesain dengan gradasi warna yang keren. Varian warna yang ditawarkan Realme 3 adalah hitam dinamis dan dan biru cerah.

Pemberian warna-warna tersebut terinspirasi dari keindahan alam semesta yang sangat menakjubkan. Hitam dinamis misalnya, Realme menyebutkan bahwa hal itu terilhami oleh pergerakan galaksi bimasakti yang dinamis, berubah, dan tidak dapat diprediksi. Partikel-partikel spesial memberikan permukaan berbintang pada casing ponsel serta efek pergantian yang warna ajaib. Sedangkan warna biru cerah adalah representasi dari planet Bumi yang sangat indah.

Sedangkan Realme 3 Pro memiliki gradasi warna yang lebih mengkilat dan berkilauan. Desainnya menampilkan dua pola berlawanan yang membentuk lengkungan di tengahnya mirip kurva-S, utamanya terlihat pada varian warna biru nitro dan abu-abu karbon. Realme menyebut bahwa desain warna pada Realme 3 Pro terinspirasi oleh Le-Mans di mana kecepatan menjadi legenda.

Kedua ponsel sama-sama memiliki tampilan yang muda dan fresh. Jika kamu suka warna yang lebih tenang dan kalem pilih saja Realme 3. Tapi jika ingin warna yang sedikit lebih hidup coba saja dengan Realme 3 Pro.

2. Layar & Resolusi

Kedua ponsel datang dengan ukuran layar di atas 6 inci, yaitu 6,22 inci untuk Realme 3 dan 6,3 inci untuk Realme 3 Pro. Panel layar yang digunakan sama-sama berjenis IPS LCD. Karena levelnya sedikit berbeda, layar Realme 3 hanya beresolusi HD+ (720 x 1520 piksel). Sedangkan resolusi layar Realme 3 Pro sudah FHD+ (1080 x 2340 piksel).

Perbedaan pada sektor ini tentunya berpengaruh pada hasil tampilannya. Realme 3 Pro misalnya, layar ponsel itu mampu menampilkan gambar yang lebih tajam, lebih halus, lebih nyaman dipandang, dan berbagai keunggulan lainnya. Hanya saja resolusi layar yang tinggi akan membutuhkan daya yang lebih besar, sehingga dalam hal ketahanan daya Realme 3 pasti  lebih unggul.

3. Proteksi Layar

Corning Gorilla Glass

Agar layar Realme 3 dan Realme 3 Pro tahan terhadap goresan, maka Realme sudah membekalinya dengan Corning Gorilla Glass. Hanya saja versi kaca pelindung yang digunakan kedua ponsel berbeda, Corning Gorilla Glass 3 untuk Realme 3 dan Corning Gorilla Glass 5 untuk Realme 3 Pro.

Corning Gorilla Glass 3 dan 5 tentunya memiliki level ketahanan yang berbeda. Gorilla Glass 3 memiliki teknologi Native Damage Resistance (NDR) yang memungkinkan kaca tahan terhadap goresan yang lebih dalam (dibandingkan versi sebelumnya). Gorilla Glass 5 pastinya lebih kuat dari Gorilla Glass 3. Keunggulan lain dari Gorilla Glass 5 adalah mampu bertahan jika terjatuh dari ketinggian hingga 1,6 meter.

4. Performa

Ponsel adik kakak ini tentu saja memiliki performa yang berbeda. Agar dapat bekerja dengan baik sesuai kebutuhan penggunanya, Realme telah membenamkan jeroan yang cukup baik pada Realme 3 dan Realme 3 Pro. Hal tersebut telah disesuaikan dengan apa yang ditawarkan dan level penggunaannya.

Realme 3 yang dijual lebih murah memiliki kelas prosesor yang lebih rendah dibanding Realme 3 Pro, yaitu Prosesor MediaTek Helio P60 dengan CPU delapan inti 4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU ARM Mali-G72.

Dipadukan dengan teknologi AI yang cerdas, prosesor tersebut mampu memberikan kinerja yang lebih cepat, pengalaman gaming yang lancar (untuk game-game di kelasnya), hingga daya tahan baterai yang lebih lama.

Sedangkan Realme 3 Pro dibangun lebih unggul dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 710 AIE berteknologi 10 nm, CPU delapan inti Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver), serta pengolah grafis Adreno 616.

Performa yang ditawarkan oleh Realme 3 Pro pastinya lebih bagus dan cepat, sehingga ponsel ini lebih memadai dalam pengalaman bermain game konsol dan banyak hiburan lainnya. Pun hal ini dipengaruhi oleh memori kedua ponsel yang berbeda seperti yang dijelaskan di bawah.

5. Memori

ram android

 

Pilihan memori yang ditawarkan oleh Realme 3 dan Realme 3 Pro juga berbeda. Varian terendah untuk Realme 3 adalah 3 GB RAM dan 32 GB ROM, sedangkan yang tertinggi adalah 4 GB RAM dan 64 GB ROM. Sebaliknya pilihan terendah untuk Realme 3 Pro adalah 4 GB RAM dan 64 GB ROM dan yang paling tinggi adalah 6 GB RAM dan 128 GB ROM.

Jika pengguna merasa kekurangan ruang penyimpanan, mereka masih dapat melakukan ekspansi menggunakan slot memori yang tersedia hingga 256 GB. Kartu memori tidak masuk dalam paket penjualan, tapi pengguna harus mengeluarkan biaya ekstra untuk hal tersebut.

Memiliki memori yang lebih besar dan performa yang lebih tinggi, Realme 3 Pro mampu diandalkan lebih baik untuk melakukan tugas multitasking, bermain game-game grafis menengah, streaming video, dan sebagainya.

6. Kamera

Sektor pencitraan juga dibuat berbeda walaupun keduanya sudah membawa teknologi kamera belakang ganda. Kamera belakang Realme 3 datang dengan sensor 13 MP (utama) dan 2 MP (sekunder). Sedangkan sensor kamera selfie-nya adalah 13 MP. Untuk Realme 3 Pro, sensor kamera belakangnya adalah 16 MP (utama) dan 5 MP (sekunder). Sedangkan untuk kamera selfie-nya adalah 25 MP.

Kamera-kamera kedua ponsel sudah dibekali berbagai teknologi penyempurna bidikan, seperti mode nightscape dan chroma boost. Semua sensor-sensor tersebut juga dibuat lebih canggih dengan AI atau kecerdasan buatan, sehingga mampu memberikan pengalaman memotret yang kaya.

Dalam hal perekaman video Realme 3 Pro lebih unggul karena mampu membuat rekaman berkualitas hingga 4K pada 30fps. Sedangkan kualitas rekaman paling tinggi untuk kamera Realme 3 adalah [email protected]

7. Konektivitas

jenis jenis bluetooth 5.0

* sumber: www.oodlestechnologies.com

Teknologi konektivitas yang digunakan oleh Realme 3 dan Realme 3 Pro juga berbeda. Sebagai ponsel yang lebih unggul, Realme 3 Pro dibekali dengan rangkaian konektivitas yang lebih baik, seperti Bluetooth 5.0 dan standar Wi-Fi yang lebih tinggi (802.11a/b/g/n/ac, 2.4 GHz, 5 GHz). Sedangkan level konektivitas Realme 3 ada di bawahnya (Bluetooth 4.2 dan 802.11b/g/n, 2.4 GHz).

8. Baterai dan Teknologi Pengisian

Realme 3 mengungguli Realme 3 Pro dalam hal kapasitas baterai dengan ukuran 4230 mAh. Daya sebesar itu dapat diisi ulang lebih cepat dengan pengisian cepat 10W. Sebagai gambaran, baterai Realme 3 dapat terisi 23% dalam waktu sekitar 30 menit dan 30% dalam waktu 40 menitan. Baterai Realme 3 mendukung pengisian 5V 2A.

Sedangkan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Realme 3 Pro adalah 4045 mAh, sedikit lebih kecil dibanding milik Realme 3. Akan tetapi pengisian cepat yang dibawanya pun berbeda, yaitu pengisian cepat 20W (VOOC 3.0). Hingga 50% pengisian misalnya, pengguna setidaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Baterai Realme 3 Pro mendukung pengisian 5V 4A.

Simpulan

Realme 3 dan Realme 3 Pro adalah smartphone kelas menengah yang menawarkan banyak keunggulan. Keduanya hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna gadget muda masa kini, terutama dalam hal hiburan. Daya tahan baterai yang kuat, kamera yang mumpuni, tampilan, layar, dan performa yang mampu diandalkan, serta hal-hal unggul lainnya membuat ponsel ini cukup menarik perhatian.

Harga jualnya juga cukup terjangkau untuk ponsel sekelas mereka. Varian terendah Realme 3 dijual mulai dari Rp 2 jutaan dan Rp 3 jutaan untuk Realme 3 Pro. Kedua ponsel sudah dapat dibeli di Indonesia. Jika kamu ingin memilikinya, kami menyarankan untuk mendapatkannya di Bukalapak via link ini (Realme 3) dan link ini (Realme 3 Pro).

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar