advertisements

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana remote AC Anda rusak sehingga tidak bisa menyalakan pendingin ruangan tersebut? Sementara itu, Anda tidak bisa membetulkan remote tersebut secara cepat. Nah, siapa sangka ternyata smartphone Android Anda bisa menjadi pengganti remote AC yang cukup efektif?

Ya, perangkat Android Anda bisa menjadi solusi untuk menggantikan fungsi remote AC. Apapun merk AC Anda, entah itu AC LG, Panasonic, Samsung, atau Sharp, asalkan AC Anda sudah berjenis split, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi remote AC untuk perangkat Android. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai aplikasi-aplikasinya berikut ini.

Mi Remote Controller for TV/AC

advertisements

Meskipun aplikasi remote AC ini dikembangkan oleh Xiaomi Inc. tetapi Mi Remote Controller for TV/AC bisa digunakan oleh perangkat Android lain yang bukan berasal dari vendor Xiaomi. Beberapa perangkat Android yang bisa menggunakan aplikasi ini antara lain adalah Huawei Glory 3, Huawei Glory 6, Huawei Glory 6 Plus, Samsung S4, Samsung S5, Samsung S6 / S6 Edge, Samsung Note 3 / 4, dan HTC One.

Selain bisa mengontrol AC, aplikasi ini juga bisa mengontrol smart TV Anda. Ya, Mi Remote Controller for TV/AC adalah aplikasi serbaguna pengganti fungsi remote TV maupun AC.

ASMart Remote IR

ASMart Remote IR Aplikasi Remote AC

Bingung mencari pengganti remote AC Anda yang rusak? Manfaatkan ASmart Remote IR. Ini adalah sebuah aplikasi pintar yang bisa menjadi pengontrol untuk pendingin ruangan. Cara kerja aplikasi ini adalah memanfaatkan infrared di perangkat Android Anda agar terhubung dengan sensor infrared yang ada di AC.

ASmart Remote IR tidak hanya bisa menghidupkan AC saja. Akan tetapi, Anda juga bisa mengatur suhu AC dengan aplikasi ini. Beberapa perangkat Android yang kompatibel terhadap aplikasi ini adalah Samsung Galaxy S4, S5, Note 3, dan HTC One.

Air conditioner remote control

Air conditioner remote control

Aplikasi yang satu ini juga sudah dirancang khusus untuk menjadi remote AC yang cukup baik. Air conditioner remote control bisa dipakai untuk menghidupkan dan mematikan AC, mengatur temperatur AC, mengganti mode operasi AC: cool, fan, dry, or heat, dan masih banyak lagi.

Aplikasi cerdas ini kompatibel terhadap lebih dari 100 merk AC split, di antaranya adalah AC Samsung, LG, dan lain-lain. Anda juga bisa mengatur kecepatan kipas AC melalui aplikasi ini. Air conditioner remote control bisa diinstall di hampir sebagian besar smartphone Samsung di seri S dan Note.

Peel Smart Remote

Peel Smart Remote

Dikembangkan oleh Peel Technologies Inc. aplikasi remote AC ini berhasil meraih rating 4,1 di Google Play Store. Adalah Peel Smart Remote yang mampu mengontrol pendingin ruangan dengan memanfaatkan built-in infrared yang terdapat di smartphone Android Anda. Jadi, pastikan perangkat Android Anda memiliki koneksi infrared agar bisa menggunakan aplikasi ini.

Peel Smart Remote bisa dipakai untuk mengontrol AC, tetapi aplikasi ini lebih dikenal sebagai aplikasi yang dapat mengganti fungsi remote TV. Selain dapat mengontrol TV, Peel Smart Remote juga berfungsi sebagai remote set top box, DVD player, audio sistem, dan perangkat elektronik lain yang memerlukan remote control.

AnyMote Universal Remote +WiFi

advertisements

Hingga saat ini AnyMote Universal Remote +WiFi diklaim sebagai aplikasi remote terbaik untuk Samsung Galaxy S5, S6, HTC One, dan berbagai perangkat Android lainnya. Hampir semua merk pendingin ruangan yang memiliki sensor infrared bisa dikontrol dengan aplikasi ini, sebut saja AC Panasonic, Samsung, Sharp, dan lain-lain.

Smartphone Android yang memiliki infrared, seperti Samsung Galaxy S4, LG G3, atau LG G4 bisa menginstall aplikasi serbaguna ini. Carisinyal mengklaim AnyMote Universal Remote +WiFi sebagai aplikasi terbaik karena bisa dipakai juga sebagai remote TV, set top box, DVD player, BluRay, VCR, DSLR Kamera, dan Amplifier.

AC Remote Control

Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya yang mengandalkan sensor infrared, AC Remote Control tidak harus diinstall di perangkat Android yang memiliki koneksi infrared. Anda hanya perlu memilih merk AC dari aplikasi ini, maka tunggu beberapa saat karena aplikasi akan melakukan pairing antara perangkat dan AC.

Merk AC yang mendukung aplikasi AC Remote Control antara lain adalah Daikin, Samsung, Panasonic, dan LG. Fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini adalah menghidupkan dan mematikan AC, mengatur temperatur, mengganti mode AC: cool, fan, dry, or heat, serta mengatur kecepatan kipas AC.

Control It – Remotes Unified!

Control It – Remotes Unified!

Salah satu aplikasi remote AC yang meraih rating tertinggi di Google Play Store adalah Control It – Remotes Unified! Pasalnya, aplikasi ini memperoleh rating hingga 4,4 bintang. Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, Control It – Remotes Unified! akan mengontrol AC dengan sensor infrared yang ada di perangkat Android.

Daftar handset Android yang bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi ini adalah Samsung Galaxy S4, S5, S6, Note 3, Note 4, Mega, Zoom, S4 Mini, HTC One M7, M8, MAX, LG G3, G4, dan G2. Selain AC, Control It – Remotes Unified! juga bisa berfungsi sebagai remote TV satelit, TV kabel, digital stereo system, set top box, BluRay player, dan sejumlah alat elektronik lain yang menggunakan remote control.

Smart Air Conditioner

Smart Air Conditioner

Nah, yang satu ini adalah aplikasi resmi dari Samsung, yaitu Smart Air Conditioner. Namun, aplikasi ini hanya bisa dipakai untuk AC Samsung yang sudah dibekali dengan mode WiFi, di antaranya adalah AC yang dirilis pada tahun 2012 ke atas.

Akan tetapi, Smart Air Conditioner bisa diinstall di perangkat Android lain yang bukan dari merk Samsung. Aplikasi pintar yang satu ini bisa mengontrol AC tanpa harus mengarahkan perangkat ke depan AC. Bahkan, Anda bisa mengontrol AC dari ruangan yang berbeda.

AC Freedom

AC Freedom

AC Freedom juga merupakan aplikasi remote AC yang tidak memerlukan sensor infrared. Cara melakukan pairing antara aplikasi dengan AC adalah dengan scan kode yang ada di AC dengan menggunakan perangkat Anda.

Anda pun bisa menghubungkan perangkat dengan AC menggunakan WiFi dengan cara yang sama seperti ketika menggunakan Smart Air Conditioner. AC Freedom adalah aplikasi ringan yang menawarkan interface sederhana agar lebih mudah digunakan.

Electrolux ControlBox

Electrolux ControlBox

Bila Anda bertanya aplikasi remote AC manakah yang memiliki rating paling tinggi di Play Store. Jawabannya adalah Electrolux ControlBox, di mana aplikasi ini mendapat rating 4,8.

Anda hanya perlu membeli perangkat ControlBox yang kemudian dihubungkan ke stop kontak. Pastikan indikator WiFi berwarna biru berkedip dengan cepat. Setelah itu, install aplikasi Electrolux ControlBox untuk mengatur ControlBox dan menghubungkan perangkat ke AC.

10 aplikasi remote AC terbaik dari Carisinyal ini bisa pengganti remote AC sementara bila remote orisinilnya rusak atau hilang. Sudahkah Anda pernah mencoba aplikasi remote AC di perangkat Android? Jika pernah, share pengalaman Anda menggunakan aplikasi tersebut di kolom komentar!

Artikel Menarik Lainnya: