Carisinyal / Games / 10 Istilah di Mobile Legend yang Sering Digunakan Para Gamers

10 Istilah di Mobile Legend yang Sering Digunakan Para Gamers

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Oktober 2018

Euforia Mobile Legend memang tidak bisa dibantahkan. Tak sedikit yang memainkan game MOBA satu ini, karena game ini dianggap cukup asyik dan adiktif. Belum lagi, Mobile Legend juga memungkinkan para pemainnya untuk bertemu dengan orang baru dan ngobrol dengan orang baru saat battle berlangsung.

Nah, saat battle itulah biasanya antar pemain punya istilah-istilah yang unik dan sering digunakan saat bermain. Jika kamu yang baru saja bermain Mobile Legend dan merasa awam dengan istilah di Mobile Legend, Anda datang ke tempat yang tepat. Pasalnya, kali ini Carisinyal mau membahas 10 istilah di Mobile Legend yang sering digunakan para pemainnya. Yuk disimak artikelnya.

10 Istilah di Mobile Legend

1. AFK (Away from Keyboard)

AFK (Away from Keyboard)

* sumber: hayabusa-review.blogspot.com

Sebenarnya, istilah yang satu ini bukan hanya populer di Mobile Legend saja. Pasalnya, istilah AFK sering digunakan di game online manapun baik MOBA, MMORPG, dan game online lain. AFK sendiri merupakan singkatan dari Away from Keyboard. Apa maksudnya?

Artinya, sang pemain meninggalkan permainan sementara dan akan kembali secepatnya. Jadi, ada kemungkinan pemain ada urusan sebentar yang mengharuskan ia meninggalkan “keyboard” atau bisa dibilang meninggalkan gamenya sementara. Bukan berarti pemain itu akan off, ya istilahnya pause dulu. Karena ini game online, jadi tidak ada istilah pause.

2. CD (Cool Down)

CD (Cool Down)

* sumber: www.youtube.com

Istilah di Mobile Legend yang satu ini juga harus diketahui untuk para pemainnya, terutama untuk Anda newbie (pemain baru) di Mobile Legend. CD ini memiliki kepanjangan dari Cool Down, yang artinya Anda harus menunggu beberapa saat sampai skill bisa digunakan kembali.

Jadi, saat main Mobile Legend, setiap karakter yang Anda gunakan memiliki skill yang unik dan berbeda-beda. Skill ini sangat berguna untuk melawan musuh. Namun, Anda tidak bisa terus-menerus menggunakan skill karena ada batasan penggunaan skill. Nah, saat skill Anda habis maka Anda harus CD sampai skill bisa digunakan kembali.

3. DPS (Damage Per Second)

* sumber: mobile-legends.net

Sama seperti AFK, istilah di Mobile Legend yang satu ini tidak hanya populer di kalangan MOBA namun juga di kalangan para pecinta game online. Untuk DPS sendiri adalah Damage Per Second di mana Anda harus memperhatikan jumlah damage perdetik yang dilayangkan oleh pemain ke musuh.

4. Imba (Imbalance)

Imba (Imbalance)

Salah satu istilah di Mobile Legend yang sering digunakan adalah Imba yang merupakan kepanjangan dari imbalance. Ini dimaksudkan bahwa antara pemain dalam satu tim tidak adanya keseimbangan. Maksud dari keseimbangan di sini adalah, salah satu atau beberapa pemain yang terlalu kuat.

Selain tidak ada keseimbangan kekuatan, terkadang rentang level, item core, dan jumlah uang yang tidak sepadan dengan pemain lainnya. Sehingga, hal ini juga kadang memicu persepsi bahwa pemain yang punya kekuatan dan jumlah uang lebih sudah dipastikan menang.

5. GG (Good Game)

* sumber: www.teknosaurus.com

Ketika permainan selesai, mungkin terkadang kamu akan menemukan komentar GG. Nah, maksud dari GG atau Good Game ini biasa mengacu pada ucapan kepuasaan terhadap pemain, tim, dan permainan secara keseluruhan. Jadi, ketika satu tim bermain dengan sangat baik maka akan dikatakan sebagai GG.

Selain GG, terkadang ada beberapa pemain yang mengucapkannya GGWP (Good Game Well Played). Istilah tersebut juga sama-sama merujuk kepada kepuasaan dan penghargaan untuk tim, pemain, serta permainan yang dilakukan sudah memenuhi ekspetasi dan hasilnya pun cukup memuaskan.

6. KDA

* sumber: news.codashop.com

Ada lagi istilah KDA, (kill, death, assist). Istilah ini merujuk pada nilai statistik permainan setiap pemain yang diambil dari jumlah membunuh (kill), assist, dan juga kematian (death). Sebenarnya, KDA ini juga tidak terlalu berpengaruh pada skor pemain setelah permainan selesai.

Namun, jika kamu penasaran dengan nilai KDA-nya, maka kamu bisa menghitung dengan cara menjumlah kill dan assist. Setelah mengetahui jumlahnya, barulah dibagi dengan death.

7. Mabar

Mabar

* sumber: oketekno.com

“Eh, Mabar, yuk!” Ada yang pernah mengatakan ini pada kamu? Jangan bingung, karena maksud dari Mabar adalah main bareng. Artinya, kamu diajak main bersama oleh teman kamu. Jadi, kamu jangan bingung lagi kalau ada yang bilang mabar, ya!

Oh iya, sedikit informasi, istilah mabar tidak hanya digunakan dalam game Mobile Legend. Sebab, istilah ini juga sudah sering digunakan di game online lainnya, baik itu game online di PC ataupun smartphone. Biasanya yang mengajak mabar ingin membuat satu tim denganmu.

8. Mid

Mid

* sumber: id.gamehubs.com

Mid atau middle ini merujuk pada line tengah. Apa maksud line tengah? Perlu diketahui bahwa dalam map di Mobile Legend ini ada tiga buah line atau tiga titik, salah satunya adalah line tengah. Nah, dikarenakan menyebut line tengah dirasa terlalu panjang maka disingkat menjadi Mid.

Misalnya, ada pemain dalam tim yang menyebutkan Mid, artinya dia ingin bermain di bagian tengah. Dan yang biasanya berada di bagian tengah adalah hero berjenis Marksman. Ya, terkadang pembagian line pada map juga bergantung pada hero yang digunakan.

9. Nob

Nob

* sumber: www.lawumedia.com

Selain newbie, ada lagi sebutan untuk para pemain baru di Mobile Legend, yakni nob, noob, atau newb. Apakah kamu pernah dibilang salah satu dari istilah tadi? Jika pernah, maka perlu diketahui bahwa kamu dianggap pemain baru.

Selain dianggap pemain baru, biasanya pemain yang dipanggil sebagai nob ini dianggap mainnya kurang jago. Ada juga yang mengartikan bahwa nob ini dimaksudkan bahwa pemain itu culun atau cupu. Ya, intinya, sih, pemain baru yang kurang jago dan cupu.

10. OP

istilah di mobile legend OP

OP bukan berarti operator, ya. Singkatan dari OP sendiri, Over Power. Bisa dilihat dari singkatannya dan kamu bisa menebak sendiri bahwa istilah ini merujuk pada pemain atau hero yang punya kekuatan jauh di atas rata-rata hero lainnya.

Jadi, ketika kamu menemukan pemain atau hero di Mobile Legend dengan status kekuatan dan level yang jauh berbeda dari yang lainnya, maka kamu bisa menyebut atau mengatakan OP. Istilah ini sangat berbanding terbalik dengan istilah Nob tadi, ya.

Selain 10 istilah di atas, sebenarnya masih banyak istilah lainnya yang ada di Mobile Legend. Namun, kesepuluh istilah tadi yang paling sering muncul ketika kamu main Mobile Legend. Nah, kalau kamu pernah menyebutkan istilah apa di Mobile Legend? Ayo, jangan segan bagikan pengalaman main Mobile Legend di kolom komentar, ya.

Oh iya, Carisinyal juga punya tips untuk kamu yang pernah bermasalah dengan lagging saat main Mobile Legend. Temukan tips dan triknya di artikel ini. Selamat bermain!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini Ajeng Purvashti, penulis aktif sejak tahun 2017. Selain aktif menulis di carisinyal.com dan bacaterus.com, juga menjadi penulis lepas untuk BukaReview.com. Saat ini, bidang yang digeluti adalah tema penulisan seputar aplikasi, game, gadget, laptop, hardware, software, tutorial, dan entertainment. Selain menulis, Saya juga tertarik untuk mempelajari hal baru terutama mempelajari budaya-budaya dari negara lain. Salah satu budaya yang digemari adalah Korean Culture sehingga menjadikan Saya seorang KPOPers sejak zaman kuliah.

Leave A Comment