Carisinyal / Smartphone / Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Smart 2

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Smart 2

Ditulis oleh - Diperbaharui

Infinix memiliki beberapa tipe HP di kelas harga Rp1 jutaan, salah satunya Infinix Hot S3 yang berfokus pada selfie. Ada juga HP Infinix lainnya di kelas harga Rp1 jutaan

Infinix Hot S3 datang pada rentang kelas harga 1 jutaan dengan membawa banyak fitur kekinian. Kehadiran HP ini membuat persaingan HP harga 1 jutaan menjadi semakin sengit karena banyak vendor yang memang bermain di kelas ini. Maklum, ceruk pasar di kelas harga 1 jutaan memang cukup besar.

Lantas, apa yang ditawarkan oleh Infinix Hot S3 di kelas harga 1 jutaan? Apakah HP ini memiliki spesifikasi cukup layak dan mampu bersaing dengan HP lain? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari telisik lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan Infinix Hot S3.

Ada 10 poin yang jadi fokus bahasan Infinix Hot S3 yang terdiri dari 6 poin kelebihan dan 4 poin kekurangan. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan Infinix Hot S3 berikut dengan terlebih dulu menilik spesifikasi yang ditawarkan oleh Infinix Hot S3 ini.

Spesifikasi Infinix Smart 2

 Infinix Smart 2

 

  • Rilis: Agustus, 2018
  • Layar: IPS TFT 5.45 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1440 pixels 18:9 ratio
  • Chipset:MediaTek MT6739
  • CPU: Octa-core 1.5 GHz
  • GPU: PowerVR GE8100
  • Memori Internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (dedicated)
  • Kamera Belakang: 13 MP  f/2.0  AF,  Dual-flash Light
  • Kamera Depan: 8 MP f/2.0, Dual-flash Light
  • Baterai: Non-removable 3050 mAh

KelebihanInfinix Smart 2

1. Layar fullview 

 Infinix Smart 2

* sumber: dailysocial.id

Sama seperti Infinix Hot S3, Infinix Smart 2 hadir dengan layar yang mengusung rasio 18:9. Layarnya hadir dengan dimensi 5,45 inci beresolusi HD+. Tampilan layar HP ini terbilang cukup baik meskipun tipe panel yang digunakan adalah TFT LCD.

Kalau menurut Dailysocial, Layar HP ini memiliki tampilan layar yang tergolong tajam. Terlebih kehadiran fitur yang dinamakan eye care cukup membantu penggunanya terhindar dari kelelahan. Gayafone juga mengatakan kalau tampilan layar HP cukup oke dan memiliki sudut pandang yang baik. 

2. Hadirnya Face Unlock

 Infinix Smart 2

Infinix Smart 2 dibekali dengan fitur Face Unlock. Dari namanya jelas kalau fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membuka tampilan layar dengan mendeteksi bagian wajah. Fitur ini cukup menarik karena Infinix Smart 2 memiliki fitur Face Unlock yang terbilang cepat di kelasnya.

3. Daya tahan baterai yang tergolong baik

* sumber: www.youtube.com

Gambar di atas adalah hasil pengujian yang dilakukan Gayafone. Menurut Gayafone, baterai pada HP ini mengalami penurunan daya yang tergolong cepat. Entah ini ada kaitannya dengan software atau tidak, tetapi soal daya tahan baterai yang cepat habis penurunannya ini tidak terjadi di Infinix Smart 2 lainnya.

Firstpost misalnya yang memuji daya tahan baterai HP ini. Menurut mereka, baterai berkapasitas 3.050 mAh di HP ini bisa tahan sampai seharian. Padahal Infinix Smart 2 tersebut digunakan untuk penggunaan WhatsApp, Telegram, Slack, Instagram, Facebook dan Twitter. Dengan penggunaan tersebut, daya tahan baterai HP ini bisa bertahan seharian.

Menurut Firstpost lagi, daya tahan baterai HP ini lebih baik jika dibandingkan dengan daya tahan baterai pada Xiaomi Redmi 5A. Hal ini didasarkan pada test PCMark 2.0 yang mengatakan kalau daya tahan baterai HP ini bisa sampai 8 jam lamanya.

Kalau menurut Deccanchronicle.com, baterai pada Infinix Smart 2 ini bisa bertahan seharian kerja dengan penggunaan yang cukup berat. Karena itu, bisa dibilang kalau daya tahan baterai ponsel init tergolong cukup baik.

Meskipun baterai pada HP ini tidak mendukung pengisian cepat. Oh yah, soal pengisian cepat, HP ini dapat diisi secara penuh dengan menempuh waktu sekitar 2 jam setengah.  Durasi yang cukup lama untuk sebuah ponsel dengan baterai 3.050mAhj

4. Tangkapan kamera belakang cukup baik

* sumber: dailysocial.id

Infinix Smart 2 dibekali dengan kamera belakang 13 MP dengan bukaan  f/2.0. Sementara untuk kamera depan, tersemat kamera 8 MP. Kedua kamera ini mendukung dual LED-flash. Seperti apa tangkapan kamera belakang Infinix Smart 2? Berikut beberapa foto hasil tangkapan kamera Infinix Smart 2.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.deccanchronicle.com

* sumber: www.deccanchronicle.com

Terlihat kalau hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini memang tidak begitu wah. Tapi untuk sebuah ponsel harga Rp1 jutaan lebih sedikit, hasil tangkapannya tergolong cukup baik.  Menurut Dailysocial, hasil tangkapan kamera 13 MP di HP ini mampu menghadirkan foto dengan kualitas yang cerah, bahkan memotret dalam keadaan kurang cahaya sekalipun.

Kamera di HP ini juga memiliki fitur yang sangat bagus. Contohnya adalah fitur yang berama dan hadirnya mode bokeh.  Ada juga fitur efek untuk video yang tergolong menarik. Apalagi kamera pada HP ini dapat merekam video full HD dengan 30 fps.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh situs Deccanchronicle. Menurut mereka, Infinix Smart 2 ini memiliki kamera belakang, hasil tangkapan kamera ini cukup alami. Gambarnya tergolong layak untuk dibagikan di medi soasial.

MenurutDeccanchronicle juga, kamera depan Infinix Smart 2 juga tergolong bagus. Kamera 8 MP ini dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik. Tersedia juga fitur beauty, sayangnya fitur ini malah membuat hasilselfie  kurang terlihat natural. Karena hal inilah, sektor kamera tergolong baik di HP ini.

5. XOS berbasis Android Oreo dengan beragam fitur

* sumber: dailysocial.id

Infinix Smart 2 adalah  HP yang mengusung tampilan antarmuka XOS Hummingbird versi 3.3.0 Lite berbasis Android 8.1 Oreo.  Antarmuka ini tergolong baik karena memiliki banyak fitur menarik. Seperti yang diungkapkan oleh Dailysocial, kalau antarmuka XOS ini memiliki tampilan yang sedap dipandang mata.

XOS ini juga memiliki fitur menarik seperti  untuk mengganti tema, gesture tiga jari untuk screenshot, dan fitur menarik seperti hadirnya LED notifikasi.  Untuk sebuah ponsel  di kelas harga terjangkau, kehadiran fitur-fitur tergolong cukup baik.

6. Dual SIM + microSD

* sumber: www.deccanchronicle.com

Infinix Smart 2 hadir mengusung tiga slot SIM, yakni dua slot untuk kartu SIM dan satu slot untuk menambah memori.  Kehadiran tiga slot ini tentu tergolong baik, terlebih HP ini hanya memiliki ROM 16 GB. Kapasitas yang tergolong kurang tentunya.

Dengan kehadiran microSD, Infinix Smart 2 bisa menawarkan penyimpanan tambahan sampai 128 GB. Untuk pengguna yang punya dua nomor kartu aktif jadi tidak terlalu kebingungan karena penambahan memori eksternal tidak mengganggu slot SIM kedua.

Kekurangan Infinix Smart 2

1.Performa kategori lumayan

* sumber: www.youtube.com

Infinix Smart 2 ini bisa digunakan untuk memainkan beberapa gim menarik seperti PES atau Asphalt Extreme. Kalau menurut Gayafone, memainkan gim tersebut di HP ini tergolong lancar. Menurut Dailysocial, performa HP ini sebenarnya tergolong standar. Masih bisa dikatakan baik untuk penggunaan umum  sehari-hari.

Masih menurut Dailysocial, HP ini bisa memainkan gim populer seperti Mobile Legends maupun PUBG Mobile. Sayangnya, loading untuk masuk gim tersebut cukup lama. Kalau menilik nilai benchmark HP ini cukup wajar. Infinix Smart 2 ini hanya memiliki nilai Antutu 44 ribuan. Sementara untuk skor Geekbench 4, nilainya hanya 639 untuk single-core dan 1.794 untuk multi-core. 

* sumber: www.youtube.com

Dengan nilai benchmark tersebut, HP ini memang bisa dikatakan kurang begitu nendang. Chipset MediaTek MT6739 di HP ini memang kurang begitu ngebut untuk diajak main gim secara lancar. GPU PowerVR GE8100 juga bisa jadi berpengaruh terhadap performa HP ini.

Situs Firstpost malah menyebut kalau performa Infinix Smart 2 ini tertinggal dibandingkan HP lain di kelas harga yang sama. Firstpost setuju seper

ti Dailysocial yang menyatakan kalau untuk kebutuhan biasa, performa cenderung normal. Tetapi untuk beberapa kali penggunaan dan memuat situs atau PlayStore, HP ini terasa sedikit lag meski gak parah-parah amat.

Simpulannya, meskipun HP ini bisa menjalankan gim dengan baik tetapi performanya masih kurang nendang jika dibandingkan HP lain di kelas Rp1 jutaan.

2. Desain bodi dan layar yang tidak menarik

* sumber: www.deccanchronicle.com

Infinix Smart 2 hadir dengan bodi desain berbahan plastik. Bahasa kerennya polikarbonat. Memang di harga Rp1 jutaan, cukup wajar sebuah ponsel dengan desain berbodi plastik. Hanya saja bodi HP ini terlalu umum. Bodinya cukup bongsor dengan bezel yang cukup tebal.  Bodi plastiknya juga terlihat seperi bodi plastik di HP murah Rp500 ribuan.

Tidak ada kesan menarik dari bodinya. Bezel yang tebal pada bodinya pun membuat layar pada HP ini jadi terkesan biasa saja. Untuk harga Rp1 jutaan, desain plastik masih bisa diterima tetapi untuk bodi, rasanya Infinix bisa membuat bodi HP ini lebih menarik perhatian.

3. Tidak ada sensor sidik jari

Saat HP Rp1 jutaan lain hadir dengan fitur dua fitur keamanan: face unlock dan sensor sidik jari dan fitur, Infinix Smart 2 justru hanya hadir tanpa sensor sidik jari. Ketidakhadiran sensor sidik jari di HP ini membuat HP ini kurang memiliki nilai lebih jika dibandingkan HP lain di kelas harga yang sama.

Seandainya Infinix membenamkan sensor sidik jari, sudah bisa dipastikan desain bodi bagian belakang HP ini akan terlihat beda. Desain bodi HP ini minimal akan mengalami peningkatan menjadi lebih menarik.

4. Tidak dual kamera

* sumber: www.youtube.com

Kehadiran dua kamera di bagian belakang sebenarnya bisa jadi salah satu cara perhatian pembeli. Terlebih HP lain di kelas harga yang sama, malah ada yang lebih murah, sudah menghadirkan dua kamera di bagian belakang. Sementara Infinix Smart 2 masih bertahan dengan satu kamera.

Sebenarnya tidak masalah jika Infinix hanya menghadirkan satu kamera di depan dan di belakang. Sayangnya, saat ini banyak konsumen yang tertarik dengan HP dua kamera karena sering diklaim mampu memberikan efek bokeh. Meskipun misalnya nanti kalau pun hadir dua kamera dan hanya berupa gimmick, hal tersebut bukanlah masalah karena kadang orang awam sering lihat luarnya saja.

Simpulan

Infinix Smart 2 adalah HP yang tergolong menarik di kelas harga Rp1 jutaan. HP ini menawarkan banyak keunggulan  seperti daya tahan baterai dan kamera yang tergolong baik. Hanya saja jangan berharap performa HP ini kencang. Performa HP ini tidak buruk, tetapi untuk sebuah ponsel di kelas harga Rp1 jutaan, performanya terbilang kalah dibandingkan pesaing pada kelas harga yang sama.

Infinix Smart 2 cocok dipilih bagi yang membuthkan ponsel alternatif yang unggul di sektor kamera maupun daya tahan baterai di kelas harga Rp1 jutaan. Tertarik dengan HP ini? Anda bisa membeli HP dari Infinix ini di Bukalapak melalui link berikut ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment