carisinyal web banner retina

20 Game Memasak Terbaik dan Paling Seru di Android & PC

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Kini teknologi semakin canggih. Anda dapat bermain masak-masakan secara virtual dengan deretan game memasak yang ada di Android dan PC. Bahkan, game-game memasak ini punya kualitas grafis yang baik, gameplay yang exciting dan juga kontrol yang intuitif.

Kali ini, tim Carisinyal akan mengajak Anda untuk mengintip daftar game memasak terbaik untuk dua platform yang berbeda. Berikut daftarnya.

Game Memasak di Android

Di platform Android, sungguh banyak game memasak yang sayang untuk dilewatkan. Jadi saat sedang di luar rumah, Anda masih bisa killing time dengan masakan-masakan yang menggugah selera.

1. Cooking Fever

cooking fever_

Sudah lebih dari 2 juta pengguna HP Android mengunduh game ini di Play Store. Game yang menyuguhkan sekitar 400 jenis masakan dengan 150 bumbu rahasia cukup seru untuk dimainkan.

Selain menyajikan macam-macam masakan dan bumbu, Cooking Fever juga menghadirkan fitur unggulan seperti 19 lokasi restoran yang berbeda.

Dan yang uniknya, di game Cooking Fever, Anda akan dihadapkan oleh 400 level yang memiliki sejumlah rintangan yang berbeda. Nah, apakah Anda ingin memainkannya juga? Unduh Cooking Fever di Google Play Store.

2. Cooking Madness

Cooking Madness

Di game Cooking Madness ini, Anda tidak bisa bersantai karena pelanggan akan terus berdatangan untuk memesan makanan. Anda harus cepat melayaninya dan jangan sampai membuat pelanggan kecewa.

Selain itu, Anda juga punya misi untuk unlock restoran di setiap levelnya. Untuk unlock restoran, tentunya ada batasan minimal pendapatan dari penjualan makanan di Cooking Madness.

Tidak hanya itu saja, Cooking Madness juga menyiapkan beberapa tips untuk memasak agar masakan yang dibuat lebih enak. Anda juga bisa upgrade semua peralatan masak agar masakan bisa siap lebih cepat. Seru, kan? Yuk, langsung download game-nya di Google Play Store.

3. COOKING MAMA Let's Cook!

cooking mama_

COOKING MAMA Let's Cook, game memasak berikutnya yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang memang sedang ingin mengunduh dan bermain game masak-masakan secara vitural. Dalam game ini, Anda tentunya diminta untuk memasak beragam masakan yang tersedia dalam menu.

Namun, jika Anda memiliki kreativitas tinggi dalam hal memasak, Anda bisa menemukan resep masakan sendiri di game ini lho. Selain ditugaskan dalam hal masak memasak, para pemain juga berkewajiban dalam hal menjalankan restoran.

Jadi, game memasak satu ini akan memberikan tanggung jawab untuk menjalankan restoran sekaligus menjadi chef handal. Mau coba?

4. Good Pizza, Great Pizza

Good Pizza, Great Pizza

Sesuai dengan nama game-nya, Good Pizza, Great Pizza ini mengajak Anda untuk memasak pizza. Pizza yang dimasak boleh menggunakan topping apapun sesuai selera Anda.

Tercatat, ada banyak toppings yang bisa dipilih seperti sosis, bawang, pepperoni, jamur, dan sayuran lainnya yang membuat pizza Anda semakin unik.

Meskipun Anda boleh mengkreasikan pizza sesuka hati, namun jangan lupakan bahwa pelanggan Anda punya selera pizzanya sendiri, ya. Jadi, buatkan pizza sesuai pesanan dari pelanggan Anda. Dengan begitu, usaha pizza tetap berjalan dan Anda bisa membuat pelanggan puas dengan masakan pizzanya.

5. Baker Business 3

baker-business-3-1

Hampir seluruh game memasak untuk Android yang kami bahas di sini berkaitan dengan hidangan utama. Nah, kali ini, kami menghadirkan Baker Business 3. Sudah jelas kalau permainan ini membawa toko roti dan kue sebagai tema utamanya.

Kami diminta untuk mengelola toko terkenal di sebuah kota. Jumlah pelanggan setianya cukup banyak. Nah, tugas kami adalah membuat berbagai jenis roti, sembari melayani pembeli yang datang. Kecepatan tangan, ketepatan waktu dan kecekatan sangat dibutuhkan dalam permainan ini. 

Oh iya, sekali panggang roti biasa dibutuhkan waktu selama 2 menit. Jadi, pastikan stok roti sudah tersedia saat pelanggan berdatangan. Kalau mau waktu memanggangnya lebih cepat, kami harus bisa berlangganan premium atau menonton iklan.

Ketika kami coba, belum banyak resep kue dan roti yang ada. Jadinya, ada beberapa orderan pelanggan yang terlewat. Secara visual, pemainan ini menawarkan hal yang sederhana. Kontrolnya pun tak begitu rumit.  Di dalam permainan, wajah-wajah karakternya tak ditampakkan. Mungkin saja hal ini bisa membuat sebagian dari Anda cepat bosan.

6. Delicious World - Cooking Game

delicious world(2)_

Selanjutnya, ada Delicious World - Cooking Game. Game ini pun melibatkan time-management di dalamnya. Anda harus melayani pelanggan yang ingin makan di tempat atau membawa pulang makanan mereka. 

Makanan yang disajikan di sini adalah pancake dan kopi (untuk level awal). Anda harus memasak semua bahan itu dari nol. Jangan sampai pelanggan menunggu lama, atau mereka akan marah.

Anda harus mengumpulkan koin dari setiap level yang dimainkan. Masing-masing level punya goal berbeda, ya.

Oh iya, yang menambah keseruan game ini adalah storyline mengenai tokoh utamanya. Namanya Emily. Emily harus membantu ibunya untuk membayar utang. Jika tidak, restorannya akan disita. Ia juga harus mengejar mimpinya sebagai chef profesional.

Sayang, ketika kami memainkannya, game ini punya layout yang kagok. Misalnya, tempat membuat pancake jaraknya jauh dari pembuat kopi. Kadang kami kesulitan untuk menyiapkan menu karena hal ini. Berbeda dengan Cooking City - Chef Fever, kami bisa memainkannya dengan gesit karena penempatan item-nya

7. My Hotpot Story

my hotspot story__

Game memasak ini sangat unik. Namanya My Hotpot Story; jadi tentu saja Anda harus mengelola sebuah restoran hot pot. Di sini, Anda tak turun tangan memasak langsung. Namun, Anda harus menyusun strategi dengan membuat menu baru atau bereksperimen dengan berbagai bahan.

Makanan yang dipesan oleh pelanggan akan disajikan secara otomatis. Namun, setelah makanan jadi, Anda tetap harus mengantarkannya pada mereka. Meski begitu, Anda masih tetap bisa merekrut staf untuk restoran, mengingat jumlah meja dan pelanggan akan semakin banyak.

Keuntungan yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk meng-upgrade menu makanan, memperbaiki ruangan di restoran yang masih rusak, atau membeli bahan makanan. My Hotspot Story cocok untuk dimainkan saat Anda sedang santai dan bosan.

8. Mini Market - Cooking Game

mini market - cooking game_

Mini Market adalah game yang sederhana namun bikin nagih. Dalam game ini, Anda akan membantu tokoh utamanya untuk merestorasi sebuah mini market. Di mini market ini, Anda akan melayani pelanggan dengan membuatkan mereka makanan. Pesanannya sendiri berupa es krim, burger, falafel, atau bahkan buah dan sayuran. 

Setelah itu, Anda akan mendapatkan uang. Nah, uang ini dapat dipakai untuk membeli barang-barang baru guna merenovasi mini marketnya. Semakin bagus mini market Anda, semakin banyak pelanggan yang datang.

Game ini akan memberikan Anda item tertentu. Sayangnya, setiap item ini harus ditebus dengan menonton iklan. Sekadar info, iklan yang tampil dalam game-nya cukup banyak dan terkesan mengganggu. Tapi, Anda bisa membayar sejumlah tarif untuk menghilangkan iklan-iklan ini.

9. MasterChef: Cook & Match

masterchef-

Pernah terbayangkah oleh Anda kalau acara memasak favorit dijadikan game di smartphone? Adalah MasterChef: Cook  & Match, sebuah permainan memasak yang terinspirasi dari MasterChef. Pengembang dari permainan ini kabarnya sudah mendapat lisensi dari pihak terkait.

MasterChef: Cook & Match membawa mekanisme permainan yang mirip dengan Cooking Simulator. Sebagai pemain, Anda akan dilibatkan dalam setiap tahapan pembuatan masakan. Mulai dari memotong bahan, menggoreng, merebus, memberi seasoning, sampai plating. Tentu saja menu masakan di permainan ini kebanyakan bukan yang simpel.

Hal unik yang kami temukan dalam permainan ini adalah adanya mini game berupa puzzle match-3. Dengan mini game ini, nanti Anda bisa mendapatkan koin tambahan untuk membeli bahan masakan. Yah, seperti biasa, dalam game yang ada puzzle-nya begini sudah pasti ada ‘nyawa’ dengan jumlah terbatas. Jadi, pastikan pakai ‘nyawa’-nya dengan benar, ya.

Selama bermain, kami cukup sering mengalami masalah juga. Kadang masih ada stuttering walau perangkat yang kami pakai sudah lebih dari cukup spesifikasinya. Overall, game ini masih tetap menarik buat dijajal.

10. Cooking Spies Food Simulator

cooking spies food simulator_

Cooking Spies Food Simulator bisa dibilang mirip dengan game Cooking Simulator yang bisa dimainkan di PC. Dalam permainan ini, tugas Anda adalah memasak makanan dan minuman yang dipesan pelanggan. Menunya terdiri dari kopi, teh, omelet, hingga sup udang.

Menurut kami, game ini punya kontrol yang lebih simpel dan mudah dioperasikan ketimbang game memasak sejenis. Ada joystick untuk berpindah tempat, dan juga kontrol bergambar tangan untuk mengambil item.

Khusus kontrol tangan, biasanya akan muncul ketika Anda mengarahkan kamera ke sekitar item yang akan diambil.

Selain kontrolnya, tampilan grafis game ini pun cukup bagus untuk sebuah game simulasi memasak. 
Tim Carisinyal memainkan game ini cukup lama.

Sayangnya, tak ada progres dari alur cerita dalam permainan. Padahal, backgroundstory-nya cukup menarik. Overall, Cooking Spies Food Simulator tetap layak untuk dimainkan.

Game Memasak untuk PC

Bermain di perangkat Android memang menyenangkan. Tapi, tetap tidak ada yang bisa kalahkan pengalaman bermain di PC. Pasalnya, umumnya game PC punya gameplay lebih kompleks dan grafis yang lebih bagus. Berikut adalah rekomendasi game memasak untuk PC versi tim Carisinyal.

1. Chef Life: A Restaurant Simulator

chef life_

Mau mencoba game memasak yang lebih realistis? Ada Chef Life: A Restaurant Simulator. Bisa dibilang, ini adalah salah satu game simulasi memasak dan manajemen restoran terbaik. 

Chef Life: A Restaurant Simulator menghadirkan gameplay yang seru. Anda akan mengelola sebuah restoran, sekaligus memasak semua makanannya untuk para pelanggan. Rekan Anda, Kassim, akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis ini.

Di permainan ini, terdapat mini game di mana Anda harus memasak makanan dari nol, sesuai dengan resepnya. Salah satu resep yang harus dibuat adalah Beef and Potato. Ini adalah hidangan utama khas Perancis yang terdiri dari steak dan french fries

Anda harus mulai proses memasak dengan menyiapkan bahan, memotongnya menggunakan alat yang tepat, memasaknya hingga matang, dan melakukan plating. Semuanya tampak mudah, tapi ketika dilakukan, cukup challenging juga. Daging yang dimasak tak boleh terlalu matang. Anda harus menjaga kualitasnya agar pelanggan puas.

Yang paling tim Carisinyal sukai dari game ini adalah animasi dan efek visualnya. Contohnya, ketika plating, Anda akan melihat karakter utama, si chef, melakukan plating layaknya para chef di acara TV memasak.

Nah, selain menyajikan hidangan, Anda harus mendekorasi restoran dan berbelanja bahan. Kalau berhasil, restoran Anda bisa dapat Michelin Star. Tertarik untuk mencoba? Dapatkan permainan ini di Steam.

2. Overcooked 2

overcooked 2

Overcooked 2 sudah pasti jadi pertimbangan pertama saat mencari game memasak di PC. Desain levelnya yang membuat pemain ketagihan, lokasi-lokasi masak yang unik dan out-of-the-box, itu hanyalah segelintir kelebihan dari game besutan Ghost Town Games.

Overcooked 2 juga termasuk game memasak yang paling cocok untuk dimainkan bersama pasangan, baik secara online ataupun offline. Ya, game ini menyediakan mode multiplayer secara kompetitif dan juga kooperatif.

Anda sungguh akan rasakan kegiatan memasak yang super heboh dengan platform yang terus-menerus bergerak, dan beberapa dapur yang akan memindahkan lokasi Anda. Tertarik dengan game ini?

3. Cooking Simulator

cooking simulator

Kalau Anda mencari game memasak dengan mekanisme super realistis seperti Chef Life, Cooking Simulator dijamin akan membuat Anda puas. Memiliki desain art style yang menyerupai kehidupan nyata, Anda sungguh akan merasa seperti koki sungguhan.

Anda bisa menuangkan saus, menaruh daging di atas kompor, mengaduk adonan, hingga menyusun isian burger, semua bisa dilakukan. Permainan ini terasa nyata.

Selain menyuguhkan immersion mendalam, Anda pun diberikan kebebasan untuk memasak apapun yang diinginkan.

Terdapat lebih dari 80 jenis makanan dan juga beragam peralatan masak yang lengkap untuk Anda bereksperimen. Rasakan keseruannya jadi koki sungguhan dengan memainkan game ini.

4. Recipe for Disaster

recipe for disaster_

Recipe for Disaster bisa dibilang jadi terobosan baru dalam dunia game memasak. Ini adalah game simulasi, di mana Anda akan berperan sebagai manajer restoran. Anda harus membuat resep baru, membeli suplai bahan, mendekorasi restoran, sampai merekrut karyawan.

Serunya, game ini memungkinkan Anda untuk memilih level berbeda. Tak hanya menjalankan misi dalam level, Anda bisa menggunakan mode freeplay. Mode ini dapat diandalkan ketika Anda ingin membangun restoran sendiri dari nol.

Recipe for Disaster hadir dengan gameplay dan visual yang sangat bagus. Namun, menurut kami, game ini cukup rumit karena melibatkan strategi di dalamnya. Contohnya, Anda harus mencapai target harian tertentu dalam penjualan. Jadi, untuk mencapai goal tersebut, Anda harus mengatur harga makanan yang ditawarkan.

Yang menarik dari Recipe for Disaster adalah, Anda tidak hanya dihadapkan pada pelanggan yang mengantri di luar restoran. Namun, ada kritikus makanan dan petugas dinas kesehatan yang akan memantau restoran Anda. Siap untuk membangun restoran favorit pelanggan? 

Sekadar info tambahan, Recipe for Disaster cocok untuk dimainkan di PC/laptop high-end.

5. One-armed Cook

one armed cook_

Jika Anda mencari game memasak multiplayer yang seru, cobalah One-armed Cook. Di sini, Anda akan mengelola sebuah restoran. Mulai dari memasak, menyediakan bahan, sampai mengantar pesanan pada para pelanggan. Terdengar simpel, bukan?

Sayangnya, tidak. Alasannya karena Anda harus melakukan itu dengan satu tangan saja. Karena itulah, Anda dapat meminta bantuan teman dan berbagi peran dalam mengelola restoran. 

Game-nya hadir dengan visual 3D sederhana. Meski begitu, game-nya tetap seru untuk dimainkan. Memasak dengan satu tangan tentu saja sangat menantang. Ingin mencobanya?

6. Let’s Cook Together

let's cook together_

Let’s Cook Together memungkinkan Anda untuk bermain bersama satu orang teman. Dalam permainan, Anda harus bekerja sama untuk mengelola restoran. Termasuk memasak dan menyajikan makanan pada pelanggan.

Anda harus berbagi tugas agar setiap misi dalam game selesai. Uniknya, game ini mengharuskan Anda untuk melempar bahan atau makanan pada satu sama lainnya.

Let’s Cook Together tak hanya cocok untuk dimainkan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Anda membutuhkan skill komunikasi dan time-management yang baik. Jadi, permainannya bisa berjalan lancar. Let’s Cook Together dapat dimainkan di PC/laptop low-end.

7. Bakery Simulator

bakery simulator

Sebagian besar game di daftar ini punya tema masakan secara general. Nah, kalau Bakery Simulator, khusus membuat makanan-makanan yang berjenis roti dan kue.

Anda harus memasukkan durasi yang pas pada oven agar roti dan kue bisa matang dengan sempurna. Mulai dari memasukkan bahan, mengaduk adonan, hingga mengeluarkannya dari oven, semua dilakukan secara manual.

Selain terlibat dalam pembuatan roti dan kue, Anda juga bertanggung jawab untuk memilih jenis bahan-bahan yang beragam, seperti tepung jenis apa yang cocok untuk resep tertentu, jenis ragi yang pas, dan sebagainya.

Pada Bakery Simulator, Anda juga bisa mengalokasikan profit untuk berinvestasi pada mesin roti yang baru. Tentunya, mesin roti yang baru bisa mempermudah pemain untuk membuat roti secara lebih efisien.

8. Battle Chef Brigade

battle chef brigade

Kami sebenarnya cukup bingung menjelaskan game memasak yang satu ini. Jadi, selain memasak, Anda juga bisa bertarung dengan monster? Ya, game ini memang benar-benar seunik itu.

Hebatnya lagi, Anda bisa mengambil bagian tubuh dari monster yang dikalahkan dan mencampurkannya dalam sebuah hidangan.

Jangan salah, walau terkesan absurd, nyatanya permainan ini sungguh hadirkan gameplay yang solid. Berburu monster sungguh terasa menyenangkan, berbasiskan kombo agar pertarungan tidak terasa sekadar button mashing. Akan tetapi, aspek memasaknya tidak sebagus game memasak lain pada umumnya.

Anda hanya diberikan gameplay memasak dengan mekanisme puzzle ala-ala Candy Crush. Walau begitu, kelebihan game ini sungguh terlihat pada voice acting yang bagus dan balutan grafis bergayakan anime yang berestetika tinggi. Anda bisa membeli game ini di Steam.

9. Dungeon Munchies

dungeon munchies

Sekilas, game ini mungkin terlihat seperti permainan side-scroller yang kental akan nuansa Metroid Prime. Di sini pemain harus berburu monster sembari menghindari serangan projectile yang dikeluarkan musuh secara menggebu-gebu.

Barulah setelah monster dikalahkan, Anda bisa memasaknya jadi hidangan lezat dan memakannya. Hasil hidangan ini memiliki efek-efek tertentu yang bisa memengaruhi pertarungan, seperti bisa memulihkan HP ataupun meningkatkan damage saat menyerang musuh.

Game ini memang bukan untuk semua orang, karena tidak menyuguhkan hidangan dengan cara yang normal. Kalau Anda penasaran ingin mencobanya, Anda bisa membelinya di Steam.

10. Mary Le Chef

mary le chef_

Mary Le Chef datang dari pengembang game legendaris, GameHouse. Bisa dibilang, game ini adalah versi lain dari Diner Dash. Gameplay-nya juga mirip. Anda harus membantu Mary untuk melayani para pelanggan yang memesan makanan. 

Buat makanan pesanan mereka secepat mungkin, agar para pelanggan tidak marah. Raih keuntungan dan tuntaskan setiap level yang ada. 

Keistimewaan dari Mary Le Chef terletak pada tantangan memasaknya yang sangat beragam. Anda harus menyiapkan dessert, makanan berat, bahkan camilan untuk para pelanggan. Banyaknya jenis menu yang disajikan menambah tantangan tersendiri, lho.

Lagi, kecepatan tangan dan kemampuan manajemen waktu Anda diperhitungkan di sini. Bagaimana, Anda tertarik untuk memainkan Mary Le Chef?

Itulah pilihan game memasak yang paling seru, asyik, dan paling menarik. Khusus PC, rata-rata game -nya membutuhkan spesifikasi perangkat yang cukup tinggi agar bisa berjalan mulus. Mana game yang ingin Anda mainkan?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram