carisinyal web banner retina

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP realme

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

realme menjadi salah satu brand yang cukup populer, terutama untuk segmen HP di pasar Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari harganya yang terjangkau, cocok untuk pasar, hingga fitur-fitur canggih yang dibawanya.

Sebagai HP modern, kebutuhan layar menjadi salah satu hal yang dicari oleh beberapa pengguna. Namun, luasnya layar pada HP kadang malah terpangkas oleh adanya tombol navigasi. Tombol navigasi tersebut tentu saja untuk menavigasi aktivitas seperti kembali ke menu sebelumnya, kembali ke halaman awal, dan membuka aplikasi terbaru.

Tombol-tombol tersebut biasanya dilambangkan dengan tiga ikon. Ketiga tombol tersebut terdiri dari fungsi back, home, dan recent. Meski fungsinya jelas, beberapa orang justru tidak menyukai adanya tombol ini karena alasan yang beragam. Salah satu alasannya adalah layar HP menjadi sempit dan terpangkas.

Lantas, adakah cara menghilangkan tombol navigasi pada HP realme? Tentu saja ada. Kali ini, tim Carisinyal akan memaparkan bagaimana cara menghilangkan tombol navigasi. Sebagai gantinya, Anda akan menggunakan navigasi gestur yang menggunakan gerakan khusus. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai habis, ya.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP realme

cara menghilangkan tombol navigasi realme

Jika Anda merasa terganggu dengan adanya tombol navigasi pada HP realme, Anda bisa menghilangkannya dengan mudah. Sebagai gantinya, Anda akan menggunakan navigasi gestur untuk mengoperasikan HP realme Anda. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasuki “Pengaturan” terlebih dahulu.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Anda bisa membukanya melalui aplikasinya langsung atau menekan ikon baut di bar notifikasi.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Setelah itu, silakan cari dan pilih menu “Pengaturan tambahan” dengan menggulirnya ke bawah.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Di bagian paling atas, silakan pilih menu “Navigasi sistem”.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Setelah terbuka, silakan tekan pilihan “Gestur” untuk menghilangkan tombol navigasi dan beralih ke navigasi gestur.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Jika Anda baru pertama kali menggunakan sistem navigasi ini, sebaiknya tekan “Pelajari” terlebih dahulu pada jendela peringatan yang muncul.
  • Dengan begitu, Anda akan diberi panduan singkat mengenai gerakan atau gestur yang harus dilakukan untuk menavigasi.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Anda juga bisa melihat kembali gerakan-gerakan yang harus dilakukan dengan memilih menu "Pelajari gestur".
  • Jika sudah berhasil, tombol navigasi di HP realme Anda akan otomatis menghilang.

Sekilas Tentang Navigasi Gestur di HP realme

cara menghilangkan tombol navigasi realme

Jika Anda pertama kali dalam menggunakan navigasi gestur ini, Anda harus paham lebih dulu tentang sistem navigasi satu ini. Secara sederhana, sistem navigasi gestur ini memungkinkan Anda untuk mengoperasikan HP hanya menggunakan gerakan saja. Sebab, tombol navigasi yang biasanya berada di bagian bawah sudah hilang.

Nah, sebagai gantinya, Anda harus memahami beberapa gerakan untuk menggantikan tombol yang ada di tombol navigasi. Mulai dari kembali ke menu sebelumnya, kembali ke halaman awal, dan membuka aplikasi terbaru. Agar lebih jelas, simak gerakan-gerakan yang digunakan dalam sistem navigasi gestur di HP realme berikut ini.

Kembali ke layar sebelumnya; Gerakan ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol “back”. Anda bisa kembali ke halaman atau jendela sebelumnya dengan menggeser ke arah dalam dari tepi kiri atau kanan layar.

Kembali ke layar awal; Gerakan ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol “home”. Biasanya tombol ini berada di bagian tengah dengan ikon kotak atau bentuk rumah. Gerakan yang harus dilakukan adalah dengan menggeser ke atas dari tepi bagian bawah layar dengan sedikit cepat atau tanpa ditahan.

Tampilkan tugas terbaru; Gerakan ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol “recent apps” atau aplikasi yang baru saja dibuka. Biasanya, tombol ini memiliki ikon tiga garis yang ditumpuk.

Gerakan yang harus dilakukan mirip dengan gerakan sebelumnya untuk kembali ke halaman awal. Hanya saja, ketika menggeser ke atas dari tepi bagian abwah, Anda harus menahannya di bagian tengah terlebih dahulu. Jika sudah muncul beberapa aplikasi yang abru dibuka, Anda bisa lepas dan memilih aplikasi mana yang akan dituju.

Beralih di antara aplikasi yang baru dibuka; Gerakan ini memiliki fungsi yang mirip dengan tombol “recent apps”. Namun, ini versi lebih cepat untuk berpindah ke aplikasi yang sebelumnya baru dibuka. Gerakan yang harus dilakukan adalah dengan menggeser ke kanan atau kiri dari tepi bagian bawah layar.

Gerakan-gerakan yang harus dilakukan dalam sistem navigasi gestur ini sebenarnya cukup mudah. Namun, untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan tombol navigasi, pasti butuh adaptasi terlebih dahulu. Sebab, jika belum terbiasa, mungkin Anda akan tetap mencari tombol navigasi yang berada di bagian bawah.

Cara Mengubah Posisi Tombol Navigasi di HP realme

realme Narzo 50 5G

Selain menghilangkan tombol navigasi dan berganti ke sistem navigasi gestur. Anda juga bisa mengubah posisi tombol navigasi atau susunan ketiga tombol tersebut. Adapun tombol yang diubah posisinya adalah tombol back dan recent apps. Bagaimana caranya? Silakan simak langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah-langkah yang harus dilakukan tidak jauh berbeda dengan cara menghilangkan tombol navigasi.
  • Anda harus masuk ke menu “Navigasi sistem” terlebih dahulu yang ada di “Pengaturan”.
  • Adapun urutannya adalah sebagai berikut yaitu buka aplikasi “Pengaturan” lalu cari dan pilih menu “Pengaturan tambahan”.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Setelah itu pilih menu “Sistem navigasi” yang ada di bagian atas.
cara menghilangkan tombol navigasi realme
  • Ketika pilihan sistem navigasi berada di sistem navigasi tombol, pilih salah satu posisi di kolom “Layout tombol”.
  • Anda bisa memilih posisi pertama dengan tombol back di kanan, atau pilihan kedua dengan tombol back di kiri.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tombol navigasi. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan sistem navigasi gestur dengan gerakan tertentu. Anda mungkin perlu membiasakan terlebih dahulu dengan gerakannya agar bisa menavigasi dengan lancar.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah posisi tombol pada sistem navigasi tombol. Ini bisa disesuaikan dengan selera agar meningkatkan kemudahan dalam menekan tombol.

Sebagai informasi, HP realme yang digunakan untuk kebutuhan artikel ini adalah realme narzo 50 5G. HP ini sudah menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka realme UI 4.0. Namun, jika Anda menggunakan model lain, tidak masalah. Sebab, cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan tidak akan jauh berbeda.

Jika Anda menggunakan HP selain realme, kami juga memiliki beberapa artikel terkait yang membahas tips dan triknya. Misalnya cara mengecek garansi di HP Infinix, cara mengganti nada alarm di HP Xiaomi, cara menyembunyikan foto atau video di HP vivo, dan sebagainya. Sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram