carisinyal web banner retina

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP realme

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Informasi mengenai baterai ini memiliki peranan penting dalam sebuah HP, termasuk realme. Biasanya, informasi tersebut menampilkan sejumlah persentase baterai yang tersisa. Dengan melihat informasi tersebut, Anda bisa menentukan kapan HP akan diisi daya atau tidak. Anda juga bisa memperkirakan kapan baterai HP ini akan habis.

Selain persentase berupa angka, Anda juga akan melihat ikon baterai. Ikon ini bisa dipadukan atau digabungkan agar terlihat lebih nyaman dan pas sesuai selera Anda. Nah, realme menjadi salah satu HP yang memberikan kebebasan kepada penggunanya. Bahkan, opsi yang ditawarkan juga lebih beragam dan menarik.

Jika Anda salah satu pengguna realme tetapi belum tahu cara menampilkan persentase baterai, jangan khawatir. Kali ini, tim Carisinyal akan membahas mengenai cara menampilkan persentase baterai di HP realme. Anda juga bisa mengubah ikon sesuai selera Anda, Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Cara Menampilkan Persentase Baterai di HP realme

cara menampilkan persentase baterai hp realme

Sebenarnya, cara untuk menampilkan persentase baterai di HP realme ini cukup mudah. Pasalnya Anda hanya perlu mengaturnya dari aplikasi Pengaturan yang ada di HP realme secara langsung. Namun, jika ingin terlihat berbeda, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga sebagai alternatifnya. Nah, silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

1. Cara Menampilkan Persentase Baterai di HP realme melalui Pengaturan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menampilkan persentase baterai adalah melalui Pengaturan. Bisa dibilang, ini adalah cara paling mudah dan praktis. Selain itu, realme menawarkan opsi tampilan yang lebih beragam dari HP lainnya. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja membuka aplikas “Pengaturan”.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Anda bisa membukanya melalui aplikasinya langsung atau ikon baut yang ada di bilah status.
cara menampilkan persentase baterai hp realme
  • Setelah itu, cari dan pilih menu “Notifikasi & bilah status”.
cara menampilkan persentase baterai hp realme
  • Silakan pilih menu “Bilah status” untuk melihat pengaturan lebih banyak mengenai bilah status.
cara menampilkan persentase baterai hp realme
  • Di dalam halaman menu ini, terdapat beberapa pengaturan yang bisa disesuaikan.
  • Untuk tampilan baterainya, Anda bisa memilih menu “Gaya baterai”.
cara menampilkan persentase baterai hp realme
  • realme menawarkan empat opsi yang bisa Anda pilih, mulai dari “Horizontal” (batang baterai mengarah ke samping), “Vertikal” (batang baterai mengarah ke atas atau berdiri), “Berulang” (berbentuk lingkaran), dan “Jangan tampilkan”.
cara menampilkan persentase baterai hp realme
  • Selain mengatur ikon, Anda juga bisa mengatur tampilan persentase baterainya.
  • Silakan pilih menu “Persentase baterai” untuk melihat opsi yang ditawarkan.
  • Terdapat tiga opsi yang bisa Anda pilih untuk tampilan persentasenya, yaitu “Ikon di dalam baterai” (tampilan persentase berada di dalam batang baterai), “Ikon di luar baterai” (tampilan persentase berada di luar atau samping batang baterai), dan “Jangan tampilkan”.
  • Ketiga opsi tersebut hanya bisa dipilih ketika tampilan ikon baterai atau gaya baterai menggunakan “Horizontal”. Jika Anda menggunakan tampilan atau gaya yang lain, pilihannya hanya ditampilkan di luar atau samping ikon baterai atau jangan ditampilkan.

Beberapa opsi tampilan yang ditawarkan ini cukup menarik. Apalagi pilihan ikon baterai berbentuk lingkaran yang jarang dimiliki oleh HP lain. Hanya saja, pilihan tampilan persentase untuk ikon ini hanya berada di luar atau samping ikonnya saja atau tidak ditampilkan. Padahal, jika disimpan di dalam ikon akan terlihat lebih menarik.

Oleh karena itu, penulis sendiri lebih nyaman menggunakan tampilan ikon berbentuk batang baterai horizontal. Kemudian dipadukan dengan tampilan persentase yang berada di dalamnya. Selain lebih sederhana dan menghemat tempat bilah status, informasi yang ditampilkan oleh persentase baterai masih bisa terlihat dengan jelas.

2. Cara Menampilkan Persentase Baterai di HP realme melalui Aplikasi

Selain menampilkan persentase melalui Pengaturan, Anda juga bisa menampilkan persentase baterai melalui aplikasi pihak ketiga. Banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang bisa Anda pilih. Bahkan, aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya untuk menampilkan persentase baterai saja, tetapi memiliki fitur bermanfaat lainnya.

Nah, tim Carisinyal sudah menyiapkan dua aplikasi sebagai sebuah rekomendasi. Kedua aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya. Silakan simak kedua aplikasinya berikut ini.

Battery Monitor

cara menampilkan persentase baterai hp realmeSumber: Google Play

Aplikasi pertama yang paling direkomendasikan adalah Battery Monitor. Aplikasi ini dikembangkan oleh System monitor tools lab-CPU RAM Battery asal Beijing, China. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mampu memonitor baterai pada HP realme Anda dengan baik.

Salah satu fitur yang dimilikinya adalah Floating Window. Fitur ini mampu menampilkan persentase baterai, suhu, dan sebagainya dalam bentuk jendela mengambang. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi dan melihat informasi persentase baterai dengan mudah dan unik. Anda juga bisa menempatkan jendela tersebut di mana saja dengan cara menggesernya.

Selain itu, terdapat fitur untuk menampilkan informasi baterai lainnya yaitu Widget baterai. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat sebuah widget untuk menampilkan informasi mengenai baterai. Bahkan, Anda bisa mengatur temanya dengan mengganti warna sesuai selera.

Aplikasi Battery Monitor ini tidak hanya memiliki fitur untuk kebutuhan tampilan saja. Aplikasi ini mampu memonitor secara keseluruhan terkait baterai HP realme Anda. Mulai dari kurva penggunaan dan suhu baterai, hingga memonitor atau memantau status baterai. Adapun status baterai tersebut terdiri dari kesehatan baterai, status daya, jumlah voltase, dan sebagainya.

AccuBattery

accubattery_Sumber: Google Play

Aplikasi lain yang kami rekomendasikan adalah Accubattery. Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang Digibites yang berasal dari Rotterdam The Netherlands. Mirip dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki fitur dan kemampuan yang cukup menarik.

Soal tampilannya, aplikasi AccuBattery ini hanya menampilkan informasi persentase baterai pada notifikasi. Informasi yang ditampilkan tersebut tidak hanya persentase baterainya saja. Melainkan termasuk informasi penggunaan baterai rata-rata, penggunaan baterai ketika layar hidup dan mati, dan sebagainya.

Secara garis besar, aplikasi AccuBattery ini dirancang untuk memelihara baterai HP realme Anda agar tetap dalam keadaan baik. Di dalamnya terdapat fitur-fitur menarik, misalnya Kesehatan baterai. Fitur ini bisa digunakan untuk memelihara kesehatan baterai agar memiliki usia yang panjang.

Selain itu, terdapat fitur lainnya yaitu informasi penggunaan baterai. Fitur ini mampu menampilkan informasi penggunaan baterai dengan akurat. Bahkan, Anda juga bisa melihat informasi penggunaan baterai yang dihabiskan oleh setiap aplikasi. Fitur ini berguna untuk memantau aplikasi atau kegiatan apa saja yang menguras baterai lebih banyak.

Nah, itulah beberapa cara untuk menampilkan persentase baterai di HP realme. Anda bisa menampilkannya melalui fitur bawaan yang ada di dalam Pengaturan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Biasanya, aplikasi pihak ketiga juga menawarkan fitur lain untuk kebutuhan baterai Anda.

Sebagai informasi, HP realme yang digunakan untuk kebutuhan artikel ini adalah realme narzo 50 5G. HP ini sudah menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka realme UI 4.0. Meski begitu, cara ini agaknya tidak akan jauh berbeda dengan HP realme lainnya. Apalagi menggunakan OS Android dan antarmuka yang sama atau berdekatan.

Selain informasi atau tips mengenai HP realme, kami juga memiliki artikel yang membahas HP lain. Misalnya cara menyembunyikan data foto atau video di HP Xiaomi, cara menyembunyikan aplikasi di HP OPPO, cara menghilangkan tombol navigasi di HP Infinix, dan sebagainya. Nah, sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram