carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / 8 Aplikasi untuk Download Lagu Secara Legal di HP Android

8 Aplikasi untuk Download Lagu Secara Legal di HP Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 20 Juli 2021

Sejauh ini cara legal terbaik untuk menikmati berbagai lagu secara gratis adalah YouTube. Namun, memutar lagu di YouTube membutuhkan banyak data karena berbentuk video musik. Jika ingin cara yang lebih hemat data dan mudah, Anda harus beralih menggunakan layanan streaming musik yang legal.

Layanan streaming lagu resmi di Indonesia memang belum banyak jumlahnya. Rata-rata mereka bisa diakses secara gratis, namun dengan fitur yang terbatas serta diselingi dengan iklan. Solusi terbaiknya adalah dengan berlangganan agar bisa mendapatkan semua fitur, termasuk unduh atau download lagu.

Ya, dengan menjadi pelanggan layanan streaming musik legal, Anda dapat mengunduh lagu yang ingin Anda dengar lalu memutarnya saat sedang offline. Misalnya untuk menghemat data seluler Anda, Anda mengunduh berbagai lagu-lagu favorit saat sedang terhubung ke jaringan WiFi. Sekali lagi, fitur unduh lagu ini tidak bisa Anda lakukan kecuali menjadi pelanggan.

Di bawah ini Carisinyal akan membahas beberapa layanan streaming musik yang beroperasi atau dapat diakses oleh pengguna di Indonesia. Artinya Anda bisa menemukan aplikasi mereka di toko aplikasi, dalam hal ini Google Play Store. Berikut adalah ulasannya.

1. Spotify

Spotify

Spotify resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2016 dan kini menjadi salah satu layanan streaming musik yang paling populer di Tanah Air. Kehadiran aplikasi ini disambut baik oleh pecinta musik di Indonesia. Pasalnya, Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sudah sangat mendunia. Selain itu, lagu-lagu yang tersedia di Spotify juga selalu up-to-date.

Jika Anda membeli fasilitas Premium di aplikasi ini, maka Anda bisa mengunduh musik favorit Anda untuk didengarkan secara offline. Untuk membeli fasilitas Premium ini Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 50 ribuan per bulan. Selanjutnya, Anda bisa mengunduh lagu favorit Anda sebanyak mungkin. Spotify sendiri adalah aplikasi yang bisa diinstall secara gratis.

2. JOOX Music

JOOX Music

JOOX Music adalah kompetitor dari Spotify, di mana aplikasi ini juga menyediakan fasilitas untuk streaming musik dan mendownload lagu untuk didengarkan secara offline. Sama seperti Spotify, Anda harus membeli fasilitas JOOX VIP terlebih dahulu agar bisa mengunduh lagu secara offline.

Adapun tarif untuk JOOX VIP adalah sekitar Rp 25 ribuan untuk 1 minggu, Rp 49 ribuan untuk 1 bulan hingga Rp 500 ribuan untuk 12 bulan. Selain itu, dengan membeli JOOX VIP ini kamu bisa memutar musik sesuka hati, tanpa random, dan bisa streaming musik dengan kualitas yang jauh lebih baik. Tertarik untuk mengunduh JOOX Music di ponsel Anda?

3. SoundCloud

soundcloud

Selain bisa mengunduh lagu dari SoundCloud, Anda pun bisa mengunggah suara rekaman Anda sendiri seperti cover ataupun podcast. Aplikasi ini juga akan memberikan sugesti atau saran lagu-lagu yang mirip dengan track yang pernah Anda like sebelumnya. Mendengarkan lagu secara online, mencari lagu dari berbagai genre yang ada, serta membuat playlist merupakan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di SoundCloud.

Aplikasi ini memiliki model bisnis yang sama dengan Spotify, di mana Anda harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa mendengar lagu secara offline. Selain itu aplikasi ini juga memiliki region-lock, ada beberapa track yang muncul di kolom pencarian tapi tidak tersedia untuk Indonesia.

Ada dua plan yang bisa dipilih, yakni SoundCloud Go ($5,99 atau sekitar Rp 80 ribuan per bulan) dan SoundCloud Go+ ($9,99 atau sekitar Rp 140 ribuan per bulan). Salah satu dari keduanya harus dipilih untuk bisa mendownload lagu sebanyak apapun yang Anda mau, beserta fitur-fitur premium lainnya seperti tanpa iklan dan kualitas HQ. Kunjungi laman ini untuk mendownload SoundCloud.

4. Resso Music

Resso Music meramaikan persaingan layanan streaming musik di Indonesia. Mereka masuk ke Indonesia pada tahun 2020. Seperti layanan streaming musik lain, Resso juga menawarkan sejumlah fitur untuk pengalaman menikmati musik yang nyaman, termasuk lirik lagu saat pemutaran dan membuat playlist lagu favorit.

Untuk mendapatkan semua fiturnya, Anda harus berlangganan Resso Premium. Harga langganannya sendiri tidak berbeda jauh dengan pesaing-pesaingnya, yaitu sekitar Rp 49 ribuan per bulan. Fitur premiumnya termasuk download lagu sepuasnya, musik bebas iklan, kualitas audio tinggi, dan lain sebagainya.

5. YouTube Music

youtube music

Mengetahui lagu-lagu yang sedang ngetren menjadi lebih mudah berkat YouTube Music. Ini adalah aplikasi yang membawa nama besar YouTube, sehingga kualitas dan fitur yang dimilikinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Spotify atau Joox, Anda tidak akan asing dengan antar muka pengguna YouTube Music.

Fitur-fiturnya tentu memungkinkan Anda untuk mendengarkan lagu kesukaan Anda. Nantinya aplikasi ini akan mempelajari kebiasaan Anda dan merekomendasikan lagu-lagu lain yang sekiranya sesuai dengan selera pendengarnya. Tidak hanya bisa mendengarkan lagu-lagu rekaman yang resmi, Anda pun bisa mencari berbagai macam cover song ataupun rekaman konser.

Tersedia juga fitur untuk mencari lagu menggunakan potongan lirik bagi Anda yang tidak tahu judulnya. Asyik, bukan? Sayangnya, seperti Spotify dan Joox, Anda harus berlangganan Premium untuk bisa mendownload lagu. Biaya berlangganannya sendiri adalah sebesar Rp 49 ribuan per bulan. Kunjungi laman ini untuk mengunduhnya.

6. Langit Musik

Langit Musik adalah platform streaming musik lokal yang diklaim memiliki lebih dari 6 juta katalog lagu, termasuk katalog lokal, seperti pop, indie, dan tradisional. Sejauh ini aplikasi Langit Musik sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store.

Meskipun koleksinya belum sebanding dengan platform streaming lagu internasional, Langit Musik adalah pilihan yang tidak buruk. Hal ini mengingat biaya langganan di Langit Musik termasuk yang paling murah di daftar ini.

Biaya langganan Langit Musik Premium adalah Rp 6.600 untuk 7 hari atau Rp 22.000 untuk 30 hari. Berlangganan salah satunya berarti Anda bisa mendengarkan lagu tanpa batas juga tanpa iklan juga mendownload lagu untuk didengarkan waktu offline.

7. Deezer

deezer

Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang serupa dengan menggunakan Spotify atau Joox, Deezer Music Player juga layak dicoba. Sudah ada setidaknya 56 juta lagu yang bisa Anda temukan agar hari-hari Anda bisa jadi lebih berwarna.

Seperti Spotify, Deezer juga memiliki fitur serupa yang bisa memperdengarkan playlist berisikan lagu-lagu favorit Anda beserta track lain yang sekiranya akan Anda sukai.

Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali ini pun menghadirkan paket langganan jika Anda ingin mendengar lagu dengan kualitas lebih tinggi serta menyimpannya secara offline. Anda bisa mengunjungi laman download-nya di sini.

8. Apple Music

Seperti namanya, layanan streaming musik yang satu ini dimiliki oleh Apple, perusahaan yang membuat iPhone. Aplikasi Apple Music telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store. Hanya saja rating aplikasi ini tidak sebaik pesaing-pesaingnya di atas, yaitu 3,7 dari hampir 400 ribuan pengulas. Meskipun demikian, Apple Music adalah aplikasi legal yang dapat diandalkan untuk memutar lagu bagi mereka pecinta musik.

Dikutip dari laman resmi Apple, biaya langganannya tergantung penawaran yang Anda pilih. Pelajar dapat memilih Paket Pelajar Apple Music seharga Rp 29 ribu per bulan, sedangkan langganan bulanan individu hanya Rp 49 ribu per bulan setelah percobaan gratis selama tiga bulan.

Nah, kumpulan aplikasi streaming musik legal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengunduh lagu-lagu favorit langsung dari smartphone atau tablet Anda. Aplikasi untuk download lagu ini sangat mempermudah Anda dalam menyimpan lagu-lagu favorit di dalam gadget.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram