carisinyal web banner retina

Ini 3 Cara Menghilangkan Iklan di HP realme, Mudah dan Cepat

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

realme menjadi salah satu brand HP terkenal, setidaknya di Indonesia, yang mengedepankan value untuk menjangkau segmen entry-level dan mid-range. Meskipun begitu, produk realme tidak hanya memiliki harga yang murah, tetapi juga price to performance yang tinggi karena menggunakan chipset bertenaga di kelasnya.

Sama seperti Xiaomi atau Redmi, realme juga memiliki sistem UI sendiri yang cukup menarik yang menjadi salah satu keunggulannya. Sayangnya, UI milik realme ini juga sering menghadirkan iklan yang malah membuat sebagian pengguna realme merasa terganggu.

Iklan yang sering kali muncul di UI realme disebut “Commercial Content Recommendation” yang juga menjadi salah satu bagian dari bisnis untuk mempertahankan harga produk HP yang murah.

Sebagai salah satu pengguna HP realme, tentu Saya cukup terganggu dengan kehadiran iklan tersebut. Lantas, bagaimana, sih, cara menghilangkan iklan di HP realme?

Jika Anda merasakan hal yang sama sebagai pengguna realme, Anda tidak perlu khawatir. Karena pihak realme sendiri telah menyediakan pengaturan tambahan agar iklan tersebut bisa dihilangkan atau dihentikan kemunculannya dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk memblokir berbagai iklan yang masuk.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah beberapa cara menghilangkan iklan di HP realme yang bisa Anda gunakan.

Cara ini sudah dites langsung. Saya pribadi mengetesnya melalaui perangkat realme narzo 50 5G. Saat dites, realme narzo 50 5G ada di posisi realme UI 3.0 berbasis Android 12. Tentu untuk ponsel realme lain, UI yang ditawarkan tidak akan terlalu berbeda. Jadi cara yang saya terapkan ini juga bisa diterapkan di perangkat realme lain.

ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

3 Cara Hilangkan Iklan di HP realme

cara menghilangkan iklan di hp realme (7)

Commercial Content Recommendation atau iklan berupa konten yang direkomendasikan umumnya sering muncul di HP realme, baik yang masih menjalankan operasi ColorOS atau antarmuka terbaru miliki realme yaitu realmeUI.

Iklan tersebut biasanya muncul di Manager Telepon bawaan dan Keamanan setelah pemeriksaan pemasangan aplikasi baru telah selesai. Nah, untuk menghilangkan iklan rekomendasi tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah dirangkum berikut ini.

Langsung saja simak 3 langkah cara menghilangkan iklan di HP realme berikut ini.

1. Mematikan Iklan Melalui Pengaturan

cara menghilangkan iklan di hp realme
  • Caranya adalah Anda tinggal membuka aplikasi “Pengaturan” atau “Settings.
  • Setelah itu masuk ke “Pengaturan Sistem” atau “System Settings”.
cara menghilangkan iklan di hp realme (1)
  • Pilih “Dapatkan saran” atau “Get Recommendation”.
cara menghilangkan iklan di hp realme (2)
  • Silakan matikan opsi “Terima saran apli dan konten di apli sistem seperti Manajemen Pengunduhan” untuk mematikan iklan. Atau kalau pengaturan bahasa Inggris terlihat seperti gambar berikut.
cara menghilangkan iklan di hp realme
  • Setelah langkah-langkah tersebut berhasil dilakukan, silakan restart HP Anda untuk menerapkan perubahannya dengan optimal.

2. Menghilangkan Iklan dengan Menyalakan Private DNS

cara menghilangkan iklan di hp realme

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan di HP realme adalah dengan menyalakan Private DNS yang ada di pengaturan. Sebagai informasi, Private DNS atau DNS Pribadi merupakan fitur yang mampu melindungi privasi pengguna ketika mengakses berbagai situs web yang ada di internet.

Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke bagian “Pengaturan” atau “Settings”.
  • Masuk ke “Connection & Sharing”.
cara menghilangkan iklan di hp realme (5)
  • Pilih “Private DNS” untuk menyalakannya
cara menghilangkan iklan di hp realme (4)
  • Pilih “Designated private DNS”, dan isi dengan “dns.adguard.com” atau “us.adhole.org” tanpa tanda petik.
cara menghilangkan iklan di hp realme (8)
  • Klik tanda centang untuk menyimpan pengaturannya. Pengaturan untuk memblokir iklan di HP realme pun selesai.

3. Hilangkan Iklan di HP realme dengan Mode Pesawat

Cara Hilangkan Iklan di HP realme  mode pesawat

Tidak hanya menghilangkan iklan menggunakan aplikasi tambahan, Anda bisa dengan mudah menghilangkan iklan menggunakan fitur Mode Pesawat. HP realme Anda bisa terbebas dari iklan ketika membuka suatu aplikasi dengan menyalakan Mode Pesawat atau dengan mematikan data seluler atau jaringan wifi.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, tetapi ada syarat yang harus Anda pahami. Jika menyalakan Mode Pesawat, aplikasi yang akan dibuka tidak perlu membutuhkan koneksi internet atau bisa berjalan secara offline. Karena sejatinya, iklan tersebut akan muncul jika HP terhubung ke koneksi internet. Jika tidak, maka tidak akan ada iklan yang muncul.

Cara Lainnya: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

aplikasi menghilangkan iklan di hp android

Selain menghilangkan iklan tanpa aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, iklan di HP realme juga bisa dihilangkan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi Ads Blocker banyak ditemukan di Play Store untuk menghilangkan iklan yang sering kali muncul di browser atau aplikasi lainnya.

Nah, karena jumlahnya yang banyak, berikut rekomendasi aplikasi penghilang iklan yang bisa Anda gunakan di HP realme kesayangan Anda.

1. AdBlock Plus

AdBlock Plus

Aplikasi pertama yang Kami rekomendasikan adalah AdBlock Plus yang bisa Anda dapatkan melalui Google Play Store masing-masing. AdBlock Plus menjadi aplikasi pemblokir iklan paling populer dan telah banyak digunakan oleh para pengguna HP Android termasuk realme.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh AdBlock Plus adalah mampu memblokir cookie pelacak domain yang sering menyebarkan malware dan virus yang bahkan melanggar privasi penggunanya.

2. AdGuard

AdGuard

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk menghilangkan iklan di HP realme adalah AdGuard. Aplikasi ini mampu memastikan bahwa tidak ada iklan berbahaya yang sering masuk ke HP dan mampu memblokir iklan tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan firewall yang bisa memberikan perlindungan lebih dari phising dan malware.

AdGuard ini menjadi aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan, karena mampu menghilangkan iklan di HP Anda dengan mudah. Aplikasi ini juga memiliki VPN bawaan yang bisa digunakan. Sayangnya, AdGuard sudah tidak tersedia di PlayStore, tetapi Anda bisa mencari langsung di situs web resminya di adguard.com

3. NetGuard

NET GUARD

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di HP realme Anda adalah NetGuard. Aplikasi ini masih tersedia di Google Play Store sehingga lebih mudah untuk menginstal dan menggunakannya.

Sama seperti aplikasi pemblokir iklan lainnya, kemampuan utama dari NetGuard juga mampu memblokir iklan dari berbagai aplikasi yang terinstal di HP, misalnya aplikasi keyboard, game, dan aplikasi lainnya yang sering menghadirkan iklan.

Menariknya, Anda bisa dengan bebas menentukan aplikasi mana saja yang akan memblokir iklan dan yang tidak.

4. AppBrain Ad Detector

AppBrain Ad Detector

AppBrain Ad Detector juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan iklan di HP realme. Aplikasi ini cukup bagus untuk digunakan karena memiliki beberapa fitur yang mampu melindungi HP Anda dari berbagai iklan.

Sesuai namanya, aplikasi ini mampu mendeteksi iklan yang akan muncul di HP Anda. Terutama ketika HP Anda sedang terhubung dengan internet, aplikasi ini benar-benar mampu mendeteksi iklan yang akan muncul dan menyusup di aplikasi yang Anda gunakan.

5. AdClear

adclear

Aplikasi pemblokir iklan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari Google Play Store adalah AdClear. Aplikasi yang dikembangkan oleh Seven Networks ini mampu memblokir berbagai jenis iklan yang muncul. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur pengoptimal memori sehingga Anda bisa browsing dengan cepat dan lancar.

Nah, Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah atau cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan iklan di HP realme. Semoga cara tersebut mampu membantu Anda dalam mengatasi kehadiran iklan yang berlebihan dan mengganggu. Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram