carisinyal web banner retina

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition, Si Laptop Gaming Military Grade

Ditulis oleh Listiorini pada 16/03/2023

Pada tanggal 16 Maret 2023, ASUS mengumumkan lini terbaru dari laptop gaming-nya, yaitu TUF Gaming A16 Advantage Edition. Dalam laptop kali ini, mereka memperkenalkan sebuah laptop dengan CPU dan GPU dari AMD. Selain performanya yang dianggap tangguh, ASUS juga memberikan sentuhan spesial lainnya, yaitu bodi yang kuat dan tangguh.

Apakah hanya itu saja? Tentu tidak, karena ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition kali ini bakal banyak hal menarik yang bisa dibahas. Soal harga, silakan simak artikel ini sampai akhir!

Performa Powerful

tuf gaming_

Tidak puas rasanya apabila laptop gaming tanpa kinerja yang powerful. Untuk itu ASUS memberikan kombinasi CPU dan GPU yang bisa memuaskan penggunanya untuk bermain game. Tercatat, ASUS TUF ini dibekali dengan CPU AMD Ryzenâ„¢ 7 7735HS dan GPU AMD Radeonâ„¢ RX7600S.

Berdasarkan pernyataan pihak ASUS, kombinasi CPU dan GPU tadi bisa membuat kinerja lebih efisien sehingga bisa menghasilkan tenaga yang powerful. Lalu, di bagian CPU-nya sendiri sudah tersemat arsitektur Zen 3+ yang mana ia mengandalkan konfigurasi 8 core dan 16 thread yang bisa dipacu hingga 4,75GHz.

Sedangkan di bagian GPU-nya sudah terintegrasi dengan (iGPU) AMD Radeonâ„¢ 680M sehingga laptop ini dianggap mumpuni untuk gaming dan juga kebutuhan sehari-hari. Bahkan, ASUS juga mengklaim bahwa laptopnya bisa bekerja dengan sangat baik meskipun tidak terhubung ke sumber listrik.

Informasi lainnya tentang GPU di TUF Gaming kali ini adalah kehadiran arsitektur RDNA 3.0 terbaru yang mana sudah mendukung teknologi grafis terkini. Untuk kapasitas VRAM-nya sendiri, ASUS memberikan kapasitas sebesar 8GB lengkap dengan MUX Switch.

Lalu, ada juga fitur SmartShift yang bisa membuat CPU dan GPU berbagi tenaga tergantung dengan beban kerja dari laptopnya. Dan, SmartShift ini bisa hadir dengan TGP hingga 120W.

Fitur lainnya, ada yang disebut dengan Smart Access Memory. Ia dinyatakan mampu membuat kinerja dan performa dari CPU serta GPU lebih efisien, juga meningkat drastis. Jadi tidak perlu khawatir nge-lag saat sedang pakai laptopnya.

Sistem Pendingin yang Menjanjikan

tuf gaming 16_

Setelah puas membahas soal performa dan fiturnya, kali ini kita mengintip bagian pendingin laptop TUF Gaming A16 Advantage Edition. Berdasarkan informasi dari ASUS, TUF Gaming kali ini punya sistem pendingin khusus dengan dua kipas Arc Flow, lima heatpipes berbahan tembaga, dan heatsink dengan fin ketebalan 0,1mm.

Yang spesial dari pendinginnya ini, bagian heatpipe sudah dirancang secara khusus untuk mendinginkan banyak komponen di laptop, baik CPU, GPU, VRM, dan VRAM. Dengan sistem ini maka ASUS mengklaim bahwa laptopnya bisa menggapai thermal coverage hingga 45%.

Kembali dengan kipas Arc Flow, ia dirancang dengan sangat hati-hati agar saluran udaranya bisa dialirkan dengan baik secara maksimal. Bahkan, kipas ini dinyatakan bisa meredam suara bising lebih optimal dengan meminimalisir turbulensi udara.

Bodi yang Keren nan Tangguh

ASUS TUF Gaming A16_

Sesuai judul, laptop ini juga unggul soal bodi. ASUS mengumumkan ada dua warna yang tampil untuk ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition, yaitu Off Black dan Sandstorm. Keduanya didesain dengan sangat minimalis, modern, juga ringkas meski mengusung layar seluas 16 inci.

Lalu, laptopnya juga memiliki screen-to-body ratio sebesar 90% sehingga tampilan bezel tampak tipis dan bodi laptop pun terlihat lebih ramping. Menoleh ke area keyboard, ASUS membawa model full-size lengkap dengan numerik. Uniknya, di bagian atas keyboard terdapat empat hot key sehingga pengguna bisa lebih mudah mengoperasikannya untuk main game.

Dan asyiknya lagi, bagian touchpad di laptop ini tergolong lebih luas dibandingkan pendahulunya. Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa mengontrol krusor tanpa perlu menggunakan mouse.

Nah, yang menjadi higlight dalam bodi laptop ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition kali ini adalah sertifikasi militer AS (MIL-STD-810H). Kehadiran sertifikasi ini menandakan bahwa laptop TUF Gaming A16 Advantage Edition tahan akan benturan dan getaran yang cukup ekstrem. Tidak hanya itu, ia juga bisa tahan dalam suhu yang tinggi!

Baterai dan Konektivitas

2023 TUF Gaming A16 Advantage Edition_FA617_Product Photos_Sandstorm_Lighting_02_

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan performa saja tanpa melihat bagian baterai. Biasanya, laptop gaming kurang nyaman diajak untuk aktivitas mobile. Tetapi ASUS mengatakan bahwa baterai laptop ini memiliki kapasitas 90WHr yang bisa beroperasi hingga 13,4 jam sehingga ia cocok untuk dibawa-bawa.

Bahkan, baterai laptop tersebut bisa diisi dayanya dengan menggunakan USB Type-C Charging. Jadi, pengguna tidak perlu repot membawa adaptor yang besar.

Selain baterainya yang tergolong tahan lama, ada juga konektivitas yang cukup lengkap. ASUS memberikan port USB 4.0 Type-C yang bisa didukung dengan DisplayPort 1.4. Lalu, ada port HDMI, USB 3.2 Gen1 Type-A, dan 3.5mm combo audio jack. Bagian konektivitas nirkabelnya ada WiFi 6 terbaru yang mana diklaim bisa memberikan kecepatan transfer maksimal.

Ya, itulah dia laptop TUF Gaming terbaru dari ASUS. Menilik dari spesifikasi, fitur, dan kelengkapan lainnya, bisa dibayangkan betapa tangguhnya laptop ini. Untuk yang berminat meminang laptopnya, ada dua pilihan harga di sini, yaitu:

  • Rp20.299.000 (FHD+ 165Hz)
  • Rp22.990.000 (QHD 240Hz, 100% AMD Advantage)

Silakan pilih versi yang paling Anda suka dan Anda butuhkan. Jangan lupa tuliskan tanggapan kalian mengenai laptop ini di kolom komentar, ya!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram