Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Produsen smartphone asal Tiongkok, Vivo yang masih merupakan saudara dekat Oppo telah resmi merilis HP terbarunya ke pasar gadget global, termasuk ke Indonesia. HP-HP Vivo seri terbaru ini punya kejutan tersendiri tentunya. Ya, HP dengan desain futuristik nan cantik ini sudah mengantongi lensa kamera pop-up otomatis yang juga disematkan Oppo pada rangkaian smartphone terbarunya, Oppo F11 dan Oppo F11 Pro.

Meski sama-sama seri V, tentu kedua HP ini memiliki perbedaan tersendiri yang membuat mereka memiliki keistimewaan masing-masing. Saya yakin kalau Anda pencinta selfie dan ingin punya HP dengan kamera keren, dengan layar tanpa kamera tompel yang juga sedang tren, atau layar tanpa notch yang sudah agak membosankan, pasti Anda tertarik untuk memiliki HP keren dari Vivo ini.

Nah, agar Anda tidak bingung dalam menentukan pilihan ketika akan membeli HP ini, Carisinyal akan membagikan informasi mengenai perbedaan HP Vivo V15 dan Vivo V15 Pro, agar Anda tidak salah pilih dan selalu betah saat menggunakannya, karena memang sesuai dengan keinginan juga kebutuhan Anda. Penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya.

Spesifikasi Vivo V15

  • Chipset: -
  • RAM & Memori: 6 GB & 64 GB
  • Kamera: Triple 12 MP + 8 MP + 5 MP
  • Baterai: 4000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 4.999.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Vivo V15 Pro

Vivo-V15-Pro-FULL

  • Chipset: Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: Triple 48 MP + 8 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3700 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 5.999.000

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan Vivo V15 dan Vivo V15 Pro

1. IPS LCD vs Super AMOLED

perbedaan hp vivo v15 dan v15 pro vivo v15_pro_smartprix

* sumber: www.smartprix.com

Perbedaan yang paling menonjol yang dapat ditemui dari kedua HP ini ada pada jenis panel layar yang digunakan. Vivo V15 masih mengusung layar dengan panel berteknologi IPS LCD. Layarnya sendiri memiliki kualitas tampilan yang bagus dan tetap nyaman kala dipandang mata.

Sedangkan Vivo V15 Pro menggunakan panel layar berteknologi OLED yang memiliki tampilan layar lebih jernih dengan kerapatan 404 ppi. Reproduksi warna yang dihasilkan oleh panel layar ini juga lebih baik.

2. Ukuran Layar

vivo v15_pro_smartprix3

* sumber: www.smartprix.com

Selain jenis panelnya berbeda, ternyata ukuran layarnya juga berbeda pula. Vivo V15 hadir dengan ukuran layar 6.3 inci dengan resolusi full HD+1080 x 2340 piksel dan rasio layar ke bodi sebesar 85.6%.

Sedangkan HP Vivo V15 Pro layarnya berukuran sedikit lebih besar, yakni berukuran 6.5 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2316 piksel dan rasio layar ke bodinya sebesar 84.2%.

Baik Vivo V15 dan Vivo V15 Pro ini punya bezel yang sangat tipis, sehingga tampilan layarnya lebih luas. Dan tentunya lebih nyaman untuk digunakan bermain game maupun menonton film.

Terlebih lagi, layar dari Vivo V15 Pro sudah mendukung teknologi DCI-P3 yang merupakan standar warna baru yang digunakan di industri perfilman Hollywood. Teknologi ini mampu menghasilkan tampilan gambar yang lebih hidup, sehingga pengalaman menonton film akan terasa lebih nyaman.

3. Qualcomm vs Mediatek

Mediatek vs Snapdragon

Beralih ke sektor dapur pacunya. Vivo V15 Pro menggunakan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 675. Sementara Vivo V15 menggunakan chipset besutan Mediatek, yakni Helio P70.

Meskipun pembuatnya beda, keduanya merupakan chipset kelas menengah yang mampu menunjang performa lancar pada ponsel. Terlebih, bila Anda hanya menggunakan HP untuk menjalankan aplikasi ringan, misalnya sosial media Instagram atau Facebook.

Bahkan, berdasarkan pengalaman dari GadgetMatch, HP Vivo seri terbaru ini mampu menjalankan game PUBG dengan pengaturan grafis HD dan frame rate tinggi.

4. UDFP vs Rear Mounted Fingerprint

vivo v15_pro_smartprix4

* sumber: www.smartprix.com

Perbedaan lainnya yang ada pada HP ini terletak pada sensor fingerprint-nya. Vivo V15 masih menggunakan sensor sidik jari berbentuk fisik yang berada di bagian belakang bodinya. Sementara Vivo V15 Pro sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar, atau yang biasa disebut dengan under display fingerprint sensor.

Sebelumnya, Vivo telah mengadopsi teknologi sensor sidik jari di bawah layar ini dan menyematkannya di HP Vivo X20 UD yang dirilis tahun 2018 lalu. Vivo juga melengkapi HP andalan lainnya, Vivo V11 Pro dengan sensor sidik jari di layar ini.

Selain dilengkapi dengan sensor biometrik berupa scanner sidik jari, HP terbaru dari Vivo ini juga dibekali dengan sensor lainnya seperti accelerometer, proximity, compass dan gyroscope.

5. Sektor Kamera

vivo v15_pro_smartprix2

* sumber: www.smartprix.com

Di sektor kamera, Vivo V15 dan Vivo V15 Pro sama-sama mengusung tiga lensa kamera di bagian bodinya. Satu lensa berukuran 48 MP yang sudah dilengkapi dengan phase detection auto focus untuk mengunci fokus pada objek foto dengan lebih baik, ada juga lensa ultra wide berukuran 8 MP dan ada lagi satu lensa depth sensor berukuran 5 MP untuk efek bokeh.

Kamera belakangnya ini sudah dibekali dengan LED flash serta fitur HDR juga panorama. Sementara untuk kamera depannya, Vivo V15 Pro sudah mengantongi lensa kamera motorized pop-up dengan resolusi 32 MP. Lensa kamera depannya ini sudah dilengkapi fitur HDR.

Nah, bagaimana dengan kamera belakang dari Vivo V15? HP ini dibekali lensa 24 MP dengan dual pixel phase detection auto focus, kemudian ada dua lensa lainnya, yakni lensa ultra wide berukuran 8 MP dan lensa depth sensor 5 MP untuk menciptakan efek bokeh. Kamera depan dari Vivo V15 juga sama-sama berjenis motorized pop-up dengan besaran lesan 32 MP.

Kamera canggih yang dimiliki kedua HP ini tentu saja lebih dari cukup untuk mengabadikan setiap momen berharga Anda.

6. Kapasitas Baterai

Baterai Huawei Mate 20

Di sektor baterai, HP Vivo V15 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang tergolong besar. Baterai berkapasitas 4000 mAh biasanya dapat tahan hingga 2 hari tanpa harus sering diisi daya.

Sementara Vivo V15 dibekali dengan baterai berkapasitas 3700 mAh saja. Namun, kapasitas baterai HP Vivo V15 ini tentu cukup untuk bisa bertahan sampai seharian bila digunakan untuk penggunaan wajar.

Kedua HP ini sudah dibekali charger dengan teknologi pengisian daya cepat alias fast charging. Khusus untuk Vivo V15 Pro, HP ini sudah mendukung teknologi fast charging 18 W yang memungkinkan perangkat Anda terisi baterainya sebanyak 24% selama 15 menit.

7. Varian RAM

vivo v15_pro_smartprix5

* sumber: www.smartprix.com

HP Vivo V15 Pro tersedia dalam varian RAM 6 hingga 8 GB dengan memori internal berkapasitas 128 GB yang masih bisa diperluas dengan memori internal sebesar 256 GB. Sedangkan untuk Vivo V15 tersedia dalam varian RAM 6 GB dengan memori internal 64 hingga 128 GB yang juga masih bisa diperluas dengan menggunakan memori eksternal 256 GB.

Simpulan

Kalau Anda mengidamkan untuk memiliki HP dengan kamera pop-up otomatis, maka Vivo V15 dan Vivo V15 Pro ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Jika Anda hobi menonton film atau seri di Netflix, serta streaming video via YouTube, Anda dapat memilih Vivo V15 Pro. Sementara Vivo V15 dapat Anda jadikan sebagai pilihan alternatif dari Vivo V15 Pro.

Itulah pembahasan mengenai 7 perbedaan HP Vivo V15 dengan Vivo V15 Pro yang baru saja dirilis dan diluncurkan oleh Vivo. Jika Anda tertarik untuk membeli salah satu dari HP ini, Anda dapat memilih sesuai keinginan, kebutuhan dan tentunya budget yang Anda miliki. Bagaimana, Anda mau meminang HP keren dengan desain mewah berkamera pop-up ini?