carisinyal web banner retina

20 Istilah di Mobile Legends yang Sering Digunakan Para Gamers

Ditulis oleh Listiorini
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Euforia dari Mobile Legends masih tidak terbantahkan sampai saat ini. Tak sedikit pemain yang lebih memilih game ini dibandingkan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang lain. Alasannya adalah karena game ini dianggap cukup asyik dan seru, serta ramah untuk segala jenis HP. Belum lagi, Mobile Legends juga memungkinkan para pemainnya untuk bertemu dengan orang baru dan saling kenal saat match berlangsung.

Nah, saat match inilah biasanya muncul istilah-istilah yang unik dan sering digunakan. Jika Anda merupakan pemain baru atau sudah lama tidak bermain game Mobile Legends. Tidak usah khawatir dengan istilah-istilah baru yang ada. Dalam artikel ini, Saya akan membahas beberapa istilah yang mesti dipahami dulu sebelum memulai macth di dalam game. Yuk simak artikelnya berikut ini.

1. AFK (Away from Keyboard)

Istilah Mobile Legends

Sebenarnya, istilah ini tidak hanya ada pada game Mobile Legends saja. Beberapa game online lain seperti MOBA, MMORPG, dan sebagainya juga menggunakan istilah AFK satu ini. Yang jelas, istilah ini digunakan oleh game yang dimainkan secara online menggunakan jaringan internet.

AFK (Away from Keyboard) merupakan istilah ketika seorang pemain meninggalkan permainan untuk sementara atau lama. Sesuai dengan namanya, pemain seolah meninggalkan "keyboard" atau dalam hal ini HP untuk suatu alasan. Dalam Mobile Legends, ketika pemain AFK, karakter yang dimainkan biasanya akan bergerak otomatis oleh sistem. Beberapa pemain juga bisa mengajak karakter tersebut untuk tetap bersamanya jika diperlukan.

Namun, karena digerakkan oleh sistem, pergerakannya akan lebih kaku dan seperti asal-asalan. Sehingga banyak yang membiarkan karakter tersebut diam di tempat.

Oh ya, jika pemain AFK di bawah tiga menit sesaat setelah permainan berlangsung, rekan timnya bisa meminta permainan dibatalkan atau "Invalid". Agar tidak ada yang rugi, kedua tim tidak akan mengalami pengurangan poin atau bintang. Pemain yang AFK tentu akan mendapatkan hukuman atas tindakannya tersebut.

2. Invalid

mobile legends core_

Invalid merupakan istilah yang digunakan ketika match batal dilakukan. Invalid ini biasanya sering terjadi di dalam match mode rank. Alasan utama terjadinya invalid adalah adanya salah satu pemain di antara dua tim yang mengalami AFK (away from Keyboard).

Jika salah satu atau dua pemain AFK, match tidak akan berjalan seimbang karena jumlah pemain akan sangat memengaruhi jalannya permainan, untuk Mobile Legends. Sehingga, agar tidak ada salah satu tim yang merasa dirugikan, match bisa dibatalkan oleh tim yang pemainnya AFK.

Sistem akan menanyakan apakah match ingin dihentikan (invalid) atau dilanjutkan. Dengan catatan, pemain tersebut AFK di bawah 3 menit dimulai saat match berlangsung. Jika AFK di mid game atau late game, permainan tidak akan bisa dihentikan.

3. Early Game, Mid Game, dan Late Game

Istilah Mobile Legends

Istilah early game, mid game, dan late game mengacu pada fase atau waktu permainan yang perlu diperhatikan oleh para pemain Mobile Legends.

Early game berarti detik awal bermain sampai menit ketiga. Dari menit ketiga sampai menit ke-10, disebut mid game. Late game sendiri mengacu pada waktu match di atas sampai 10 menit sampai selesai. Mengapa fase waktu itu perlu diperhatikan? Karena tiap fase, kedua tim akan bermain sesuai strategi untuk menentukan kekuatan.

Misalnya pada fase early atau mid game, tim dengan farming yang lebih dulu optimal berkesempatan untuk membunuh lawan atau mencuri jungle musuh. Atau late game yang secara tidak langsung, mengharuskan kedua tim wajib memiliki item lengkap dengan strategi peran yang minim kesalahan. Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan pertarungan dengan membawa kemenangan atau Victory.

4. Farming, Pushing, dan Ganking

Istilah Mobile Legends

Farming merupakan istilah yang mengacu pada kegiatan salah satu pemain yang mencari atau mengumpulkan emas atau gold. farming ini biasanya dilakukan di jungle dengan mengeliminasi monster jungle atau menculik musuh yang lengah. Membersihkan minion juga termasuk farming karena akan sedikit menambah gold yang dimiliki.

Selain itu, terdapat istilah lain yaitu pushing atau push. Istilah ini mengacu pada cara bermain ketika melakukan strategi objektif dengan menghancurkan benteng atau tower musuh. Selain itu, istilah ini juga digunakan untuk membersihkan minion musuh agar minion kita bisa maju menuju tower musuh.

Istilah lainnya yang juga masih berhubungan adalah ganking atau gank. Istilah ini mengacu pada sebuah strategi untuk mengeliminasi lawan yang sedang sendirian. Dengan mengandalkan jumlah pemain yang lebih banyak, ruang gerak musuh akan lebih sedikit dan mudah untuk dieliminasi. Hal ini juga mirip dengan istilah penculikan yang biasanya dilakukan agar lane bisa dikuasai.

5. Roaming, Funneling, dan Backdoor

Istilah Mobile Legends

Masih berbicara soal strategi, terdapat istilah lain yang tidak kalah penting yaitu roaming. Pasti Anda pernah menerima intruksi untuk melakukan roaming saat match berlangsung, terutama saat menggunakan hero tank atau assassin. Saat tim Anda meminta untuk melakukan roaming, Anda hanya perlu berpindah dari satu lane ke lane lainnya. Biasanya hal ini dilakukan jika Anda menggunakan hero roamer seperti tank atau assassin.

Tujuannya tidak lain adalah untuk membantu teman tim di lane lainnya saat merasa tertekan oleh musuh. Hal ini tentu penting dilakukan apalagi untuk seorang tank yang memang berfungsi sebagai "badan" dan membantu teman setim.

Selain itu, terdapat strategi lain yang disebut funneling atau funnel. Strategi ini biasanya dilakukan oleh pemain support untuk menahan minion atau creep agar tidak dihancurkan oleh tower. Dengan begitu, pemain lain sebagai carry atau yang lebih butuh bisa mendapatkan gold dari minion tersebut.

Berbeda dari funneling, backdoor ini bersifat lebih agresif sebagai tindakan objektif ke tower musuh tanpa bantuan minion atau creep. Biasanya strategi ini dilakukan oleh pemain yang punya jangkauan sangat jauh untuk menembak tower. Atau pemain yang punya darah tebal seperti tank kemudian dibantu oleh pemain lain yang punya damage tinggi untuk memukul tower.

5. Minion, Turtle, dan Lord

Istilah Mobile Legends

Minion atau creep merupakan bala bantuan atau prajurit yang hanya bergerak maju di baris lane. Minion juga bisa dijadikan salah satu opsi untuk farming, tapi Anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya, di tiap lane akan ada satu musuh yang juga memiliki tujuan sama, bahkan ada risiko terkena gank oleh musuh yang bersembunyi.

Turtle menjadi salah satu monster yang punya ukuran cukup besar di dalam arena. Berbeda dengan minion, turtle ini memiliki dampak yang signifikan untuk keseluruhan tim. Gold yang dihasilkan setelah mendapatkan turtle biasanya cukup besar sehingga menjadi bahan rebutan bagi kedua tim. Tidak hanya untuk satu pemain saja, poin atau gold yang didapat juga akan dibagikan ke teman satu tim sehingga dibutuhkan kerja sama untuk mendapatkannya.

Sedangkan Lord merupakan monster paling kuat yang berada di dalam arena. Lord juga menjadi salah satu kunci kemenangan atau membalikkan keadaan, tidak heran sering terjadi pertarungan yang cukup sengit untuk mendapatkan lord. Ketika berhasil dikalahkan, lord akan maju di salah satu lane bersama minion yang lebih kuat untuk menghancurkan tower hingga base lawan.

Selain turtle dan lord, terdapat makhluk atau monster lain yang umumnya bisa kamu temui di Mobile Legends. Sebut saja seperti Crab, Fire Beetle, dan Horned Lizard.

6. Buff

Istilah Mobile Legends

Buff merupakan sebuah cara untuk meningkatkan skill atau status khusus yang bisa didapatkan melalui monster yang ada di arena. Biasanya, buff ini lebih dibutuhkan oleh pemain kunci atau core di dalam satu tim, misalnya assasin, marksman, mage, dan hero lain yang punya damage cukup besar. Apalagi jika menggunakan hyper carry yang tentu membutuhkan semua buff yang ada agar memiliki level lebih tinggi dari pemain lain.

Buff yang dihasilkan dari monster ini memiliki jenis dan fungsinya masing-masing. Misalnya buff biru atau buff atas yang berada di bagian atas pada posisi map tim sendiri. Buff ini berada pada monster bernama Serpent dan Little Serpent yang akan muncul kembali setelah dibunuh. Fungsinya adalah untuk mempercepat cooldown skill dan menghemat penggunaan mana.

Selain itu ada buff merah atau buff bawah karena berada di bagian bawah pada posisi map. Buff ini berada pada monster bernama Fiend yang mampu memberikan damage tambahan. Bahkan, terdapat monster soul of lava yang mengikuti untuk memberikan efek slow pada musuh saat terkena serangannya.

Beberapa buff lainnya seperti gold buff, healing buff, sampai walkie grass juga bisa dimanfaatkan oleh pemain lain. Jadi, dapatkan buff sebanyak-banyaknya dengan tetap memprioritaskan untuk pemain core agar levelnya cepat naik.

7. Core atau Carry

Istilah Mobile Legends

Core atau Carry mengacu pada salah satu atau dua pemain yang punya peran cukup penting di dalam tim. Biasanya, hero yang digunakan untuk peran ini mampu menghasilkan damage yang paling besar karena memiliki tugas khusus untuk mengeliminasi lawan satu per satu.

Peran ini jadi salah satu peran yang cukup penting dan sulit untuk dilakukan. Jadi, Anda harus cukup percaya kepada teman satu tim yang akan mengambil peran ini. Karena jika pemain tersebut tidak cukup ahli, persentase kemenangan jadi lebih kecil karena tidak mampu menguasai permainan.

Pemain yang mengambil peran core atau carry biasa diposisikan di lane manapun. Bahkan, sebagai core atau carry justru harus bisa berada di semua lane agar musuh tidak bisa menguasai lane tersebut.

8. Mid Lane, Exp Lane, dan Gold Lane

Istilah Mobile Legends

Berbicara soal lane, terdapat tiga lane utama yang bisa dimainkan di dalam Mobile Legends. Pertama adalah Mid Lane atau jalur tengah yang biasanya jadi lane paling sibuk selama match berlangsung. Pasalnya, lane ini memiliki lokasi yang cukup strategis karena berdekatan dengan posisi turtle, lord, jungle, dan seisi map. Biasanya lane inni diisi oleh mage atau marksman, tapi tidak menutup kemungkinan untuk diisi oleh hero lain sesuai strategi.

Kemudian ada Exp lane yang terletak di dekat posisi turtle pertama kali muncul. Lane ini lebih cocok untuk hero fighter atau tank yang punya ketahanan dan damage lebih tinggi saat late game nanti. Pasalnya, lane ini mampu memberikan Exp lebih ketika berhasil mengeliminasi musuh atau minion yang ada.

Sesuai dengan namanya, gold lane ini lebih cocok untuk hero yang membutuhkan gold banyak agar bisa meningkatkan skill dan damage lebih cepat. Lokasinya berseberangan dengan Exp lane dan jauh dari turtle pertama kali muncul. Jalur ini lebih cocok diisi oleh hero marksman agar bisa meningkatkan level dan skill lebih cepat.

9. Hyper, Offlaner, Midlaner, dan Jungler

Istilah Mobile Legends

Hyper merupakan salah satu role atau peran yang mirip dengan core atau carry. Hyper menjadi satu-satunya pemain yang punya dampak besar terhadap jalannya permainan. Sebagai hyper, pemain tersebut berhak mendapatkan dua buff sekaligus yaitu buff merah dan biru agar levelnya cepat naik. Jika levelnya sudah lebih tinggi bahkan dari musuh, maka akan mudah untuk mengeliminasi baik melawan satu atau beberapa pemain sekaligus.

Role lainnya adalah offlaner yang tidak kalah penting keberadaannya. Offlaner biasanya diberikan kepada hero yang memiliki ketahanan cukup kuat ketika sendirian. Pasalnya, hero ini memiliki tugas untuk menyerang dan menghancurkan tower atau turet lawan sendirian.

Offlaner biasanya mengisi lane di bagian atas pada map agar cepat menambah Exp. Sedangkan midlaner menempati lane di bagian tengah map. Tugas sebagai midlaner ini cukup sederhana yaitu mempertahankan sekaligus menyerang tower atau turet lawan. Karena jarang sendirian, midlaner juga memiliki tugas untuk membantu lane lain di sekitarnya.

Role terakhir adalah jungler yang memiliki tugas untuk fokus ke daerah jungle di dalam map. Biasanya, hero yang dijadikan sebagai jungler ini adalah assassin yang punya damage lebih besar saat menyerang monster. Apalagi dilengkapi dengan perlengkapan spell retribution yang bisa digunakan untuk membunuh monster besar seperti turtle atau lord.

10. Battle Spell dan Talent

Istilah Mobile Legends

Battle Spell menjadi salah satu item yang cukup penting di dalam permainan Mobile Legends. Battle Spell ini menjadi skill aktif tambahan yang bisa digunakan di dalam permainan. Terdapat beberapa battle spell yang bisa digunakan mulai dari flicker, sprint, arrival, execute, dan sebagainya.

Anda bisa memilih battle spell yang akan digunakan sesuai dengan hero yang dimainkan. Misalnya battle spell flicker yang membuat hero bisa berpindah tempat secara instan cocok digunakan untuk hero mage atau marksman. Atau battle spell execute yang cocok untuk hero jarak dekat seperti guinevere atau paquito.

Sementara itu, talent menjadi bonus skill bersifat pasif dari emblem yang digunakan. Sama seperti battle spell, talent juga memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Misalnya talent fighter, assassin, magical, jungle, dan sebagainya yang bisa disesuaikan dengan hero Anda. Pemilihan talent yang tepay juga akan memengaruhi kemampuan dari hero yang digunakan.

11. Stunned, Taunted, dan Silenced

Istilah Mobile Legends

Stunned, taunted dan silenced menjadi tiga istilah umum dalam Mobile Legends yang mungkin belum akrab di telinga pemain baru. Stunned sendiri berarti mencegah target/musuh untuk menyerang, menggunakan skill mereka, atau bahkan kabur. Sedangkan taunted merupakan istilah yang dipakai untuk "memaksa" target agar menyerang caster. Namun, hanya basic attack saja yang bisa dipakai. Kemudian Silenced berarti mencegah musuh untuk menyerang.

Masih ada istilah lain yang mirip dengan ketiganya, misalnya immobilized, transformed dan horrified. Istilah immobilized merujuk pada pencegahan agar musuh tidak dapat menggunakan skill flicker yang dimilikinya dari battle spell.

Berbeda dengan transformed yang lebih merujuk pada istilah ketika kondisi target sudah berubah jadi makhluk tertentu. Kemudian horrified digunakan saat pemain ingin mencegah target untuk menyerang dan menyebabkan mereka tak bisa bergerak dalam waktu tertentu.

12. CD (Cool Down) dan DPS (Damage Per Second)

Istilah Mobile Legends

Istilah Mobile Legends yang tidak kalah penting lainnya adalah CD (cool down) dan DPS (damage per second). Kedua istilah ini mengacu pada skill atau kemampuan yang dimiliki oleh hero untuk melawan musuh.

Sedikit catatan, Anda tidak bisa terus-menerus menggunakan skill karena ada batasan untuk penggunaannya. Nah, saat skill sudah digunakan, Anda harus menunggu CD (cool down) sampai skill bisa digunakan kembali. Durasi dari tiap hero tentu saja berbeda dan biasanya hanya beberapa detik saja.

Sedangkan DPS (Damage per Second) jumlah damage perdetik yang dilayangkan oleh pemain ke musuh. Ada pula istilah sustained DPS yang berarti serangan yang dilakukan secara perlahan atau bertahap. Kebalikannya yaitu burst damage merupakan serangan yang hanya sekali, tetapi memiliki efek fatal atau mematikan untuk musuh.

13. HP (Health points) dan MP (Mana Points)

Istilah Mobile Legends

HP (health points) dan MP (mana points) menjadi dua istilah yang sangat akrab di telinga gamers terutama jenis MOBA, termasuk Mobile Legends. HP (health points) menjadi penanda seberapa banyak ‘darah’ atau ‘nyawa’ yang dimiliki oleh hero yang sedang digunakan. Biasanya informasi ini ditampilkan di atas hero berwarna hijau.

HP tentu akan habis dan menyebabkan kehilangan nyawa atau mati jika terkena serangan terus-menerus. Apalagi jika jumlah HP yang dimiliki masih sedikit sehingga akan mudah berkurang. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambah jumlah HP dengan membeli item yang cocok selama match berlangsung.

Selain itu, ada MP (mana points) yang juga berada di atas hero tetapi berwarna biru. Bisa dibilang, mana sendiri mengindikasikan energi atau stamina untuk melakukan skill dimiliki hero. Biasanya, mana ini sangat dibutuhkan untuk hero mage, assassin, dan beberapa hero lainnya. Meski begitu, terdapat beberapa hero yang justru tidak memerlukan mana karena hanya mengandalkan physical damage untuk menyerang musuh.

14. Killing Spree

Istilah Mobile Legends

Sudah akrab dengan istilah killing spree? Biasanya, akan muncul sound effect dengan istilah ini saat Anda bermain Mobile Legends. Killing spree akan bergema di speaker HP ketika Anda berhasil mengeliminasi tiga musuh tanpa kehilangan nyawa.

Sebenarnya, istilah ini hampir mirip dengan istilah triple kill yang mungkin lebih umum didengar. Namun, triple kill biasanya dipakai ketika berhasil mengeliminasi tiga musuh sekaligus dalam waktu berdekatan. Sedangkan killing spree bisa bertahap dengan kondisi masih tetap hidup. Tidak hanya itu, terdapat beberapa istilah lain yang dipakai di Mobile Legends ini yang akan sering terdengar, seperti mega kill, unstoppable, monster kill, godlike, dan legendary

Mega kill dipakai jika Anda berhasil mengeliminasi empat musuh dengan tanpa kehilangan nyawa. Kemudian unstoppable ketika berhasil mengeliminasi lima musuh, monstyer kill untuk enam musuh, godlike untuk tujuh musuh, serta legendary ketika berhasil mengeliminasi delapan musuh atau lebih tanpa kehilangan nyawa.

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendengar istilah yang tampaknya sudah cukup umum yaitu double kill, triple kill, maniac, dan savage. Nah, jika seluruh musuh sudah "habis", istilah yang akan digunakan dalam Mobile Legends adalah wiped out.

15. GG dan NT

Istilah Mobile Legends

Sebenarnya, hampir di semua game online menggunakan kedua istilah ini yaitu GG dan NT. Keduanya merupakan istilah yang digunakan ketika pertarungan atau duel selesai dilakukan. GG atau Good Game merupakan sebuah pujian ketika pemain berhasil memenangkan pertarungan atau duel dengan musuh. Sebagian orang juga menambahkan dengan GGWP atau Good Game Well Played.

Sementara itu, NT atau Nice Try juga digunakan saat setelah pertarungan atau duel selesai. Namun, istilah NT ini biasanya diberikan kepada pihak yang kalah. Tujuannya bisa sebagai bentuk respect yang diberikan oleh fans atau pihak lawan, atau justru sebuah ejekan atau sindiran untuk kekalahannya.

16. KDA, MVP, dan Beban

Istilah Mobile Legends

Dalam Mobile Legends, terdapat istilah KDA atau kill, death, dan assist. Istilah ini merujuk pada nilai statistik match setiap pemain yang diambil dari jumlah mengeliminasi atau kill, assist ketika berhasil "menyicil" HP lawan dan dieliminasi oleh teman satu tim, dan juga death untuk jumlah mati selama match berlangsung.

Jumlah statistik ini nantinya akan menentukan siapa yang berhak mendapatkan gelar sebagai MVP atau Most Valuable Player. Biasnaya, gelar ini ditujukan untuk pemain yang memiliki jumlah eliminasi atau kill lebih banyak dengan jumlah mati sedikit.

Selain itu, statistik tersebut juga akan menentukan jenis medali apa yang didapat oleh setiap pemainnya. Misalnya medali gold untuk pemain yang memiliki statistik sanngat baik ata si atas rata-rata, kemudian silver untuk pemain yang bermain sesuai rata-rata, dan bronze untuk pemain yang memiliki permainan buruk.

Menariknya, terdapat istilah khusus untuk pemain yang mendapatkan medali bronze ini yaitu "cokelat". Hal ini lantaran medali bronze yang berwarna cokelat. Selain itu, pemain ini biasanya akan disebut sebagai "beban", apalagi jika tim yang dibelanya kalah. Agaknya Anda harus menyiapkan mental sekuat baja untuk menerima kata-kata "beban" atau "cokelat".

17. Noob dan OP

Istilah Mobile Legends

Terkadang, bermain Mobile Legends ini memang memerlukan kesabaran tingkat tinggi. Selain ejekan "cokelat" atau "beban", masih ada kata-kata yang sering diucapkan saat permainannya buruk, yaitu Noob. Secara jelas, pemain tersebut tentu mengatakan bahwa permainan Anda seperti seorang pemain baru main.

Selain dianggap pemain baru, biasanya pemain yang dipanggil sebagai nob ini dianggap mainnya jelek atau buruk. Ada juga yang mengartikan bahwa nob ini dimaksudkan bahwa pemain itu culun atau cupu. Kemudian istilah yang juga merujuk pada arti yang sama adalah Turu. Turu sendiri memiliki arti tidur, maksudnya cukup jelas yaitu menyuruh lebih baik tidur saja dibandingkan bermain game.

Selain noob atau turu, terdapat istilah lain yang bersifat kebalikannya yaitu OP. OP merupakan singkatan dari Over Power. Bisa dilihat dari singkatannya bahwa istilah ini merujuk pada pemain atau hero yang punya kekuatan jauh di atas rata-rata. Istilah ini mirip dengan GG sebagai bentuk pujian atau ungkapan kepada pemain atau hero yang dianggap kuat atau hebat.

Selain itu, istilah lain yang memiliki arti mirip adalah "sakit". Dalam hal ini, bukan berarti pemain atau hero yang digunakan ini mengalami sakit dan butuh ke dokter. Namun, merujuk pada jumlah damage yang tinggi atau skill pemain terlalu hebat.

18. Mekanik, META, dan Nerf

Istilah Mobile Legends

Mekanik merupakan istilah yang merujuk pada kemampuan kecepatan dan ketepatan seorang pemain. Makin cepat pergerakan tangan dan tepat sasaran, maka makin tinggi juga skill dari pemain tersebut. Anda mungkin pernah mendengar istilah "adu mekanik". Nah, istilah tersebut merujuk pada duel antara dua orang pemain dengan mekanik tinggi.

kecepatan tangan atau fast hand menjadi salah satu faktor penentu untuk mengukur skill seseorang. Apalagi ketika menggunakan hero yang membutuhkan "fasheng" seperti Fanny, Ling, Lancelot, dan hero lain yang punya pergerakan sangat lincah.

Istilah lainnya yang cukup berhubungan adalah META atau Most Effective Tactic Available. Istilah ini merujuk pada sebuah strategi atau taktik yang paling efektif untuk memenangkan sebuah pertandingan. Namun, META ini biasanya sering berubah-ubah sesuai patch baru yang dirilis oleh developer.

Dalam patch baru tersebut biasanya terjadi penyesuaian terhadap beberapa hero baik itu berupa buff atau nerf. Buff berarti penyesuaian dengan meningkatkan beberapa hal yang dimiliki oleh hero tersebut. Sedangkan nerf berarti penyesuaian dengan menurunkan kemampuan dari suatu hero. Biasanya nerf ini sering terjadi pada hero baru karena kekuatannya yang dianggap terlalu OP saat pertama kali dirilis.

19. Mikro dan Makro

Istilah Mobile Legends

Istilah mikro dan makro ini juga masih berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam bermain Mobile Legends. Mikro merujuk kepada istilah untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menguasai hero yang dimilikinya. Hal ini termasuk dalam mengetahui skill 1, skill 2, ulti, bahkan kelebihan dan kekurangan dari hero tersebut.

Kemampuan mikro ini dibutuhkan agar pemain tidak mudah mati saat menggunakan hero tertentu. Hal ini karena kemampuannya dalam memahami atau memperhitungkan segala hal terkait hero tersebut. Baik ketika sedang diserang atau menyerang lawan.

Kemampuan kedua adalah makro yang tidak kalah penting dari mikro. Kemampuan ini merujuk kepada pemahaman seorang pemain terhadap pertandingan atau match secara keseluruhan. Kemampuan ini biasanya meliputi pengamatan terhadap map untuk melihat pergerakan musuh, menganalisa, dan mencegah tim dari kekalahan.

Jika diperhatikan, kemampuan ini wajib dimiliki oleh IGL atau In Game Leader suatu tim. Dengan begitu, keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik untuk membawa tim kepada kemenangan atau victory.

20. MMR

Istilah Mobile Legends

MMR atau Match Making Rate biasanya menjadi salah satu hal yang dipertanyakan untuk melihat kemampuan seorang pemain. MMR merupakan data statistik penggunaan hero dengan melihat jumlah kemenangan setiap kali bermain hero tersebut.

Makin besar MMR, biasanya akan lebih dipercaya untuk menggunakan hero tersebut. Pasalnya, skor yang besar tersebut menandakan bahwa pemain mampu memainkan hero tersebut dengan cukup baik. Menunjukkan nilai MMR juga menjadi salah satu cara ketika melakukan request hero tertentu kepada teman tim. Jika MMR besar, teman satu tim akan memercayakan hero tersebut untuk Anda gunakan.

Sebaliknya, jika skor MMR Anda untuk hero tersebut kecil, pemain lain biasanya kana menyuruh Anda untuk menggunakan hero lain. Hal ini tentu saja bukan hal meremehkan, tetapi demi menjamin kemenangan tim bersama.

Nah, Itulah 20 istilah dalam Mobile Legends yang bisa kamu pahami sebelum mulai bermain. Jika sudah memahami beberapa istilah tersebut, Anda tidak akan bingung lagi soal strategi atau taktik yang harus digunakan. Atau mengatur strategi dengan menggunakan emblem dan spell terbaik untuk hero yang akan digunakan.

Jika Anda pernah bermasalah dengan lag atau patah-patah saat main Mobile Legend. Anda bisa membaca artikel mengenai Cara Agar Main Mobile Legends Tidak Lag. Selamat bermain!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram