Carisinyal / Aplikasi Musik / Yuk, Coba 10 Aplikasi Belajar Piano yang Praktis & Keren Ini

Yuk, Coba 10 Aplikasi Belajar Piano yang Praktis & Keren Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 September 2019

Untuk bisa mahir bermain alat musik berupa piano, biasanya kebanyakan dari kita akan datang ke tempat les atau bahkan memanfaatkan jasa guru privat yang langsung datang ke rumah. Ada pula yang belajar sendiri secara otodidak melalui video di kanal-kanal YouTube atau bahkan buku-buku musik.

Tapi tahukah Anda, sekarang kita dapat mempelajari alat musik ini dengan mudah lewat aplikasi berkat hadirnya teknologi berupa smartphone dan tablet. Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai 10 aplikasi belajar piano yang bisa Anda download dan gunakan sendiri. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Simply Piano

simply piano aplikasi belajar piano

Nah, kalau Anda mencari aplikasi belajar piano yang praktis dan mudah untuk digunakan, Simply Piano adalah pilihannya. Aplikasi ini memuat banyak lagu-lagu hits dari penyanyi terkenal seperti Sia sampai John Lennon.

Dan tentu saja, Anda juga bisa belajar memainkan lagu-lagu klasik dari komposer dunia seperti Bach atau Mozart. Dengan aplikasi Simply Piano, Anda dapat mempelajari cara bermain piano yang baik dari mulai membaca music sheet sampai latihan bermain piano dengan seluruh jari tangan Anda.

Cara menggunakan aplikasi yang satu ini pun terbilang mudah. Anda hanya perlu menempatkan HP  atau tablet yang Anda miliki di piano akustik atau MIDI sampai keyboard yang Anda punya. Nah, setelahnya, aplikasi ini akan secara otomatis mengetahui instrumen apa yang Anda gunakan untuk bermain atau berlatih piano.

Simply Piano ini bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Oh ya, semua pelajaran yang dimuat dalam aplikasi ini setara dengan kursus piano selama dua tahun, lho. Silakan download aplikasi Simply Piano dari JoyTunes melalui link ini.

2. Perfect Piano

perfect piano aplikasi belajar piano (Copy)

Selain Simply Piano, Anda juga dapat mengandalkan aplikasi Perfect Piano untuk bisa mempelajari alat musik ini dengan mudah. Perfect Piano sendiri memiliki lebih dari 50 sampel lagu yang bisa Anda mainkan dan lagu-lagunya sendiri diupdate setiap minggu.

Oh ya, Anda dapat memainkan lagu klasik maupun pop di Perfect Piano. Ada tiga tingkat kesulitan yang berbeda untuk setiap lagu yang Anda mainkan. Dengan Perfect Piano, Anda dapat bermain bersama atau berkompetisi secara realtime bersama para pengguna lainnya untuk mengasah skill Anda. Yuk, download aplikasi Perfect Piano besutan Revontulet Soft Inc di sini sekarang juga.

3. Flowkey

flowkey aplikasi belajar piano Selanjutnya, ada aplikasi Flowkey besutan developer dengan nama yang sama. Nah, jika Anda menggunakan aplikasi belajar piano yang satu ini, Anda dapat mempelajari lebih dari 500 lagu dari berbagai genre seperti klasik, pop, rock sampai jazz.

Anda juga dapat belajar tentang chord, membaca music sheet dan juga not. Cara memakai aplikasi ini juga terbilang mudah. Anda tinggal menempatkan laptop, HP atau tablet di piano atau keyboard, kemudian pilih lagu yang akan dimainkan. Ingat, pilih sesuai dengan kemampuan Anda dalam memainkan piano, ya. Mudah, bukan?

Nah, kalau Anda baru pertama kali belajar main piano sendiri, supaya Anda nggak kaget sebaiknya ambil dulu kursus dasar yang ada di aplikasi ini. Oh ya, kalau Anda ingin meng-unlock lagu-lagu dan fitur dalam aplikasi, Anda dapat berlangganan versi premiumnya. Gimana, Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi yang satu ini? Silakan download aplikasi Flowkey di sini.

4. Piano Yokee

piano aplikasi belajar piano (Copy)

Aplikasi Piano Yokee juga memungkinkan Anda untuk belajar bermain piano tanpa memerlukan pengalaman sekalipun. Aplikasinya sangat mudah untuk digunakan dan ada banyak lagu yang bisa Anda pelajari di dalam aplikasi yang satu ini.

Oh ya, Anda pun dapat memilih tingkat kesulitan dari lagu yang akan dimainkan, sesuai dengan kemampuan bermain Anda. Piano Yokee juga punya fitur duet style yang memungkinkan Anda untuk memainkan satu bagian lagu dan sebagiannya lagi dimainkan AI dari aplikasi. Download langsung saja aplikasi piano yang dipersembahkan oleh developer Yokee secara gratis melalui link ini.

5. Best Piano Lessons

best piano lessons

 

Best Piano Lessons juga wajib untuk Anda coba, nih. Tidak hanya bisa digunakan untuk mempelajari berbagai macam lagu klasik karangan Mozart, Beethoven atau Chopin saja, Anda juga dapat memakai aplikasi ini untuk merekam permainan Anda sendiri.

Dan tentu, Anda dapat menyimpan hasil rekamannya sesuka hati. Aplikasi ini juga punya banyak fitur lain seperti multitouch, mode belajar, pemuatan dan penyimpanan lagu, tuts piano yang bisa diatur menjadi 10 atau berjumlah 24 dan grafisnya berkualitas HD. Silakan klik link ini untuk mengunduh aplikasi besutan pengembang Netigen ini secara cuma-cuma.

6. Pianist HD

pianist HD

Next, ada aplikasi Pianist HD yang tentunya dapat membantu Anda mengasah skill bermain piano dan membuatnya semakin lebih baik dan lebih baik lagi setiap kali Anda berlatih. Pianist HD sendiri memungkinkan Anda untuk berlatih atau bermain dengan tingkat kecepatan yang disesuaikan dengan kemampuan Anda sendiri.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat menggunakan lebih dari 100 instrumen musikal MIDI sampai beberapa sampel lagu dengan kualitas rekaman studio yang terbaik. Ada lebih dari 45.000 lagu yang bisa Anda mainkan di sini. Jika Anda ingin mencoba aplikasi Pianist HD, silakan langsung unduh aplikasinya lewat link ini.

7. Yousician

yousician

Kalau Anda nggak mau repot-repot belajar piano di tempat les, Anda dapat mengandalkan aplikasi Yousician. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau aplikasi yang satu ini bisa membantu Anda untuk mempelajari alat musik secara mandiri atau otodidak.

Dengan Yousician, Anda tidak hanya dapat mempelajari satu instrumen musik saja. Ya, Anda bisa mengasah skill bermain piano, ukulele, bass dan juga gitar. Ada lebih dari seribu lagu yang dapat Anda gunakan untuk berlatih.

Cara pengoperasiannya pun terbilang mudah, Anda tinggal menaruhnya di atas piano atau dekat alat musik yang ingin Anda mainkan, kemudian tunggu feedback dari Yousician yang akan membantu memperbaiki kesalahan atau menunjukkan bahwa skill bermain piano Anda sudah bagus. Tertarik untuk mencoba? Silakan klik link ini untuk mengunduh aplikasi Yousician dari Yousician Ltd.

8. Real Piano Teacher

real piano teacher

Real Piano Teacher juga bisa membantu Anda menjadi pemain piano yang handal dengan mudah. Aplikasi ini punya banyak fitur menarik seperti mode belajar yang dapat membantu Anda mengasah skill bermain piano dari nol.

Ada juga mode permainan yang bisa Anda manfaatkan untuk berkompetisi bersama orang sekitar dan Anda juga dapat bermain freestyle dengan menggunakan aplikasi Real Piano Teacher ini. Oh ya, aplikasi besutan Mobobi LLC ini punya kualitas audio terbaik, tipe kunci sampai enam oktaf dan dapat dijalankan dengan lancar di perangkat seperti tablet maupun HP. Anda dapat men-download Real Piano Teacher secara gratis lewat link ini.

9. Real Piano

real piano

Aplikasi Real Piano yang digarap oleh Bilkon memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda mempelajari instrumen piano secara otodidak. Anda akan memperoleh ilmu pengetahuan seputar not musik dan juga chord piano dengan mudah.

Ada banyak sekali fitur menarik di aplikasi ini. Mulai dari multitouch, ukuran piano yang bisa disesuaikan, kualitas audio setara studio hingga suara instrumen yang berbeda seperti grand piano, organ sampai gitar.

Anda pun dapat melakukan perekaman pada saat berlatih atau bermain piano virtual yang satu ini. Nah, jika Anda tertarik untuk memakai aplikasi ini, silakan klik link ini untuk mengunduh Aplikasi Real Piano sekarang juga.

10. Piano Keyboard

piano keyboard

Piano Keyboard adalah aplikasi belajar instrumen musik yang dapat digunakan oleh siapa saja, tak terkecuali mereka yang masih pemula. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memainkan lagu jazz klasik sampai lagu pop sekalipun.

Aplikasi ini dapat dijalankan dengan lancar di HP atau pun tablet Android Anda. Tertarik untuk mencoba? Yuk download aplikasi Piano Keyboard melalui link ini.

Nah, sampai di sini pembahasan Carisinyal tentang 10 aplikasi belajar piano yang bisa Anda gunakan untuk belajar piano sendiri kapan saja di mana saja, tanpa bantuan guru atau pun siapapun.

Jika Anda memiliki rekomendasi aplikasi belajar piano lainnya yang tidak kalah bagus dari yang ada di dalam daftar, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar. Namun, jika Anda sedang mencari aplikasi untuk cover lagu, kami pernah membahasnya di artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar