carisinyal web banner retina

Ini Berbagai Cara Mudah Restart HP Infinix Semua Tipe

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Salah satu cara merawat performa HP yaitu dengan me-restart atau memulai ulang HP secara rutin. Hal ini dilakukan agar penggunaan RAM yang tidak penting atau sampah-sampah yang menumpuk bisa langsung terhapus. Ini juga dilakukan ketika HP dalam keadaan kurang merespon dengan baik.

Karena itu, cara restart HP ini adalah cara yang paling banyak dilakukan, termasuk untuk HP Infinix.

Sebagai sesama pengguna HP Infinix, izinkan kami membagikan beberapa cara untuk melakukan restart pada HP Infinix dengan mudah dan aman baik menggunakan tombol Power atau tidak. HP yang digunakan kami adalah Infinix Hot 12i yang memiliki antarmuka XOS Dolphin v7.6.0. Namun, cara ini tidak jauh berbeda untuk HP Infinix seri lainnya.

Cara Restart HP Infinix Menggunakan Tombol Power

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan tombol Power. Cara ini dianggap paling mudah karena umum digunakan di semua merek HP. Tidak seperti OPPO yang harus menggunakan kombinasi tombol Power dan volume, Infinix memiliki cara yang lebih mudah yaitu hanya menggunakan tombol Power saja.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memastikan terlebih dahulu HP Infinix Anda agar tidak ada aplikasi yang masih berjalan.
restart hp infinix
  • Di bagian halaman depan, tekan dan tahan tombol Power beberapa detik hingga muncul jendela baru.
restart hp infinix
  • Setelah itu, sesuai arahan dari XOS, tekan dan tahan agak lama tombol “MULAI ULANG” untuk melakukan restart.
  • Setelah layar mati, lepas jari Anda karena restart akan dimulai otomatis.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai hingga HP Infinix kembali menyala dan siap digunakan.

Melakukan restart menggunakan tombol Power memang terbilang cukup praktis dan mudah diingat. Namun, cara ini memiliki kekurangan yaitu dampak jangka panjangnya ketika sering digunakan.

Karena tombol Power pada HP berbentuk fisik, jika sering digunakan maka ketahanannya akan berkurang dan berisiko cepat rusak. Jadi, meskipun cara ini praktis dan mudah, tetap tidak direkomendasikan untuk digunakan secara berulang kali.

Anda masih bisa melakukan restart dengan cara lain tanpa melibatkan tombol Power. Penasaran bagaimana caranya? Simak sampai habis, ya.

Cara Restart HP Infinix Menggunakan Aksesibilitas

Cara ini menjadi salah satu cara lain yang tidak kalah praktis dalam penggunaannya. Namun, sebelum menggunakan cara satu ini, Anda harus mengaktifkan fitur aksesibilitas terlebih dahulu di HP Infinix Anda.

Untuk mengaktifkan fitur aksesibilitas ini juga cukup mudah. Agar lebih jelas, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka “Pengaturan” melalui aplikasinya langsung atau melalui bar notifikasi.
restart hp infinix
  • Setelah itu, gulir ke bagian bawah dan cari menu “Tambahan Fitur” dan klik menu tersebut.
restart hp infinix
  • Pilih “Aksesibilitas”.
restart hp infinix
  • Untuk mengatur menu Aksesibilitasnya, silakan pilih “Menu Aksesibilitas”.
restart hp infinix
  • Langkah terakhir adalah mengaktifkannya dengan mengeklik toggle di samping tulisan “Pintasan Menu Aksesibilitas”.
restart hp infinix
  • Jika ada menu peringatan, silakan tekan “IZINKAN” untuk mengaktifkannya.
  • Setelah berhasil diaktifkan, akan ada ikon seperti manusia di sebelah kanan bawah sebagai ikon aksesibilitas.
  • Pastikan terlebih dahulu tidak ada aplikasi yang masih berjalan.
  • Di halaman utama, klik ikon aksesibilitas tersebut.
restart hp infinix
  • Terdapat beberapa pilihan menu yang bisa Anda pilih, untuk melakukan restart, pilih menu “POWER”.
restart hp infinix
  • Setelah itu akan muncul menu yang sama seperti menu yang muncul setelah menekan lama tombol Power.
  • Silakan tekan dan tahan beberapa detik pilihan “MULAI ULANG” untuk memulai proses restart.
  • Tunggu hingga HP Infinix Anda kembali menyala dan siap digunakan kembali.

Setelah menyala, ikon aksesibilitas di sebelah kanan bawah akan tetap ada, sehingga Anda bisa melakukan restart menggunakan menu aksesibilitas tanpa harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Cukup mudah bukan?

Cara Restart HP Menggunakan Pengaturan Waktu yang Terjadwal

Cara lain yang bisa dilakukan untuk melakukan restart pada HP Infinix adalah dengan menggunakan pengaturan waktu yang terjadwal. Dengan kata lain, HP Infinix Anda akan secara otomatis ter-restart atau mati dan hidup kembali sesuai waktu yang telah ditentukan.

Anda bisa mengatur agar jadwal tersebut terus berulang setiap harinya sehingga Anda tidak perlu repot mengatur lagi. Sebagai saran, Anda bisa mengatur jadwal agar HP mati ketika Anda tidur dan menyala kembali ketika Anda bangun. Untuk lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah memasuki menu “Pengaturan” terlebih dahulu melalui aplikasinya langsung atau bar notifikasi.
restart hp infinix
  • Gulir hingga ke ujung bawah dan pilih menu “Sistem”.
restart hp infinix
  • Di dalamnya, Anda akan menemukan menu “Nyalakan/matikan daya terjadwal dan nyalakan ulang”, lalu pilih menu tersebut.
restart hp infinix
  • Nah, Anda hanya tinggal mengatur jadwal kapan HP akan mati secara otomatis dan menyala kembali.
  • Jika sudah, silakan tekan toggle di samping info waktu hingga berwarna hijau.
  • Selesai, mulai sekarang, HP Infinix Anda akan mematikan daya dan menyalakan ulang secara otomatis sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Cara Restart HP Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia di HP Infinix, Anda juga bisa melakukan restart dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Banyak aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu melakukan restart tanpa menggunakan tombol Power.

Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan dan paling kami rekomendasikan. Aplikasi yang direkomendasikan adalah aplikasi gratis yang bisa diunduh dengan mudah di Google Play Store. Apa saja aplikasinya? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Shutdown (no root)

restart hp infinix shutdown

Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi dari kami adalah Shutdown (no root). Aplikasi yang dikembangkan oleh samiadom ini cukup mudah dan praktis untuk digunakan. Fitur yang dimilikinya juga tidak terlalu banyak, sama seperti fungsi dari tombol Power sebuah HP.

Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah fitur restart untuk memulai ulang HP dan Power off atau untuk mematikan daya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mudah di Google Playstore. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil jadi tidak usah khawatir akan memakan memori RAM HP Infinix Anda.

2. Power Menu

restart hp infinix power menu

Aplikasi selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Power Menu. Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang Pratik Raut. Tidak jauh berbeda seperti aplikasi sebelumnya, Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang sama seperti tombol Power pada HP Infinix Anda.

Aplikasi Power Menu ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak akan memakan ruang memori RAM Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari aplikasi tersebut di Google Play Store atau klik di sini.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perawatan performa pada HP yaitu dengan melakukan restart secara berkala. Melakukan restart memang lebih umum menggunakan tombol Power, tetapi hal itu sangat tidak direkomendasikan karena memunculkan risiko rusaknya tombol Power tersebut.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa melakukan cara lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya, misalnya dengan menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Infinix. Fitur tersebut di antaranya adalah fitur aksesibilitas dan fitur mematikan dan menghidupkan daya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Anda juga bisa membaca artikel mengenai cara me-restart HP merek lain yang telah ditulis sebelumnya, misalnya cara me-restart HP Xiaomi, Samsung, dan sebagainya. Selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram