carisinyal web banner retina

realme 12 Pro+ 5G Bawa Gebrakan dengan Kamera Periskop di Harga Rp5 jutaan

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 29/02/2024

Saya berpikir tadinya realme Indonesia bakal hadirkan realme 12 Pro dan realme 12 Pro+. Namun, pada 29 Februari 2024, realme Indonesia ternyata merilis realme 12 Pro+ dan realme 12+. 

Namun, keputusan menghadirkan dua varian realme 12 series tersebut tentu masih menarik. Terlebih, keduanya punya nilai jual yang cukup mumpuni di kelas harganya. 

realme 12 Pro+ punya keunggulan kamera periksop yang jarang ada di ponsel kelas harga menengah. Bisa dibilang, realme 12 Pro+ jadi pendobrak kelas mid-range dengan kamera periskopnya. Sesuatu yang biasanya dimilii di ponsel kelas harga belasan juta.

Meski tentu kita juga bisa berdebat bahwa realme hanya pasang Snapdragon 7s Gen 2. 

Namun, percayalah, opsi memakai cip tersebut sudah oke. Bila dibandingkan dengan realme 11 Pro+ yang memakai Dimensity 7050. Terlebih kemampuan ISP Snapdragon 7s Gen 2 juga tergolong bagus. Apalagi dikombinasikan dengan sensor SonyIMX. 

Sebagai pengguna realme 11 Pro+ jelas saya mengapresiasi penerusnya ini. Dengan banderol harga yang mirip dengan realme 11 Pro+, realme 12 Pro+ mampu hadirkan kemampuan kamera yang lebih baik dan performa yang lebih oke.

Namun, realme 11 Pro+ sudah sangat bagus. Bahkan, saya tidak punya masalah berarti saat memakai realme 11 Pro+. Benar-benar enak. Karena itu, pengalaman pakai realme 12 Pro+ jelas akan memberikan peningkatan signifikan karena banyak hal yang di-upgrade. 

Jangan lupa juga kemampuan tahan cipratan air IP65 yang dimiliki realme 12 Pro+. Sesuatu yang tidak dimiliki di realme 11 series. 

Lalu, realme 12+ juga punya daya tarik sendiri. Cip Dimensity 7050 yang ada di realme 11 Pro series dibawa ke realme 12+. Ini menarik mengingat realme 12+ dijual dengan harga Rp4 jutaan saja. Selain itu, realme 12+ 5G juga bawa kamera Sony di kamera utamanya.

Untuk penjelasan soal realme 12 Pro+ 5G lebih lengkap bisa simak berikut ini.

Kamera Periskop Mutakhir di Kelas Harganya

realme 12 series 5g

Sebagai Next-gen Imaging Smartphone, realme 12 Pro+ 5G memperkenalkan teknologi kamera telefoto periskop yang mutakhir, zoom lossless full-focal-length, dan MasterShot Algorithm yang dikembangkan bekerja sama dengan Qualcomm.

Kamera pada realme 12 Pro+ 5G memiliki sensor telefoto periskop terbaik dan terbesar di segmennya, yang menawarkan kemampuan zoom lossless dengan full focal length.

realme 12 Pro+ 5G menetapkan standar baru dengan menghadirkan Sensor OmniVision OV64B dengan ukuran sensor 1/2 inci, 2,62 kali lebih besar dari sensor telefoto pada iPhone 15 Pro. Sensor ini menghadirkan teknologi fusi 4 in 1 pixels dengan 1.4μm Fusion Pixels, menghasilkan resolusi 64MP yang mengesankan untuk meningkatkan kualitas gambar secara signifikan.

Sensor OV64B ini merupakan sensor kelas flagship, terbesar dan terbaik di segmennya, yang mendukung 3x Optical Zoom dan 6x In-sensor Zoom. Keberadaan teknologi ini menandai tonggak penting dalam perjalanan fotografi kelas flagship yang dibawa realme pada lini Number Series, membuat fotografi tingkat tinggi lebih mudah diakses dan mendorong para anak muda untuk mengeksplorasi dan mengabadikan setiap momen-momen melalui foto dengan kualitas yang lebih baik.

realme 12 pro plus 1__

Tidak hanya fotografi jarak jauh, teknologi kamera periskop pada realme 12 Pro+ 5G juga memungkinkan smartphone ini memiliki kualitas 3x Portrait terbaik di segmennya. Algoritma Cinematic Bokeh pada smartphone ini mampu menghasilkan efek bokeh yang sempurna, menonjolkan subjek dengan keburaman latar belakang yang artistik layaknya kamera DSLR.

Bahkan, pengguna dapat melihat efek bokeh secara real-time sebelum mengambil foto untuk mendapatkan tingkat keburaman yang diinginkan. Fitur ini juga dilengkapi dengan teknologi Hairline-level Keying Effect memisahkan subjek dan latar belakang dengan presisi, mempertahankan hingga detail rambut dan tekstur kulit.

realme 12 Pro+ 5G juga menghadirkan fitur 120x SuperZoom memungkinkan pengambilan gambar dari jarak yang sangat jauh. Fitur ini adalah kemampuan zoom terjauh yang tersedia pada kamera smartphone di segmennya. realme 12 Pro+ 5G turut menghadirkan lensa dengan ketipisan hanya 50,37% dari rata-rata lensa telefoto dengan panjang fokus yang sama.

Kamera Utama Sony IMX890 Hadirkan Gambar Jernih di Berbagai Kondisi

Kamera utama pada realme 12 Pro+ 5G juga dapat diandalkan karena menggunakan sensor Sony IMX890 50MP dengan dukungan OIS untuk memastikan kestabilan dan kejernihan gambar di berbagai situasi dan kondisi. Untuk foto di malam hari, realme 12 Pro+ 5G dilengkapi fitur NightEye Engine untuk mengoptimalkan kualitas foto pada kondisi minim cahaya tanpa penurunan kualitas.

Fitur ini meningkatkan kejernihan pemandangan malam dengan rasio signal-to-noise yang ditingkatkan sebesar 26,5%, secara efektif menyeimbangkan sorotan dan detail gelap untuk foto malam yang lebih jelas dan detail.

Melengkapi berbagai fitur fotografi yang disematkan pada smartphone ini, realme juga turut berkolaborasi dengan  pemenang Oscar untuk Sinematografi Terbaik, Claudio Miranda dengan menghadirkan tiga filter edisi khusus yang terinspirasi dari film populer yang disutradarainya, yaitu: Journey Filter - "Life of Pi" Inspiration, Memory Filter - "The Curious Case of Benjamin Button" Style, dan Maverick Filter - "Top Gun: Maverick" Influence: Terinspirasi dari estetika dinamis film "Top Gun: Maverick.

Di sisi desain, realme 12 Pro+ 5G hadir memukau dengan desain premium khas Number Series. realme Design Studio berkolaborasi dengan Ollivier Savéo, pengrajin jam tangan mewah asal Prancis untuk menghadirkan Luxury Watch Design yang terinspirasi dari mahkota jam tangan mewah yang elegan, yang diterapkan realme pada bagian housing kamera yang dikelilingi dengan Golden Fluted Bezel di sekitarnya.

Smartphone ini juga semakin premium dengan kehadiran Premium Vegan Leather yang memberikan sentuhan glamor pada smartphone ini, dengan aksen 3D Jubilee Bracelet yang melintang secara vertikal untuk menambahkan kesan elegan pada smartphone ini. 

realme 12 Pro+ 5G hadir dalam dua pilihan warna yaitu Submarine Blue yang lekat dengan unsur elegan dan ketenangan, serta Navigator Beige yang menggambarkan kesempurnaan. Warna-warna ini terinspirasi dari seri jam tangan mewah yang prestisius. 

Tidak hanya indah dipandang mata, realme 12 Pro+ 5G juga nyaman untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan dengan menghadirkan bodi yang tipis 8,75mm dan ringan dengan 196g. 

Layar AMOLED dengan fitur Pro-XDR

Di sisi visual, realme 12 Pro+ 5G mengusung tampilan layar yang memukau melalui 120Hz Curved Vision Display berukuran 6,7 inci dengan mengusung layar AMOLED beresolusi FHD+, yang mendukung 1,07 miliar warna dan 100% P3 color gamut.

realme 12 Pro+ 5G juga menghadirkan fitur Pro-XDR yang umumnya terdapat pada smartphone flagship untuk mengoptimalkan rentang kecerahan dan rentang dinamis yang lebih baik, khususnya pada hasil foto. Untuk kenyamanan pengguna, realme 12 Pro+ 5G juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland untuk kenyamanan dan kesehatan mata.

Performa Cukup Kencang dengan Snapdragon® 7s Gen 2

Di sektor performa, realme 12 Pro+ 5G juga unggul di segmennya dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon® 7s Gen 2. realme 12 Pro+ 5G memberikan jaminan performa luar biasa namun tetap efisien berkat arsitektur 4nm yang inovatif.

Redmi Note 13 Pro 5G

Pengguna dapat menikmati peningkatan output sebesar 20%, meningkat dari 170000 menjadi 210000 dibanding realme 11 Pro+ 5G tanpa khawatir baterai cepat habis. Kinerja grafis sebesar 9%, meningkatkan frame rate dari 67 menjadi 73 berkat GFX 1080P Manhattan ES3.0 Offscreen sehingga bermain game akan berjalan lebih mulus dan bebas lag. Kemampuan bertenaga ini dikombinasikan dengan RAM terbesar di kelasnya hingga 12GB dan dukungan memori dinamis hingga 12GB, dikombinasikan dengan penyimpanan internal besar sampai 512GB. 

Fitur Keren Lain yang Oke: Daya Tahan Baterai dan IP65

realme 12 pro plus baterai__1_

realme 12 Pro+ 5G dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 67W SUPERVOOC yang revolusioner, memungkinkan pengguna mengisi daya smartphone dengan kecepatan luar biasa. Baterai besar 5000mAh dapat terisi penuh hingga 100% hanya dalam waktu 48 menit, atau mencapai 50% hanya dalam waktu 19 menit sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya smartphone.

Baterai 5000mAh pada realme 12 Pro+ 5G memungkinkan pengguna menggunakan smartphone sepanjang hari sehingga tidak perlu khawatir baterai smartphone habis di tengah aktivitas penting.

Melengkapi pengalaman yang sempurna pada smartphone ini, realme 12 Pro+ 5G menghadirkan kamera Selfie Sony 32MP, Ultra-wide 8MP, sertifikasi IP65 Dust & Water Resistance, 360° NFC multifungsi, Hi-Res Dual Speaker dengan Dolby Atmos, dengan antarmuka realme UI 5.0 baru berbasis Android 14.

Sistem operasi tersebut datang dengan sejumlah tambahan fitur baru seperti fitur File Dock yang menawarkan solusi serbaguna untuk multitasking lebih lancar hanya dengan aksi drag and drop, Flash Capsule untuk update real-time di status bar dari aplikasi pihak ketiga populer seperti Grab, serta Smart Image Matting, dan Phonelink.

Apa yang ditawarkan realme 12 Pro+ 5G ini menurut saya tergolong menarik. Fitur unggulan yang ditawarkan, bisa membuat ponsel kelas menengah lain bakal lebih seru. Di kelas harga ini, bakal banyak ponsel yang punya kemampuan kamera luar biasa. Seperti yang sudah dicontohkan realme 12 Pro+ 5G dengan kamera teleskopnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram