Carisinyal / Tips Android / 8 Cara Mudah Menghubungkan Layar HP ke Laptop Tanpa Root

8 Cara Mudah Menghubungkan Layar HP ke Laptop Tanpa Root

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak banyak yang tahu bahwa tampilan HP Android bisa ditampilkan pula pada tipe layar lain yang lebih besar, misalnya TV LED. Cara ini umum digunakan sebagai Mirroring dan fitur yang mendukung cara ini biasa disebut sebagai Miracast.

Miracast ini hanya bekerja dengan perangkat display. Fitur ini tidak bekerja dengan PC atau laptop. Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membahas fitur yang sedikit menyerupai Miracast tapi tetap bisa terhubung dengan laptop atau PC, istilah mudahnya menampilkan atau menghubungkan layar HP Android di PC (Desktop dan Laptop).

Untuk menampilkan atau menghubungkan layar HP Android ke PC, umumnya memakai aplikasi pihak ketiga. Jadi, bukan fitur khusus yang tersemat di HP Android tersebut. Lantas bagaimana caranya agar layar HP Android bisa terhubung ke laptop atau PC? Jawabannya akan dijelaskan dengan cara-cara berikut ini.

1. Menggunakan Screen Mirror

screen mirror

Screen Mirror adalah aplikasi yang memungkinkan layar tampilan HP Android Anda muncul di PC atau laptop. Aplikasi ini tidak repot penggunaannya sehingga bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Download aplikasi Screen Mirror di Google PlayStore.
  • Nyalakan thetering pada HP Android Anda.
  • Hubungkan dengan laptop atau PC Anda mengugnakan WiFi tethering smartphone Anda.
  • Pastikan tidak ada lagi perangkat lain yang terhubung pada jaringan yang sama.
  • Akses ke situs Screen Mirror di laptop atau PC menggunakan Chrome atau browser lain.

screen mirror

  • Situs Screen Mirror akan menampilkan tampilan QR code seperti pada gambar di atas.
  • Scan QR code tersebut dengan menggunakan aplikasi Screen Mirror di HP Android Anda.
  • Selamat, kini layar HP Anda sudah terhubung dengan PC atau laptop Anda.

Dengan menggunakan Screen Mirror, Anda bisa melakukan banyak hal seperti screenshot langsung dari situs ataupun melakukan auto rotation. Sayang, aplikasi ini tidak memungkinkan untuk melakukan transfer dari Android ke PC/laptop.

2. Menggunakan Vysor

Vysor

Vysor adalah aplikasi yang bagus untuk menghubungkan layar HP Android ke PC. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan. Untuk menggunakan Vysor, Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  • Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah melakukan USB Debugging di HP Android Anda.
  • Untuk mengaktifkan USB Debugging, Anda perlu masuk ke developer mode.
  • Tiap smartphone berbeda-beda cara mengaktifkan fitur ini, tapi umumnya ada di bagian setting pada info “build number.” Disini, Anda perlu melakukan tap 7 kali sampai ada pemberitahuan bahwa HP Anda sudah masuk ke”developer mode.”

USB Debuging

  • Jika sudah masuk ke”developer mode”, aktifkan USB Debugging.
  • Unduh aplikasi Vysor di HP Android Anda.
  • Sekarang Anda buka browser Chrome di laptop atau PC Anda.
  • Pasanglah extension Vysor di Chrome Anda dan jalankan aplikasi Vysor.

Vysor

  • Setelah itu, buka aplikasi Vysor di Android dan PC, nantinya Anda akan diminta hubungkan HP Android Anda dengan laptop atau PC memakai kabel USB.
  • Setelah dihubungkan, Vysor yang di PC akan mendeteksi tampilan layar Android seperti gambar berikut ini.

Vysor

Jika sudah terhubung, kini Anda bisa melakukan navigasi Android di PC Anda. Anda bisa instal aplikasi atau hapus aplikasi dan melakukan banyak hal seperti menggunakan Android pada umumnya. Jika Anda ingin fitur yang lebih lengkap, Vysor menyediakan versi berbayarnya.

3. Menggunakan AirDroid

AirDroid

AirDroid bukan hanya aplikasi untuk menampilkan layar HP Android di PC. Aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai aplikasi file manager yang bisa diakses menggunakan PC meski dengan fitur yang terbatas.

Penggunaan AirDroid adalah paling mudah dalam cara menampilkan layar Android di PC. Anda hanya perlu instal aplikasi AirDroid di HP Android dan mendaftar akun AirDroid. Kemudian, Anda akses situs AirDroid di browser PC, Anda juga bisa unduh AirDroid untuk desktop.

Untuk menghubungkan Android ke PC ini, Anda harus terhubung dengan jaringan WiFi yang sama via Local Connection Mode. Kemudian, masuk menggunakan akun AirDroid Anda di web AirDroid atau program AirDroid. Anda juga harus masuk menggunakan akun yang sama di HP Android Anda.

Dengan AirDroid, Anda bisa melihat tampilan HP Android Anda dengan fitur “screenshot” seperti pada gambar di atas. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa menampilkan tampilan tanpa kontrol penuh seperti navigasi di Android atau transfer data dari Android ke PC.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah kemudahan dalam mengakses data-data yang ada di Android, seperti akses video, foto, dan lainnya. Tapi, fitur tersebut tak semenarik jika Anda membeli AirDroid versi Pro alias versi berbayar. Jika Anda memilih AirDroid versi berbayar, Anda bisa mendapatkan berbagai fitur menarik seperti transfer data, tidak terbatasnya remote data quota, dan tentu saja tanpa iklan.

4. Menggunakan DroidScreen

Droid Screen

Cara lainya untuk menampilkan layar HP Android di laptop atau PC menggunakan DroidScreen. Hanya saja cara ini kurang cocok untuk Anda yang tak mau ribet. Mengapa? Karena untuk menggunakan DroidScreen, Anda perlu banyak instal aplikasi dan melakukan USB Debuging.

Salah satu yang paling ribet adalah mengunduh Android SDK yang tentu tidak semuanya familiar dalam penggunaannya. Tapi, jika Anda tidak masalah dengan hal ini, Anda bisa langsung mencoba layanan ini dengan mengikuti petunjuk yang ada di situsnya, yakni situs DroidScreen.

5. Menggunakan AirServer Connect

airserver

Anda bisa menampilkan layar HP di PC Desktop atau laptop menggunakan AirServer Connect. Aplikasi ini tergolong bagus untuk melakukan mirroring atau menampilkan tampilan ponsel di laptop maupun PC Desktop.

Hanya saja, AirServer Connect tidak gratis. AirServer Connect memberlakuan pembayaran dan menariknya bukan pembayaran secara berlangganan tetapi satu kali beli. Harganya juga tergolong menarik. Anda bisa melihat harganya pada link ini.


Yang menarik, sebelum membeli, Anda bisa coba gratis aplikasi ini selama 30 hari. Barulah jika aplikasi ini menarik, Anda bisa memutuskan untuk membelinya.

Untuk memakai AirServer Connect, Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Unduh AirServer Connect di PC Anda melalui Microsoft Store atau bisa pada llink berikut.
  • Anda juga perlu menginstal di ponsel Android Anda. Bahkan, aplikasi ini tersedia di App Store yang berarti aplikasi ini juga didukung di perangkat iOS.

Link Download AirServer Connect Android 

Link Download AirServer Connect iOS

  • Jika sudah terinstal, Anda buka aplikasi AirServer Connect di PC Anda.
  • Di sudut kanan bawah terdapat QR code atau kode QR yang perlu dipindai memakai aplikasi AirServer Connect di ponsel Anda

airserver scan qr code

  • Buka AirServer Connect di ponsel Anda dan pilih scan QR code. Setelah itu, Anda pun selesai melakukan mirroring.

tampilan airserver

Penggunaan Mobizen tergolong menarik untuk melakukan mirroring. Sayangnya, aplikasi tidak gratis. Anda harus membayar langganan aplikasi ini sekitar $2. Namun, Anda bisa menikmati Mobizen secara gratis dalam tempo 2 hari saja.

6. Menggunakan Mobizen

mobizen

Anda juga bisa menampilkan tampilan layar HP Android Anda di PC menggunakan Mobizen. Mobizen ini bekerja dengan cara mirroring. Namun, menariknya aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan transfer data, backup, dan juga mengirimkan pesan di PC Desktop atau laptop.

Untuk menggunakan Mobizen, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Anda terlebih dahulu silakan unduh Mobizen di PC Anda pada link berikut.
  • Instal Mobizen di PC Anda. Biasanya Mobizen di PC akan mengunduh beberapa data pembaruan terlebih dahulu sebelum aplikasinya terbuka.

mobizen update

  • Jika sudah selesai, akan muncul gambar seperti berikut ini. Terlihat di gambar bawah ini kalau Mobizen juga dapat digunakan di iPhone.

mobizen app pc

  • Setelah itu, unduh Mobizen di ponsel Android Anda. Anda bisa unduh pada link ini.

mobizen mirroring

  • Setelah terunduh, silakan daftar Mobizen memakai e-mail Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengaktifkan USB Debugging
  • Untuk mengaktifkan USB Debugging, Anda bisa pergi ke setting, kemudian pilih about phone Selanjutnya, silakan tekan beberapa kali pada build number ponsel Anda.
  • Anda kemudian masuk ke developer mode atau mode pengembang.
  • Cari developer options di menu setting. Kemudian nyalakan mode USB Debugging.

usb debugging

  • Beberapa tipe ponsel sedikit berbeda dalam mengaktifkan USB Debugging tetapi pada prinsipnya tidak berbeda jauh.
  • Setelah itu, silakan login di Mobizen  yang ada di HP dengan dan PC dengan akun yang sama.

mobizen connect

  • Anda juga biasanya akan diminta untuk memasukan kode di Mobizen ponsel Anda. Kodenya sendiri berasal dari Mobizen yang ada di PC.

mobizen kode

  • Anda bisa melakukan mirroring memakai kabel USB maupun memakai wifi. Berikut contoh tampilan mirroring memakai Mobizen saat ponsel Android memainkan gim Uno!.

tampilan mobizen di pc

Penggunaan Mobizen tergolong menarik untuk melakukan mirroring. Sayangnya, aplikasi tidak gratis. Anda harus membayar langganan aplikasi ini sekitar $2. Namun, Anda bisa menikmati Mobizen secara gratis dalam tempo 2 hari saja.

7. Memakai ASUS PC Link

asus pc link

Untuk yang satu ini merupakan cara tambahan yang hanya bisa digunakan oleh pengguna Asus Zenfone. Jadi, jika Anda bukan pengguna Asus Zenfone, Anda tidak perlu repot membaca bagian ini. Jika Anda pengguna Zenfone dan ingin menghubungkan layar HP ke PC atau laptop, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Anda perlu unduh yang namanya PC Link dan instal di laptop atau komputer Anda.
  • Hubungkan HP Asus Zenfone Anda dengan laptop atau PC menggunakan kabel USB.
  • Aktifkan aplikasi PC Link di HP Asus Zenfone yang Anda punya.
  • Nantinya akan muncul tampilan device.
  • Jika sudah muncul, klik 2 kali agar terhubung.
  • Selain menggunakan kabel USB, Anda juga bisa memakai jaringan WiFi dengan memilih jaringan WiFi yang sama dengan koneksi WiFi Asus Zenfone Anda.
  • Anda tinggal masuk ke PC Link dan menyambungkan dengan HP (biasanya diperlukan waktu sekitar 30 detik).
  • Selamat, kini HP Asus Zenfone Anda sudah terhubung dengan laptop atau PC Anda.

8. Samsung DeX

samsung dex

Samsung DeX alias Desktop Experience merupakan salah satu fitur menarik yang ada di smartphone Samsung Seri S, Seri Note, dan tablet seri Tab S terbaru. Fitur ini dapat menampilkan seluruh konten yang ada di HP kita ke perangkat TV, monitor PC, atau laptop.

Yang menarik, fitur ini tidak hanya menampilkan tampilan layar seperti fitur mirroring saja, tetapi fitur ini menjadikan TV atau monitor PC Anda menjadi sebuah ekosistem yang baru. Dengan begitu, fitur DeX ini benar-benar menjadikan HP Samsung seperti sebuah PC portable. Untuk menggunakannya juga sangatlah mudah, Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, silakan download aplikasi Samsung DeX untuk PC Windows dan Mac di sini.
  • Selanjutnya, install dan buka aplikasi tersebut.
  • Sambungkan HP Samsung Anda ke PC atau laptop melalui port USB.
  • Aktifkan fitur DeX di HP dan ikuti langkah yang ada di layar.
  •  Setelah semua prosesnya selesai, Anda bisa langsung menikmati fitur DeX tersebut.

Demikianlah pemaparan tentang cara menampilkan layar Android di PC atau laptop dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa memilih salah satunya yang termudah dan cocok untuk kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

13 Responses

  1. terima kasih informasinya, sangat membantu

  2. Terima kasih atas infonya .
    .
    .
    Saya pakai cara yang terakhir yaitu pakai PC link , karena hp saya Asus . tetapi pada saat proses connect hp ke pc kok gagal. dan ada peringatan kalo ngga salah tulisannya USB driver belum di install , sampai saat ini saya masih belum bisa menyelesaikannya. mohon pencerahannya. terima kasih

    1. instal driver intel/ hp asusnya

  3. trims infonya.. semoga sukses selalu

  4. aplikasi miror, di pc gak ad suaranya ya gan? ad aplikasi yg suarany ad gak gan. miror sngat bgus hnya sja gak ad suaranya

  5. bang kalo sebaliknya bagaimana ya ? kasih tutorialnya dong. maksud saya menampilkan layar pc di hp android

  6. saya punya samsung tab. lcd nya pecah.
    dengan pc link ga bisa ya?

  7. Infonya sangat membantu kami. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *