Carisinyal / Tips Trik / Tips Laptop / 9 Cara Mengetahui Jenis Font dengan Mudah dan Cepat

9 Cara Mengetahui Jenis Font dengan Mudah dan Cepat

Pernahkah Anda penasaran ingin mengetahui jenis font? Jika Anda kesulitan untuk mengetahui jenis font yang Anda ingin ketahui maka kini Anda tidak perlu mengalaminya lagi. Pasalnya, kali ini Carisinyal akan memberikan tips dan trik cara mengetahui jenis font dengan mudah.

Tips dan dan trik ini bisa berupa aplikasi pendeteksi font untuk mengetahui jenis font di pdf atau jenis font dimanapun. Kira-kira bisakah kita mengetahui nama font yang digunakan pada hasil scan? Nah, Anda akan mengetahui semua jawabannya di artikel berikut ini. Jadi, tetap stay tune ya!

Cara Mengetahui Jenis Font Menggunakan Aplikasi

Bagi Anda yang memiliki smartphone atau PC/laptop, kini Anda tidak perlu kebingungan mencari nama font yang ingin Anda ketahui. Sebab, kini aplikasi untuk mengetahui jenis font hadir untuk perangkat teknologi Anda. Cara mengetahui jenis font menggunakan aplikasi ini tergolong cukup mudah. Inilah aplikasi yang bisa Anda gunakan.

1. WhatTheFont – iTunes

cara mengetahui jenis font whatthefont 1

Bagi pengguna smartphone iPhone Anda bisa bernafas lega. Pasalnya, aplikasi WhatTheFont ini adalah sebuah aplikasi yang tersedia di iTunes untuk mengetahui jenis dan nama font. Anda hanya perlu mendownload aplikasinya di iTunes atau klik di sini.

Cara kerja dari aplikasi ini pun sangat mudah. Pertama, Anda hanya perlu memotret font yang ingin Anda ketahui. Disarankan untuk memotret hanya font-nya saja dan harus jelas. Kemudian, Anda bisa buka aplikasinya dan masukan hasil jepretan Anda tadi ke dalam aplikasi.

Nah, secara otomatis aplikasi WhatTheFont ini akan mencari jenis font yang ingin Anda ketahui sesuai data base yang ada pada aplikasi. Sangat mudah dan simple bukan? Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus pastikan untuk terkoneksi dengan internet ya. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone saja.

2. Photoshop

Photoshop

* sumber: www.youtube.com

Jika Anda mengetahui aplikasi edit foto yang satu ini, mungkin Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari jenis font. Pasalnya, Photoshop memiliki banyak sekali font dan Anda bisa mengatahui jenis font dari Photoshop. Namun jika Anda menggunakan Photoshop untuk mencari jenis font, maka Anda harus melakukannya di PC/laptop.

Caranya mudah, pertama Anda bukalah aplikasi Photoshop. Setelah Anda membuka aplikasinya, Anda bisa klik file lalu pilih open atau Anda bisa langsung menekan tombol ctrl+O. Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa langsung menemukan “type” dan pilihlah “Match Font.”

Sesudahnya, Anda akan menemukan tampilan untuk menyeleksi font yang ingin Anda ketahui. Gunakan crop tool untuk menyeleksi bagian font yang ingin diketahui. Nah, berikutnya Photoshop akan bekerja mencarikan nama atau jenis font yang Anda ingin ketahui. Untuk Anda yang menginginkan aplikasi Photoshop di PC/laptop silahkan klik di sini.

Cara Mengetahui Jenis Font dengan Menggunakan Web Browser

Itulah cara mengetahui jenis font dengan menggunakan aplikasi. Jika Anda merasa ribet mencari tahu jenis font menggunakan aplikasi, maka ada solusi lain untuk mengetahui jenis font. Apakah itu? Ya, Anda bisa memanfaatkan beberapa situs online penyedia jasa pencari jenis font. Berikut daftar situs online-nya:

1. WhatTheFont

whatthefont 2

Jika Anda bukan pengguna smartphone iPhone, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati aplikasi WhatTheFont. Sebab, aplikasi WHatTheFont ini juga tersedia dalam bentuk situs online. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang ada di iTunes, WhatTheFont situs online ini juga akan membantu Anda dalam mengetahui jenis font.

Caranya sangat mudah, pertama Anda hanya perlu masuk ke dalam situ WhatTheFont dengan klik di sini. Namun sebelumnya, Kami sarankan untuk memotret jenis font yang ingin Anda ketahui. Misalnya, Anda tertarik dengan jenis font pada brosur, nah Anda bisa memotret jenis font yang ada di brosur.

Pastikan Anda memotret dengan jelas dan hanya font-nya saja. Setelahnya, Anda simpan hasil foto tersebut berupa JPG, JPEG, atau PNG. Berikutnya, barulah Anda masuk ke situs WhatTheFont. Kemudian, Anda bisa uploead hasil foto tadi ke dalam website ini. Secara otomatis, WhatTheFont akan mencarikan jenis dan nama font yang ingin Anda ketahui. Sangat canggih dan mudah bukan?

2. Identifont

identifont

Jika WhatTheFont menawarkan pencarian menggunakan gambar, maka kali ini Identifont menawarkan pencarian font dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Jadi, dengan menggunakan Identifont ini Anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan seputar jenis font yang Anda lihat atau yang ingin Anda ketahui.

Langkah pertama, Anda hanya perlu masuk ke situs Identifont dengan klik di sini. Kemudian akan muncul beberapa kolom kosong dengan pertanyaan. Anda hanya menjawabnya satu persatu. Untuk menggunakan Identifont, mungkin Anda harus mengetahui sedikit tentang jenis font.

Anda akan ditanyakan kemiripan jenis font yang ingin diketahui dengan font yang sudah Anda ketahui. Atau Anda juga bisa mencari jenis font dari pembuat font tersebut. Bagaimana, Anda lebih menyukai mencari font menggunakan metode Identifont?

3. Font Matcherator

Font Matcherator

Situs lain yang menyediakan jasa pencarian jenis font kali ini hadir dengan nama Font Matcherator. Situs online satu ini memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan situs WhatTheFont. Anda hanya perlu masuk ke situs Font Matcherator dengan klik di sini.

Kemudian, Anda bisa langsung upload gambar atau foto font yang ingin Anda ketahui dengan klik “upload image.” Nah, setelah itu biarkan Font Matcherator bekerja mencari font yang Anda ingin ketahui. Sangat mudah bukan? Namun, Font Matcherator ini juga punya kelebihan lainnya lho.

Tidak hanya mencari jenis font dengan mengupload foto, namun Anda bisa juga mengcopy link URL jenis font yang ingin Anda ketahui. Caranya mudah, Anda hanya perlu klik “image URL” kemudian masukan link-nya. Setelah itu langsung Anda klik “Get URL.” Mudah dan tidak ribet kan?

4. WhatFontIs

whatfontis

Masih mengenai situs online yang menyediakan jasa pencarian font. Kali ini situs atau web bernama WhatFontIs bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda. Situs online ini memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dari Font Matcherator.

Dengan WhatFontIs, Anda bisa mengetahui jenis font yang Anda ingin ketahui. Caranya pun tidak sulit. Anda hanya perlu mengupload gambar atau foto font yang ingin diketahui. Lalu, biarkan WhatFontIs melakukan pekerjaannya dengan mencari tahu jenis font tersebut.

Anda juga bisa melakukan copy paste link Image URL untuk mencari jenis font. Mau? Langsung kunjungi situs online WhatFontIs dengan klik di sini.

5. FontFaceNinja

FontFaceNinja

Berbeda dari WhatFontIs, web browser atau situs online FontFaceNinja ini akan mencarikan jenis font yang ada di internet. Cara kerjanya cukup unik, Anda hanya perlu mengunjungi website FontFaceNinja dengan klik di sini. Kemudian Anda akan diminta untuk menginstall Plugin dari FontFaceNinja.

Setelah Anda mendownload dan menginstall Plugin, kemudian FontFaceNinja ini akan secara otomatis mencari tahu setiap jenis font dari website-website yang Anda kunjungi. Jadi kegunaan dari FontFaceNinja ini adalah mencari jenis font dari browser yang sudah kita kunjugi.

Sayangnya, jika Anda menemukan font di jalan dan ingin mengetahui jenisnya, Anda tidak bisa menggunakan FontFaceNinja ini. Sebab, FontFaceNinja hanya akan mencari jenis font yang ada di internet saja.

6. Fount

Situs online bernama Fount ini juga menyediakan layanan pencari jenis font. Situs online Fount ini memiliki cara kerja yang mirip dengan FontFaceNinja. Pertama, Anda hanya perlu masuk ke dalam situs online Fount dengan klik di sini.

Kemudian, Anda bisa melakukan instalasi plugin dari Fount. Setelah itu anda bisa menikmati fasilitas yang diberikan oleh Fount. Anda hanya bisa mencari jenis font yang terdapat di web browser. Jadi, Anda tidak bisa mengetahui jenis font yang tidak tertera di internet.

7. Flickr Typeface Identification

Flickr Typeface Identification

Situs online yang satu ini bukan penyedia jasa untuk mencari jenis font. Sebelumnya Kami akan memberikan informasi sedikit mengenai Flickr. Flickr merupakan sebuah situs penyedia macam-macam foto. Orang-orang atau pengguna Flickr bisa mengupload foto di situs ini.

Namun nyatanya Flickr bukan hanya mengenai foto-foto saja lho. Pasalnya, di dalam Flickr ini ada sebuah forum diskusi dimana akan membantu Anda untuk mencari jenis font yang ingin Anda ketahui. Nama forum diskusi tersebut yakni Flickr Typeface Identification.

Di sini Anda bisa menanyakan jenis font yang Anda ingin ketahui. Nah, Anda hanya perlu menanyakannya. Jika ada seorang member yang mengetahui, maka dengan senang hati mereka akan membantu menjawabnya. Anda ingin coba mencari jenis font di Flickr Typeface Identification? Hanya klik di sini dan bergabunglah dengan forumnya.

Itulah dia 9 tips dan trik cara mengetahui jenis font dengan mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi, menggunakan situs online, bahkan Anda bisa ikut bergabung dalam sebuah halaman diskusi untuk mencari jenis font. Nah, Anda mau coba yang mana?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan sumber gambar:

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment