carisinyal web banner retina

Inilah Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Seiring dengan aplikasi dan game yang semakin berat, kebutuhan penggunaan memori terutama RAM pun meningkat. Tak ayal, HP Android dengan RAM 2 GB, bahkan RAM 3 GB sudah tidak relevan untuk kebutuhan sehari-hari. Setidaknya, HP Android punya RAM minimal 4 GB untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari yang nyaman.

Karena itu, brand ponsel saat ini seharusnya sudah tidak merilis lagi HP dengan RAM 3 GB. Namun, pasar HP murah masih sangat menggiurkan. Ini membuat beberapa brand HP, termasuk realme tetap hadirkan HP dengan RAM 3 GB. Namun, belakangan mereka juga hadirkan HP RAM 4 GB di kelas harga terjangkau.

Sayangnya, lagi-lagi karena penggunaan HP yang cukup masif, terkadang RAM 3 atau 4 GB juga terasa kurang. Kabar baiknya, ada sedikit cara untuk meningkatkan kapasitas RAM di beberapa brand HP. Untuk artikel kali ini, yang bakal dibahas adalah cara meningkatkan kapasitas RAM di HP realme. Namun, sebelumnya mari bahas terlebih dahulu soal RAM.

Apa yang Dimaksud dengan RAM?

realme narzo 50 5G cover

Dari pembahasan awal kita sudah menyebut-nyebutkan tiga huruf berbunyi "RAM". Nah, apa sih sebenarnya RAM dan fungsinya pada sebuah ponsel pintar itu? Jadi, bagi kamu yang baru tahu, RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan suatu platform yang terletak di prosesor utama ponsel pintar.

RAM berwenang untuk menginstruksikan aplikasi-aplikasi dan menyimpan data-data pengguna secara sementara di ponsel pintar. Pada sebuah ponsel pintar RAM mempunyai fungsi untuk menaikkan konfigurasi perangkat, menjalankan aplikasi gaming, melakukan aktivitas multitasking, sampai menggarap sebuah konten 3D memakai aplikasi desain.

Sebagaimana yang dipaparkan di atas, apabila kapasitas RAM pada sebuah ponsel pintar menipis karena pemasangan aplikasi dan data yang berlebihan, maka akan menyebabkan banyak kendala saat menggunakan perangkat.

Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi kapasitas RAM yang sudah menciut? Perlukah membeli RAM tambahan? Jawabannya, lanjut baca penjelasan di bawah ini, ya!

Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme

Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Carisinyal berikan tutorial cara menambah kapasitas RAM langsung melalui ponsel pintar realme. Untuk melakukan hal ini, sebenarnya mudah, yakni dengan mengaktifkan fitur bernama DRE (Dynamic RAM Expansion) atau dalam istilah umum virtual RAM. Teknologi ini menggunakan memori penyimpanan (ROM) untuk bertindak seolah-olah menjadi RAM saat diperlukan.

DRE bisa kamu temukan di seri realme yang lebih baru. Misalnya di realme 8 series ke atas dan realme seri GT. Untuk realme C dan narzo series, hanya beberapa tipe saja yang punya fitur ini.

Untuk tutorial kali ini, yang dipakai sebagai tes adalah HP realme narzo 50 5G dengan basis realme UI 4.0. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kapasitas RAM pada ponsel realme yaitu dengan membuka menu "pengaturan" atau "setting" yang berlogo gerigi.
  • Selepas berada di halaman menu pengaturan, dilanjutkan dengan menggulirkan ke bawah dan temukan menu "about device".
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme
  • Kliklah menu "about device".
  • Pada menu tentang ponsel kamu akan disuguhkan oleh berbagai submenu mulai dari nama perangkat, versi, prosesor, versi Android, RAM, model, dan masih banyak lagi. Jangan bingung untuk memilih yang mana, selanjutnya kamu tinggal pilih ikon bertuliskan RAM.
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme
  • Berikutnya silakan untuk mengaktifkan "RAM expansion" dengan menggeserkan tombol ke kanan sampai berubah jadi hijau.
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme
  • Kemudian pilihlah jumlah RAM yang ingin kamu perluas.
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme (1)
  • Opsi penambah kapasitas ini beragam, bergantung pada RAM bawaan yang ditawarkan HP.
  • Sebagai contoh, realme narzo 50 5G tawarkan RAM 6 GB, maka RAM expansion-nya adalah 2 GB, 4 GB, dan 6 GB.
  • Ada juga yang tawarkan RAM expansion sampai 12 GB seperti realme 11 Pro+ 5G yang memang tawarkan RAM bawaan 12 GB.
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme
  • Setelah memilih opsi penambahan RAM, lakukan restart ponsel realme milikmu agar pengaturan yang sudah diatur tadi dapat beroperasi sesuai harapan.
  • Setelah restart, cek di bagian "about device", akan muncul info kalau HP tersebut sudah punya tambahan RAM, seperti terlihat di gambar bawah ini.
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP realme
  • Voila! kamu akan melihat RAM pada ponsel realme milikmu menjadi bertambah.

Gimana, mudah bukan? Sebagai catatan, RAM expansion memang cukup punya pengaruh ke performa HP. Namun, performanya jelas bakal kalah dibanding RAM fisik bawaan. Karena itu, jika memang kebutuhannya adalah multitasking di HP, sebaiknya pilih HP dengan kapasitas RAM yang tinggi.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram