Carisinyal / Vivo 2019 / Sebelum Beli, Cek Dulu 5 Perbedaan vivo S1 dan S1 Pro Ini

Sebelum Beli, Cek Dulu 5 Perbedaan vivo S1 dan S1 Pro Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Februari 2020

vivo S1 dan vivo S1 Pro merupakan dua smartphone kelas menengah dari vivo yang dirilis tahun 2019. Keduanya tampil cukup menarik dengan harga jual yang bersaing di pasaran gadget Tanah Air.

Jika kamu ada rencana untuk membeli salah satu ponsel pintar ini, sebaiknya kamu cari tahu dulu letak perbedaan di antara keduanya agar kamu dapat memilih produk yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Sebagai bahan referensi, kali ini Carisinyal akan membahas beberapa perbedaan utama antara vivo S1 dan S1 Pro. Sebelumnya periksa dulu parameter kedua perangkat di bawah ini.

Spesifikasi vivo S1

vivo S1 Indonesia

  • Chipset: Helio P65
  • RAM & Memori: 4 GB & 128 GB
  • Kamera: Triple 16 MP + 8 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi vivo S1 Pro

vivo S1 Pro Indonesia

  • Chipset: Snapdragon 665
  • RAM & Memori: 8 GB & 128/256 GB
  • Kamera: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan vivo S1 dan S1 Pro

Berikut adalah beberapa perbedaan vivo S1 dan S1 Pro yang paling utama yang berhasil Carisinyal rangkum.

1. Body dan Desain

Desain vivo S1 Pro

Meski bersaudara, nyatanya vivo S1 dan S1 Pro dibuat dengan rancangan yang berbeda. Keduanya memang menampilkan ukuran layar yang sama, namun dimensi keseluruhannya memiliki sedikit perbedaan.

  • Dimensi dan bobot body vivo S1: 159.5 x 75.2 x 8.1 mm, 179 gram
  • Dimensi dan bobot body vivo S1 Pro: 159.3 x 75.2 x 8.7 mm, 186.7 gram

Data di atas menunjukkan kalau vivo S1 berukuran sedikit lebih kecil dari vivo S1 Pro. Begitu juga dengan bobotnya yang hanya beberapa gram lebih ringan. Perbedaan ini bisa jadi karena material yang digunakan untuk membangun bagian belakang kedua ponsel berbeda.

Sebagai informasi, bagian belakang dan bingkai vivo S1 terbuat dari plastik, sedangkan bagian belakang vivo S1 Pro terbuat dari kaca dan bingkai dari aluminium. Jika dilihat sekilas, tentu perbedaan ini akan sulit dirasakan. Namun hal itu akan terasa ketika perangkat digenggam secara langsung.

vivo S1 dan S1 Pro juga mengusung desain yang berbeda. vivo menyebut kalau mereka memadukan warna dan efek pantulan cahaya yang dikombinasikan dengan desain 2.5D yang nyaman digenggam untuk desain vivo S1. Sementara itu, mereka mengusung desain berlian yang unik untuk vivo S1 Pro, sehingga perbedaan desain dengan vivo S1 jelas terlihat.

Meski desainnya tidak sama, namun kedua ponsel ini menawarkan pilihan warna yang menarik sesuai dengan konsepnya masing-masing. vivo S1 menawarkan dua pilihan warna yang keren, yaitu Cosmic Green dan Skyline Blue. Sementara warna vivo S1 Pro terlihat elegan dengan tiga pilihan, yaitu Glowing Black, Crystal Blue dan Fancy Sky.

2. Dapur Pacu

Kinerja vivo S1 Pro

Dapur pacu vivo S1 dan S1 Pro juga ditenagai oleh chipset yang berbeda. vivo S1 diketahui mengandalkan chipset Mediatek Helio P65 yang dibuat dengan proses manufaktur 12 nm dan mampu menyuguhkan kecepatan hingga 2 GHz.

Disandingkan dengan RAM 4 GB dan ROM 128 GB, performa yang ditawarkan vivo S1 lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Multitugas dan memainkan sejumlah game modern dengan pengaturan menengah juga bisa dijalankan dengan baik dan lancar.

Di sisi lain, sebagai versi yang lebih tinggi, vivo S1 Pro hadir dengan chipset kelas menengah yang tangguh dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 665 yang dibuat dengan proses manufaktur 11 nm.

Qualcomm mengatakan kalau chipset mereka yang satu ini dibuat untuk meningkatkan fitur-fitur ponsel, termasuk performa kamera, keamanan, dan gaming yang lebih baik. Seperti kita ketahui, ketiga segmen tersebut merupakan jualan utama vivo S1 Pro, sehingga pemakaian chipset ini memang pas untuk ponsel ini.

Chipset yang bertenaga tersebut dikombinasikan dengan RAM 8 GB yang pastinya dapat membantu menjaga performa tetap solid. Sementara itu, vivo menawarkan penyimpanan yang luas untuk vivo S1 Pro. Terdapat dua pilihan ROM untuk ponsel ini, yaitu 128 GB untuk varian warna Crystal Blue dan Glowing Black serta 256 GB untuk varian warna Crystal Blue dan Fancy Sky.

Pendek kata, performa dapur pacu vivo S1 Pro lebih gaming-friendly dari vivo S1 dan pastinya lebih bisa diandalkan untuk komputasi menengah hingga berat. Apalagi vivo telah melengkapinya dengan fitur Game Center untuk pengalaman bermain game yang lebih seru.

3. Kamera

Kamera vivo S1

Sementara keduanya dibekali dengan modul kamera depan yang sama, vivo S1 dan S1 Pro memiliki perbedaan di sektor kamera belakang. Bisa dipastikan kalau kemampuan kamera belakang vivo S1 Pro lebih unggul dibanding kamera belakang saudaranya.

vivo S1 mengusung pengaturan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera sudut lebar 16 MP yang berupa sensor Sony IMX499, kamera sudut ultra lebar 8 MP, dan kamera kedalaman 2 MP untuk efek bokeh.

Dengan dukungan AI yang canggih, kemampuan kamera belakang vivo S1 tergolong bagus di kelasnya, sehingga momen-momen indah bisa diabadikan dengan baik melalui setiap bidikannya.

Kamera vivo S1 Pro tentunya harus bisa bersaing di kelas harganya. Oleh karena itu, vivo melengkapinya dengan pengaturan empat kamera yang bagus.

Keempat modul kamera vivo S1 Pro terdiri dari kamera utama dengan sensor 48 MP yang disebutkan sensitif terhadap cahaya, kamera sudut ultra lebar 8 MP yang menyuguhkan bidang pandang 108 derajat , kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP untuk efek bokeh.

Secara keseluruhan, kinerja kamera vivo S1 Pro yang juga didukung AI dapat diandalkan dengan baik untuk pemotretan di kondisi cahaya cukup maupun redup, sehingga cocok bagi pengguna muda yang hobi fotografi.

4. USB

USB vivo S1 Pro

Dalam hal USB, vivo S1 Pro hadir dengan teknologi yang lebih maju dari vivo S1. Ponsel ini dibekali dengan USB Type-C yang praktis dan menawarkan kecepatan yang lebih baik dalam mentransfer data.

Sementara itu, vivo S1 membawa teknologi microUSB 2.0 yang bisa dibilang sudah cukup usang untuk ukuran smartphone modern. Apalagi jumlah smartphone entry-level dengan USB Type-C terus mengalami pertumbuhan.

5. Tipe Slot SIM

Kartu SIM

* sumber: pixabay.com

vivo S1 tersedia dalam varian Single Nano-SIM dan Dual Nano-SIM. Dengan demikian tersedia satu slot khusus untuk microSD jika penyimpanan internal dirasa kurang.

Di sisi lain, vivo S1 Pro menawarkan pengaturan Hybrid Dual Nano-SIM. Artinya kedua slot yang tersedia bisa dipakai untuk dua kartu Nano-SIM atau satu kartu Nano-SIM dengan satu kartu microSD.

Nah, itulah beberapa perbedaan utama antara vivo S1 dan vivo S1 Pro yang berhasil Carisinyal rangkum. Mungkin keduanya masih memiliki perbedaan minor lain yang tidak disebutkan di sini. Namun lima perbedaan di atas bisa cukup membantu dalam menentukan pilihan.

Lalu berapa harga jual resmi vivo S1 dan S1 Pro? Dilansir dari laman resmi vivo Indonesia, vivo S1 yang hadir dalam satu varian saja (4/128 GB) dijual Rp 2,999 juta. Sementara itu, vivo S1 Pro versi 8/128 GB dibanderol Rp 3,699 juta dan Rp 3,999 juta untuk versi 8/256 GB.

Masih belum yakin akan memilih yang mana? Tenang, kamu bisa membaca bahasan yang lebih lengkap dari kedua ponsel pintar di atas, yaitu mengenai kelebihan dan kekurangan vivo S1 dan vivo S1 Pro yang dibahas secara terpisah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *