20 Istilah di Mobile Legends yang Sering Digunakan Para Gamers

Ditulis oleh Listiorini
ATTENTION!
Artikel ini memiliki versi bahasa inggris

Euforia Mobile Legends memang tidak bisa dibantahkan. Tak sedikit yang memainkan game MOBA satu ini, karena game ini dianggap cukup asyik dan adiktif. Belum lagi, Mobile Legends juga memungkinkan para pemainnya untuk bertemu dengan orang baru dan ngobrol dengan orang baru saat battle berlangsung.

Nah, saat battle itulah biasanya antar pemain punya istilah-istilah yang unik dan sering digunakan saat bermain. Jika kamu yang baru saja bermain Mobile Legends dan merasa awam dengan istilah di Mobile Legends,kamu datang ke tempat yang tepat.

Tim Carisinyal mau membahas 20 istilah di Mobile Legend yang sering digunakan para pemainnya, spesial buat kamu. Yuk disimak artikelnya.

1. AFK (Away from Keyboard)

AFK (Away from Keyboard)

Sebenarnya, istilah yang satu ini bukan hanya populer di Mobile Legends saja. Pasalnya, istilah AFK sering digunakan di game online manapun, baik MOBA, MMORPG, dan game online lain. AFK sendiri merupakan singkatan dari Away from Keyboard. Apa maksudnya?

Artinya, sang pemain meninggalkan permainan sementara dan akan kembali secepatnya. Jadi, ada kemungkinan pemain ada urusan sebentar yang mengharuskan ia meninggalkan “keyboard” atau bisa dibilang meninggalkan game-nya sementara. Bukan berarti pemain itu akan off, ya istilahnya pause dulu.

Karena ini game online, jadi tidak ada istilah pause. Oleh karena itu, AFK dipakai guna mendeskripsikan pemain yang keluar game sementara waktu.

2. CD (Cool Down)

MOBILE LEGENDS 3_

Istilah di Mobile Legends yang satu ini juga harus diketahui untuk para pemainnya, terutama untukmu newbie (pemain baru) di Mobile Legends. CD ini memiliki kepanjangan dari Cool Down.

Jadi, saat main Mobile Legends, setiap karakter yang kamu gunakan memiliki skill yang unik dan berbeda-beda. Skill ini sangat berguna untuk melawan musuh.

Sedikit catatan, kamu tidak bisa terus-menerus menggunakan skill karena ada batasan penggunaan untuk pemain. Nah, saat skill habis, kamu harus CD atau cool down sampai skill bisa digunakan kembali. Durasi Cool Down tak memakan waktu lama, biasanya cuma beberapa detik saja.

3. DPS (Damage Per Second)

Sama seperti AFK, istilah di Mobile Legend yang satu ini tidak hanya populer di kalangan MOBA gamers, tapi juga di kalangan para pencinta game online.

DPS sendiri adalah Damage Per Second di mana Anda harus memperhatikan jumlah damage perdetik yang dilayangkan oleh pemain ke musuh. Ada pula istilah sustained DPS. Ini berarti serangan yang dilakukan secara perlahan, atau bertahap.

Inilah yang jadi pembeda antara DPS dan juga burst damage. Kalau burst damage, serangan yang hanya satu kali, tapi efeknya langsung fatal (mematikan) untuk musuh kamu.

4. Imba, Noob dan OP

mobile legends imba_

Salah satu istilah di Mobile Legends yang sering digunakan adalah imba yang merupakan kepanjangan dari imbalance. Ini dimaksudkan bahwa antara pemain dalam satu tim tidak adanya keseimbangan. Maksud dari keseimbangan di sini adalah, salah satu atau beberapa pemain yang terlalu kuat.

Selain tidak ada keseimbangan kekuatan, terkadang rentang level, item core, dan jumlah uang yang tidak sepadan dengan pemain lainnya. Hal ini juga kadang memicu persepsi bahwa pemain yang punya kekuatan dan jumlah uang lebih sudah dipastikan menang.

Lanjut lagi, nih. Apakah kamu pernah dibilang nob atau noob selama main? Jika pernah, maka perlu diketahui bahwa kamu dianggap pemain baru.

Selain dianggap pemain baru, biasanya pemain yang dipanggil sebagai nob ini dianggap mainnya kurang jago. Ada juga yang mengartikan bahwa nob ini dimaksudkan bahwa pemain itu culun atau cupu. Ya, intinya, sih, pemain baru yang kurang jago dan cupu.

Selain noob dan imba, ada juga istilah OP yang biasa dipakai oleh pemain ML. OP bukan berarti operator, ya. Singkatan dari OP sendiri adalah Over Power. Bisa dilihat dari singkatannya dan kamu bisa menebak sendiri bahwa istilah ini merujuk pada pemain atau hero yang punya kekuatan jauh di atas rata-rata.

Jadi, ketika kamu menemukan pemain atau hero di Mobile Legend dengan status kekuatan dan level yang jauh berbeda dari yang lainnya, kamu bisa menyebut atau mengatakan OP. Istilah ini sangat berbanding terbalik dengan istilah noob tadi, ya.

5. GG, Thumbs Up, BKB dan GLHF

mobile legends bkb_

Ketika permainan selesai, mungkin terkadang kamu akan menemukan komentar GG. Nah, maksud dari GG atau Good Game ini biasa mengacu pada ucapan kepuasaan terhadap pemain, tim, dan permainan secara keseluruhan. Jadi, ketika satu tim bermain dengan sangat baik maka akan dikatakan sebagai GG.

Selain GG, terkadang ada beberapa pemain yang mengucapkannya GGWP (Good Game Well Played). Istilah tersebut juga sama-sama merujuk kepada kepuasaan dan penghargaan untuk tim, pemain, serta permainan yang dilakukan sudah memenuhi ekspetasi dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Jika permainaan kamu bagus. Pemain lain akan mengatakan atau mengucapkan “Thumbs up”. Istilah ini adalah sebuah pujian yang berarti acungan jempol untuk para pemain.

Sebaliknya, kalau permainanmu jelek, kamu bisa dibilang BKB. BKB adalah singkatan yang juga berarti cemoohan. Orang yang menyebut BKB ini adalah hinaan untuk pemain yang banyak ngomong, biasanya anak kecil. Karena BKB merupakan singkatan dari Bocah Kebanyakan Bacot.

JIka ada pemain yang mengatakan “GLHF” atau "Good Luck Have Fun", jangan dimasukan ke dalam hati. Ini bukan kalimat cemoohan. GLHF adalah cara pemain dalam menghargai pemain lainnya. Istilah ini biasa diucapkan sebelum dan sesudah permainan.

6. KDA, MPV dan Cancer

mobile legends kda_

Ada lagi istilah KDA, (kill, death, assist). Istilah ini merujuk pada nilai statistik permainan setiap pemain yang diambil dari jumlah membunuh (kill), assist, dan juga kematian (death). Sebenarnya, KDA ini juga tidak terlalu berpengaruh pada skor pemain setelah permainan selesai.

Namun, jika kamu penasaran dengan nilai KDA-nya, maka kamu bisa menghitung dengan cara menjumlah kill dan assist. Setelah mengetahui jumlahnya, barulah dibagi dengan death.

Kalau berhasil meraih skor banyak setelah bertarung, dirimu adalah seorang MPV. Istilah ini merujuk pada pemain yang mampu menghasilkan skor paling tinggi setelah permainan beres. 

MPV sendiri adalah singkatan dari Most Valuable Player. Dalam bahasa Indonesia, terminologinya bisa diartikan secara harfiah sebagai pemain yang paling berharga.

Kalau MPV hasilkan skor paling banyak, tidak dengan cancer. Bukan, ini bukan merujuk pada kata penyakit kanker, ya. Di Mobile Legends, kata cancer biasa dipakai oleh pemain lain pada anggota tim yang dinilai tak berkontribusi apapun. 

Mungkin, kamu akan lebih akrab dengan istilah ‘beban’ dalam tim. Nah, bisa dibilang, cancer dipakai untuk merujuk pada pemain yang jadi ‘beban’ karena tak mampu memberikan sumbangsih sesuai pada tim.

7. Buff dan Ganking

mobile legends ganking_

Buff adalah istilah yang mengacu pada penambahan status dari hero yang dimainkan. Penambahan status hero ini sangat berpengaruh pada permainan karena bisa membawa perbedaan permainan bahkan bisa membawa tim kamu pada kemenangan.

Buff ini didapatkan ketika bermain di Mobile Legends, bukan ketika memulai permainan. Cara mendapatkannya adalah dengan membunuh creep jungle atau “para penjaga” yang ada di zona permainan.

Setelah membunuh, hero yang kamu mainkan akan mengalami peningkatan status, seperti peningkatan pada serangan fisik maupun serangan sihir.

Nah, kalau ganking adalah istilah yang mengacu pada aktivitas di permainan untuk membunuh musuh dengan cara mengepungnya bersama kawanmu. Aktivitas ini adalah sebuah strategi yang bisa menguntungkan timmu karena lawan tersudut dan tidak mendapatkan support dari kawanmu.

Ganking sebenarnya berasal dari kata gank. Pada perkembangannya, istilah ini kemudian mengacu pada istilah untuk melakukan serangan untuk membunuh musuh yang tidak dijaga oleh temannya. Dan hal ini dilakukan bersama teman satu tim kamu.

8. Farming, Pushing dan MM

mobile legends pushing_

Farming berasal dari farm. Farm identik dengan pertanian. Bisa dikatakan, farming adalah kegiatan untuk bertani. Tetapi dalam dunia gim MOBA seperti Mobile Legends, istilah farming mengacu pada kegiatan untuk mencari emas atau gold. Pencarian gold ini bisa dilakukan di jungle atau ketika menculik musuh yang melakukan kesalahan.

Nah, ada lagi istilah pushing, Ini mengacu pada cara bermain dalam menghancurkan benteng akhir musuh. Di Mobile Legends, istilah ini mengacu juga pada aktivitas mendorong agro minion di lane.

Istilah MM digunakan untuk merujuk tipe hero atau role yang dimainkan di Mobile Legends. MM sendiri singkatan dari Marksman yang berarti penembak. Contoh hero MM adalah Layla, Miya, dan Lesley.

9. Early, Mid, dan Late Game

mobile legends late mid_

Istilah early game, mid game, dan late game mengacu pada fase atau waktu permainan yang perlu diperhatikan oleh para pemain Mobile Legends.

Early game berarti detik awal bermain sampai menit ketiga. Dari menit ketiga sampai menit ke-10, disebut mid game. Late game sendiri mengacu pada waktu pertandingan di atas sampai 10 menit sampai selesai.

Mengapa fase waktu itu perlu diperhatikan? Karena tiap fase, kedua tim yang bermain akan bermain strategi untuk menentukan kekuatan.

Misalnya pada fase mid game, tim dengan farming yang optimal berkesempatan membunuh lawan atau mencuri jungle musuh. Atau late game yang secara tidak langsung, mengharuskan kedua tim wajib memiliki item lengkap dengan strategi peran yang minim kesalahan. Hal ini bertujuan untuk menentukan kemenangan.

10. Core dan Carry

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram