advertisements

Jauh sebelun Nintendo DS mulai digemari, Game Boy Advance (GBA) sudah lebih dulu disukai. GBA juga merupakan konsol permainan genggam yang berada di bawah naungan Nintendo. Perlu Anda ketahui bahwa GBA ini adalah konsol terakhir dari seri Game Boy. Jadi, bisa dikatakan bahwa GBA ini termasuk salah satu yang tercanggih dibanding seri Game Boy lainnya.

Yuk, bernostalgia dengan konsol permainan genggam yang pernah melejit pada awal tahun 2000-an ini. Jika diperhatikan, GBA memiliki game-game yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan game-game masa kini, lho. Semuanya bisa Anda lihat dalam daftar game GBA terbaik sepanjang masa berikut ini.

Pokemon Ruby/Sapphire

advertisements

Sebelum hari ini Pokemon GO sangat digandrungi, ternyata game Pokemon series sudah menjadi yang favorit sejak zama GBA. Hal tersebut dibuktikan oleh Pokemon Ruby/Sapphire yang berhasil masuk ke dalam daftar game GBA terbaik sepanjang masa versi Carisinyal ini.

Dahulu, game dengan ratusan pokemon dan grafis yang tergolong sederhana ini sangat disukai oleh pengguna GBA. Game ini dikemas dalam GBA menjadi sebuah permainan yang penuh strategi. Meskipun kualitas visual dan audio game ini tidak bisa diacungi jempol, tapi toh Pokemon Ruby/Sapphire tetap menjadi salah satu yang disukai oleh pengguna GBA.

Metroid: Zero Mission

Metroid Zero Mission game gba terbaik sepanjang masa

Metroid Fusion mungkin telah membawa franchise dengan Game Boy Advance, tetapi Metroid: Zero Mission-lah yang benar-benar divalidasi keberadaannya. Desain dari game ini nampak remake dari versi pendahulunya, Metroid on the NES. Sementara itu, upgrade visual menjadi nampak lebih familiar.

Pengembang game ini juga membawa angin segar dalam game ini, yakni gameplay yang sedikit berbeda dibanding game Metroid yang pernah ada sebelumnya. Overall, Metroid: Zero Mission adalah game yang cukup menyenangkan. Bahkan, game ini juga akan dibuat dalam versi Wii.

Final Fantasy VI

Final Fantasy VI

Siapa yang tak kenal dengan game satu ini? Final Fantasy sudah menjadi salah satu game yang tersohor sejak zaman Play Station 1. Tak heran jika Final Fantasy seri GBA juga mendapat respon positif dari banyak orang. Final Fantasy VI adalah game remake dari Final Fantasy akhir yang dirilis pada sistem 16-bit di Amerika Serikat pada satu dekade yang lalu.

Secara keseluruhan, di Final Fantasy VI ini Anda akan memperoleh tampilan grafis yang mengagumkan, soundtrack yang lebih baik, dan gameplay tradisional ala Final Fantasy yang tidak boleh dilewatkan. Final Fantasy VI juga dikenal sebagai game 2D terbaik dan game terpopuler bagi pengguna GBA.

Super Mario Advance 3: Yoshi’s Island

Super Mario Advance 3 Yoshi’s Island

Masih ingat dengan Super Mario Kart yang merupakan game favorit di NDS? Super Mario Advance 3: Yoshi’s Island juga merupakan game GBA terbaik sepanjang masa. Kedua game ini berbeda jauh, karena Super Mario Advance 3 tidak mengusung alur permainan balap mobil.

Gameplay ini memanfaatkan kekuatan chip FX untuk mendorong ide dalam permainan ini. Game Boy Advance memiliki kekuatan yang cukup untuk membawa kembali unsur-unsur ini tanpa perlu hardware pengolahan tambahan. Game yang dirilis pada tahun 2002 ini langsung mendapat respon positif dari pengguna GBA pada masa itu.

Mario Golf

advertisements

Tak ada yang menyangka bahwa sebelum Super Mario Bros dikenal sebagai icon game balap mobil, karakter tersebut sudah lebih dulu bermain golf. Ya, dalam Mario Golf Anda akan diajak untuk sama-sama bermain game dengan Mario dkk. Game 2D berwarna ini nampak sangat sederhana, tapi percayalah bahwa Mario Golf cukup menghibur Anda.

Di dalam game ini ada beberapa trik tersembunyi yang tidak mungkin Anda temukan ketika bermain golf dalam dunia nyata. Sampai saat ini, kami masih menunggu Camelot memoles desain Mario Golf ini agar menjadi lebih baik untuk versi NDS.

Tony Hawk’s Pro Skater 2

Kembali pada tahun 2001, ada sebuah game bernuansa berbeda untuk GBA. Pengembang Vicarious Visions sempat merilis beberapa game Spider-Man yang sangat terkenal untuk Game Boy Color. Namun, untuk GBA pengembang tersebut menghadirkan Tony Hawk’s Pro Skater 2 yang serasa membawa angin segar pada saat itu.

Tugas Anda sebagai pemain adalah mempertahankan tampilan dan aksi pemain skateboard. Semakin baik gaya Anda saat memainkan skateboard, maka semakin baik nilai Anda. Tony Hawk’s Pro Skater 2 dianggap memiliki tampilan grafis yang memukau bila dibandingkan dengan game-game lain pada masa itu.

Advance Wars

Advance Wars

Jika Anda ingin game yang sedikit menantang dan berbeda dari game GBA yang sudah kami rekomendasikan sebelumnya, maka Anda perlu mencoba Advance Wars. Harus kami akui bahwa desain grafis yang diusung oleh Advance Wars memang luar biasa pada saat itu. Permainan ini menawarkan gameplay strategi yang cukup sulit, single player dengan banyak pilihan karakter, kustomisasi pengguna dalam bentuk map creator, dan mode multiplayer untuk 4 pemain.

Legend of Zelda: A Link to the Past with Four Swords

Legend of Zelda A Link to the Past with Four Swords

Selain menjadi game paling favorit di NDS, Legend of Zelda juga berhasil menembus daftar game GBA terbaik sepanjang masa dari Carisinyal berikut ini. Dengan seri “A Link to the Past with Four Swords” game ini tetap mempertahankan tampilan, suara, dan nuansa permainan yang klasik.

Salah satu daya tarik dari game ini adalah mode multiplayer. Anda tentu tidak akan menyangka bisa memainkan Legend of Zelda dalam mode multiplayer. Ya, di dalam game ini Anda bisa bermain dengan 3 orang lainnya.

Castlevania: Aria of Sorrow

Castlevania Aria of Sorrow

Konami yang dikenal sebagai pengembang game ternama meluncurkan Castlevania: Aria of Sorrow tepat pada hari pertama GBA diluncurkan. Game penuh aksi dan petualangan ini menawarkan 3 pertandingan yang luar biasa.

Dalam Castlevania: Aria of Sorrow, Konami menambahkan elemen gameplay baru, karakter baru, kualitas visual yang menjadi lebih baik, dan semua potongan soundtrack yang akan menghidupkan suasana selama Anda memainkan game ini.

Wario Ware Twisted

Wario Ware Twisted

Save the best for the last. Itulah yang menjadi alasan mengapa Wario Ware Twisted ada dalam urutan terakhir daftar ini. Ini adalah sebuah sensor gyrosopic yang disimpan dalam cartridge GBA untuk mengubah menjadi pengontrol twisted. Singkatnya, game ini menggunakan sensor kemiringan untuk sebagian besar gameplay-nya.

Di dalam game ini Anda akan berpetulang dengan Wario dkk di Diamond City, dengan microgames yang dimainkan sebagai karakter Anda harus memecahkan semua masalah yang terjadi pada mereka.

Nostalgia mengenai 10 game GBA terbaik sepanjang masa ini mengingatkan kita terhadap sebuah konsol permainan genggam yang dianggap cukup “mewah” pada awal tahun 2000-an tersebut. Nah, game GBA apa yang dulu menjadi favorit Anda?

Artikel Menarik Lainnya: