carisinyal web banner retina

4 Cara Cek Layar dan Touch Screen di HP Samsung

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Memeriksa kondisi layar HP tentu sangatlah penting. Apapun merk HP-nya, baru ataupun bekas, tetaplah cek kondisi hardware HP Anda. Apalagi bila Anda sudah memakai HP tersebut dalam waktu yang lama. Jadi, kalau ditemukan masalah pada layar atau bagian penting lainnya, Anda bisa segera membawa HP-nya ke service center.

Sebagai salah satu jenama HP terbaik di dunia, banyak orang yang mencari HP Samsung untuk dijadikan daily driver. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, jangan lupa cek layar HP Samsung Anda. Pastikan kondisinya masih oke, terlebih bila Anda membawa pulang HP bekas.

Kalau masih bingung, tim Carisinyal akan membantu Anda untuk mengintip cara cek layar dan touch screen di HP Samsung dengan beberapa metode. Berikut pembahasan selengkapnya.

Cara Cek Layar dan Touch Screen HP Samsung

Samsung Galaxy A32

Memeriksa kondisi layar HP Samsung bisa dilakukan dengan beberapa cara. Simak poin-poin berikut untuk mengetahuinya.

1. Gunakan Fitur Battery and Device Care

Samsung memiliki fitur bernama Battery and Device Care (Perawatan Perangkat). Fitur ini dapat diandalkan untuk mengetahui kondisi kesehatan beberapa komponen hardware pada HP. Salah satunya adalah layar. Lalu, bagaimana cara memeriksa kondisi layar HP dengan fitur ini? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Settings atau Pengaturan di HP Samsung Anda. Agar lebih mudah, pakai search bar/kolom pencarian di app drawer. Ketikkan saja “Settings” atau “Pengaturan” di search bar-nya.
samsung-diagnostics-1-1
  • Cari opsi “Battery and Device Care” di menu Pengaturan/Settings tersebut
samsung-diagnostics-2-1
  • Pilih menu “Diagnostics”. Setelahnya, akan muncul beberapa opsi pengetesan hardware dan beberapa fitur ponsel lainnya
samsung-diagnostics-3-1
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Touch screen” untuk memeriksa kondisi layar HP
  • Usap layar HP Anda dengan memakai jari tangan. Lakukan hingga seluruh kotak abu berubah warna jadi biru
cara cek layar hp samsung 4-side_
  • Setelah selesai, akan muncul notifikasi dengan keterangan soal kondisi layar Anda. Di sini, tim Carisinyal sudah melakukan pengetesan. Hasilnya, kondisi layar HP dalam keadaan normal. Kalau masih penasaran, Anda bisa coba ulangi proses diagnostik dengan menekan tombol “Retry”.
cara cek layar hp samsung 7_
  • Fitur diagnostik ini tak hanya bisa dipakai untuk mengecek kondisi ‘kesehatan’ layar. Fitur seperti NFC, sinyal HP, kartu SIM, kabel charger, hingga status baterai juga bisa Anda periksa.
  • Jika ingin mengetahui kondisi hardware, software atau fitur lainnya secara keseluruhan, silakan tekan tombol “Continue testing” sesudah memeriksa kondisi layar HP.
cara cek layar hp samsung 8_

2. Pakai Samsung Members

Selain mengandalkan fitur Battery and Device Care, Anda pun dapat mencoba pakai aplikasi Samsung Members guna mengetahui kondisi layar HP Samsung. 

Samsung Members merupakan sebuah aplikasi bawaan dari Samsung. Tidak cuma mengetahui kondisi HP saja, di Samsung Members Anda dapat berbagi informasi soal perangkat Samsung dengan sesama pengguna. Nah, buat Anda yang ingin tahu cara pakai Samsung Members untuk mengecek layar HP, silakan ikuti poin-poin di bawah ini:

  • Remote Support
samsung remote support-side_

Fitur ini bisa Anda akses melalui Samsung Members. Remote Support merupakan sebuah layanan dari Samsung. Dengan layanan ini, Anda dapat mengetahui kondisi layar HP atau komponen lainnya. Pakar dari Samsung-lah yang akan melakukan pemantauan jarak jauh untuk Anda. 

Guna mengakses Remote Support, silakan buka aplikasi Samsung Members. Masuk ke menu Support > Remote Support. Dari sini, Anda akan dibawa masuk ke layanan Smart Tutor Samsung. Ikuti perintah yang ada. Masukkan bahasa Anda, lalu centang terms of service dan setujui. 

Setelah itu, masukkan enam digit connection code. Kode ini akan diberitahukan pada Anda lewat telepon oleh pihak Samsung. Dari sini, pakar Samsung akan terhubung dengan perangkat Anda. Dan jika terjadi masalah, mereka langsung memperbaikinya dari jarak jauh.

Tenang, Anda tak perlu takut data pribadi akan bocor, ya. Samsung menjanjikan keamanan tingkat tinggi untuk layanan ini. Para teknisinya diberi izin akses ke perangkat Anda melalui server yang aman.

  • Text Chat
samsung live chat 1-side_

Samsung juga menyediakan layanan pesan teks untuk pengguna. Lewat layanan ini, Anda dapat berkonsultasi dengan customer service Samsung, atau mengetahui informasi lain seputar perangkat secara otomatis.

Kalau Anda menemukan kerusakan atau ingin mengetahui kondisi layar, silakan hubungi langsung customer service Samsung-nya. Masukkan bahasa Anda dan pilih menu untuk berkomunikasi dengan CS. Selanjutnya, input data perangkat, nama Anda dan informasi lain yang diminta pihak Samsung. Jika sudah, tunggu sampai CS-nya menghubungi Anda.

  • Fitur Ask Question
cara cek layar hp samsung 9-side 1_

Sesuai dengan namanya, lewat fitur ini Anda bisa bertanya langsung pada pakar Samsung soal kondisi layar HP. Cara pakainya mudah. Cukup buka aplikasi Samsung Members. Lalu, pilih menu “Ask question” di bagian opsi “Send feedback”.

Selanjutnya, tentukan komponen HP yang ingin ditanyakan kondisinya. Bila ingin mengetahui soal layar HP, Anda bisa pilih “Display” atau “Sensor/touch”. Tulis pertanyaan Anda dan kirim ke pakar Samsung dengan menekan tombol pesawat di bagian kanan atas layar. Terakhir, Anda tinggal menunggu pihak Samsung memberikan jawabannya.

  • Phone Diagnostics
cara cek layar hp samsung 12 - phone diagnostics 1__1

Kalau fitur ini sama dengan yang sebelumnya sudah kami bahas. Selain bisa mengaksesnya dari menu Battery and Device Care, fitur diagnostik ini pun tersedia di Samsung Members. Cara pakainya pun sama. Anda tinggal praktikkan langkah-langkah di poin “Gunakan Fitur Battery and Device Care” untuk mengecek kondisi layar HP Samsung.

3. Touch Screen Test Code

Mengetahui keadaan layar HP Samsung juga dapat dilakukan dengan test code. Samsung sendiri memiliki beberapa kode pengetesan yang dapat dipakai. Salah satunya adalah kode yang akan tim Carisinyal bahas di poin ini. Berikut cara pakainya:

  • Buka telepon/dialer di HP Samsung Anda. Lalu, masukkan kode *#0*#
samsung-diagnostics-5-1
  • Pilih “Touch” ketika opsi diagnostik muncul di layar HP
samsung-diagnostics-7
  • Usap layar sampai kotak putih jadi warna hijau. Lakukan hingga seluruh kotak berubah warna. Kalau semuanya berwarna hijau, layar HP Anda masih dalam kondisi normal
samsung-diagnostics-7-2

Bisa dibilang, cara ini adalah versi ‘tradisional’ dari phone diagnostics Samsung. Anda dapat memakainya pada HP Samsung seri baru ataupun seri lama.

4. Aplikasi Pihak Ketiga

touch screen test_

Selain pakai aplikasi bawaan Samsung, aplikasi pihak ketiga pun bisa Anda jadikan alat pengetes kondisi layar. Salah satu aplikasi yang paling populer adalah Test Screen Touch dari Siriuth.

Guna mendeteksi masalah pada layar HP, Anda tinggal usap saja layarnya. Akan muncul garis-garis di layar. Jika terjadi masalah, tentu tak akan ada garis yang muncul. Contohnya, kalau layar Anda tak berfungsi sebagian, maka di ketika Anda mengusap bagian tersebut, garisnya tidak akan tampil.

Aplikasi ini sangat sederhana. Ukurannya saja tidak sampai 100 KB. Ada menu untuk mengubah jenis garis, memperbesar atau memperkecil layar, dan masih banyak lagi. Lakukan saja kustomisasi sesuai kebutuhan. 

Mengetahui kondisi layar HP Anda adalah tindakan tepat untuk mencegah hal buruk terjadi. Berbagai cara di atas tentu bisa Anda praktikkan sendiri melalui HP Samsung yang dimiliki. Cara teraman untuk cek layar dan touch screen di HP Samsung tentulah dengan mengandalkan aplikasi bawaannya. 

Untuk aplikasi pihak ketiga, sayangnya tim Carisinyal tidak dapat menjamin keamanannya. Jadi, kalau mau pakai, risiko ditanggung oleh masing-masing pengguna. 

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram