carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Aksara Jawa untuk Smartphone Android Tahun 2022

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 22 September 2021

Kalau pernah berwisata ke Solo atau Jogja, kamu akan menemui satu hal unik dari papan nama jalannya. Hal unik itu adalah tulisan bertinta putih dengan aksara Jawa. Biasanya, di atas tulisan beraksara Jawa juga disertai padanannya dalam huruf latin.

Tentu hal tersebut akan sangat membantu seseorang yang sedang jalan-jalan atau tengah mencari alamat. Terutama bagi kamu yang asing atau belum pernah belajar aksara Jawa. Akan tetapi, misalnya saja terjadi, tulisan padanan dengan huruf latin itu luntur atau tidak jelas.

Hanya ada tulisan beraksara Jawa sebagai petunjuk nama jalan. Sementara itu, tidak ada orang di sekitar yang bisa kamu tanyai dan GPS ponselmu sedang bermasalah. Di situasi genting tersebut, tentu kamu harus bisa membaca nama jalan yang tertera agar bisa segera sampai ke tujuan.

Maka dari itu, ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan cukup memasang aplikasi aksara jawa di ponsel. Berikut 10 aplikasi aksara Jawa pilihan Carisinyal yang bisa kamu unduh di ponsel Android:

1. Aksara Jawa

Aksara Jawa

Kesan pertama saat mencoba aplikasi Aksara Jawa adalah simpel dan ringan. Pantas saja karena ukurannya hanya 2,8 MB. Di halaman muka, aplikasi ini menampilkan enam kategori sebagai perkenalan awal dengan huruf-huruf Jawa. Enam kategori itu yakni Aksara Jawa, Sandangan, Aksara Murda, Aksara Swara, Wilangan, dan Aksara Rekan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Hirson ini memberikan contoh kata di setiap kategori. Misalnya di kategori Aksara Jawa, aplikasi ini memberi contoh penulisan kata nanas ketika seseorang hendak menggunakan huruf “Na”. Fitur lain yang disertakan adalah translasi dari aksara Jawa ke aksara latin atau pun sebaliknya.

Dengan mengetikkan kata atau kalimat dengan aksara latin, aplikasi ini akan dengan otomatis menuliskannya dalam aksara Jawa. Hal yang disayangkan dari aplikasi ini adalah sudah lama tidak diperbarui sejak 2018. Selain itu, terkadang iklan mengganggu ketika akan mengetik suatu kata. Aplikasi Aksara Jawa bisa kamu dapatkan di sini.

2. Nulis Aksara Jawa

10 Aplikasi Aksara Jawa untuk Smartphone Android Tahun [year] 2

Aplikasi Nulis Aksara Jawa mendorong penggunanya untuk gemar berlatih. Pasalnya, begitu membuka aplikasi ini, tampilan paling awal yang diperlihatkan langsung menyuruh si pengguna untuk mengetikkan kata atau kalimat dalam huruf latin. Seketika setelah mengetikkan kata tertentu, aplikasi yang dikembangkan oleh UZAN ini akan memberi tahu padanannya dalam aksara Jawa.

Teori ketentuan penulisan diberikan secara ringkas di aplikasi ini. Beberapa teori itu bisa ditemui dengan menggeser tampilan utama ke arah bawah. Selebihnya, kamu diinstruksikan untuk berlatih langsung menulis aksara Jawa. Kekurangan dari aplikasi ini adalah belum ada fitur pengecekan apakah kata yang ditulis sudah benar atau belum. Nulis aksara Jawa bisa kamu dapatkan di sini.

3. Hanacaraka

Hanacaraka

Hanacaraka tergolong aplikasi yang cukup lengkap dalam membantu memahami aksara Jawa. Selain memberi tahu ragam aksara, cara penggunaan, dan cara tulis, aplikasi ini pun menyertakan cara bacanya.

Ada juga aturan-aturan dalam pemakaian tanda baca disertai contohnya. Hal yang membuat aplikasi ini menarik adalah adanya fitur latihan dan evaluasi. Di fitur latihan, kamu akan dites membaca huruf, menulis huruf, membaca kata, dan mengucap kata.

Jika merasa sudah agak mahir, kamu bisa menjajal kemampuan dengan mengerjakan soal-soal evaluasi. Soal-soal evaluasi yang diberikan mempunyai tiga level kesulitan. Ukuran aplikasi Hanacaraka tidak besar, file mentahnya hanya 3,9 MB. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.

4. Marbel Hanacaraka

Marbel Hanacaraka

Jika ketiga aplikasi yang disebutkan kesannya serius, kali ini ada aplikasi aksara Jawa yang santai dan ramah untuk anak-anak. Aplikasi itu adalah Marbel Hanacaraka yang dikembangkan oleh Educa Studio.

Saat membuka aplikasi ini, ada suara seorang narator yang menyambut pemakai. Ada juga musik yang mengiringi sepanjang aplikasi dibuka. Aplikasi Marbel Hanacaraka membagi fitur dengan dua kategori besar, yakni belajar dan bermain.

Di fitur belajar, ada 10 materi belajar yang disediakan. Tiga diantaranya, yakni aksara, pasangan, dan sandhangan, telah dibuka aksesnya. Untuk bisa mengakses tujuh materi lanjutan, seseorang harus membuka gemboknya dengan kredit berupa bintang. Bintang ini diperoleh dengan menyaksikan iklan tertentu.


Sementara di fitur bermain, ada empat permainan yang bisa dicoba. Yaitu puzzle, tebak aksara, menulis aksara, dan tebak pasangan. Namun, sama seperti di fitur belajar, baru dua permainan yang dibuka aksesnya, puzzle dan tebak aksara. Secara garis besar, aplikasi ini menarik lantaran narator akan selalu memandu di setiap fitur yang dicoba. Kamu bisa mencoba Marbel Hanacaraka di sini.

5. Sinau Bahasa Jawa

Sinau Bahasa Jawa

Tampilan aplikasi Sinau Bahasa Jawa sederhana tanpa ada animasi neko-neko. Di halaman paling awal dari aplikasi ini, pengguna langsung disuguhi dua tombol navigasi. Tombol kiri akan membawa menuju materi belajar, sementara tombol kanan mengantar menuju permainan tebak-tebakan.

Di bagian materi belajar, ada 12 materi yang disediakan. Dua di antaranya sudah dibuka aksesnya, yakni Tembung dan Aksara carakan. Tembung (kata) isinya adalah contoh kata-kata dalam bahasa Jawa disertai aturan pemakaiannya. Sementara Aksara carakan berisi 20 huruf Jawa dengan beberapa contoh pemakaiannya dalam penulisan kalimat.

Sedangkan di bagian permainan, ada 20 tema yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, rumah, sekolah, olahraga, dan tumbuhan. Setiap tema punya 46 level kesulitan. Carisinyal sempat mencoba memainkan tema rumah di level pertama.

Di situ, kami diminta untuk menerjemahkan kalimat dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa. Hanya, proses penerjemahan itu dilakukan dengan menyusun kata-kata yang masih berceceran. Jika benar, aplikasi akan memunculkan padanannya dalam aksara Jawa. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Sinau Bahasa Jawa di sini.

6. Nulis Aksara

Nulis Aksara

Butuh sedikit perjuangan ekstra saat mencoba belajar menulis aksara Jawa di aplikasi Nulis Aksara. Pasalnya, saat pertama kali membuka aplikasi ini, pengguna langsung diminta untuk menuliskan suatu kalimat.

Jika kalimat sudah dimasukkan, aplikasi akan langsung memunculkan padanannya dalam aksara Jawa. Tidak ada contoh penulisan yang benar dan aturan dalam penulisan, jika pengguna ingin berlatih langsung menulis. Fitur untuk membalik input kalimat dari aksara Jawa ke aksara latin juga tidak ada.

Namun, untuk bisa menghafal dan mencermati kata per kata, kamu bisa mengeceknya di tombol berbentuk buku di pojok kanan atas. Di situ akan tertera ragam aksara dan seperti apa cara bacanya. Hal menarik dari aplikasi ini adalah tak cuma menyediakan aksara Jawa. Sebab, ada juga aksara Sunda, Bali, dan Lampung. Nulis Aksara bisa kamu unduh dari sini.

7. Pepak Bahasa Jawa

Pepak Bahasa Jawa

Pepak Bahasa Jawa bisa dibilang sebagai sebuah e-book yang berbentuk aplikasi. Ada 7 garis besar materi yang disajikan. Namun, untuk kamu yang sama sekali belum bisa berbahasa Jawa, silakan langsung buka materi Aksara Jawa dan Paribasan.

Sebab, hanya dua materi itu yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Di materi aksara Jawa, dijelaskan mulai dari asal-usul dan ragam huruf, hingga tanda baca Jawa. Meski begitu, tidak ada contoh penulisan kata atau pun kalimat dengan aksara Jawa.

Tidak ada pula gim atau semacam tes untuk menguji kemampuan penulisan aksara Jawa. Adapun di materi Paribasan terdapat berbagai macam peribahasa dalam budaya Jawa, disertai maknanya dalam bahasa Indonesia. Aplikasi Pepak Bahasa Jawa bisa di-download si sini.

8. Belajar Bahasa Jawa + Suara

10 Aplikasi Aksara Jawa untuk Smartphone Android Tahun [year] 9

Seperti tertera dalam deskripsi, Belajar Bahasa Jawa + Suara yang dikembangkan oleh Solite Kids adalah game edukasi yang dapat membantu anak belajar bahasa Jawa dengan cara yang menyenangkan. Mereka dapat belajar bahasa Jawa ngoko, belajar bahasa Jawa krama inggil dan juga belajar bahasa Jawa krama alus.

Aplikasi ini dilengkapi dengan mode belajar dan mode bermain untuk melatih kemampuan anak dalam bebahasa Jawa lengkap dengan gambar dan suara. Fitur belajarnya termasuk Belajar Bahasa Jawa Kata Kerja dan Belajar Huruf Aksara Jawa Hanacaraka, sedangkan fitur bermainnya termasuk Bermain Tebak Bahasa Jawa.

9. aksårå

10 Aplikasi Aksara Jawa untuk Smartphone Android Tahun [year] 11

Belajar bahasa Jawa juga dapat dilakukan melalui platform terjemahan. Adalah aksårå, aplikasi transliterasi huruf Latin ke aksara Indonesia dan sebaliknya. Di aplikasi ini pengembang berusaha mengumpulkan seluruh aksara di Indonesia dan mencoba menggabungkan transliterasi yang sudah ada ke dalam aplikasi ini.

Ada lebih dari 10 aksara yang didukung aplikasi ini, yaitu Aksara Bali, Aksara Batak Mandailing, Aksara Batak Simalungun, Aksara Jawa Kuna, Aksara Jawa Modern, Aksara Kawi, Aksara Lontara Bugis, Aksara Lontara Makasar, Aksara Mbojo, Aksara Rejang, dan Aksara Sunda.

10. Keyboard Aksara Jawa

10 Aplikasi Aksara Jawa untuk Smartphone Android Tahun [year] 13

Aplikasi aksara Jawa yang satu ini berupa papan ketik digital. Ya, dengannya Anda bisa belajar menulis dan merangkai aksara Jawa pada layar ponsel atau tablet Anda. Ketahui fitur-fitur dan unduh aplikasi ini di sini.

Masing-masing dari 10 aplikasi aksara Jawa di atas memiliki ciri khas, kelebihan, kekurangan. Namun, jika harus memilih mana yang baik untuk pemula, aplikasi yang memakai pengantar bahasa Indonesia layak untuk dicoba lebih dulu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram