Carisinyal / HP 2019 / Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan OnePlus 7T Pro Ini!

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan OnePlus 7T Pro Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

OnePlus 7 memiliki penerus bernama OnePlus 7T. Bagaimana dengan OnePlus 7 Pro? Apakah punya penerus juga? Tentu saja. Ponsel yang satu ini punya penerus dengan embel-embel “pro”, yakni OnePlus 7T Pro.

Seperti apa OnePlus 7T Pro ini? Apakah tergolong menarik untuk dilirik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari OnePlus 7T Pro ini. Tetapi mari simak terlebih dahulu spesifikasi yang ditawarkan oleh OnePlus 7T Pro.

Spesifikasi OnePlus 7T Pro

OnePlus 7T Pro

Umum

  • Diumumkan
    Oktober, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    162.6 x 75.9 x 8.8 mm
  • Berat
    206 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif AMOLED Fluid
  • Ukuran
    6,67 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6
  • Resolusi
    1440 x 3120 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~516 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • CPU
    Octa-core (1x2.96 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
  • GPU
    Adreno 640 (700 MHz)

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    256 GB
  • Memori Eksternal
    -

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 16 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.6, (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF, Laser AF, OIS
    8 MP, f/2.4, (telefoto), 1.0µm, PDAF, OIS, 3x optical zoom
    16 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
    Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama
  • Video
    [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected], Auto HDR, gyro-EIS

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    Pop-up bermotor 16 MP, f/2.0, 25mm (wide), 1/3.1", 1.0µm
  • Fitur
    Auto-HDR
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX HD
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
  • USB
    3.1, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4085 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 30W (Warp Charge)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10
  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Haze Blue
  • Lainnya
    Fitur body:
    - Panel belakang dari Gorilla Glass 5

    Fitur layar:
    - DCI-P3 100%
    - HDR10+
    - 90Hz

    Fitur audio:
    - Suara Dolby Atmos

Kelebihan OnePlus 7T Pro

Tentu menarik untuk menilik apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh OnePlus 7T Pro. Seperti apa kelebihan dari OnePlus 7T Pro ini? Simak langsung kelebihannya berikut ini.

1. Desain Memesona dengan Build Quality Premium

Desain OnePlus 7T Pro

* sumber: www.tomsguide.com

OnePlus 7T Pro hadir dengan desain yang tergolong cantik. Ponsel dengan dimensi 162.6 x 75.9 x 8.8 mm ini menawarkan desain yang tergolong memikat. Bentuk desain ponsel ini masih mirip dengan OnePlus 7 Pro.

GSMArena menyebut desain ponsel ini sangat memesona. Terlebih karena desain bagian belakang ponsel ini sudah dilengkapi dengan pelindung kaca Corning Gorilla Glass 5. Kombinasi ini menjadi desain ponsel ini benar-benar menarik dan mewah.

2. Layar OLED yang Luar Biasa

OnePlus 7T Pro

* sumber: www.stuff.tv

OnePlus 7T Pro datang dengan layar 6,67  inci. Layarnya ini menawarkan rasio 19,5:9. Yang menarik, OnePlus 7T Pro datang dengan resolusi tinggi 1.440 x 3.120 piksel. Dengan resolusi tinggi ini jelas membuat tampilan layar HP ini cerah. Terlebih layar HP ini menggunakan panel Fluid AMOLED dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6.

Tidak terlupakan juga beberapa fitur di layar HP ini, yakni fitur HDR10+ dan DCI-P3 100%. OnePlus 7T  Pro juga sudah mendukung refresh rate 90 Hz, sama seperti saudaranya, OnePlus 7T Pro.

Dengan resolusi yang lebih tinggi, jelas membuat tampilan layar dari HP ini benar-benar cemerlang. GSMArena menyebut kalau layar di HP ini memiliki tingkat akurasi warna yang bagus. Situs teknologi ternama tersebut menyebut kalau HP ini memiliki layar OLED yang berkelas.

3. Daya Tahan Baterai Oke

OnePlus 7T Pro

* sumber: www.techradar.com

OnePlus 7T Pro datang dengan baterai berkapasitas 4.085 mAh. Kapasitas baterai ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan kapasitas baterai OnePlus 7 Pro. Bagaimana dengan daya tahan baterai HP ini? Mari simak hasil pengujian yang dilakukan GSMArena berikut ini.

baterai oneplus 7t pro

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik hasil pengujiannya, tampak kalau OnePlus 7T Pro mendapat skor 100h untuk mode 90Hz dan 103h untuk mode 60Hz. Selisih skor ini sedikit yang membuat ponsel ini bisa dibilang termasuk hemat daya, meskipun dalam mode layar 90Hz.

Hal menarik lainnya dari hasil pengujian tersebut adalah fakta kalau OnePlus 7T Pro memiliki waktu bicara hingga 34 jam lamanya. Situs Stuff.tv mengatakan kalau daya tahan baterai ini tergolong bagus. Ponsel ini dapat menyala sehari semalam dengan menyisakan daya kisaran 20 sampai 30%. Tergolong cukup lama bukan?

4. Pengisian Super Cepat

OnePlus 7T Pro

* sumber: www.techradar.com

Selain memiliki daya tahan yang lama, HP ini juga dibekali dengan pengisian super cepat yang disebut Warp Charge 30T atau bahasa sederhananya teknologi pengisian cepat 30W. Lantas, seberapa cepat pengisian daya HP ini?

Situs Stuff.tv mengatakan kalau HP ini dapat terisi sampai 50% dalam waktu di bawah 30 menit. Sementara situs Tomsguide mencatatkan hasil daya terisi 60% hanya dalam waktu 40 menit. Dalam 60 menit, ponsel ini bisa terisi sampai 92%.

Data tersebut menunjukan kalau mengisi daya ponsel ini tidak membutuhkan waktu yang lama. GSMArena sendiri mencatatkan waktu 85 menit untuk mengisi daya ponsel ini sampai 100%. Tergolong cepat bukan?

5. Kamera Tidak Sekadar Gimmick

OnePlus 7T Pro

* sumber: www.techradar.com

OnePlus 7T Pro hadir dengan tiga kamera di bagian belakang. Kamera pertama adalah kamera 48 MP dengan sensor Sony IMX586. Kamera ini memiliki bukaan f/1.6, mendukung PDAF, Laser AF, dan sudah  mendukung OIS.

Kamera kedua adalah kamera telefoto. Kamera ini hadir dengan resolusi 8 MP yang memiliki bukaan f/2.4. Kamera ini sudah mendukung PDAF dan 3x optical zoom. Resolusi kamera telefoto ini lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera telefoto pada OnePlus 7T yang memiliki kamera telefoto 12 MP.

Kamera ketiga adalah kamera ultra-wide 16 MP. Kamera ini sudah mendukung fitur autofocus. Sementara untuk bagian depan, hadir kamera  16 MP dengan sistem Motorized pop-up .

Lalu, bagaimana hasil tangkapan kamera HP ini? Silakan simak terlebih dulu contoh hasil tangkapan kamera dari OnePlus 7T Pro berikut ini.

hasil kamera oneplus 7t pro

* sumber: www.tomsguide.com

hasil kamera oneplus 7t pro

* sumber: www.tomsguide.com

hasil kamera oneplus 7t pro

* sumber: www.tomsguide.com

Terlihat kalau hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus. Kalau menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera HP ini memiliki kualitas yang baik yang memang seharusnya ada di kelas flagship. Hasil tangkapan kamera dari HP ini tidak hanya bagus di siang hari tetapi juga di malam hari.

Sementara situs Tomsguide menyebut kualitas foto yang dihasilkan kamera ini tergolong bagus, terutama untuk low-light. Malash Tomsguide berani menyebut kalau kualitas foto low-light HP ini bisa bersaing dengan kualitas foto low-light Google Pixel 3.

Menilik hasil fotonya, Anda pasti yakin kalau HP ini memiliki kemampuan kamera yang luar biasa. Hasil tangkapan kamera dari HP ini tergolong bagus, apalagi di kondisi cahaya yang terang. Kalau menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera HP ini memiliki reproduksi warna yang bagus dan memiliki dynamic range yang baik.

Untuk kamera depan, sistem motorik pop-up di HP ini tergolong bagus. Kalau menurut Techradar, sistem mekanis kamera depan HP ini tergolong bagus, cepat, dan lancar. Hal ini jelas menunjukan kalau kamera pop-up di HP ini tidak sekadar gimmick. 

6. Performa Super dengan UFS 3.0

Performa OnePlus 7T Pro

* sumber: www.tomsguide.com

OnePlus 7T Pro dibekali dengan Snapdragon 855+. Snapdragon 855+ ini adalah chipset yang memiliki konfigurasi CPU Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640 yang memiliki clock speed 700 Mhz. Bagaimana performa dari HP ini? Mari simak nilai Antutu dari OnePlus 7T Pro berikut ini. 

antutu oneplus 7t pro

* sumber: www.gsmarena.com

Dari data di atas, tampak kalau performa dari Snapdragon 855+ di OnePlus 7T Pro, bisa mengalahkan Kirin 990 di Huawei Mate 30 Pro. Jelas performa HP ini tergolong kencang. Terlebih HP ini sudah menggunakan tipe penyimpanan UFS 3.0. Kalau menurut Stuff.tv, performa HP ini adalah performa impian para gamer karena tergolong powerfull.

Hanya saja, ada yang perlu digarisbawahi. jika Anda adalah pengguna OnePlus 7 Pro, sebaiknya tidak perlu membeli OnePlus 7T Pro. Pasalnya, OnePlus 7T Pro dibekali Snapdragon 855+ dan Snapdragon 855+ tidak memiliki peningkatan yang terlalu signifikan. Beda cerita, jika HP yang Anda miliki bukanlah ditenagai oleh Snapdragon 855+.

7. OxygenOS 10 Berbasis Android 10

OnePlus 7T Pro

* sumber: www.stuff.tv

OnePlus 7T Pro datang dengan antarmuka OxygenOS yang berbasis Android 1o. OxygenOS di HP ini memiliki tampilan yang dan fitur yang menyenangkan. Salah satunya adalah fitur untuk proteksi aplikasi alias fitur untuk menyembunyikan aplikasi.

Ada juga fitur Fnatic mode yang berguna untuk kebutuhan bermain gim yang maksimal. Ada juga Zen Mode yang memungkinkan Anda mengunci ponsel dan membuat Anda tidak mau diganggu lewat ponsel. Artinya, Anda bisa menikmati kehidupan tanpa digital untuk sementara. Tentu banyak fitur menarik lainnya dari OxgenOS yang membuat HP ini jadi semakin keren.

8. Performa Sensor Sidik Jari yang Oke

Fingerprint OnePlus 7T Pro

* sumber: www.tomsguide.com

OnePlus 7T Pro dibekali dengan sensor sidik jari di layar. Fitur ini memang tidak spesial karena banyak HP lain yang juga memiliki fitur serupa. Pertanyaannya tinggal seberapa cepat sensor sidik jari HP ini dalam membaca jari?

Kalau menurut Mashable SEA, sensor sidik jari di layar pada HP ini memiliki kecepatan baca yang cepat. Lebih cepat dibandingkan OnePlus 6T dan ponsel Android lainnya. Hal ini tentu jadi kelebihan tersendiri dari OnePlus 7T Pro.

Kekurangan OnePlus 7T Pro

Setelah mengetahui kelebihan dari OnePlus 7T Pro, selanjutnya mari bahas soal kekurangan dari OnePlus 7T Pro. Apa kekurangan yang tersemat di OnePlus 7T Pro? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Tidak Ada Wireless Charging

Kamera OnePlus 7T Pro

Kekurangan lain dari OnePlus 7T Pro adalah tidak mendukung wireless charging. Tentu ini jadi kekurangan tersendiri mengingat banyak HP kelas atas lain yang sudah mendukung teknologi ini. Satu kekurangan tersendiri tentunya.

2. Tidak Ada Audio Jack

OnePlus 7T Pro

*

Kekurangan lain dari OnePlus 7T Pro adalah tidak adanya audio jack 3,5 mm. Hal yang biasa sebenarnya karena sekarang makin banyak HP tanpa audio jack 3,5 mm. Tapi, bagi para pencinta audio jack 3,5 mm, jelas ini jadi kekurangan tersendiri. Untungnya, HP ini mendukung stereo speaker.

3. Tidak Ada IP Rating

Layar OnePlus 7T Pro

* sumber: www.tomsguide.com

Kekurangan lain dari OnePlus 7T  Pro adalah tidak adanya kemampuan tahan air. Fitur ini tidak ada di OnePlus 7T Pro. Tentu akan lebih baik di seri perbaikannya ini, OnePlus 7T Pro memiliki fitur tahan terhadap air.

Simpulan

OnePlus 7T Pro merupakan HP yang cukup menarik. HP ini memiliki keunggulan di sektor daya tahan baterai, performa, kamera depan dan belakang, serta layar 90 Hz. Hanya saja sekali lagi, HP ini memiliki spesifikasi yang sebenarnya tidak mengalami peningkatan besar dari OnePlus 7 Pro.

Kekurangan yang ada di HP ini bisa jadi hal yang wajar meskipun tentu akan lebih baik jika HP ini memiliki wireless charging dan IP rating. Tertarik dengan HP ini? Jika tertarik, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar