carisinyal web banner retina

Cara Mengganti Tema di HP realme tanpa Aplikasi Tambahan

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

HP realme menjadi salah satu yang paling digemari para penggiat gadget. Merk di bawah naungan BBK Electronics ini memiliki value for money yang baik, sehingga mampu tawarkan spesifikasi lebih pada harga yang ditawarkan.

Tidak lagi "ColorOS" dari OPPO, kini realme sudah punya UI-nya sendiri yang dinamakan realme UI. Tampilan antarmukanya pun begitu intuitive dan memesona. Dan walau masih memiliki sejumlah bloatware, tapi antarmuka di HP realme punya tampilan yang cantik dan mudah dijelajahi.

Bagi Anda yang memiliki HP realme, Anda juga bisa mengubah tampilan antarmuka dengan hanya beberapa langkah mudah, yakni dengan mengubah temanya. Mengubah tema jadi cara paling ampuh agar tampilannya bisa tetap fresh dan tidak bikin bosan.

Kalau Anda merasa kesulitan mengganti tema di HP realme, Anda bisa mengacu pada tutorial yang saya sajikan berikut ini. Untuk diketahui, saya memakai realme Narzo 20 yang menggunakan Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0.

Mengenal Tema di HP realme

theme store_

Pertama-tama, Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan tema pada sebuah smartphone. Tema merupakan sekumpulan elemen visual yang berada di dalam ekosistem antarmuka (UI) ponsel. Elemen-elemen tersebut bisa saja mencakup wallpaper, ikon aplikasi, warna, font, dan juga lock screen.

Bahkan Anda pun bisa mengubah layar yang semula statis menjadi dinamis, yakni dengan cara menerapkan gambar animasi yang bisa bergerak. Fungsi mengubah tema adalah untuk mempercantik antarmuka HP secara keseluruhan, juga agar pengguna tidak merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.

Pada beberapa kesempatan, bahkan mengganti tema bisa jadi beneficial untuk menghindari isu burn-in pada HP dengan layar AMOLED. Pasalnya, menampilkan warna yang sama pada waktu panjang bisa membuat warna tersebut jadi "terbakar ke dalam", membuat bagian pada layar terlihat berbayang.

Perlu diketahui, cara paling resmi dan default untuk mengubah tema di HP realme adalah menggunakan aplikasi bawaan yang dinamakan Theme Store. Sesuai namanya, ia merupakan aplikasi yang mencakup beragam kumpulan tema yang terbagi pada banyak kategori.

Beberapa tema yang tersedia bisa langsung diunduh dan diterapkan dengan mudah. Tapi, ada juga sejumlah tema premium yang mengharuskan pengguna untuk membelinya terlebih dahulu.

Memilih Tema di HP realme

Jika Anda sudah menginstal banyak aplikasi dan gim, mungkin akan kesulitan mengakses Theme Store lantaran harus mencari ikon di antara puluhan ikon lainnya. Jangan khawatir, berikut langkah-langkah mengakses Theme Store dan cara menerapkan tema.

1. Cara Mengunduh Tema di HP realme

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengakses Theme Store di smartphone realme Anda, kemudian cari tema yang sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka drawer aplikasi, ketikkan frasa "Theme Store", lalu tap pada ikon Theme Store.
cara ganti tema di hp realme 1
  • Swipe ke kanan, atau tap pada menu Themes untuk mengakses laman berisikan kumpulan tema.
cara ganti tema di hp realme 2
  • Anda bisa memilih salah satu dari sekumpulan tema yang ditampilkan di laman ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjelajahi antarmukanya dan pilih tema yang paling sesuai dengan Anda. Dalam contoh ini, saya akan memilih tema bernama "Pour out blessings". Maka, lakukan tap pada tema tersebut untuk mengakses preview.
cara ganti tema di hp realme 3
  • Di sini, Anda bisa temukan informasi seperti deskripsi, sudah pernah diunduh berapa kali, hingga ukuran tema dalam bentuk MB. Bisa geser ke kanan untuk lihat preview laman-laman yang akan terdampak. Jika sudah cocok, tinggal tap pada tulisan Apply.
cara ganti tema di hp realme 4
  • Tunggu hingga proses unduhan selesai (hingga angka mencapai 100%), dan foila. Anda sudah berhasil menerapkan tema yang baru untuk HP realme Anda.
cara ganti tema di hp realme 5

2. Cara Memasang Tema di HP realme

Yang tadi adalah cara untuk memilih, mengunduh, dan menerapkan tema secara langsung melalui antarmuka pencarian tema di Theme Store. Kadang kala, kita mungkin juga ingin menerapkan tema yang sudah pernah diunduh. Berikut ini caranya.

  • Buka aplikasi Theme Store, lalu tap pada menu bertuliskan "Me" di pojok kanan bawah.
cara ganti tema di hp realme 6
  • Lalu pilih menu "Downloads"
cara ganti tema di hp realme 7
  • Di laman ini, Anda akan menemukan semua tema yang sudah pernah Anda unduh. Misalnya, saya ingin mengembalikan tema menjadi "Full Screen Milky Way". Maka, tinggal lakukan tap pada tema tersebut.
cara ganti tema di hp realme 8
  • Tap pada pilihan "Apply" untuk menerapkan tema.
cara ganti tema di hp realme 9

Selesai. Kini Anda sudah menerapkan tema yang baru melalui laman unduhan di Theme Store. Jika Anda ingin kembali ke tema lain yang sudah pernah Anda unduh sebelumnya, tinggal ulangi step-step barusan. Keuntungan pakai cara ini, Anda tidak perlu habiskan waktu atau kuota untuk mengubah tema di HP realme.

3. Cara Ubah Lock Screen, Wallpaper, dan Font

Tahukah Anda? Tidak hanya dapat mengubah tema, Theme Store memungkinkan pengguna untuk mengubah aspek visual secara individu, seperti lock screen, wallpaper, dan juga font. Bahkan, Anda bisa memilih live wallpaper untuk membuat tampilan semakin terlihat dinamis.

Caranya pun sangat mudah, dan tidak jauh berbeda dengan cara mengubah tema yang tadi sudah kita bahas. Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Mau itu wallpaper, lock screen dan sebagainya, caranya tetap sama. Misalnya saya mau mengubah font, maka yang perlu saya lakukan tinggal pilih menu Fonts di antarmuka Theme Store.
cara ganti tema di hp realme 10
  • Font yang mau saya terapkan bernama Futura-Lig Hello, maka tap pada font tersebut.
cara ganti tema di hp realme 11
  • Anda akan disuguhkan dengan tampilan preview terhadap font yang dipilih. Jika dirasa sudah cocok dengan selera Anda, maka tap pada menu Apply.
cara ganti tema di hp realme 12

Selesai. Kini, Anda sudah mengaplikasikan font yang baru. Tulisan-tulisan seperti isi chat, tulisan menu, ikon, dan sebagainya akan berubah mengikuti jenis font yang dipilih. Perlu diingat, cara ini bisa dilakukan juga pada wallpaper, live wallpaper, dan juga video ringtone. Anda hanya tinggal perlu memilih kategori dan laman yang sesuai.

Tips Memilih Tema yang Sesuai di HP realme

theme store 2_

Ada sejumlah tipis yang bisa Anda terapkan saat memilih tema di HP realme. Tips ini bersifat opsional dan tergantung lagi kepada selera masing-masing pengguna. Tapi, jika ingin memaksimalkan pengalaman mengganti tema di HP realme, tidak ada salahnya mengetahui hal-hal di bawah ini.

  • Pilihlah tema dengan keterbacaan yang baik. Umumnya, tema sudah dirancang oleh desainer agar tidak memadukan warna yang bikin mata jadi saru. Tapi sebenarnya masih ada saja beberapa tema yang tidak terlalu kontras antara warna-warna ikon dan latar belakang. Ini tentunya menyulitkan pengguna dalam mencari aplikasi di beranda.
  • Pilih tema dengan warna yang berbeda untuk menghindari burn-in. Seperti yang sempat dijelaskan di awal, fungsi mengubah tema salah satunya adalah menghindari burn-in pada ponsel AMOLED. Jika sebelumnya tema menggunakan warna putih, bisa pertimbangkan untuk ganti tema dengan warna yang gelap. Pokoknya, usahakan jangan putih lagi supaya layar tidak terkena burn-in.
  • Cari tema sesuai kategori. Anda bisa mencari tema yang dibutuhkan lebih mudah melalui kategori. Bisa dipilih berdasarkan pilihan warna, atau juga niche seperti gaming, hewan, alam, dan sebagainya.
  • Live wallpaper lebih boros baterai. Ini perlu diingat, wallpaper yang bergerak (animasi) biasanya lebih banyak memakan daya baterai. Selain itu, live wallpaper juga bisa memengaruhi performa HP secara keseluruhan. Tapi ini tergantung pada temanya itu sendiri, dan tentunya spesifikasi ponsel.

Simpulan

Demikian cara mengubah tema pada HP realme yang mudah dan praktis. Menggunakan aplikasi Theme Store sebagai bawaan software adalah cara yang paling aman. Pasalnya, sumber aplikasi pihak ketiga punya kemungkinan rawan malware dan virus.

Mengubah tema di HP realme tidak mengharuskan pengguna mencari-cari di Google atau situs tertentu. Melalui aplikasi Theme Store, tema bisa dicari, diunduh, dan diterapkan dalam beberapa langkah saja. Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram