Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui

Mengaji (dalam artian mempelajari kitab suci Al-Qur’an) adalah suatu hal yang perlu dilakukan oleh setiap Muslim. Dengan mengaji, diharapkan ketakwaan seorang Muslim menjadi meningkat.

Dari dulu hingga sekarang, kegiatan mengaji biasanya dilakukan di masjid atau madrasah dan dipimpin oleh seorang ustadz. Peserta mengaji sendiri umumnya datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kini di zaman yang serba canggih ini, kegiatan mengaji menjadi semakin mudah dilakukan. Hanya dengan satu alat yang bernama ponsel pintar, orang-orang sudah dapat mengunduh berbagai aplikasi belajar mengaji yang menawarkan banyak kemudahan. Walaupun demikian, kehadiran seorang pembimbing masih tetap dibutuhkan.

Nah, terkait bahasan kali ini,  Carisinyal akan mendaftar 10 aplikasi belajar mengaji terbaik di Android yang bisa kamu unduh dan manfaatkan. Apa sajakah aplikasi tersebut? Langsung saja cek daftarnya berikut ini.

10 Aplikasi Belajar Mengaji di Android

1. Belajar Mengaji Al-Qur’an

Belajar Mengaji Al Quran

Di daftar pertama aplikasi belajar mengaji ada Belajar Mengaji Al-Qur’an. Aplikasi yang telah dirilis empat tahun silam ini menawarkan kemudahan dalam mempelajari kitab suci Al-Qur’an. Didesain dengan tampilan yang menarik, aplikasi ini sangat cocok digunakan berbagai kalangan, utamanya oleh anak-anak agar mereka tetap semangat mengaji.

Materi yang dibawa oleh aplikasi ini juga cukup lengkap. Di sana kamu bisa memulainya dengan mempelajari huruf Hijaiyah, Iqro, Tajwid, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengembang aplikasi juga menambahkan fitur hafalan surat pendek dengan audio dan 114 surat Al-Qur’an dengan format mp3.

Orang tua bisa menggunakan aplikasi ini sebagai penunjang tambahan aktivitas mengaji anak di luar masjid atau madrasah. Dengan aplikasi belajar mengaji ini, diharapkan agar generasi Al-Qur’an bisa terus tumbuh.

Sekitar satu juta orang sudah mengunduh aplikasi mengaji ini di Google Play. Kini giliran kamu untuk mendapatkan aplikasi ini dengan langsung mengunduhnya di sini.

2. Belajar Membaca Al-Qur’an

Belajar Membaca Al Quran

Selanjutnya ada aplikasi Belajar Membaca Al-Qur’an yang dirilis oleh Indocipta Studio di akhir tahun 2015. Aplikasi mengaji ini menyediakan pembelajaran kitab suci Al-Qur’an dengan audio pelafalan dan dilengkapi dengan dasar-dasar ilmu tajwid.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup banyak, seperti mempelajari huruf-huruf Hijaiyah, makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf Hijaiyah), dan shifatul huruf (tata cara pengucapan huruf Hijaiyah). Masih banyak lagi fitur yang bisa kamu temukan di aplikasi Belajar Membaca Al-Qur’an. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di sini.

3. Belajar Al-Qur’an + Suara

Belajar Al Quran + Suara

Aplikasi mengaji ini sudah banyak digunakan oleh 100 ribu orang lebih. Belajar Al-Qur’an + Suara merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi anak-anak agar mereka dapat mempelajari kitab suci Al-Qur’an dengan mudah dan menyenangkan.

Aplikasi mengaji ini juga dilengkapi dengan menu pembelajaran yang beragam. Anak-anak juga dapat memainkan permainan yang sangat berhubungan erat dengan pembelajaran dan penguasaan kitab suci Al’Qur’an.

Dengan metode yang ditawarkan dan tampilan yang sangat menarik, diharapkan anak-anak dapat mengaji dengan senang dan bahagia tanpa merasa bosan. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sudah jadi orang tua dan ingin mengajarkan si kecil mengaji dengan mudah dan cepat. Segera unduh aplikasinya dengan klik link berikut ini.

4. Iqro Digital Lengkap

Iqro Digital

Jika orang tua belum memiliki buku Iqro untuk anaknya, maka aplikasi Iqro Digital ini wajib dipasang di ponsel pintar. Tidak jauh beda dengan buku Iqro biasa, Iqro digital ini juga merupakan kumpulan Iqro jilid satu hingga jilid enam. Hingga tulisan ini dibuat sudah 100 ribuan orang mengunduh aplikasi ini di Google Play.

Mengaji dengan metode Iqro merupakan salah satu metode yang paling berhasil. Aplikasi Iqro digital ini dirancang sama seperti buku Iqro asli sehingga orang tua tidak perlu khawatir anaknya akan merasa bingung saat menggunakan Iqro digital. Dikembangkan dengan simpel dan menarik, para orang tua perlu segera mengunduh aplikasi mengaji ini di sini.

5. Learning Basic of Al-Qur’an

Learning Basic

Aplikasi belajar mengaji Al-Qur’an ini juga terlihat menarik untuk dipasang di ponsel pintar masing-masing. Dengan tampilan yang dibuat semenarik mungkin, diharapkan penggunanya, terutama anak-anak, dapat terus termotivasi untuk belajar kitab suci Al-Qur’an.

Materi mengaji yang dibawa oleh aplikasi ini juga cukup lengkap, semisal belajar huruf Hijaiyah, Harokat, Tajwid, dan lain-lain. Fitur lainnya yang ditambahkan adalah hafalan surat-surat pendek atau Juz Amma. Dapatkan aplikasi mengaji ini di sini.

6. Marbel Learns Quran for Kids

Marbel

Dengan satu juta lebih pengunduh di Google Play, aplikasi mengaji Marbel Learns Quran for Kids ini cukup populer. Fitur yang dibawa aplikasi ini juga terbilang cukup banyak. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar mengaji sekaligus bermain permainan yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran.

Dikembangkan dengan desain yang interaktif dan inovatif, Marbel Learns Quran for Kids adalah aplikasi mengaji yang perlu terpasang di ponsel pintar para orang tua. Materi pembelajaran yang dihadirkan dalam aplikasi ini telah dibuat seunik dan semenarik mungkin. Hal ini tentu dapat memikat hati anak-anak untuk semangat belajar.

Penasaran dengan aplikasi  Marbel Learns Quran for Kids? Langsung saja download aplikasi  yang menarik ini dengan klik tautan ini.

7. Belajar Iqro dengan Audio

Iqro Audio

Di urutan ketujuh aplikasi belajar mengaji ada Belajar Iqro dengan Audio. Di sini anak-anak dan juga orang dewasa yang baru belajar mengaji akan diajak untuk belajar Iqro seperti biasanya. Hanya saja yang menjadi nilai tambah untuk aplikasi ini adalah disertakannya tampilan dengan gambar dan warna yang menarik serta suara audio yang dibaca anak-anak.

Dengan demikian, aplikasi Belajar Iqro dengan Audio ini sangat bagus untuk menarik perhatian anak-anak agar betah mengaji. Dengan satu juta lebih pengguna, aplikasi ini memang harus dipasang di ponsel pintar orang tua yang ingin anaknya senang mengaji. Unduh aplikasi Belajar Iqro dengan Audio di sini.

8. Learn Quran Tajwid

Quran Tajwid

Aplikasi belajar mengaji yang ini sudah digunakan lebih dari satu juta orang di 150 negara yang berbeda. Aplikasi ini menawarkan paket belajar Al-Qur’an yang komprehensif. Mulai dari topik yang paling dasar hingga pembelajaran ilmu Tajwid yang paling tinggi dapat kamu temukan di sini.

Learn Quran Tajwid ini didesain agar kamu dapat belajar dengan seorang pembimbing atau otodidak. Aplikasi ini juga dikembangkan dengan kualitas yang tinggi sehingga merupakan salah satu aplikasi belajar mengaji yang populer. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di sini.

9. Belajar Al-Quran

Belajar Quran

Aplikasi belajar mengaji ini juga membawa fitur-fitur lengkap. Metode belajar dan bermain yang ditawarkan memang cocok digunakan oleh anak-anak yang ingin belajar mengaji. Belajar Al-Quran juga memiliki tampilan antarmuka yang menarik sehingga anak-anak akan merasa nyaman dengannya.

Dilengkapi dengan suara untuk setiap karakter, membuat anak-anak bisa lebih cepat memahami materi pembelajaran. Aplikasi mengaji ini mendukung penggunaan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Penasaran seperti apa aplikasi ini? Langsung saja unduh Aplikasi Belajar Al-Quran ini pada link berikut ini.

10. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia

Jika kemampuan dasar mengajimu sudah baik dan bisa melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar, maka sudah saatnya kamu untuk memperlancar bacaanmu. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membaca kitab suci Al-Qur’an setiap hari.

Salah satu aplikasi mengaji Al-Qur’an di Android yang bisa kamu unduh dan pasang di ponsel pintarmu adalah Al-Quran Indonesia. Dengan fitur dan desain menarik yang dibawanya, aplikasi ini dapat menjadi teman untuk membaca ayat suci Al-Qur’an setiap harinya.

Al Quran Indonesia ini telah diunduh oleh puluhan juta orang. Di  aplikasi ini,  kamu juga bisa melakukan donasi yang  hasil donasinya akan disumbangkan untuk orang-orang yang membutuhkan. Segera dapatkan aplikasi bermanfaat ini di sini.

Nah itulah 10 aplikasi belajar mengaji di Android yang dapat kamu coba ambil manfaatnya. Mengaji merupakan kegiatan yang bernilai positif sehingga perlu dilakukan oleh setiap Muslim. Walaupun aplikasi belajar mengaji di atas dapat mempermudah usahamu untuk belajar Al-Qur’an, tapi sebaiknya kamu tetap dibimbing oleh orang yang sudah ahli.

Jika kamu membutuhkan aplikasi pembelajaran lainnya, terutama pelajaran sekolah, kamu bisa cek artikel mengenai 10 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Berbagai Pelajaran Sekolah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Muhamad Dikdik Saparudin
A bad writer but loves to write

Leave A Comment