Carisinyal / Aplikasi Musik / 10 Aplikasi untuk Download Lagu Gratis di HP Android

10 Aplikasi untuk Download Lagu Gratis di HP Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Apakah ada yang lebih baik dari streaming lagu-lagu favorit kita secara gratis? Ya, ada begitu banyak aplikasi dan layanan yang menyediakan lagu-lagu untuk didengarkan secara gratis. Sebut saja Spotify, Rdio, Pandora, dan Youtube.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin lebih dari sekedar streaming musik gratis? Terkadang, kita juga ingin menyimpan lagu-lagu favorit di smartphone untuk didengarkan berulang kali. Ya, dengan mengunduh dan menyimpannya, kita jadi bisa mendengarkannya kapan saja meskipun tidak ada koneksi internet.

Nah, beberapa aplikasi untuk download lagu melalui perangkat Android ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengunduh lagu-lagu favorit dengan mudah. Beberapa aplikasi untuk download lagu ini bisa didownload secara gratis di Play Store.

Namun, ingat bahwa lagu-lagu gratis yang biasa Anda unduh secara gratis bisa saja tidak mengantongi izin hak cipta dari si pemilik atau distributor lagu tersebut.  Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki Cretive Commons atau izin Copyleft sebelum mengunduh MP3. Berikut adalah daftar aplikasi untuk mengunduh lagu via perangkat berbasis Android tersebut.

10 Aplikasi untuk Download Lagu Gratis di Android

1. IndiHome Music

IndiHome Music

Aplikasi untuk download lagu yang satu ini memberikan kemudahan bagi pengguna Android untuk streaming dan download lagu secara legal. Ada sekitar dua juta lagu lawas dan baru yang terdapat di IndiHome Music. Kualitas lagu-lagu yang tersedia di aplikasi ini setara dengan kualitas lagu dari CD orisinil.

Di samping itu, IndiHome Music turut menyediakan fitur Mobile Karaoke, di mana Anda bisa menyanyikan lagu favorit kapan dan di mana saja karena aplikasi ini juga menyediakan lirik lagu tersebut. Interface dari aplikasi ini dirancang sederhana dan friendly untuk memudahkan pengguna mengakses musik favoritnya tanpa ribet. IndiHome Music bisa Anda peroleh secara gratis di Google Play Store.

2. Spotify

Spotify

Beberapa bulan terakhir ini Spotify resmi masuk ke Indonesia. Kehadiran aplikasi ini disambut baik oleh pengguna Android di Indonesia. Pasalnya, Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sudah sangat mendunia. Selain itu, lagu-lagu yang tersedia di Spotify juga selalu up-to-date.

Spotify adalah aplikasi untuk streaming musik, namun bila Anda membeli fasilitas Premium di aplikasi ini, maka Anda bisa mengunduh musik favorit Anda untuk didengarkan secara offline. Untuk membeli fasilitas Premium ini Anda hanya perlu membayar 50 ribu rupiah per bulan. Selanjutnya, Anda bisa mengunduh lagu favorit Anda sebanyak mungkin. Spotify sendiri adalah aplikasi yang bisa diinstall secara gratis.

3. JOOX Music

JOOX Music

JOOX Music adalah kompetitor dari Spotify, di mana aplikasi ini juga menyediakan fasilitas untuk streaming musik dan mendownload lagu untuk didengarkan secara offline. Sama seperti Spotify, Anda harus membeli fasilitas JOOX VIP terlebih dahulu agar bisa mengunduh lagu secara offline.

Adapun tarif untuk JOOX VIP adalah 25 ribu untuk 1 minggu, 49 ribu untuk 1 bulan, 139 ribu untuk 3 bulan, 259 ribu untuk 6 bulan, dan 509 ribu untuk 12 bulan. Selain itu, dengan membeli JOOX VIP ini kamu bisa memutar musik sesuka hati, tanpa random, dan bisa streaming musik dengan kualitas yang jauh lebih baik. Nah, tertarik untuk mengunduh JOOX Music di ponsel Anda?

4. Mp3 Music Downloader & Free Music Download

Mp3 Music Downloader & Free Music Download

Selanjutnya, kami meremomendasikan aplikasi Mp3 Music Downloader & Free Music Download. KAlau aplikasi inj punya komsep yang mirip dengan JOOX dan Spotify. Di sini, Anda bisa mendengarkan banyak lagu gratis secara online. Tapi, kalau Anda ingin mendengarkan lagu secara offline, maka bisa unduh lagu-lagu favorit Anda.

Untuk mengunduh lagu di aplikasi ini, Anda tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Namun, Anda harus memaklumi dengan iklan-iklan yang sering muncul, ya. Segera dapatkan aplikasi ini secara gratis di PlayStore melalui link ini.

5. Download Mp3 Music

Download Mp3 Music

Mengunduh lagu favorit tidak perlu repot lagi. PlayStore menyuguhkan berbagai macam aplikasi untuk download lagu yang mudah, praktis, dan juga gratis. Salah satu aplikasi yang disediakan yakni Download Mp3 Music. Sesuai dengan nama aplikasinya, tentu Download Mp3 Music menyediakan berbagai macam musik dan lagu yang beragam.

Anda tak perlu khawatir masalah kualitas lagu, pasalnya Download Mp3 Music menjamin kualitas suara yang High dan juga pastinya memuaskan. Anda mau mendownload lagu favorit di Download Mp3 Music? Tinggal klik di sini dan langsung download aplikasinya.

6. SONGily

Songily

Tak banyak pengguna Android yang mengetahui aplikasi yang satu ini. SONGily adalah aplikasi sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk mengunduh lagu favorit Anda. Antarmuka yang sederhana serta proses download yang mudah membuat SONGily mendapat banyak respon positif dari pengguna Android.

Selain itu, kapasitas memori yang dibutuhkan aplikasi ini juga tidak terlalu banyak, karena SONGily hanya berukuran 3,7 MB saja. SONGily bisa Anda install secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi yang satu ini sudah memperoleh rating sebanyak 4,1 bintang, hal ini membuktikan bahwa aplikasi ini cukup worth untuk dicoba.

7. 4shared

4shared

Selain untuk mendownload video dan gambar, aplikasi 4shared juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk mendownload lagu-lagu favorit Anda. Cara mendownload lagu di 4shared pun tergolong sangat mudah. Awalnya, Anda bisa download aplikasi 4shared.

Kemudian, Anda bisa memasukan identitas diri dengan menggunakan akun Facebook ataupun Gmail. Setelahnya, Anda bisa langsung mencari lagu yang ingin didownload. Lalu, klik download untuk lagu yang ingin disimpan. Juga, 4shared menyuguhkan berbagai macam variasi kapasitas lagu yang ingin Anda download lho. 

8. RockMyRun

RockMyRun

Aplikasi ini mempermudah Anda dalam mendownload lagu-lagu untuk didengarkan secara offline. RockMyRun menyediakan playlist dari beberapa DJ secara random dan soundtrack yang tepat untuk mengiringi aktivitas olahraga Anda.

Aplikasi ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin mendengarkan musik selama sedang berolahraga. Anda dapat menyesuaikan tingkat BPM lagu yang sedang didengarkan dengan detak jantung Anda. RockMyRun memiliki filter yang bisa menyesuaikan playlist lagu-lagu terbaik untuk Anda dengarkan saat berolahraga.

Fitur myBeat mampu mengubah lagu secara otomatis untuk disesuaikan dengan keadaan Anda saat itu. Ada berbagai playlist lagu dari DJ ternama yang siap untuk membuat kegiatan olahraga Anda jadi lebih bersemangat dan menyenangkan. Silahkan unduh aplikasinya secara gratis di sini.

9. Google Play Music

Google Play Music

Dari namanya saja Anda tentu sudah bisa menebak bahwa aplikasi ini masih bersaudara dengan Play Store. Ya, Google Play Music adalah aplikasi andalan dari semua perangkat berbasis Android untuk mengunduh lagu-lagu favorit Anda.

Sekilas aplikasi ini serupa tapi tak sama dengan iTunes milik Apple. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa mengunggah musik Anda sendiri untuk didengarkan melalui perangkat Android. Google Play Music menyediakan akses ke lebih dari 30 juta lagu.

Aplikasi besutan Google Inc. ini sudah diunduh selama 5 juta kali oleh pengguna Android. Beberapa review yang terdapat pada laman aplikasi ini juga menyiratkan bahwa pengguna merasa puas saat menggunakan Google Play Music untuk mengunduh lagu-lagu favorit mereka. Beberapa review tersebut pun mengatakan bahwa aplikasi ini simpel dan sangat easy-to-use.

10. Advanced Download Manager

aplikasi untuk download lagu Advanced Download Manager

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunduh tiga lagu sekaligus, baik dalam format MP3 maupun MP4. Advanced Download Manager juga memberikan pengaturan yang berbeda untuk setiap lagu yang Anda download.

Anda juga bisa mengatur kecepatan download yang akan digunakan sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan badnwith. Penyesuian kecepatan download ini jarang ditemui di beberapa aplikasi pengunduh musik lainnya. Fitur multi-threading membantu untuk mempercepat proses pengunduhan lagu.

Saat mengunduh lagu dengan Advanced Download Manager, layar gadget Anda akan menampilkan proses download yang sedang berjalan. Ketika proses download selesai, maka Anda akan mendapatkan tanda melalui nada atau getaran.

Semua file yang sudah didownload akan tersimpan di memori eksternal perangkat. Aplikasi yang digarap oleh DimonVideo ini sudah diunduh sebanyak 50 juta kali oleh pengguna Android. Silahkan download aplikasinya melalui Google Play Store di sini.

11. Anghami

Anghami

Aplikasi yang menyediakan berbagai lagu internasional tentu sudah biasa. Nah, aplikasi satu ini sangat luar biasa karena menyediakan berbagai musik dari Timur Tengah yang lengkap. Anghami tentu menjadi solusi bagi penggemar musik Arab dan selama ini kesulitan untuk mengunduhnya di internet. Di Arab sendiri, Anghami merupakan layanan serupa dengan Google Play Music.

Tidak hanya menyediakan lagu-lagu bernuansa Arab, Anghami juga menyediakan beberapa lagu internasional. Aplikasi ini juga sudah didukung dengan fitur audio dari Dolby yang memberikan pengalaman berbeda saat mendengarkan musik. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat playlist lagu favorit dan mendengarkannya dimana saja dan kapan saja.

Adapun pricelist untuk menjadi pelanggan Anghami adalah $0.99/bulan untuk mengunduh 20 lagu, $4.99/bulan untuk mengunduh lagu secara unlimited alias sepuasnya, dan $59.99 untuk mengunduh lagu secara unlimited selama 15 bulan penuh.

Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 50 juta kali oleh pengguna Android ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi playlist melalui Instagram, WhatsApp, Twitter, dan Facebook! Silahkan coba aplikasinya dengan mengunduhnya di link ini.

12. Mp3 Music Download

Mp3 Music Download

Mp3 Music Download menyediakan berbagai macam lagu dengan berbagai genre dan negara, sangat lengkap. Selain itu, Mp3 Music Download menawarkan kemudahan untuk download lagu dengan hanya satu kali klik. Bahkan, Anda bisa dengan mudah mencari lagu yang ingin di-download, baik mencarinya berdasarkan list artisnya, judulnya, ataupun genre-nya.

Masih ada lagi hal yang menarik di Mp3 Music Download, yakni Ringtone Maker. Ya, dengan lagu-lagu yang ada di Mp3 Music Download, maka Anda bisa menjadikan lagu tersebut sebagai ringtone HP Anda. Tidak perlu khawatir soal kapasitas, karena Mp3 Music Download hanya memakan ruang 5.8MB saja. Tertarik? Bisa download di sini.

Nah, kumpulan aplikasi pengunduh lagu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengunduh lagu-lagu favorit langsung dari smartphone atau tablet Anda. Aplikasi untuk download lagu ini sangat mempermudah Anda dalam menyimpan lagu-lagu favorit di dalam gadget.

Oh, iya, kalau Anda membutuhkan rekomendasi untuk mendengarkan musik secara online, bisa langsung cek daftar aplikasi selengkapnya di artikel ini. Semoga membantu!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. Dhea Eka Puspita Sari berkata:

    Masuk ke galeri musik ga kira²?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *