Carisinyal / Aplikasi Remote / 10 Aplikasi Remote TV Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi Remote TV Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2019

Fungsionalitas smartphone Android dari waktu ke waktu terus saja bertambah. Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, kini smartphone juga bisa digunakan untuk keperluan lain yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, salah satunya adalah menjadi remote control untuk televisi.

Pada awalnya para pengembang menjadikan smartphone Android sebagai remote control melalui jaringan WiFi. Namun kini, para pengembang sudah menyematkan IR Blaster di perangkat Android sehingga fungsinya sama seperti remote control konvensional.

Untuk bisa memanfaatkan IR blaster tersebut, tentu saja Anda harus menginstal aplikasi remote TV yang kompatibel di perangkat Android Anda. Maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi remote TV terbaik untuk Android tersebut.

10 Aplikasi Remote TV Terbaik untuk Android

1. Google Home

Google Home

Berada di urutan pertama, Google Home adalah aplikasi yang juga di dalamnya ada fitur remote TV resmi, dikembangkan oleh Google Inc. Aplikasi ini tidak menggunakan IR blaster untuk mengontrol channel di TV, melainkan dengan perangkat khusus yang juga bernama Chromecast.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk streaming Hulu, Youtube, dan Netflix ke televisi Anda. Google Home juga memungkinkan Anda untuk mengatur volume serta melakukan play dan pause pada siaran televisi.

Menariknya, aplikasi ini tidak hanya kompatibel pada perangkat Android saja, tetapi juga bisa digunakan di iPhone dan iPad. Dengan Google Home, Anda juga bisa melakukan pencarian film, aktor, dan acara TV yang Anda sukai. Karena Google Home merupakan aplikasi resmi, maka aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 50 juta kali.

2. Peel Universal Smart TV Remote Control

Peel Universal Smart TV Remote Control

Tak ada yang lebih sempurna dari aplikasi remote TV Android yang satu ini. Pasalnya, aplikasi ini bisa bekerja di hampir semua perangkat Android. Hebatnya lagi, hampir semua merk televisi sudah kompatibel pada Peel Universal Smart TV Remote Control ini.

Tak hanya mampu mengendalikan TV, aplikasi yang dikembangkan oleh Peel Technologies Inc. ini juga bisa mengendalikan set top box, DVD player, Blu-Ray, sistem audio, dan AC. Ini benar-benar sebuah aplikasi fantastis yang sangat bermanfaat untuk menggantikan remote control yang rusak atau hilang. Peel Universal Smart TV Remote Control adalah aplikasi gratis yang sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali.

3. Universal TV Remote Control

Universal TV Remote Control

Aplikasi yang dikembangkan oleh CodeMatics Media Solutions ini adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna. Ketika remote TV di rumah sedang rusak atau hilang entah ke mana, manfaatkan smartphone Anda untuk menjadi remote TV dengan menginstall aplikasi Universal TV Remote Control.

Bahkan, aplikasi ini bisa membuat Anda mengganti channel TV saat sedang menonton TV di tempat umum yang tidak disediakan remote control. Universal TV Remote Control saat ini bisa digunakan untuk televisi Samsung, LG, Panasonic, Sharp, Philips dan Sony untuk seri tertentu. Universal TV Remote Control bisa didownload gratis melalui Google Play Store.

4. Remote Control Universal TV

Super Command Universal TV

Memiliki interface yang sederhana membuat Remote Control Universal TV ini menjadi salah satu aplikasi remote TV Android yang begitu diminati oleh pengguna Android. Remote Control Universal TV dapat menjadi pengganti remote control untuk mengubah channel televisi, mengatur volume, dan melakukan fitur-fitur standar yang biasa terdapat pada sebuah remote TV original.

Sayangnya, aplikasi ini tidak kompatibel terhadap semua merk dan seri televisi yang dijual di pasaran. Jadi, Anda harus mencoba aplikasi ini terlebih dahulu. Akan tetapi, jika aplikasi ini dapat bekerja dengan baik, Remote Control Universal TV dapat menjadi pengganti remote TV yang easy-to-use.

5. Mi Remote controller

Mi Remote controller

Selain Google, Xiaomi juga mengembangkan sebuah aplikasi remote yang mana penggunanya bisa menjadikan Mi Remote controller ini sebagai remote TV. Namun, syarat agar Anda bisa memakai aplikasi, pastikan bahwa TV yang digunakan merupakan smart TV yang punya akses WiFi. Jika tidak, maka Mi Remote controller ini tidak bisa dipakai untuk TV Anda.

Beberapa merk smart TV yang pasti compatible dengan aplikasi ini adalah Samsung, LG, Sony, Panasonic, Sharp, Haier, Videocon, Micromax, Onida, dan lain-lain. Oh iya, aplikasi ini bukan hanya sekedar untuk remote TV saja, karena aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai remote DVD, proyektor, bahkan kamera.

6. Remote Control for TV

Remote Control for TV

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa mengontrol TV dari HP Android. Anda bisa menggunakan di TV merk apapun, seperti LG, Sony, Panasonic, dan masih banyak lagi. Selain mendukung banyak merk TV, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk TV lawas lho. Selain itu, aplikasi ini mengklaim kalau Remote Control for TV compatible dengan lebih dari 220.000 home theater devices! Mau coba?

7. Smart IR Remote

aplikasi remote tv Smart IR Remote

Sama dengan namanya, Smart IR Remote ini memang bisa dikatakan sebagai remote ‘pintar’. Tak hanya bisa digunakan untuk mengganti channel televisi, aplikasi ini juga mampu mengirimkan sinyal infrared ke Set Top Box, DVD Player, BlueRay, dan AC. Dengan kata lain, aplikasi ini mampu mengatur berbagai alat elektronik tersebut secara bersamaan.

Smart IR Remote dapat dipasang di smartphone Samsung dan HTC. Akan tetapi, jika Anda menggunakan smartphone Huawei, Vizio, atau Sony, maka Anda tidak bisa menginstal aplikasi ini. Pada perangkat LG, Smart IR Remote hanya dapat bekerja di G3 dan G4 saja.

Aplikasi besutan Color Tiger ini menuai respon yang sangat positif dari pengguna Android. Respon positif ini bisa dilihat dari komentar pengguna Android di Google Play Store. Smart IR Remote bisa didownload di perangkat Android Anda, tetapi Anda harus membeli aplikasi tersebut seharga Rp 91.000.

8. Universal TV Remote – Twinone

Universal TV Remote - Twinone

Twinone merupakan developer yang mengembangkan aplikasi untuk remote TV Android dengan interface yang sederhana. Seperti aplikasi sejenis lainnya, Universal TV Remote bisa didownload di sejumlah perangkat Android. Akan tetapi, aplikasi ini memiliki problem yang hampir sama dengan beberapa aplikasi remote lainnya, yakni sedikit sulit untuk mengatur volume televisi.

Apabila Anda sedang berpergian dan menginap di hotel tetapi tidak mendapati ada remote TV di sana, Universal TV Remote bisa menjadi solusi yang sangat membantu untuk memindahkan channel TV dengan mudah tanpa perlu menekan tombol di perangkat televisi.

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak kompatibel dengan semua perangkat Android dan televisi sehingga Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta kali oleh pengguna Android. Jika Anda ingin menggunakan Universal TV Remote, aplikasi ini bisa didownload secara gratis.

9. Unified Remote Full

Jika Anda menggunakan Home Theatre PC di rumah, Unified Remote Full merupakan aplikasi pengganti remote TV yang sangat ideal. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur komputer Windows, Mac, dan Linux. Jadi, Anda bisa menonton televisi melalui komputer Anda dengan bantuan aplikasi ini.

Karena hanya menyediakan server untuk Windows, Mac, dan Linux, maka aplikasi ini tidak dapat mengatur sejumlah merk televisi, seperti Polytron, Toshiba, dll. Jika Anda membeli aplikasi ini, Anda dapat menikmati sejumlah fitur menarik, seperti Android Wear, NFC, Perintah Suara, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang dibuat oleh Unified Intents  ini cukup memuaskan. Hal tersebut bisa dilihat dari Google Play Store yang menunjukkan bahwa aplikasi ini sudah dipasang sebanyak 500 ribu kali di perangkat Android. Anda bisa membeli aplikasi Unified Remote Full hanya dengan harga Rp 56.000 saja.

10. LG TV Remote

lg remote control

Aplikasi yang satu ini sudah pasti ditujukan untuk mengatur Smart TV dari LG. Namun, meskipun aplikasi ini khusus mengatur televisi LG, LG TV Remote bisa diinstal di sejumlah perangkat Android, seperti Samsung, Vizio, dll. Jadi, jika Anda memiliki smartphone yang tidak bermerk LG, Anda tetap bisa mengunduh aplikasi ini.

Selain itu, LG TV Remote juga menawarkan fitur Mini TV, yang artinya Anda bisa menonton televisi melalui smartphone atau tablet. Akan tetapi, tidak semua smartphone bisa menggunakan fitur yang menarik tersebut.

Aplikasi yang ditawarkan oleh LG Electronics ini sudah dipasang sebanyak kurang lebih 200 ribu kali di ponsel Android. LG TV Remote bisa diunduh melalui Google Play Store secara cuma-cuma alias gratis melalui link ini.

11. Easy Universal TV Remote

Easy Universal Remote TV

Easy Universal TV Remote merupakan aplikasi remote TV yang bisa digunakan oleh semua perangkat yang memiliki IR Blaster. Aplikasi ini kompatibel dengan beberapa merk Smart TV dari LG, Samsung, Sony, dan Panasonic.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil smartphone lalu buka aplikasi Easy Universal TV Remote, pilih menu Settings, pilih menu port IR, IR Blaster, atau Wi-Fi, dan kemudian akhiri dengan memilih merk TV Anda.

Sedikit informasi, meskipun namanya adalah Easy Universal, aplikasi ini tidak bekerja di beberapa merk TV. Jadi, jika Anda memiliki TV China atau TV tabung lawas, mungkin Anda tidak bisa menggunakan aplikasi remote televisi ini.

Siapapun bisa mengalami kehilangan remote TV saat di rumah. Beberapa aplikasi remote TV Android yang direkomendasikan oleh Carisinyal ini bisa menjadi pengganti remote TV bawaan. Nah, adakah aplikasi lainnya yang Anda rekomendasikan?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Aplikasi Remote TV Terbaik di Smartphone Android”

Tinggalkan komentar