carisinyal web banner retina

Termudah! Inilah Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 23 September 2021

Seiring perkembangan zaman kini semakin banyak ponsel pintar yang menawarkan kapasitas RAM berukuran besar. Besarnya kapasitas RAM yang disematkan pada ponsel pintar maka memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak data dan memasang aplikasi berbobot.

Begitupun apabila sebuah ponsel pintar punya RAM yang kecil maka besar kemungkinan kamu sudah tidak dapat menaruh lagi data-data atau bahkan mengunduh aplikasi di Play Store. Selain itu, jika kapasitas RAM sudah melebihi daya tampung maka ponsel pintar tersebut acap kali mengalami masalah seperti lag atau aplikasi yang terhenti secara sendiri.

Apa yang Dimaksud dengan RAM?

Termudah! Inilah Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme 1

Dari pembahasan awal kita sudah menyebut-nyebutkan tiga huruf berbunyi "RAM". Nah, apa sih sebenarnya RAM dan fungsinya pada sebuah ponsel pintar itu? Jadi, bagi kamu yang baru tahu, RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan suatu platform yang terletak di prosesor utama ponsel pintar.

RAM berwenang untuk menginstruksikan aplikasi-aplikasi dan menyimpan data-data pengguna secara sementara di ponsel pintar. Pada sebuah ponsel pintar RAM mempunyai fungsi untuk menaikkan konfigurasi perangkat, menjalankan aplikasi gaming, melakukan aktivitas multitasking, sampai menggarap sebuah konten 3D memakai aplikasi desain.

Sebagaimana yang dipaparkan di atas, apabila kapasitas RAM pada sebuah ponsel pintar menipis karena pemasangan aplikasi dan data yang berlebihan maka akan menyebabkan banyak kendala saat menggunakan perangkat.

Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi kapasitas RAM yang sudah menciut? Perlukah membeli RAM tambahan? Jawabannya, lanjut baca penjelasan di bawah ini, ya!

Cara Menambahkan RAM di HP realme

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Carisinyal akan mengajak kamu mempraktekkan langsung melalui ponsel pintar realme. Seperti yang diketahui realme sudah banyak dilirik oleh lapisan masyarakat karena menawarkan berbagai fitur dan kecanggihan khususnya ruang penyimpanannya. Agar tidak tambah penasaran, yuk langsung saja simak cara-caranya di bawah ini!

1. Memanfaatkan Teknologi DRE

Hebatnya dari ponsel pintar besutan realme yaitu sudah diselipkan teknologi bernama DRE (Dynamic RAM Expansion) atau dalam istilah umum virtual RAM. Teknologi ini menggunakan memori penyimpanan (ROM) untuk bertindak seolah-olah menjadi RAM saat diperlukan. DRE bisa kamu temukan di beberapa model terbarunya dari realme salah satunya realme 8 5G.

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kapasitas RAM pada ponsel realme yaitu dengan membuka menu pengaturan atau setting yang berlogo gerigi.
  • Selepas berada di halaman menu pengaturan, dilanjutkan dengan menggulirkan ke bawah dan temukan menu tentang ponsel atau about phone.
1. realme RAM tentang ponsel
  • Kliklah menu tentang ponsel.
  • Pada menu tentang ponsel kamu akan disuguhkan oleh berbagai submenu mulai dari nama perangkat, versi, prosesor, versi Android, RAM, model, dan masih banyak lagi. Jangan bingung untuk memilih yang mana, selanjutnya kamu tinggal pilih ikon bertuliskan RAM.
1. realme RAM about phone
  • Berikutnya silakan untuk mengaktifkan opsi ekspansi RAM dengan menggeserkan tombol ke kanan sampai berubah jadi hijau. Kemudian pilihlah jumlah RAM yang ingin kamu perluas mulai dari 1 GB, 2 GB, dan 3 GB.
  • Setelah memilih kapasitas RAM tambahan yang diinginkan, kamu harus melakukan restart ponsel realme milikmu agar pengaturan yang sudah diatur tadi dapat beroperasi sesuai harapan.
1. realme RAM expansion
  • Saat ponsel realme milikmu hidup kembali, kamu bisa mengeceknya di menu pengaturan dan menuju tentang ponsel. Bahkan untuk lebih mudahnya kamu dapat melihat ukuran kapasitas RAM terbaru di layar ponsel realme.
  • Voila! kamu akan melihat RAM pada ponsel realme milikmu menjadi bertambah.

2. Menggunakan Opsi Pengembang

Apabila ponsel pintar realme milikmu belum mendapatkan dukungan dari teknologi DRE atau virtual RAM, maka kamu bisa meningkatkan kapasitas RAM realme dengan menggunakan opsi pengembang. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Langsung saja simak dan praktikan langkah-langkah yang sudah disusun oleh Carisinyal berikut ini:

  • Mula-mula, bukalah menu pengaturan pada ponsel realme milikmu. Menu ini memiliki ikon seperti gerigi.
2. RAM realme pengaturan tambahan
  • Dilanjutkan dengan mencari pengaturan tambahan pada menu pengaturan.
2. RAM realme opsi pengembang.
  • Setelah mengklik pengaturan tambahan, gulirkan layar ke bawah dan pilihlah Opsi Pengembang.
2. RAM paksa 4x MSAA
  • Pada halaman opsi pengembang, kamu harus menemukan menu Paksakan GPU untuk gambar 2D. Lalu, aktifkanlah dengan cara menekan tombol kapsul yang ada di sampingnya.
  • Diteruskan dengan mengaktifkan paksa 4x MSAA. Caranya juga sama seperti sebelumnya yakni menekan tombol kapsul hingga berubah menjadi warna hijau.
2. RAM realme batas proses latar belakang
  • Masih di halaman Opsi Pengembang, kamu selanjutnya memilih Batas Proses Latar Belakang.
  • Pada halaman Batas Proses Latar Belakang ada beberapa pilihan antara lain Batas Standar, Tanpa Proses Latar Belakang, Maksimal 1 Proses, Maksimal 2 Proses, Maksimal 3 Proses, dan Maksimal 4 Proses. Pilihlah opsi Tanpa Proses Latar Belakang.
2. RAM realme zoom animasi
  • Beralih kembali ke halaman Opsi Pengembang. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menonaktifkan Zoom Animasi Jendela, Skala Animasi Animator, Skala Durasi Animator, dan Pergerakan Tampilan Bantuan.
  • Terus, kliklah Layanan yang Sedang Berjalan.
  • Di sana kamu dapat mengecek kapasitas RAM pada ponsel realme milikmu pada baris Bebas.

3. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Adapun metode terakhir yang dapat kamu jajal untuk memperluas kapasitas RAM di ponsel pintar realme milikmu yaitu dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Dengan kata lain, kamu bisa menemukan dan mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut di di Play Store pada ponsel Realme. Untuk langkah-langkahnya, langsung saja simak uraiannya berikut ini:

  • Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan mengunduh dan memasang aplikasi pihak ketiga. Kali ini Carisinyal akan menggunakan aplikasi bernama RAM Booster. Kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut di sini.
3 RAM OPPO a
  • Selepas aplikasi tersebut terunduh, pasanglah aplikasi tersebut pada ponsel realme.
  • Kemudian, buka aplikasi RAM Booster tersebut pada ponsel realme milikmu.
3 RAM OPPO b
  • Sesaat setelah kamu membuka aplikasi RAM Booster, kamu akan dipersembahkan oleh beberapa bulatan mulai dari satu bulatan besar yang bertuliskan Boost RAM, sebuah lingkaran kecil yang di dalamnya ada logo ponsel, dan sebuah bulatan kecil yang berlogo baterai.
  • Pada area atas dari halaman aplikasi RAM Booster tersebut tersaji informasi tentang jumlah kapasitas RAM yang dimiliki oleh ponsel realme.
3 RAM OPPO c
  • Tahapan selanjutnya untuk memulai memperluas kapasitas RAM pada ponsel realme milikmu yaitu dengan menekan tombol lingkaran besar yang bertuliskan Boost RAM di dalamnya.
3 RAM OPPO d
  • Dalam hitungan detik dan secara otomatis aplikasi RAM Booster akan beroperasi.
  • Lalu, kapasitas RAM pada ponsel realme milikmu akan semakin luas atau bertambah. Informasi mengenai tambahan kapasitas RAM dapat kamu temukan di halaman aplikasi RAM Booster pada bagian atasnya. Bagaimana gampang bukan menambah kapasitas RAM dengan aplikasi RAM Booster?

Demikianlah tadi tiga metode yang dapat kamu implementasikan untuk menambah kapasitas RAM pada ponsel realme. Kamu dapat memilih salah satu di antara ketiga metode di atas meliputi memanfaatkan teknologi Dynamic RAM Expansion, menggunakan opsi Pengembang, dan memakai aplikasi pihak ketiga seperti RAM Booster.

Menurutmu mana cara yang paling mudah atau kamu punya cara lain untuk menambah kapasitas RAM di ponsel realme? Jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar, yah! Juga supaya kamu tidak ketinggalan informasi menarik seputar tips gawai dan aplikasi maka jangan lupa untuk pantau terus Carisinyal!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram