carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Remote AC Terbaik untuk Smartphone Android

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana remote AC Anda rusak sehingga tidak bisa menyalakan pendingin ruangan tersebut? Sementara itu, Anda tidak bisa membetulkan remote tersebut secara cepat. Nah, siapa sangka ternyata smartphone Android Anda bisa menjadi pengganti remote AC yang cukup efektif?

Ya, perangkat Android Anda bisa menjadi solusi untuk menggantikan fungsi remote AC. Apapun merk AC Anda, entah itu AC LG, Panasonic, Samsung, atau Sharp, asalkan AC Anda sudah berjenis split, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi remote AC untuk perangkat Android. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai aplikasi-aplikasinya berikut ini.

1. Mi Remote Controller

Mi Remote controller

Meskipun aplikasi remote AC ini dikembangkan oleh Xiaomi Inc. tetapi Mi Remote Controller for bisa digunakan oleh perangkat Android lain yang bukan berasal dari vendor Xiaomi.

Beberapa perangkat Android yang bisa menggunakan aplikasi ini antara lain adalah Huawei Glory 3, Huawei Glory 6, Huawei Glory 6 Plus, Samsung S4, Samsung S5, Samsung S6 / S6 Edge, Samsung Note 3 / 4, dan HTC One. Selain bisa mengontrol AC, aplikasi ini juga bisa mengontrol smart TV Anda. Ya, Mi Remote Controller adalah aplikasi serbaguna pengganti fungsi remote TV maupun AC.

2. Remote AC Universal

10 Aplikasi Remote AC Terbaik untuk Smartphone Android 2

Seperti namanya, Remote AC Universal berarti dapat digunakan secara universal. Aplikasi remote AC ini dapat digunakan untuk mengontrol AC dari berbagai merek terkenal di dunia, seperti Samsung, LG, Panasonic, Sanyo, Mitsubishi, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakannya, Anda cukup memilih Brand, lalu cek power On/Off, pilih Yes jika bekerja dan No jika tidak bekerja. Selanjutnya temukan Used Remotes di menu utama. Sejauh ini aplikasi Remote AC Universal telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna Android di seluruh dunia.

3. ASMart Remote IR

ASMart Remote IR Aplikasi Remote AC

Bingung mencari pengganti remote AC Anda yang rusak? Manfaatkan ASmart Remote IR. Ini adalah sebuah aplikasi pintar yang bisa menjadi pengontrol untuk pendingin ruangan. Cara kerja aplikasi ini adalah memanfaatkan infrared di perangkat Android Anda agar terhubung dengan sensor infrared yang ada di AC.

ASmart Remote IR tidak hanya bisa menghidupkan AC saja. Akan tetapi, Anda juga bisa mengatur suhu AC dengan aplikasi ini. Beberapa perangkat Android yang kompatibel terhadap aplikasi ini adalah Samsung Galaxy S4, S5, Note 3, dan HTC One.

4. ZaZa Remote

ZaZa Remote

ZaZa Remote adalah salah satu aplikasi yang available untuk memgontrol AC Anda dengan hanya mengandalkan smartphone Android saja. Layaknya remote AC biasa, Anda bisa mengatur suhu AC hanya dengan ZaZa Remote. Selain sebagai remote AC, aplikasi ini juga bisa difungsikan sebagai remote TV, DVD, kamera SLR, lampu, bahkan kipas angin. Cukup lengkap, kan?

5. SURE

SURE

Ada lagi aplikasi bagus yang bisa dijadikan sebagai remote AC. Adalah SURE, di mana aplikasi ini punya fitur untuk dijadikan sebagai remote AC. Saat Anda pertama kali membuka aplikasinya, Anda bisa langsung pilih Air Conditioner untuk menjadikan SURE sebagai remote AC.

Selain sebagai remote AC, SURE juga bisa dijadikan untuk remote TV, media player, bahkan terintegrasi oleh Amazon Alexa. Bisa dibilang, aplikasi berkapasitas 37MB ini cukup lengkap dan bagus. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, bisa langsung klik di sini untuk download SURE Universal.

6. Smart Air Conditioner

Smart Air Conditioner

Nah, yang satu ini adalah aplikasi resmi dari Samsung, yaitu Smart Air Conditioner. Namun, aplikasi ini hanya bisa dipakai untuk AC Samsung yang sudah dibekali dengan mode WiFi, di antaranya adalah AC yang dirilis pada tahun 2012 ke atas.

Akan tetapi, Smart Air Conditioner bisa diinstall di perangkat Android lain yang bukan dari merk Samsung. Aplikasi pintar yang satu ini bisa mengontrol AC tanpa harus mengarahkan perangkat ke depan AC. Bahkan, Anda bisa mengontrol AC dari ruangan yang berbeda.

7. AC Freedom

AC Freedom

AC Freedom juga merupakan aplikasi remote AC yang tidak memerlukan sensor infrared. Cara melakukan pairing antara aplikasi dengan AC adalah dengan scan kode yang ada di AC dengan menggunakan perangkat Anda.


Anda pun bisa menghubungkan perangkat dengan AC menggunakan WiFi dengan cara yang sama seperti ketika menggunakan Smart Air Conditioner. AC Freedom adalah aplikasi ringan yang menawarkan interface sederhana agar lebih mudah digunakan.

8. Remote Control For Panasonic Air Conditioner

Remote Control For Panasonic Air Conditioner

Bagi Anda yang memiliki AC dengan merk Panasonic, akan sangat dimudahkan dengan mengunduh aplikasi Remote Control For Panasonic Air Conditioner ini. Pasalnya, aplikasi yang hanya bisa dijalankan untuk AC Panasonic ini punya antarmuka yang bersahabat. Anda tidak perlu melakukan instalasi apapun dan bisa langsung menggunakannya. Mau coba?

9. Remote Control For LG Air Conditioner

Remote Control For LG Air Conditioner

Kalau sebelumnya khusus untuk AC Panasonic, namun kali ini hadir aplikasi remote AC khusus merk Samsung. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Remote Control For LG Air Conditioner juga mudah digunakan karena memiliki interface yang simpel.

Anda juga tidak perlu melakukan pengaturan konfigurasi yang ribet karena Remote Control For LG Air Conditioner bisa langsung digunakan dengan cara mengoneksikan infrared AC ke aplikasi. Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini maka bisa langsung download di sini.

10. Air Conditioner App-Remote

10 Aplikasi Remote AC Terbaik untuk Smartphone Android 11

Aplikasi remote AC yang satu ini telah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna Android. Fitur-fitur yang ditawarkannya antara lain mendukung Tablet IR, kompatibel dengan lebih dari 20000+ model merek AC, perlu digunakan dengan ponsel android yang didukung IR, UI yang elegan, dan lain sebagainya.

Penyetelan pada aplikasi ini cukup mudah. Pertama cari model AC Anda. Kedua unduh paket sumber, dan ketiga tekan tombol, Remote Control AC. Merek-merek yang didukung aplikasi ini termasuk Panasonic, Samsung, Mitsubishi, Onida, Haier, Sanyo, LG, Gree, Aux dll.

10 aplikasi remote AC terbaik dari Carisinyal ini bisa pengganti remote AC sementara bila remote orisinilnya rusak atau hilang. Sudahkah Anda pernah mencoba aplikasi remote AC di perangkat Android? Jika pernah, share pengalaman Anda menggunakan aplikasi tersebut di kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram