Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 1 IV

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Sony telah meluncurkan generasi flagship penerus dari Sony Xperia 1 III, Sony Xperia 1 IV. Ponsel ini membawakan sejumlah peningkatan dan spesifikasi yang mumpuni, terutama pada sisi kamera dan dapur pacunya.

Sony Xperia 1 IV sendiri memiliki daya tarik utama di bagian kamera telefoto yang dapat melakukan continuous zoom pada jangkauan tertentu, diklaim sebagai smartphone pertama yang menggunakan teknologi secanggih ini.

Tak heran, kemampuan fotografi ponsel ini juga disebut-sebut setara dengan kamera mirrorless, terutama dari kemampuan autofokusnya.

Masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang bisa ditemukan pada Sony Xperia 1 IV, begitu pun dengan sejumlah kekurangannya yang tak kalah penting untuk diketahui. Yuk, simak kelebihan dan kekurangan Sony Xperia 1 IV berikut ini!

Spesifikasi Sony Xperia 1 IV

sony xperia 1 iv
Layar OLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) 0.3 MP (ToF)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Sony Xperia 1 IV

Kalau Anda memiliki budget untuk membeli HP flagship, tidak ada salahnya melirik Sony Xperia 1 IV. Beberapa kelebihannya dijamin akan membuat siapapun tercengang. Simak yang di bawah ini, ya!

1. Punya Layar 4K OLED, Sangat Jarang di Industri Smartphone

sony xperia 1 iv layar_

Apa yang Anda bayangkan saat membaca tulisan "4K OLED"? Monitor kah? Atau TV? Ya, pasalnya, resolusi 4K umumnya hanya dimiliki oleh kedua perangkat tersebut. Namun tahukah Anda? Rupanya Sony Xperia 1 IV merupakan satu dari segelintir HP langka yang menyediakan resolusi setinggi itu.

Panel layarnya tentu sudah menggunakan OLED (nampaknya sudah menjadi "makanan pokok" untuk ponsel premium) dengan refresh rate 120 Hz pada dimensi 6,5 inci. Resolusi persisnya yang didukung oleh layar adalah sebesar 1644 x 3840 piksel dengan aspek rasio 21:9.

Layar juga mendukung tingkat kerapatan piksel yang begitu tinggi, yakni sekitar 643 ppi (pixel per inch). Soal ketajaman layar, pokoknya sudah tidak perlu diragukan lagi.

  • Layar tidak menampilkan punch-hole maupun waterdrop notch

Yang menjadikannya cukup keren dan (lagi-lagi) unik, merupakan desain kamera depan yang mengusung konsep FullView. Anda sungguh tidak akan menemukan ceruk ataupun punch hole sama sekali di sini.

Bezel atas dan bawahnya memang dibuat agak sedikit tebal, demi menampung lensa kamera depan agar tidak menghalangi pandangan layar. Menurut penulis, ini adalah kompromi yang paling pas untuk mempertahankan imersi layar sekaligus menjaga kualitas kamera selfie.

Alternatif lainnya tentu dengan menyembunyikan kamera depan di dalam layar (atau yang biasa disebut "Under Display Camera", seperti yang dimiliki Xiaomi Mix 4).

Namun, konsep seperti ini belum sepenuhnya matang di industri smartphone lantaran berisiko membuat kualitas hasil foto selfie-nya jadi menurun jika tidak diperhitungkan dengan matang.

Daripada ambil risiko, keputusan untuk menaruh lensa di bezel sudah tepat, sih. Toh, bezelnya begitu tipis dan tidak mengganggu, dan sekaligus jadi bisa menampung lampu notifikasi LED yang umumnya jarang ditemukan pada ponsel Sony.

  • Akurasi warna dan tingkat kecerahan layar

Kembali ke layar, Sony Xperia 1 IV juga membawakan standar kualitas warna 10-bit sehingga membuatnya sanggup menampilkan sebanyak 1 miliar warna. Ponsel Sony ini menyediakan dua mode kualitas gambar yang terbadi menjadi Standard (default) dan juga mode Creator.

Jika memilih mode Creator, layar akan berusaha menyesuaikan warna yang ditampilkan berdasarkan konten yang dipertontonkan, yakni dengan bergantian antara gamut warna sRGB dan DCI P3. Sementara, mode Standard akan menampilkan warna yang lebih menonjol dengan nuansa putih yang agak kebiruan.

Anda pun dapat mengatur tingkatan warna putih (white balance) yang terbagi menjadi Warm, Medium, dan Cool. Sesuai namanya, Warm akan membuat warna putihnya cenderung hangat alias kekuning-kuningan, dan Cool akan memberikan nuansa putih yang sejuk dengan aksen kebiruan. Medium terletak di tengah-tengah antara keduanya.

Dilansir dari GSM Arena, layar pada Sony Xperia 1 IV mampu meraih tingkat kecerahan tertingginya pada angka 668 nit, ketika white balance disetel ke tingkatan Medium. Ini merupakan kecerahan tertinggi saat slider dibuat mentok kanan secara manual.

Adapun untuk mode Auto Brightness, layar meraih tingkat kecerahan tertingginya pada mode Creator dengan white balance Medium, di angka 650 nit.

2. Peningkatan Ketahanan Baterai Ketimbang Generasi Sebelumnya

sony xperia 1 iv baterai_

Ketahanan baterai sudah semestinya jadi sebuah hal yang diperhitungkan dengan matang pada HP flagship. Tentu tidak ada yang mau membayar mahal hanya untuk dapatkan ponsel yang cepat habis baterai, bukan? Dalam hal ini, Sony pun memodali Xpedia 1 IV dengan kapasitas baterai 5.000 mAh.

Kapasitas tersebut alami peningkatan 10% lebih besar ketimbang yang digunakan pada Xperia 1 III selaku pendahulunya (masih gunakan baterai 4.500 mAh). Sekarang pertanyaannya, apakah peningkatan kapasitas tersebut membuat baterai Xperia 1 IV lebih tahan lama?

Pengujian dari GSM Arena mengungkapkan bahwa endurance rating yang diraih Xperia 1 IV adalah sebesar 100 jam. Hasil tersebut merinci pada aktivitas panggilan telepon hingga durasi 26 jam 51 menit, melakukan browsing selama 11 jam 26 menit, dan pemutaran video playback hingga mencapai 15 jam 6 menit.

Ketahanan baterai ini meningkat dari Sony Xperia 1 III dengan endurance rating 82 jam. Selain itu, ia pun bahkan berhasil kalahkan Xiaomi 12 Pro yang hanya punya skor ketahanan baterai 74 jam saja.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram