Carisinyal / Game PC / 10 Rekomendasi Game Simulator Kereta Api Terbaik Untuk PC

10 Rekomendasi Game Simulator Kereta Api Terbaik Untuk PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kereta api yang tadinya hanya bisa dinikmati sebagai moda transportasi, kini telah banyak diadaptasi menjadi sebuah video game simulator. Hal tersebut memungkinkan kalian berperan sebagai masinis untuk mengoperasikan kereta api. Kalian juga bisa mendapatkan pengalaman untuk menjalankannya sembari melewati rute perjalanan yang telah ditentukan.

Selain berperan menjadi masinis, beberapa game simulasi tak jarang menempatkan kalian di posisi manajemen untuk merancang rute kereta api dengan segala kebutuhan lainnya. Tantangan tersebut tentunya dibutuhkan agar proses keberangkatan dan kedatangan kereta api menuju stasiun bisa berjalan sukses.

Untuk yang penasaran ingin memainkannya, kalian dapat mencoba game simulator kereta api di platform PC. Di bawah ini Carisinyal akan merekomendasikan daftar pilihan gamenya untuk kalian semua.

1. Trainz Simulator 12 (2011)

Trainz Simulator 12

* sumber: store.steampowered.com

Game simulasi kereta api ini menawarkan fitur multiplayer, sehingga dapat dimainkan berdua dengan temanmu. Pemain tentunya bisa membangun stasiun dan mengoperasikan kereta api secara bersama-sama untuk mengarungi kota-kota dan desa-desa yang menjadi rute perjalanan.

Selain itu, para pemain juga dapat membuat trek kereta api dan pemandangannya yang didesain sesuai dengan apa yang diinginkan. Jika ingin melakukan lebih dari itu, pemain dapat bermain dalam mode misi, seperti mengontrol kereta api menuju tambang untuk memuat batubara dan mengirimkannya ke wilayah industri.

Dalam game ini pemain dapat mengendalikan berbagai macam kereta api, mulai dari jenis kereta uap, diesel, listrik, bahkan kereta trem sekalipun. Ada rute baru di seluruh dunia yang dapat pemain jelajahi, seperti ECML Kings Cross – Newcastle, Balezino – Mosti, Debrecen – Nyiregyhaza, Debrecen – Nyiregyhaza, Municipal Transit Railway, dan Norfolk & Western – Appalachian Coal.

2. Microsoft Train Simulator (2001)

Microsoft Train Simulator

* sumber: www.pinterest.com

Microsoft Train Simulator adalah game simulasi kereta api untuk Microsoft Windows yang dirilis pada Mei 2001 dan dikembangkan oleh Kuju Entertainment. Pada tahun 2005, game ini berhasil terjual sebanyak satu juta unit di seluruh dunia.

Dalam game ini, pemain dapat mengendalikan kereta api untuk berjalan di rute-rute yang tersebar di wilayah Amerika Serikat, Eropa dan Asia. Nantinya, pemain harus menjalankan serta menggabungkan setiap gerbong kereta api dengan menggunakan keyboard dan mouse.  Agar lebih seru, pemain juga dapat menggunakan perangkat RailDriver untuk menjalankan kereta api dalam game ini.

Microsoft Train Simulator menyediakan enam rute yang meliputi jalur kereta api Arlberg di Austria, Settle-Carlisle di Britania Raya, Odakyu Odawara di Tokyo, Jalur Hisatsu di Kyushu, Koridor Timur Laut di Philadelphia-Washington, dan Rute Puncak Marias di Amerika Serikat.

3. Sid Meier’s Railroads! (2006)

Sid Meier's Railroads

* sumber: lutris.net

Permainan game ini berfokus pada ekonomi dan bisnis, sehingga para pemain mesti membangun dan mempertahankan seluruh industri menggunakan jalur kereta yang nantinya akan dikembangkan. Dengan konsep seperti itu, maka pemain harus menciptakan jalur yang aman untuk bisa saling terhubung dengan wilayah-wilayah industri.

Jika rute tersebut dapat dibangun, maka kereta api dapat berjalan mulus tanpa melalui jalur hambatan yang berat. Ada dua wilayah industri yang terdapat dalam game ini, yakni Eropa dan Amerika Serikat. Setiap wilayah mempunyai keunggulannya masing-masing, seperti Eropa berfokus pada anggur dan produk susu, sedangkan Amerika Serikat menghasilkan minyak dan emas.

Selain itu juga, game ini menambahkan skenario industri yang meliputi wilayah-wilayah, mulai dari Amerika Serikat Barat Daya, Pasifik Barat Laut, Inggris, Prancis, Eropa Timur, dan Jerman. Dalam skenario tersebut, pemain dapat berperan sebagai seorang pebisnis kereta api terkenal seperti Cornelius Vanderbilt dan JP Morgan.

4. Train Fever (2014)

Train Fever

* sumber: www.darkstation.com

Pada awalnya, game ini hanya berfokus pada simulasi kereta api dalam mengangkut penumpang. Setelah dikembangkan lebih jauh lagi, Train Fever berubah menjadi simulasi berbasis bisnis yang dapat menarik barang-barang industri, seperti bijih besi, baja, kayu, biji-bijian, minyak dan muatan lainnya.

Permainan ini berlangsung lebih banyak di wilayah Eropa dan tempat-tempat berkembang lainnya. Pemain dapat membangun berbagai infrastruktur yang menunjang, seperti rel, kereta api, dan stasiun itu sendiri. Jika menghasilkan banyak keuntungan, maka pemain dapat mengembangkannya menjadi sebuah perusahaan transportasi kereta api.

Train Fever sendiri adalah sebuah permainan yang dikerjakan oleh Urban Games dan didanai melalui platform crowdfunding Gambitious pada 20 Maret 2012 dengan total anggaran senilai 300 ribu poundsterling. Game ini dirilis secara digital oleh Gambitious Digital Entertainment, serta lewat sistem retail oleh Astragon.

5. Train Simulator 2020 (2019)

Train Simulator 2020

* sumber: store.steampowered.com

Train Simulator 2020 yang dirilis tahun 2019 adalah sebuah game simulasi kereta api yang membawa kalian untuk mengambil kendali di atas lokomotif dari berbagai belahan dunia. Pemain akan mengendalikan kereta api bertenaga diesel, listrik dan uap, serta harus mengantarkan penumpang dan barang ke tempat tujuan dengan tepat waktu.

Game ini menawarkan rute baru untuk dijelajahi yang meliputi wilayah Nuremberg dan Regensburg Bahn dengan menggunakan tipe kereta api DB BR 440, 442 dan 185. Untuk rute South Western Main Line: Southampton – Bournemouth, pemain akan mengontrol British Rail Class 444 dan 450.


Sedangkan untuk rute Norfolk Southern N-Line, kereta bertipe NS Electro-Motive, EMD GP38- 2s dan NS EMD GP40-2 dapat kalian gunakan. Game ini dilengkapi dengan beberapa perbaikan grafis agar terlihat realistis, dan fitur untuk mengambil foto dalam permainan.

6. Railroad Tycoon 3 (2003)

Railroad Tycoon 3

* sumber: www.mobygames.com

Setidaknya terdapat enam puluh jenis lokomotif yang terdapat dalam game ini, dan menjadikannya sebagai seri dari waralaba Railroad Tycoon yang memiliki lokomotif paling banyak. Jenis kereta api tersebut berasal dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Afrika Selatan, Polandia, dan Rusia.

Game ini menawarkan konsep simulasi bisnis dan ekonomi dalam industri kereta api. Dalam edisi terdahulu, semua muatan hanya bisa diambil di stasiun, dan pendapatannya tergantung pada jarak antar stasiun. Untuk seri ketiga ini, penghasilan yang akan didapatkan nantinya tergantung pada perbedaan harga antara pengambilan dan pengiriman muatan.

Railroad Tycoon 3 memiliki kampanye permainan dengan menghadirkan enam belas skenario atau peta di total lima benua. Masing-masing benua mempunyai skenario yang terdiri dari tujuh peta di Amerika Utara, enam peta di Eropa, satu peta di Asia, satu peta di Afrika, dan satu peta di Amerika Selatan.

7. Train Valley (2015)

Train Valley

* sumber: store.steampowered.com

Para pemain mesti membangun kereta api untuk bisa menghubungkan setiap kota. Pemain bisa menghancurkan rumah atau benda lain untuk membuat rel sehingga rute kereta api dapat tersedia. Dalam setiap levelnya, pemain harus merangkaikan stasiun kereta api yang ada di peta agar dapat mengirimkan bahan atau benda antar stasiun.

Tujuan utama dari setiap level tersebut adalah untuk mengantarkan setiap kereta ke tujuannya tanpa mengalami kebangkrutan. Namun, ada juga misi khusus dengan petunjuk seperti “jangan hentikan kereta” atau “jangan hancurkan trek”.

Game ini mempunyai empat bab permainan yang terbagi ke dalam periode waktu klasik hingga modern. Bab tersebut terdiri dari Eropa (1830–1980), Amerika (1840–1960), Uni Soviet (1880–1980), Jepang (1900–2020), dan Jerman (1880–2020).

8. Railway Empire (2018)

Railway Empire

* sumber: www.kalypsomedia.com

Untuk game yang satu ini, pemain dapat memilih jenis mode permainan sesuai tantangan yang disukai, seperti dari Scenario mode, Sandbox mode, Campaign mode dan Free mode. Di dalam pilihan tersebut, pemain dapat memilih orang untuk dipekerjakan sebagai operator atau manajemen kereta api.

Railway Empire sendiri mengambil latar permainan di wilayah Amerika Serikat pada periode tahun 1830 hingga tahun 1930. Dalam permainan ini, pemain mempunyai misi utama untuk melayani kota-kota industri dan berkembang dengan membangun sebuah jalur kereta api.

Permainan ini mendapatkan ulasan yang cukup baik dengan memiliki skor 74 pada Metacritic. Dalam ajang Deutscher Entwicklerpreis 2018, game ini memenangkan penghargaan Best German PC/Console Game dan Best German Technical Performance Game.

9. Train Sim World (2018)

Train Sim World

* sumber: store.steampowered.com

Selain dapat dimainkan dalam platform PC, Train Sim World (TSW) juga tersedia untuk konsol PlayStation 4 dan Xbox one. Game ini sendiri menampilkan kualitas grafis yang cukup indah, dan pemain akan diajak untuk menelusuri rute kereta api mulai dari Northeast Corridor, New York, Great Western Express dan Rapid Transit.

Di awal permainan, pemain bisa menggunakan fitur tutorial agar dapat dengan nyaman menguasai kemudi dari kereta api yang dikendalikan. Game ini menggunakan perspektif sudut pandang orang pertama di setiap tugas-tugas yang akan dikerjakan nantinya. Pemain juga dapat terlibat langsung dengan melakukan eksplorasi di dunia virtual yang terdapat dalam game ini.

10. Rail Simulator (2007)

Rail Simulator

* sumber: www.mobygames.com

Rail Simulator merupakan game simulasi kereta api yang diterbitkan oleh Electronic Arts serta diproduksi oleh Kuju Entertainment. Game ini mempunyai skenario atau kampanye yang dapat dimainkan, serta mode jelajah bebas dengan gaya eksplorasi. Kualitas animasi game ini cukup baik dengan menawarkan perubahan cuaca seiring waktu berjalan.

Dalam game ini pemain mesti menjalankan kereta api untuk menjemput penumpang, mengangkut kargo atau barang muatan. Pemain nantinya dapat mengendalikan kereta api bertenaga diesel, uap, dan listrik sebagai transportasi yang akan digunakan sepanjang permainan.

Pemain juga bisa membangun tata letak rel kereta api dan membuat pemandangan di sekitar lingkungan permainan. Sejak pertama kali dirilis di tahun 2007, Rail Simulator menerima ulasan yang umumnya positif dengan Situs IGN memberikan penilaian 7/10.

Demikianlah 10 game simulator kereta api yang bisa memberikan pengalaman kepada kalian tentang bagaimana menjadi seorang masinis. Bagi yang bercita-cita ingin mengendalikan sebuah kereta api, pastinya game ini banyak membantu dalam meningkatkan pemahaman sekaligus keahlianmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *