Carisinyal / Tips Fotografi HP / Cara Menggunakan Tongsis Bluetooth yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Tongsis Bluetooth yang Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2018

Beberapa tahun terakhir ini kehadiran tongkat narsis atau yang lebih akrab dikenal sebagai tongsis memang sangat diminati. Pasalnya, dengan adanya tongsis ini kita tidak perlu lagi meminta tolong kepada orang lain untuk mengambil gambar saat berada di tempat-tempat umum. Cukup letakkan ponsel Anda di holder tongsis, panjangkan tongsis Anda, lalu tinggal tekan tombol yang terdapat di tongsis.

Walaupun keberadaan tongsis di Indonesia sudah sangat umum, tetapi masih saja ada beberapa orang yang belum memahami cara menggunakan tongsis Bluetooth. Apakah Anda masih menggunakan tongsis manual atau malah belum pernah menggunakan tongsis sama sekali? Yuk, cari tahu segala hal seputar tongsis, khususnya tongsis bluetooth di sini!

Sekilas Mengenai Tongsis

Jenis-Jenis Tongsis

Fenomena tongsis di Indonesia memang bukan hal baru lagi. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis tongsis yang berbeda-beda? Selain itu, kehadiran tongsis memang sangat mempermudah para penggemar foto agar bisa melakukan selfie di mana saja tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Tongsis hadir untuk Android, iPhone, dan kamera. Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara tongsis khusus smartphone dan tongsis kamera yang biasa dikenal dengan nama monopod. Tongsis sudah ada di Jepang sejak tahun 1995, tapi seorang Warga Negara Indonesia, Anindito Respati Giyardani, memberi nama tongsis dan produk kreatif ini sudah dipatenkan ke Hak Kekayaan Intelektual.

Jenis-Jenis Tongsis

Sebelum kita membahas tentang cara menggunakan tongsis bluetooth, Carisinyal ingin mengajak Anda untuk mengenal beberapa jenis tongsis yang saat ini turut meramaikan dunia fotografi. Berikut ini ada beberapa jenis tongsis yang perlu Anda ketahui:

  • Tongsis Standar/Monopod

monopod

Ini adalah jenis tongsis yang paling murah karena hanya terdiri dari tongkat standar dan holder saja. Tongsis ini cocok untuk iPhone atau Android maupun kamera.

Untuk mengambil gambar dengan tongsis ini Anda harus mengatur timer di kamera ponsel terlebih dahulu. Namun, tongsis ini jarang dipakai untuk mengambil foto karena umumnya pengguna tongsis ini adalah kalangan Vlogger yang biasa merekam aktivitasnya sehari-hari

  • Tongsis Kabel

Tongsis Kabel

Yang satu ini lebih praktis karena dilengkapi dengan tombol yang memiliki kabel yang nantinya akan dihubungkan ke smartphone. Dengan beberapa pengaturan di smartphone Anda bisa mengambil gambar hanya dengan menekan tombol di kabel yang sudah terhubung ke smartphone.

  • Tongsis Bluetooth

Tongsis wireless atau bluetooth adalah jenis tongsis yang paling efisien, mengapa? Pasalnya, tongsis ini dilengkapi dengan tombol yang terletak di tongkatnya. Tombol ini berfungsi untuk mengambil gambar tanpa memerlukan set timer. Tongsis bluetooth ini juga bisa berfungsi sebagai monopod untuk kamera digital atau Gopro.

Cara Menggunakan Tongsis Bluetooth

Cara Menggunakan Tongsis Bluetooth

Jika Anda ingin memiliki tongsis yang praktis, maka tongsis bluetooth adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda bisa mengambil foto di mana saja hanya dengan menekan tombol yang tersedia di tongkatnya. Tongsis wireless ini kompatibel terhadap iPhone maupun Android. Anda hanya perlu memastikan bahwa konektivitas bluetooth di ponsel Anda bekerja dengan baik.

Belum tahu cara menggunakan tongsis bluetooth dengan benar? Yuk, simak langkah-langkah menggunakan tongsis bluetooth berikut ini:

  1. Pertama, lakukan pairing antara ponsel dengan tongsis terlebih dahulu. Aktifkan bluetooth di ponsel dan tongsis
  2. Pada ponsel Anda, klik “Search for Devices” untuk mencari bluetooth dari tongsis
  3. Setelah berhasil menghubungkan ponsel dengan tongsis menggunakan bluetooth, masuk ke aplikasi kamera di ponsel
  4. Letakkan ponsel di holder tongsis, lalu panjangkan tongkatnya
  5. Apabila Anda sudah menemukan angle yang tepat untuk berfoto, klik tombol yang terdapat di tongsis Anda maka gambar akan diambil oleh kamera ponsel Anda

Dengan menggunakan tongsis bluetooth, Anda tidak memerlukan timer yang disediakan oleh aplikasi kamera ponsel Anda. Selain tongsis bluetooth ada pula tombol narsis (tomsis), yakni tombol dan tongkat dijual terpisah. Tombol ini juga bersifat nirkabel tapi tentu saja harganya lebih mahal. Selain itu, kabarnya tomsis hanya bisa terkoneksi dengan iPhone saja dan beberapa jenis ponsel Android.

Tips Berfoto dengan Tongsis

Saat ini, Anda bisa memanfaatkan tongsis untuk berfoto selfie atau wefie di mana saja. Namun, ada pula beberapa kasus yang dapat merugikan bila Anda tidak menggunakan tongsis dengan benar. Berikut ini Carisinyal ingin memberikan tips agar Anda bisa memanfaatkan tongsis secara aman untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

  • Pilih Tongsis Wireless (Bluetooth) untuk Berfoto

Tips Berfoto dengan Tongsis

Sudah tahu cara menggunakan tongsis bluetooth, bukan? Nah, jika Anda memerlukan sebuah tongsis untuk keperluan berfoto, maka tongsis bluetooth adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda hanya perlu menekan tombol yang tersedia di stick saja, maka kamera ponsel akan mengambil gambar dengan sendirinya.

  • Pastikan Ponsel Terpasang dengan Baik Di Holder

menaruh hp di tongsis

Holder yang tersedia di setiap tongsis berfungsi untuk mencengkeram ponsel atau kamera. Akan tetapi, bukan berarti Anda terbebas dari permasalahan umum seperti ponsel terlepas dari holder sehingga ponsel Anda akan terjun bebas ke tanah. Cobalah untuk memasang ponsel di holder dengan rapat dan tidak terburu-buru.

  • Buat Tampilan Bird View dengan Tongsis

birdview tongsis

Tidak punya drone? Tak masalah karena Anda bisa menjadikan tongsis Anda sebagai pengganti drone jika ingin mengambil angle bird view. Panjangkan tongsis Anda semaksimal mungkin, lalu angkat tangan Anda setinggi mungkin sembari memegang tongsis. Tongsis Anda siap mengambil gambar atau merekam video dengan angle bird view layaknya sebuah drone.

  • Tetap Waspada Saat Berfoto

bahaya selfie

Ada beberapa kasus dalam berfoto selfie sehingga membahayakan diri sendiri atau orang lain. Oleh karena itu, Anda harus tetap waspada dalam memakai tongsis di mana pun Anda berada. Hindari selfie di tempat yang berbahaya, seperti tepi puncak gunung atau di jalan raya karena hal ini bisa mencelakakan diri sendiri.

Tips Membeli Tongsis yang Berkualitas

Tips Membeli Tongsis yang Berkualitas

Sebelum membeli tongsis, cek terlebih dahulu tongsis jenis apakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, penting untuk memeriksa ketersediaan budget terlebih dahulu karena semakin canggih fitur yang ditawarkan oleh sebuah tongsis, tentu semakin mahal harganya.

Pertama, cobalah untuk memilih tongsis berdasarkan jenisnya, lalu Anda bisa menyesuaikan panjang tongkatnya karena tongkat yang terlalu panjang atau pendek juga akan membuat Anda kurang nyaman. Kedua, pertimbangkan untuk membeli aksesoris tambahan, seperti tomsis.

Jika tongsis yang Anda pilih berjenis wireless maka Anda tidak perlu membeli tomsis lagi. Terakhir, belilah tongsis di tempat yang terpercaya atau Anda bisa membelinya di situs belanja online, seperti Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak, dll.

Nah, itulah serba-serbi mengenai cara menggunakan tongsis bluetooth dan tips-tips lainnya agar Anda bisa memanfaatkan tongsis dengan maksimal. Ingatlah untuk selalu waspada dalam memakai tongsis. Jangan sampai mengabaikan situasi di lokasi tempat Anda mengambil gambar atau video agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar