carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui 2 Cara Mudah Cek Ketersediaan NFC di HP

Ditulis oleh Aris Wibowo

Ponsel saat ini tidak lagi hanya digunakan untuk menelpon atau berkirim pesan saja. Berkat sejumlah teknologi baru yang terus ditemukan, ponsel kini menjadi sebuah perangkat yang mampu membantu pengguna dalam banyak hal, termasuk untuk mengirim data dan membayar transaksi.

Salah satu fitur terbaru tersebut adalah NFC alias Near Field Communication. NFC pada dasarnya sebuah konektivitas yang berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat tersebut. Maka dari itu, untuk menggunakan fitur, kedua perangkat NFC hanya berjarak beberapa cm saja.

Untuk cara kerjanya, fitur NFC menghubungkan antar perangkat melalui frekuensi radio dalam jarak dekat. Sekilas, cara kerjanya memang mirip fitur Bluetooth. Bedanya, dalam NFC memindahkan data bisa lebih lancar dan lebih terbebas dari gangguan. Selain itu, NFC lebih hemat daya dan tidak membutuhkan koneksi internet.

Lalu, apa saja fungsi NFC? Mengapa fitur NFC mulai dilirik banyak pengguna smartphone dan menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli smartphone? Simak pembahasannya dia rtikel berikut ini:

Nah, mungkin di antara Anda, ada yang penasaran apakah di HP yang dimiliki sudah ada NFC atau tidak? Sebetulnya ada sejumlah cara untuk mengetahui apakah di HP Anda sudah ada NFC atau tidak. Cara termudah tentu dengan mengecek fisik HP. Pasalnya, beberapa produsen sengaja menambahkan kata NFC di produk miliknya.

Selain itu, beberapa produsen juga memberi tanda khusus pada produk ponselnya yang memiliki NFC. Seperti produsen Sony, dalam beberapa seri Xperia selalu menghadirkan huruf N di bodi belakang ponsel sebagai tanda adanya NFC atau tidak. Untuk cara cek lain mengenai ada atau tidak fitur NFC di HP Anda, berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Periksa Pengaturan Telepon

mengaktifkan nfc di setting

Untuk mengetahui apakah HP Anda ada NFC atau tidak, Anda dapat mengecek melalui pengaturan telepon. Caranya Buka pengaturan telepon, lalu cari opsi ‘Nirkabel dan Jaringan’ atau ‘Wireless and Networks’, kemudian ketuk opsi ‘Lainnya’.

Biasanya, di bagian ini ada opsi untuk mengaktifkan NFC. Jika Anda tidak menemukan opsi NFC, maka HP Anda tidak mendukung fitur tersebut. Untuk beberapa smartphone Android lain, silakan buka Pengaturan telepon > Koneksi > NFC dan Pembayaran. Jika tak ditemukan, HP Anda belum mendukung NFC.

2. Menggunakan Aplikasi

Anda juga bisa mengecek fitur NFC di HP menggunakan aplikasi yang ada di PlayStore. Nah, berikut daftar aplikasinya:

1. NFC Check

check nfc jaori kros_

NFC Check merupakan salah satu aplikasi untuk mengecek NFC pada smartphone. Anda cukup menginstal aplikasi ini di HP. Lalu, buka aplikasi. Nantinya akan muncul tanda merah atau hijau sebagai tanda adanya NFC atau tidak pada HP.

Jika Anda melihat tanda merah berarti perangkat Anda tidak mendukung fitur NFC. Jika Anda melihat tanda hijau berarti perangkat Anda memiliki fitur NFC. Menariknya, selain bisa untuk mengecek NFC, aplikasi buatan Joeri Kros ini juga bisa digunakan untuk mengecek Google Pay.

2. Cek NFC

cek nfc Aris lab_

Cek NFC dikembangkan Aris Lab dan sangat simple dan mudah digunakan. Anda cukup menginstal aplikasi ini, kemudian membukanya. Setelah itu, tunggu proses pencarian modul NFC selesai. 

Jika di layar muncul tanda centang, HP Anda dipastikan memiliki fitur NFC. Sedangkan kalau di layar HP muncul tanda X atau silang, maka HP Anda tidak memiliki modul NFC.

3. Check NFC Risovanyi

cel mfc risovanyi_

Check NFC menjadi salah satu aplikasi cek NFC yang wajib Anda coba karena mudah digunakan. Setelah Anda berhasil menginstal, cukup klik tombol check di layar utama aplikasi.

Nantinya, aplikasi akan memberikan tanda centang besar jika perangkat Anda mendukung NFC. Namun, jika yang muncul tanda X besar, berarti tidak ada fitur NFC di HP Anda.

4. NFC Checker

nfc checker_

NFC Checker adalah aplikasi gratis buatan pengembang bernama The Tree Team. User interface yang ditawarkan cukup mudah. Aplikasi ini bahkan menampilkan nama perangkat dan versi NFC yang digunakan. 

Cara penggunaannya juga tidak berbeda jauh dengan aplikasi sejenis. Setelah berhasil men-download dan memasang aplikasi, Anda tinggal jalankan, kemudian klik tombol cek NFC. Nanti akan muncul mengenai ada tidaknya NFC di HP Anda.

5. NFC Check

nfc check gold flake_

Untuk Anda yang masih bingung mengenai ketersediaan fitur NFC di perangkat kesayangan, Anda bisa coba NFC Check buatan Gold Flake. Dalam aplikasi ini, Anda akan mendapat keterangan yang mudah dipahami mengenai ada tidaknya fitur NFC maupun Google Pay.

Ketika membuka dan menjalankan aplikasi, Anda akan langsung disuguhi info ada atau tidaknya support NFC. Jika tanda hijau yang muncul, artinya ada NFC. Namun, jika tanda merah, HP tidak memiliki NFC. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan NFC di HP dengan mengklik tombol NFC di pojok kanan atas aplikasi.

Demikian cara cek apakah HP kita ada NFC atau tidak. Kini Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi apakah HP yang Anda miliki sudah memiliki fitur canggih ini atau belum.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram