Carisinyal / Infinix 2018 / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Hot S3

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Hot S3

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 November 2018

Infinix Hot S3 datang pada rentang kelas harga 1 jutaan dengan membawa banyak fitur kekinian. Kehadiran HP ini membuat persaingan HP harga 1 jutaan menjadi semakin sengit karena banyak vendor yang memang bermain di kelas ini. Maklum, ceruk pasar di kelas harga 1 jutaan memang cukup besar.

Lantas, apa yang ditawarkan oleh Infinix Hot S3 di kelas harga 1 jutaan? Apakah HP ini memiliki spesifikasi cukup layak dan mampu bersaing dengan HP lain? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari telisik lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan Infinix Hot S3.

Ada 10 poin yang jadi fokus bahasan Infinix Hot S3,6 poin kelebihan dan 4 poin kekurangan. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan Infinix Hot S3 berikut dengan terlebih dulu menilik spesifikasi yang ditawarkan oleh Infinix Hot S3 ini.

Spesifikasi Infinix Hot S3

Infinix Hot S3

 

  • Rilis: Februari, 2018
  • Layar: IPS LCD 5.65 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1140 pixels 18:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 430
  • CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (dedicated)
  • Kamera Belakang: 13 MP AF,  Dual-flash Light
  • Kamera Depan: 20 MP FF, Dual-flash Light
  • Baterai: Non-removable 4000 mAh

Kelebihan Infinix Hot S3

1. Layar IPS 18:9

Infinix-Hot-S3 display

* sumber: www.yangcanggih.com

Umumnya HP baru harus mengikuti tren yang ada yang sedang berkembang. Salah satunya adalah tren layar 18:9 atau tren layar yang lebih panjang. Tren ini coba dijawab Infinix lewat Infinix Hot S3 yang hadir dengan layar 18:9. Layarnya mengusung dimensi layar 5.65 inch dengan resolusi HD+

Layar Infinix Hot S3 yang punya rasio panjang ini tentu punya kelebihan tersendiri. Layarnya juga punya tampilan yang cukup terlihat tajam. Tingkat kecerahannya tergolong baik dan masih bisa menampilkan visual yang baik di bawah sinar matahari.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yangcanggih.com bahwa layar HP ini masih baik dan punya mode Night Light yang dapat membantu meminimalisir pancaran sinar biru. Tabloidpulsa juga sependapat bahwa fitur mengurangi cahaya biru berlebih adalah salah satu fitur yang keren.

Sayangnya, menurut Tabloidpulsa, layar HP ini kurang maksimal. Tampilan layarnya masih tergolong standar dan tampak kurag solid. Tapi, terlepas dari itu, layar yang lebih memanjang ini tergolong baik dan jadi kelebihan tersendiri.

2. Face Unlock dan Fingerprint

Infinix Hot S3 sudah dibekali fitur sensor sidik jari. Fitur sensor sidik jari pada HP 1 jutaan tentu merupakan sesuatu yang baik meskipun sekarang sudah jadi terlalu mainstream. Jika kehadiran sensor sidik jari tidak begitu mengejutkan, bagaimana dengan Face Unlock?

Yah, sistem keamanan HP ini tidak hanya mengandalkan sensor sidik jari saja. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Face Unlock yang tentunya merupakan fitur yang menarik. Fitur ini biasanya hadir di smartphone kelas menengah ke atas. Kehadiran fitur ini di HP 1 jutaan tentu jadi kelebihan tersendiri.

3. Daya Tahan Baterai yang Baik

Infinix Hot S3 baterai benchmark

* sumber: www.yangcanggih.com

Menilik pada gambar di atas, dapat dilihat kalau Infinix Hot S3 pada pengujian bencmark PCMARK, mendapatkan daya tahan baterai selama 13 jam 29 menit. Mengingat aktivitas seharian itu umumnya adalah 10 sampai 12 jam, maka hasil tersebut bisa dikatakan baik.

Jika digunakan dalam pemakaian normal, baterai HP ini mampu bertahan lebih lama, bahkan sampai keesokan harinya. Hal ini tentu saja berkat baterai berkapasitas 4.000 mAh yang tertanam di HP ini. Kapasitas tersebut bukan angka besar semata tetapi juga telah terbukti teruji daya tahannya.

4. Kamera Selfie yang Baik

Infinix Hot S3 mengandalkan selfie sebagai nilai jual utamanya. Kamera depan HP ini adalah 20MP dengan fixed focus. Kameranya mampu menghasilkan kualitas foto selfie yang baik. Kualitas kamera depan HP ini memang baik karena sesuai jargon ponsel ini sebagai jagonya selfie.

selfie infinix hot s3

Obat Gaptek, Youtuber yang sering mengulas gawai mengamini kalau ‘jagonya selfie” bukan sekadar jargon. Beliau mengatkan kalau Infinix Hot S3 merupakan HP yang memiliki hasil foto terbaik di kelasnya. Terbaik di kelasnya dalam hal ini di rentang harga ponsel ini yang hanya Rp1 jutaan saja.

5. XOS Berbasis Android Oreo

Infinix Hot S3 oreo

Infinix Hot S3 mengusung tampilan antarmuka XOS3.0 berbasis Android 8.0 Oreo. Hadirnya Android Oreo di HP ini jelas jadi kelebihan tersendiri. Pasalnya, tidak jarang produsen HP lain yang tidak menyertakan OS terbaru. Selain itu, kehadiran XOS3.0 pada HP ini juga patut diapresiasi.

XOS3.0 merupakan interface yang  tergolong ringan. Fitur di OS ini juga tergolong menarik. Contohnya adalah fitur untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus alias split-screen. HP ini juga tidak memiliki banyak bloatware sehingga tidak akan begitu menganggu penggunaan HP ini.

6. Spesifikasi Baik di Kelas Harganya

 

Infinix Hot S3 dibanderol dengan harga kisaran 1,5 jutaan ke atas. Dengan rentang harga tersebut, Anda bisa mendapatkan sebuah perangkat dengan Snapdragon 430, layar penuh HD+, serta kamera selfie 20 MP. Dengan spesifikasi tersebut seta menilik harganya, HP ini sebenarnya terbilang cukup worth it untuk dibeli di kelas harga 1 juttaan.

Kekurangan Infinix Hot S3

1.Performa Kurang Baik untuK Game

infinix s3 pro gaming

* sumber: www.youtube.com

Infinix Hot S3 dibanderol dengan harga kisaran 1,5 jutaan ke atas. Dengan rentang harga tersebut, Anda bisa mendapatkan sebuah perangkat dengan Snapdragon 430 dan  layar penuh HD+. Spesifikasi ini sebenarnya sudah tergolong lumayan. Hanya saja jadi terasa kurang menarik.

Kurang menarik karena performa HP ini tidak bisa dioptimalkan untuk main gim, terutama untuk gim yang punya kualtias grafis tinggi. Untuk main gim umum seperti Mobile Legends maupun AoV tentu bisa berjalan hanya kualitasnya rata-rata alias medium.

Kalau menurut Obat Gaptek, performa HP ini sebenarnya tidak buruk. Hanya saja di kelas harga Rp1 jutaan, ada ponsel lain yang sudah mengusung Snapdragon 450. Jelas performa Snapdragon 450 lebih baik dibandingkan Snapdragon 430.

Terlepas dari itu, kita patut apresiasi pihak Infinix karena kini ponselnya sudah memakai chipset Snapdragon. Sebelumnya, Infinix dikenal sebagai produsen yang sering menelurkan ponsel dengan chipset MediaTek.

2. Kamera Belakang yang Tak Sempurna

Infinix Hot S3 camera

* sumber: www.yangcanggih.com

Kamera belakang Infinix Hot S3 hadir dengan resolusi 16 MP dengan fitur dual flash light. Kamera ini secara angka cukup besar yang menandakan hasil gambar pasti baik. Sayangnya, seringkali angka MP tidak berpengaruh pada kualitas foto. Hasil foto kamera belakang Infinix Hot S3 bukanlah yang terbaik. Tidak buruk memang tapi bukan yang terbaik.

Kalau menurut Obat Gaptek, dynamic range, ketajaman, dan saturasi warna kamera belakang Infinix Hot S3 pas-pasan. Hasi kameranya juga cukup keteteran saat digunakan di kondisi cahaya rendah. JIka dibandingkan dengan kamera utama Xiaomi Redmi 5A,  kualitas kamera ponsel ini kalah jauh. Kamera utama Xiaomi Redmi 5A mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.  Padahal harganya lebih murah.

4.Bodi yang Terasa Lebih Tebal

Infinix-Hot-S3 bodi

* sumber: www.youtube.com

Kekurangan lain dari Infinix Hot S3 adalah bagian bodinya. Bodi ponsel ini terasa bulky alias terlalu terlihat tebal. Padahal ponsel ini mengusung dimensi rasio 18:9 yang seharusnya bisa membuat bodi ponsel menjadi lebih ramping. Faktor desain bodi yang tebal ini jadi kekurangan lain dari Infinix Hot S3.

 

Simpulan

Infinix Hot S3 bukanlah ponsel yang cukup menarik untuk semua orang. Bisa dibilang, ponsel ini lebih menyasar para pengguna yang lebih tersegmentasi, yakni pencinta selfie. Selebihnya, ponsel ini merupakan ponsel yang biasa saja. Performa ponsel ini masih tergolong standar dan di kelas harga yang sama, ada yang lebih baik.

Hal yang sama juga berlaku di sektor kamera utama. Kamera utama ponsel ini bukan yang terbaik di kelasnya. Ketatnya persaingan ponsel di kelas harga Rp1 jutaan membuat ponsel ini sebenarnya jadi kurang begitu menarik untuk dilirik. Tetapi sekali lagi, khusus pencinta selfie, tidak ada salahnya kok untuk melirik ponsel ini.

 

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

4 pemikiran pada “10 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Hot S3”

  1. Ngawur ni, ininartikel membahas infinix hot s3? Ap membahas xiaomi redmi 5 plus?

    • Mohon maaf ada kesalahan tayang, sudah kami perbarui yah. Terimakasih.

  2. :pop:

    Artikel kopas pasti, mosok ditengah” malah bahas xiaomi.

    • Tidak kopas kok. Mohon maaf cuman ada kesalahan aja pas tayang. Silakan dibaca lagi, sudah kami perbaiki

Tinggalkan komentar