Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme X!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Jika ada vendor ponsel yang memiliki perkembangan sangat cepat, maka Realme adalah jawabannya. Meski beberapa teknologi sering memakai teknologi dari induk perusahaannya, Oppo, produk dari Realme tetap selalu menarik perhatian. Hal ini bisa jadi karena Realme menghadirkan HP alternatif yang lebih murah dengan spesifikasi yang mirip dengan lini produk Oppo.

Salah satu contohnya adalah Realme X. HP yang satu ini mengusung teknologi kamera pop-up. Teknologi ini dapat ditemukan di Oppo F11 Pro. Tapi tentu Realme X hadir dengan harga yang lebih terjangkau sama seperti seri Realme lainnya.

Lantas, apa kamera pop-up yang jadi kelebihan dari Realme X? Tentu tidak. Ada kelebihan lain yang ditawarkan dari Realme X meski tentu ada juga kekurangannya. Apa sajakah itu? Simak pembahasanya berikut ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, baca juga artikel tentang kelebihan dan kekurangan Realme 3 Pro. Mengingat, Realme 3 Pro memiliki spesifikasi yang mirip dengan Realme X. Terlebih di artikel ini, ada banyak pembahasan soal Realme 3 Pro. tersebut

Spesifikasi Realme X

realme x

[aps_product_specs id="46194"]

Kelebihan Realme X

Setelah Anda mengetahui spesifikasinya, kini kami beralih soal kelebihan HP-nya. Ada beberapa kelebihan dari Realme X yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut kelebihan-kelebihannya:

1. Sensor Kamera Belakang Berkualitas

realme x

* sumber: www.digitaltrends.com

Realme X hadir dengan kamera belakang ganda. Satu kamera utama menghadirkan sensor 48 MP dengan bukaan f/1.7 yang didukung dengan fitur PDAF. Satu kamera lagi menawarkan kamera 5 MP dengan bukaan f/2.4, yang bisa memberikan efek bokeh.

Kamera ini jadi nilai jual dari Realme X. Mengapa? Karena sektor kamera di Realme X mampu menghadirkan foto yang tergolong bagus. Seperti yang diungkapkan oleh Digitaltrends, kamera belakang Realme X mampu menghasilkan foto di siang hari dengan hasil yang bagus.

Hal yang sama diungkapkan juga oleh GSMArena. Situs yang sering memuat info spesifikasi HP ini mengatakan kalau hasil tangkapan kamera Realme X mampu menghadirkan foto dengan kontras yang tinggi, kualitas yang bagus, dan warnanya cerah.

Sensor Sony IMX586 yang digunakan di kamera belakang HP ini ternyata mampu menghasilkan dynamic range yang lebar. Meskipun hal ini berimbas pada beberapa detail yang hilang ketika memotret dengan kondisi kontras yang tinggi. Secara keseluruhan sih, detail gambar yang ditangkap tergolong baik. Berikut contoh hasil tangkapan kamera Realme X.

hasil kamera belakang realme x 2

* sumber: www.gsmarena.com

hasil kamera belakang realme x

* sumber: www.gsmarena.com

hasil kamera belakang realme x 5

* sumber: www.gsmarena.com

hasil kamera belakang realme x 4

hasil kamera belakang realme x 3

* sumber: www.gsmarena.com

Di aplikasi kamera Realme X, terdapat 3 mode yakni Photo, Portrait and Video. Mode foto dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti AI, HDR, dan ada mode Chroma Boost. Penggunaan mode Chroma Boost menghasilkan foto dengan warna yang sedikit jenuh meskipun terlihat eye-catching. Setidaknya hal tersebut diungkapkan oleh DigitalTrends.

GSMArena sendiri mengatakan kalau kamera Realme X memiliki mode HDR cenderung menghasilkan kualitas foto yang sama dengan yang biasa. Namun Chroma Boost mampu menghasilkan warna yang baik.

Yang paling menarik dari kamera belakang Realme X adalah fitur Nighstscape. Seperti namanya, fitur ini adalah fitur penangkapan gambar di malam hari, mirip dengan fitur mode malam di HP Huawei dan fitur mode malam di Hp lain. Berikut contoh hasil tangkapan kamera belakang dengan mode Nighstscape yang diambil dari situs resmi Realme.

hasil kamera belakang realme x night mode

hasil kamera belakang realme x night mode

Selain mode malam, ada juga beberapa mode lain seperti Pano, Time-lapse, Slow-mo, dan mode  2X zoom. Hanya saja mode 2X zoom  adalah mode digital zoom yang simpel, bukan mode zoom seperti halnya HP dengan kamera telefoto. Hal ini karena Realme X memang tidak memiliki mode kamera telefoto.

Adapun kamera kedua Realme X berfungsi untuk memberikan efek bokeh lewat mode potrait. Menurut Digitaltrends, hasil tangkapan kamera bokeh dari Realme X mampu menghasilkan foto objek dengan latar blur yang baik. Mode ini mampu membaca objek wajah yang lebih cepat dan akurat.

Boleh dibilang, hasil tangkapan kamera belakang Realme X ini secara keseluruhan tergolong baik. Meski ada beberapa detail yang terasa kurang tetapi secara keseluruhan, hasil tangkapan kameranya tergolong baik,. Apalagi untuk hasil foto mode malamnya.

2. Kamera Pop-Up

realme x

Realme X memiliki kamera dengan sensor 16 MP. Kamera ini memiliki sistem mekanis pop-up, alias sistem kamera tersembunyi yang bakal muncul ketika dibutuhkan, alias ketika pengguna hendak memakai kamera depan.

Kamera depan HP ini tergolong cukup bagus. Terdapat fitur seperti opsi untuk membesarkan mata atau menipiskan garis wajah Fitur-fitur seperti ini memang biasanya disukai oleh mereka yang butuh kamera selfie dengan fitur beauty.

Mekanisme bermotor Realme X muncul untuk mengekspos kamera selfie 16MP. Ini memiliki lensa aperture f / 2.0 dan fokus tetap. Di sisi perangkat lunak, ada segala macam opsi peningkatan beatifikasi seperti perataan kulit dan pembesaran mata dan penipisan wajah, dan yang lainnya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram