carisinyal web banner retina

Wujudkan Pola Tidur Sehat dengan Samsung Galaxy Watch6 Series

Ditulis oleh Ananda Ganesha M pada 03/08/2023

Rajin berolahraga dan mengadopsi pola makan sehat merupakan syarat gaya hidup yang perlu dipenuhi untuk hidup sehat. Selain dua hal ini, memiliki pengalaman tidur yang baik juga berpengaruh positif terhadap perasaan yang lebih baik, tenang, dan rasional.

Cukup disayangkan, sebuah data dari Mashable mengungkapkan sebanyak 27 persen orang di Asia Tenggara mengalami kesulitan tidur setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Untuk itu, Samsung Galaxy Watch6 series hadir demi meningkatkan kualitas tidur para penggunanya.

Terdapat serangkaian fitur yang dapat meningkatkan taraf kualitas tidur, seperti Sleep Monitoring yang dapat melacak informasi detail dan akurat mengenai pola tidur pengguna.

Melalui fitur Sleep Insights, perangkat ini memberikan informasi terkait kualitas tidur, termasuk memberikan saran-saran yang bisa dilakukan serta menampilkan skor kualitas tidur.

Melalui acara live streaming peluncuran Samsung Galaxy Watch6 series pada Kamis, 3 Agustus 2023, seorang pakar sleep educator Vishal Dasani menjelaskan tiga hal utama yang membuat tidur jadi baik — kualitas, kuantitas, dan juga konsistensi.

Dengan Samsung Galaxy Watch6 dan Samsung Galaxy Watch6 Classic, pengguna dapat menjaga konsistensi yang baik dalam tidur agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Terdapat sejumlah fitur unik yang dapat mewujudkan hal tersebut, yakni sebagai berikut.

Fitur Sleep Insights Menampilkan Informasi Mendalam terhadap Pola Tidur Pengguna

image4_

Terdapat fitur Sleep Insights yang dapat bantu pengguna memahami pola tidur secara mendalam. Melalui fitur ini, pengguna diberikan wawasan yang detail dan menyeluruh tentang kualitas tidur melalui Samsung Galaxy Watch6 dan Samsung Galaxy Watch6 Classic.

Cukup pakaikan jam tangan saat tidur, aktifkan fitur track blood oxygen dan deteksi dengkur, lalu Sleep Insight pun akan otomatis merekam pengalaman tidur guna berikan informasi yang bermanfaat dan lengkap. Hasil monitoring ini tidak hanya tampilkan durasi tidur saja, melainkan juga informasi tentang kualitas tidur.

Nantinya, semua data akan diinterpretasikan untuk kemudian dirangkum dalam sleep score. Ini berguna untuk mengetahui evaluasi dari pengalaman tidur pengguna — apakah kualitas tidur sudah terjaga atau perlu ada langkah yang harus dilakukan. Evaluasi ini juga didasari oleh faktor-faktor tertentu seperti usia, jenis kelamin, dan tahapan-tahapan tidur yang dialami.

Menurut Vishal, manusia mengalami tiga fase tidur, yaitu Light Sleep, Deep Sleep, dan REM Sleep. Pada fase Light Sleep, aktivitas otak, ritme jantung, dan pernafasan melambat, otot menjadi rileks, dan proses konsolidasi memori terjadi.

Fase Deep Sleep adalah tidur yang lebih dalam, di mana tubuh mengalami restorasi fisik. Sedangkan pada fase REM Sleep, terjadi mimpi dan fungsi reparasi kognitif. Memahami ketiga fase tidur ini akan membantu masyarakat memiliki pandangan positif terhadap pola tidur dan menyadari pentingnya setiap fase tidur.

Pertahankan Konsistensi Tidur dengan Lingkungan yang Mendukung

image3_

Tidak hanya sekadar memperhatikan kuantitas (durasi) dan kualitas tidur, Samsung Galaxy Watch6 series juga mendukung tracking untuk mengetahui konsistensi tidur pengguna. Ini dilakukan dengan cara monitor pola tidur selama beberapa hari.

Dengan fitur Samsung Galaxy Watch6 series, pengguna bisa menentukan waktu jam tidur yang paling optimal sekaligus menjaga pola yang konsisten di masing-masing harinya. Misalnya, jika pada suatu hari pengguna tidur di jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi, maka pengguna akan diingatkan untuk tidur di jam yang sama setiap harinya.

Tak hanya sekadar dalam bentuk saran atau pengingat, Samsung Galaxy Watch6 series juga dapat terhubung dengan ekosistem smart home seperti AC dan smartphone. Ini agar sleep routine dapat memberhentikan notifikasi yang terkadang mengganggu aktivitas tidur. Pengguna pun bisa menyesuaikan kapan AC dan lampu menyala secara otomatis.

Ciptakan Rutinitas Tidur yang Baru dengan Sleep Coaching

image5_

Setelah Anda konsisten melacak pola tidur dan menciptakan lingkungan yang mendukung, langkah selanjutnya adalah memperbaiki kualitas tidur dengan Sleep Coaching.

Fitur ini membantu membentuk rutinitas tidur yang lebih baik dengan program terpersonalisasi dan panduan. Galaxy Watch6 Series akan menyusun checklist rutinitas yang harus diikuti setiap hari untuk meningkatkan kualitas tidur.

Seperti meditasi sebelum tidur, menghindari makan sebelum tidur, dan menjadwalkan sarapan secara teratur. Dengan demikian, Anda dapat memperbaiki rutinitas tidur dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Samsung Galaxy Watch6 dan Watch6 Classic, Hadir untuk Tingkatkan Pola Tidur Sehat

galaxy-watch-6-classic-img_

Terdapat dua varian smartwatch yang bisa Anda dapatkan, yakni Samsung Galaxy Watch6 dan Samsung Galaxy Watch6 Classic. Keduanya memiliki perbedaan dari segi ukuran layar, warna, dan jenis bezel.

Untuk Samsung Galaxy Watch6, tersedia dua varian ukuran yaitu 40 mm dan 44 mm. Sedangkan, Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir pada varian ukuran 43 mm dan 47 mm.

Kedua watch ini dijanjikan oleh Samsung dapat bertahan hingga 30 jam pemakaian aktif (always on), serta hingga 40 jam saat always on dimatikan. Kedua perangkat ini juga dibekali ketahanan bodi IP68 yang membuatnya tahan air, serta kantongi sertifikasi MIL-STD-810H agar tahan di kondisi ekstrem.

Berikut ini adalah harga rilis yang dipatok pada Samsung Galaxy Watch6 series.

Samsung Galaxy Watch6

  • 40 mm: Rp3.999.000
  • 44 mm: Rp4.499.000

Samsung Galaxy Watch6 Classic

  • 43 mm: Rp5.499.000
  • 47 mm: Rp5.999.000

Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic tersedia untuk pre-order dari 26 Juli hingga 17 Agustus 2023 di Samsung.com/id dan mitra Samsung seperti Blibli, Tokopedia, Shopee, Lazada, Eraspace, Akulaku, Tiktok Shop, dan Dinomarket.

Selama periode pre-order, penawaran khusus meliputi gratis strap Fabric Band untuk tidur yang lebih nyaman. Setiap pembelian Galaxy Watch6 Classic juga akan mendapatkan bonus berupa Travel Adaptor 15W.

Konsumen yang melakukan Purchase with Purchase bersama Galaxy Z Flip5, Galaxy Z Fold5, atau Galaxy Tab9 Series berkesempatan mendapatkan cashback tambahan hingga Rp750.000. Selain itu, untuk pembelian dengan metode cicilan kartu kredit, konsumen berhak atas cashback tambahan hingga Rp400.000.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram