carisinyal web banner retina

2 Cara Mengaktifkan Bypass Charging di HP Infinix

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Bypass Charging menjadi salah satu fitur khusus yang disematkan untuk HP gaming. Hal ini lantaran fungsinya yang sangat membantu meningkatkan aktivitas gaming dengan baik. Bahkan, dengan adanya fitur ini, Anda bisa bermain game sepuasnya tanpa khawatir kehabisan baterai.

Pada awalnya, fitur Bypass Charging ini hanya dimiliki oleh HP flagship saja. Namun, banyak brand ternama yang juga membawa fitur ini ke HP kelas mid-range atau di bawahnya, salah satunya adalah Infinix. Infinix menyebut fiturnya ini Bypass Mode, yang sebenarnya hanya masalah penamaan saja.

Fitur bypass charging sendiri merupakan fitur yang menggunakan daya yang diterima saat proses charging secara langsung tanpa melewati baterai terlebih dahulu.

Infinix memperkenalkan fitur Bypass Mode-nya ini pertama kali melalui Infinix Note 30 Series. Fitur ini juga dipertahankan di Infinix Note 40 series.

Saya sendiri sudah merasakan manfaat dari fitur ini. Kebetulan, saya punya ponsel Infinix Note 30 Pro. Ketika mode ini aktif, ponsel akan langsung akan mengambil daya dari listrik, bukan baterai ini. Karena itu, berkat fitur ini, saya bisa memainkan gim di Infinix Note 30 Pro meski si ponsel terhubung ke colokan.

Sayangnya, mode ini tidak langsung aktif. Ada dua cara untuk mengaktifkan fitur bypass charging. Caranya sendiri bakal saya berikan berikut ini.

Disclaimer:

Tidak semua ponsel Infinix mendukung fitur Bypass Charging atau Bypass Mode. Hanya beberapa seri tertentu saja yang bisa mendukung fitur ini.

1. Melalui Mode Pengaturan

Cara pertama adalah mengaktifkannya lewat "Pengaturan" atau "Settings". Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Masuk ke bagian "Settings".
  • Gulir ke bawah, cari dan pilih menu “Special Function”.
  • Untuk yang memakai bahasa Indonesia, pilihannya adalah "Fitur Spesial".
infinix bypass charging infinix note 30 pro
  • Di menu Special Function”, pilih “Game Mode”.
infinix bypass charging infinix note 30 pro
  • Gulir ke bagian bawah dan pilih menu “Bypass Charging” untuk mengaktifkannya. Untuk versi bahasa Indonesia, nama menunya adalah "Pengisian daya Bypass".
infinix bypass charging infinix note 30 pro
  • Aktifkan fitur Bypass Charging ini dengan mengeklik tombol berbentuk pil di samping “Enable Bypass Charging” hingga berwarna hijau.
infinix bypass charging infinix note 30 pro
  • Anda juga bisa mengatur kapan HP akan terisi dan tidak dengan memilih dua menu di bawahnya yaitu “Charging Threshold” dan “Charging Power”.

2. Melalui Akses Cepat Saat Main Gim

infinix note 30

Selain melalui aplikasi settings, Anda juga bisa langsung mengaktifkan fitur ini saat sebuah gim dimainkan. Berikut caranya.

  • Saat ponsel Infinix Note Anda sedang diisi daya, silakan mainkan gim apa pun.
  • Saat sudah di dalam gim, geser ke kanan dari tepi layar bagian kiri untuk membuka menu akses cepat.
  • Gulir sedikit ke bawah dan pilih menu “Charging”.
  • Setelah terbuka, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Jika sudah aktif, Anda bisa menikmati aktivitas gaming dengan lebih bebas tanpa gangguan apapun.

itu, fitur ini juga bisa mengatur siklus pengisian baterai dengan lebih baik. Sehingga baterai bisa bertahan lebih lama dengan menghindari penggunaan daya yang tidak perlu.

Nah, itulah cara untuk mengaktifkan fitur Bypass Charging/Mode yang ada di HP Infinix seri tertentu. Fitur ini cocok bagi Anda para gamer yang tidak puas jika hanya bermain game beberapa jam saja. Beberapa manfaatnya juga bisa Anda rasakan untuk produktivitas yang lebih padat. Sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram