Carisinyal / Aplikasi Musik / 20 Aplikasi untuk Download Lagu Gratis di HP Android

20 Aplikasi untuk Download Lagu Gratis di HP Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah ada yang lebih baik dari streaming lagu-lagu favorit kita secara gratis? Ya, ada begitu banyak aplikasi dan layanan yang menyediakan lagu-lagu untuk didengarkan secara gratis. Sebut saja Spotify, Rdio, Pandora, dan Youtube.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin lebih dari sekedar streaming musik gratis? Terkadang, kita juga ingin menyimpan lagu-lagu favorit di smartphone untuk didengarkan berulang kali. Ya, dengan mengunduh dan menyimpannya, kita jadi bisa mendengarkannya kapan saja meskipun tidak ada koneksi internet.

Nah, beberapa aplikasi untuk download lagu melalui perangkat Android ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengunduh lagu-lagu favorit dengan mudah. Beberapa aplikasi untuk download lagu ini bisa didownload secara gratis di Play Store.

Namun, ingat bahwa lagu-lagu gratis yang biasa Anda unduh secara gratis bisa saja tidak mengantongi izin hak cipta dari si pemilik atau distributor lagu tersebut.  Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki Cretive Commons atau izin Copyleft sebelum mengunduh MP3. Berikut adalah daftar aplikasi untuk mengunduh lagu via perangkat berbasis Android tersebut.

1. Spotify

Spotify

Beberapa bulan terakhir ini Spotify resmi masuk ke Indonesia. Kehadiran aplikasi ini disambut baik oleh pengguna Android di Indonesia. Pasalnya, Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sudah sangat mendunia. Selain itu, lagu-lagu yang tersedia di Spotify juga selalu up-to-date.

Spotify adalah aplikasi untuk streaming musik, namun bila Anda membeli fasilitas Premium di aplikasi ini, maka Anda bisa mengunduh musik favorit Anda untuk didengarkan secara offline. Untuk membeli fasilitas Premium ini Anda hanya perlu membayar 50 ribu rupiah per bulan. Selanjutnya, Anda bisa mengunduh lagu favorit Anda sebanyak mungkin. Spotify sendiri adalah aplikasi yang bisa diinstall secara gratis.

2. JOOX Music

JOOX Music

JOOX Music adalah kompetitor dari Spotify, di mana aplikasi ini juga menyediakan fasilitas untuk streaming musik dan mendownload lagu untuk didengarkan secara offline. Sama seperti Spotify, Anda harus membeli fasilitas JOOX VIP terlebih dahulu agar bisa mengunduh lagu secara offline.

Adapun tarif untuk JOOX VIP adalah 25 ribu untuk 1 minggu, 49 ribu untuk 1 bulan, 139 ribu untuk 3 bulan, 259 ribu untuk 6 bulan, dan 509 ribu untuk 12 bulan. Selain itu, dengan membeli JOOX VIP ini kamu bisa memutar musik sesuka hati, tanpa random, dan bisa streaming musik dengan kualitas yang jauh lebih baik. Nah, tertarik untuk mengunduh JOOX Music di ponsel Anda?

3. 4shared

4shared

Selain untuk mendownload video dan gambar, aplikasi 4shared juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk mendownload lagu-lagu favorit Anda. Cara mendownload lagu di 4shared pun tergolong sangat mudah. Awalnya, Anda bisa download aplikasi 4shared.

Kemudian, Anda bisa memasukan identitas diri dengan menggunakan akun Facebook ataupun Gmail. Setelahnya, Anda bisa langsung mencari lagu yang ingin didownload. Lalu, klik download untuk lagu yang ingin disimpan. Juga, 4shared menyuguhkan berbagai macam variasi kapasitas lagu yang ingin Anda download lho. 

4. YouTube Music

youtube music

Mengetahui lagu-lagu yang sedang ngetren menjadi lebih mudah berkat YouTube Music. Ini adalah aplikasi yang membawa nama besar YouTube, sehingga kualitas dan fitur yang dimilikinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Spotify atau Joox juga tidak akan asing dengan UI-nya.

Fitur-fiturnya tentu memungkinkan Anda untuk mendengarkan lagu kesukaan Anda. Nantinya aplikasi ini akan mempelajari kebiasaan Anda dan merekomendasikan lagu-lagu lain yang sekiranya sesuai dengan selera pendengarnya. Tidak hanya bisa mendengarkan lagu-lagu rekaman yang resmi, Anda pun bisa mencari berbagai macam cover song ataupun rekaman konser.

Dan, tersedia juga fitur untuk mencari lagu menggunakan potongan lirik bagi Anda yang tidak tahu judulnya. Asyik, bukan? Sayangnya, seperti Spotify dan Joox, Anda harus berlangganan Premium untuk bisa mendownload lagu. Untungnya Anda masih bisa menggunakan free trial selama sebulan. Biaya berlangganannya sendiri sebesar $9,99 per bulan atau sekitar Rp100-ribuan lebih. Kunjungi laman ini untuk mengunduhnya.

5. Google Play Music

Google Play Music

Dari namanya saja Anda tentu sudah bisa menebak bahwa aplikasi ini masih bersaudara dengan Play Store. Ya, Google Play Music adalah aplikasi andalan dari semua perangkat berbasis Android untuk mengunduh lagu-lagu favorit Anda.

Sekilas aplikasi ini serupa tapi tak sama dengan iTunes milik Apple. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa mengunggah musik Anda sendiri untuk didengarkan melalui perangkat Android. Google Play Music menyediakan akses ke lebih dari 30 juta lagu.

Aplikasi besutan Google Inc. ini sudah diunduh selama 5 juta kali oleh pengguna Android. Beberapa review yang terdapat pada laman aplikasi ini juga menyiratkan bahwa pengguna merasa puas saat menggunakan Google Play Music untuk mengunduh lagu-lagu favorit mereka. Beberapa review tersebut pun mengatakan bahwa aplikasi ini simpel dan sangat easy-to-use.

6. Download Mp3 Music

Download Mp3 Music

Mengunduh lagu favorit tidak perlu repot lagi. PlayStore menyuguhkan berbagai macam aplikasi untuk download lagu yang mudah, praktis, dan juga gratis. Salah satu aplikasi yang disediakan yakni Download Mp3 Music. Sesuai dengan nama aplikasinya, tentu Download Mp3 Music menyediakan berbagai macam musik dan lagu yang beragam.


Anda tak perlu khawatir masalah kualitas lagu, pasalnya Download Mp3 Music menjamin kualitas suara yang High dan juga pastinya memuaskan. Anda mau mendownload lagu favorit di Download Mp3 Music? Tinggal klik di sini dan langsung download aplikasinya.

7. Advanced Download Manager

aplikasi untuk download lagu Advanced Download Manager

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunduh tiga lagu sekaligus, baik dalam format MP3 maupun MP4. Advanced Download Manager juga memberikan pengaturan yang berbeda untuk setiap lagu yang Anda download.

Anda juga bisa mengatur kecepatan download yang akan digunakan sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan badnwith. Penyesuian kecepatan download ini jarang ditemui di beberapa aplikasi pengunduh musik lainnya. Fitur multi-threading membantu untuk mempercepat proses pengunduhan lagu.

Saat mengunduh lagu dengan Advanced Download Manager, layar gadget Anda akan menampilkan proses download yang sedang berjalan. Ketika proses download selesai, maka Anda akan mendapatkan tanda melalui nada atau getaran.

Semua file yang sudah didownload akan tersimpan di memori eksternal perangkat. Aplikasi yang digarap oleh DimonVideo ini sudah diunduh sebanyak 50 juta kali oleh pengguna Android. Silahkan download aplikasinya melalui Google Play Store di sini.

8. Audiomack

audiomack

Buatlah hari-hari Anda lebih menyenangkan dengan mendownload lagu-lagu favorit pada aplikasi Audiomack. Meskipun aplikasi ini merupakan freemium, Anda tidak perlu berlangganan untuk sekadar mengunduh lagu.

Seperti aplikasi lainnya pada daftar, Audiomack juga menyediakan fitur rekomendasi lagu dari sejarah pemakaian Anda seperti pencarian, genre, dan lagu-lagu yang sedang trending.

Audiomack juga terbilang aplikasi berlangganan yang cukup “dermawan”, Anda bisa mendapatkan free trial selama 7 hari dan biaya per bulannya pun hanya Rp25.000,-. Namun jika Anda tidak keberatan dengan iklan banner yang sering muncul dan hanya ingin mengunduh lagu, Audiomack sudah menawarkan value yang tinggi untuk versi gratisnya. Silakan klik link ini untuk mengunduhnya ya!

9. SoundCloud

soundcloud

Selain bisa mengunduh lagu dari SoundCloud, Anda pun bisa mengunggah suara rekaman Anda sendiri seperti cover ataupun podcast. Aplikasi ini juga akan memberikan sugesti atau saran lagu-lagu yang mirip dengan track yang pernah Anda like sebelumnya.

Mendengarkan lagu secara online, mencari lagu dari berbagai genre yang ada, serta membuat playlist merupakan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di SoundCloud.

Aplikasi ini memiliki model bisnis yang sama dengan Spotify, di mana Anda harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa mendengar lagu secara offline. Selain itu aplikasi ini juga memiliki region-lock, ada beberapa track yang muncul di kolom pencarian tapi tidak tersedia untuk Indonesia.

Ada dua plan yang bisa dipilih, yakni SoundCloud Go ($5,99/bulan) dan SoundCloud Go+ ($9,99/bulan). Salah satu keduanya harus dipilih untuk bisa mendownload lagu sebanyak apapun yang Anda mau, beserta fitur-fitur premium lainnya seperti tanpa iklan dan kualitas HQ. Kunjungi laman ini untuk mendownload SoundCloud.

10. Amazon Music

amazon music

Brand Amazon juga tidak mau ketinggalan menghadirkan aplikasi streaming lagu dengan fitur-fitur yang cukup populer di kalangan remaja. Dengan puluhan stations yang bisa dinikmati, Anda tidak akan melewatkan lagu-lagu yang lagi ngehits di zaman sekarang.

Anda pun bisa mengekspektasikan fitur-fitur yang generik pada aplikasi streaming musik seperti membuat playlist, mendapatkan rekomendasi lagu, dan lain-lain. Namun untuk mengilangkan iklan dan mendownload lagu, setidaknya dibutuhkan membership Amazon Prime. Kalau ingin mencoba Amazon Music, kunjungi saja laman downloadnya di link ini.

11. Pandora

pandora

Selanjutnya, Carisinyal merekomendasikan Pandora untuk Anda yang ingin mendownload lagu. Sudah tersedia koleksi lagu terbaru yang cukup lengkap dari sejumlah genre. Dijamin enggak akan mati gaya dengan aplikasi Pandora ini.

Untuk memaksimalkan pengalaman Anda mendengarkan lagu, ada mode-mode seperti Crowd Faves untuk menemukan lagu yang paling sering didengarkan oleh orang lain. Lalu ada pula mode Deep Cuts yang berisikan lagu-lagu yang tidak begitu diketahui banyak orang dari artis yang Anda inginkan. Ingin turut merasakan keasyikannya? Unduh saja Pandora di link ini.

12. Free Mp3 Downloads

free mp3 downloads

13. SONGily

Songily

Tak banyak pengguna Android yang mengetahui aplikasi yang satu ini. SONGily adalah aplikasi sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk mengunduh lagu favorit Anda. Antarmuka yang sederhana serta proses download yang mudah membuat SONGily mendapat banyak respon positif dari pengguna Android.

Selain itu, kapasitas memori yang dibutuhkan aplikasi ini juga tidak terlalu banyak, karena SONGily hanya berukuran 3,7 MB saja. SONGily bisa Anda install secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi yang satu ini sudah memperoleh rating sebanyak 4,1 bintang, hal ini membuktikan bahwa aplikasi ini cukup worth untuk dicoba.

14. Deezer Music Player

deezer

Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang serupa dengan menggunakan Spotify atau Joox, Deezer Music Player juga layak dicoba. Sudah ada setidaknya 56 juta lagu yang bisa Anda temukan agar hari-hari Anda bisa jadi lebih berwarna.

Seperti Spotify, Deezer juga memiliki fitur serupa yang bisa memperdengarkan playlist berisikan lagu-lagu favorit Anda beserta track lain yang sekiranya akan Anda sukai.

Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 2 juta kali ini pun menghadirkan paket langganan jika Anda ingin mendengar lagu dengan kualitas lebih tinggi serta menyimpannya secara offline. Anda bisa mengunjungi laman download-nya di sini.

15. Anghami

Anghami

Aplikasi yang menyediakan berbagai lagu internasional tentu sudah biasa. Nah, aplikasi satu ini sangat luar biasa karena menyediakan berbagai musik dari Timur Tengah yang lengkap. Anghami tentu menjadi solusi bagi penggemar musik Arab dan selama ini kesulitan untuk mengunduhnya di internet. Di Arab sendiri, Anghami merupakan layanan serupa dengan Google Play Music.

Tidak hanya menyediakan lagu-lagu bernuansa Arab, Anghami juga menyediakan beberapa lagu internasional. Aplikasi ini juga sudah didukung dengan fitur audio dari Dolby yang memberikan pengalaman berbeda saat mendengarkan musik. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat playlist lagu favorit dan mendengarkannya dimana saja dan kapan saja.

Adapun pricelist untuk menjadi pelanggan Anghami adalah $0.99/bulan untuk mengunduh 20 lagu, $4.99/bulan untuk mengunduh lagu secara unlimited alias sepuasnya, dan $59.99 untuk mengunduh lagu secara unlimited selama 15 bulan penuh.

Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 50 juta kali oleh pengguna Android ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi playlist melalui Instagram, WhatsApp, Twitter, dan Facebook! Silahkan coba aplikasinya dengan mengunduhnya di link ini.

16. RockMyRun

RockMyRun

Aplikasi ini mempermudah Anda dalam mendownload lagu-lagu untuk didengarkan secara offline. RockMyRun menyediakan playlist dari beberapa DJ secara random dan soundtrack yang tepat untuk mengiringi aktivitas olahraga Anda.

Aplikasi ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin mendengarkan musik selama sedang berolahraga. Anda dapat menyesuaikan tingkat BPM lagu yang sedang didengarkan dengan detak jantung Anda. RockMyRun memiliki filter yang bisa menyesuaikan playlist lagu-lagu terbaik untuk Anda dengarkan saat berolahraga.

Fitur myBeat mampu mengubah lagu secara otomatis untuk disesuaikan dengan keadaan Anda saat itu. Ada berbagai playlist lagu dari DJ ternama yang siap untuk membuat kegiatan olahraga Anda jadi lebih bersemangat dan menyenangkan. Silahkan unduh aplikasinya secara gratis di sini.

17. MP3 Music Downloader & Download Free Music Song

mp3 downloader

Bosan dengan pilihan aplikasi yang mengharuskan Anda berlangganan? Nah, aplikasi MP3 Music Downloader yang satu ini dijamin cocok untuk Anda. Koleksi lagu-lagunya sangat lengkap dan Anda bisa melakukan kegiatan streaming serta mengunduh lagu tanpa harus membayar biaya sepeserpun.

Tapi tentu saja yang namanya aplikasi gratis, pasti akan menampilkan iklan yang cukup banyak. Beberapa ulasan mengatakan iklan-iklan yang ada cukup mengganggu, tapi terlepas dari hal ini MP3 Music Downloader tetap menawarkan pengalaman yang mengesankan dengan antarmukanya yang cantik serta navigasinya yang straightforward.

Bahkan Anda pun bisa mencari lagu menggunakan tiga mesin pencari yang berbeda. Untuk mengunduh aplikasi ini secara gratis, cukup dengan mengklik tautan ini.

18. Napster Music

napser

Napster termasuk sebuah aplikasi hidden gem yang memungkinkan penggunanya mendengarkan lagu tanpa henti. Setelah berpartisipasi dalam program free trial selama sebulan, akan ada biaya bulanan yang harus dibayarkan – sebuah bisnis model yang cukup umum untuk aplikasi lagu semacam ini.

Nikmatilah koleksi lagu lebih dari 60 juta track. Untuk Anda yang menyukai playlist dari pengguna lain, Anda pun bisa mengikuti user tersebut untuk senantiasa menemukan lagu-lagu yang sama-sama kalian sukai.

Hingga artikel ini diturunkan, Napster yang awalnya dinamakan Rhapsody ini baru diunduh sebanyak 165 ribu kali. Tapi ia sudah mendapatkan rating sebanyak 4,4, menandakan bahwa aplikasi ini memang memberikan pengalaman mendengarkan lagu yang baik kepada para penggunanya. Yuk unduh aplikasinya melalui link ini!

19. Whim Music Lite

whim

Layanan cloud memang tempat yang bagus untuk menyimpan lagu-lagu kesukaan. Nah, kalau Anda ingin mendengarkan lagu yang tersimpan di OneDrive ataupun Google Drive, sudah ada Whim Music Lite yang bisa diandalkan.

Anda pun bisa mengsinkronkan lagu-lagu yang tersimpan di ponsel untuk diputar pada aplikasi ini. Sementara itu, sudah ada sejumlah lagu dan podcast yang bisa diunduh dari berbagai artis ternama. Aplikasi Whim Music Lite ini bisa diunduh dengan gratis melalui link ini.

20. Wynk Music

Wynk Music

Wynk Music adalah rekomendasi berikutnya dari Carisinyal. Meskipun ia berbekal antarmuka yang terlihat kurang polished, aplikasi ini memungkinkan Anda mengunduh lagu dan video secara cuma-cuma tanpa harus terhubung ke akun manapun.

Tinggal ketikkan judul lagu yang ingin diunduh kemudian aplikasi akan menampilkan bermacam-macam pilihan sesuai dengan kata kunci yang diinputkan. Saat memilih menu download, Anda akan dialihkan ke browser dan progres pengunduhan pun akan segera berjalan. Keuntungannya, lagu yang diunduh di aplikasi ini akan terdeteksi oleh galeri lagu. Untuk memiliki aplikasi Wynk Music, download di sini.

Nah, kumpulan aplikasi pengunduh lagu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengunduh lagu-lagu favorit langsung dari smartphone atau tablet Anda. Aplikasi untuk download lagu ini sangat mempermudah Anda dalam menyimpan lagu-lagu favorit di dalam gadget.

Oh, iya, kalau Anda membutuhkan rekomendasi untuk mendengarkan musik secara online, bisa langsung cek daftar aplikasi selengkapnya di artikel ini. Semoga membantu!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Dhea Eka Puspita Sari berkata:

    Masuk ke galeri musik ga kira²?

  2. Download Crack Woo Badge Designer Crack Scripts for WordPress.

    You can find top templates for Blog softwares.

  3. Tak kan terganti andika kangen band

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *