carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 7 April 2021

Seperti yang kita ketahui mengaji dalam artian mempelajari kitab suci Al-Quran adalah suatu hal yang perlu dilakukan oleh setiap Muslim. Dengan mengaji, diharapkan ketakwaan seorang Muslim menjadi meningkat.

Dari dulu hingga sekarang, kegiatan mengaji biasanya dilakukan di masjid atau madrasah dan dipimpin oleh seorang ustadz. Peserta mengaji sendiri umumnya datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kini di zaman yang serba canggih ini, kegiatan mengaji menjadi semakin mudah dilakukan. Hanya dengan satu alat yang bernama ponsel pintar, orang-orang sudah dapat mengunduh berbagai aplikasi belajar mengaji yang menawarkan banyak kemudahan. Walaupun demikian, kehadiran seorang pembimbing masih tetap dibutuhkan.

Nah, terkait bahasan kali ini, Carisinyal akan mendaftar 10 aplikasi belajar mengaji terbaik di Android yang bisa kamu unduh dan manfaatkan. Apa sajakah aplikasi tersebut? Langsung saja cek daftarnya berikut ini.

1. Belajar Mengaji Al-Qur’an

Belajar Mengaji Al Quran

Di daftar pertama aplikasi belajar mengaji ada Belajar Mengaji Al-Qur’an. Aplikasi yang telah dirilis empat tahun silam ini menawarkan kemudahan dalam mempelajari kitab suci Al-Qur’an. Didesain dengan tampilan yang menarik, aplikasi ini sangat cocok digunakan berbagai kalangan, utamanya oleh anak-anak agar mereka tetap semangat mengaji.

Materi yang dibawa oleh aplikasi ini juga cukup lengkap. Di sana kamu bisa memulainya dengan mempelajari huruf Hijaiyah, Iqro, Tajwid, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengembang aplikasi juga menambahkan fitur hafalan surat pendek dengan audio dan 114 surat Al-Qur’an dengan format mp3.

Orang tua bisa menggunakan aplikasi ini sebagai penunjang tambahan aktivitas mengaji anak di luar masjid atau madrasah. Dengan aplikasi belajar mengaji ini, diharapkan agar generasi Al-Qur’an bisa terus tumbuh.

Sekitar satu juta orang sudah mengunduh aplikasi mengaji ini di Google Play. Kini giliran kamu untuk mendapatkan aplikasi ini dengan langsung mengunduhnya di sini.

2. Belajar Iqro dengan Audio

Iqro Audio

Di urutan ketujuh aplikasi belajar mengaji ada Belajar Iqro dengan Audio. Di sini anak-anak dan juga orang dewasa yang baru belajar mengaji akan diajak untuk belajar Iqro seperti biasanya. Hanya saja yang menjadi nilai tambah untuk aplikasi ini adalah disertakannya tampilan dengan gambar dan warna yang menarik serta suara audio yang dibaca anak-anak.

Dengan demikian, aplikasi Belajar Iqro dengan Audio ini sangat bagus untuk menarik perhatian anak-anak agar betah mengaji. Dengan satu juta lebih pengguna, aplikasi ini memang harus dipasang di ponsel pintar orang tua yang ingin anaknya senang mengaji. Unduh aplikasi Belajar Iqro dengan Audio di sini.

3. Marbel Learns Quran for Kids

Marbel

Dengan satu juta lebih pengunduh di Google Play, aplikasi mengaji Marbel Learns Quran for Kids ini cukup populer. Fitur yang dibawa aplikasi ini juga terbilang cukup banyak. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar mengaji sekaligus bermain permainan yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran.

Dikembangkan dengan desain yang interaktif dan inovatif, Marbel Learns Quran for Kids adalah aplikasi mengaji yang perlu terpasang di ponsel pintar para orang tua. Materi pembelajaran yang dihadirkan dalam aplikasi ini telah dibuat seunik dan semenarik mungkin. Hal ini tentu dapat memikat hati anak-anak untuk semangat belajar.

Penasaran dengan aplikasi  Marbel Learns Quran for Kids? Langsung saja download aplikasi  yang menarik ini dengan klik tautan ini.

4. Iqro Digital Lengkap

Iqro Digital

Jika orang tua belum memiliki buku Iqro untuk anaknya, maka aplikasi Iqro Digital ini wajib dipasang di ponsel pintar. Tidak jauh beda dengan buku Iqro biasa, Iqro digital ini juga merupakan kumpulan Iqro jilid satu hingga jilid enam. Hingga tulisan ini dibuat sudah 100 ribuan orang mengunduh aplikasi ini di Google Play.

Mengaji dengan metode Iqro merupakan salah satu metode yang paling berhasil. Aplikasi Iqro digital ini dirancang sama seperti buku Iqro asli sehingga orang tua tidak perlu khawatir anaknya akan merasa bingung saat menggunakan Iqro digital. Dikembangkan dengan simpel dan menarik, para orang tua perlu segera mengunduh aplikasi mengaji ini di sini.

5. Belajar Al-Qur’an + Suara

Belajar Al Quran + Suara

Aplikasi mengaji ini sudah banyak digunakan oleh 100 ribu orang lebih. Belajar Al-Qur’an + Suara merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi anak-anak agar mereka dapat mempelajari kitab suci Al-Qur’an dengan mudah dan menyenangkan.

Aplikasi mengaji ini juga dilengkapi dengan menu pembelajaran yang beragam. Anak-anak juga dapat memainkan permainan yang sangat berhubungan erat dengan pembelajaran dan penguasaan kitab suci Al’Qur’an.

Dengan metode yang ditawarkan dan tampilan yang sangat menarik, diharapkan anak-anak dapat mengaji dengan senang dan bahagia tanpa merasa bosan. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sudah jadi orang tua dan ingin mengajarkan si kecil mengaji dengan mudah dan cepat. Segera unduh aplikasinya dengan klik link berikut ini.

6. Belajar Hijaiyah + Suara

Bagi kamu yang punya anak di bawah delapan tahun dan ingin membantunya untuk belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah secara cara menyenangkan, bisa coba dengan mengunduh dan memasang aplikasi Belajar Huruf Hijaiyah + Suara. Tampilan aplikasi ini sangat menghibur bagi si kecil, terlebih dengan suguhan gambar yang berwarna.


Aplikasi ini mengusung konsep pembelajaran yang interaktif lewat beragam fitur menarik meliputi menu belajar huruf Hijaiyah, menulis huruf Hijaiyah, dan video lagu anak A Ba Ta Tsa. Terdapat juga fitur permainan berupa bermain menebak ketupat Hijaiyah, kolam ikan Hijaiyah, dan pohon huruf Hijaiyah. Aplikasi ini dijamin tidak akan membuat anak-anak bosan untuk belajar dan bermain.

7. Juz Amma

Berikutnya ada aplikasi bernama Juz Amma yang tidak kalah keren untuk dipasang sebagai sarana belajar mengaji. Selain belajar mengaji pengguna juga bisa belajar Juz Amma dan meningkatkan hafalan surat-surat pendek Al Quran. Selain itu, dilengkapi juga dengan Murottal Juz Amma yang cocok sekali didengar untuk menunggu waktu berbuka puasa nanti.

Untuk memikat pengguna lebih bersemangat belajar, aplikasi edukasi ini dibekali dengan ilustrasi kartun yang menarik pada setiap surat, ayat, bacaan latin, dan terjemahannya. Pengguna juga bisa mengganti ilustrasi dan suara sesuai dengan koleksi pribadi agar lebih menarik. Tinggal apa lagi, buruan unduh aplikasi Juz Amma sekarang juga!

8. Belajar Sholat + Audio - Marbel

Si kecil lagi belajar menghafal bacaan shalat? Yuk, kenalan dulu dengan aplikasi Belajar Sholat + Audio - Marbel yang digarap oleh Educa Studio. Aplikasi ini menawarkan fitur dan materi yang lengkap seperti doa-doa shalat setiap waktunya, teks dalam bahasa arab, terjemahan dalam bahasa latin, beragam animasi menarik, dan permainan yang interaktif.

Berbicara menu permainan, terdapat beragam permainan untuk menguji kemampuan anak terdiri dari daya ingat, tepat cepat, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini, mengusung konsep belajar dan bermain menjadi satu lewat gambar, audio narasi, dan animasi yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar anak. Klik tautan, untuk mendaptkan dan memasang aplikasi edukasi satu ini.

9. Belajar Tajwid Lengkap & Audio

Sebagaimana dipaparkan dalam ilmu Qiraah, tajwid ialah salah satu cara untuk membunyikan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang ada di dalamnya. Jelasnya, dengan mempelajari tajwid kita bisa tahu untuk melafalkan huruf-huruf dalam Al Quran maupun hadist dengan baik dan benar.

Nah, bagi kamu yang ingin belajar ngaji sekaligus mengenal tajwid, bisa banget berkenalan lebih dalam dengan memasang aplikasi Belajar Tajwid Lengkap & Audio! Aplikasi tersebut mempersembahkan beragam materi ilmu tajwid secara afdal, dilengkapi dengan berbagai contoh yang ada di dalam Al Quran dan audio cara melafalkannya. Langsung saja unduh aplikasinya di sini!

10. Belajar Bahasa Arab + Suara

Manfaat mempelajari bahasa asing sejak usia dini ialah meningkatkan daya ingat dan menumbuhkan pribadi yang kreatif. Salah satu bahasa asing yang bisa dipelajari si kecil adalah bahasa Arab, bahasa yang didaulat menjadi bahasa PBB. Bagi orangtua yang ingin mengajarkan anaknya bahasa Arab kini bisa menggunakan aplikasi Android bernama Belajar Bahasa Arab + Suara.

Aplikasi ini mengangkat konsep pembelajaran yang interaktif lewat permainan (Puzzle, tebak kata, angka) dan suara menarik, sehingga diharapkan buah hati tidak cepat bosan dan terus bersemangat belajar bahasa Arab. Terdapat beberapa bab meliputi materi benda di dalam rumah dan kelas, angka, nama anggota keluarga, dan masih banyak lagi. Supaya tidak penasaran unduh aplikasinya di sini!

Nah, itulah 10 aplikasi belajar mengaji di Android yang dapat kamu coba ambil manfaatnya. Mengaji merupakan kegiatan yang bernilai positif sehingga perlu dilakukan oleh setiap Muslim. Walaupun aplikasi belajar mengaji di atas dapat mempermudah usahamu untuk belajar Al-Qur’an, tapi sebaiknya kamu tetap dibimbing oleh orang yang sudah ahli.

Jika kamu membutuhkan aplikasi pembelajaran lainnya, terutama pelajaran sekolah, kamu bisa cek artikel mengenai 10 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Berbagai Pelajaran Sekolah ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram