Carisinyal / Aplikasi Optimisasi Game / 10 Aplikasi Game Booster Terbaik untuk PC dan Laptop

10 Aplikasi Game Booster Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi para gamers, nama Game Booster tentu sudah tidak asing lagi. Game booster adalah software yang dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi para gamers. Game booster akan meningkatkan kinerja dari prosesor, RAM, hard disk, hingga kartu grafis sehingga akan meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan.

Dengan begitu, permainan yang sedang Anda mainkan akan berjalan secara lancar, tanpa lag, dan cepat. Game booster ini sangatlah berguna bagi Anda yang memiliki komputer dengan spesifikasi pas-pasan namun ingin memainkan game kelas atas..

Ada beberapa software game booster yang menawarkan pengalaman bermain game yang luar biasa untuk Anda. Berikut ini Carisinyal berhasil merangkum beberapa game booster terbaik yang bisa Anda install untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih baik.

1. Wise Game Booster

Wise Game Booster terbaik

Perangkat lunak yang satu ini baru dirilis pada tahun 2014. Jadi, mungkin para gamers tidak terlalu mengetahui software boosting ini. Wise Game Booster dapat mempercepat performa komputer dengan baik saat digunakan untuk bermain game.

Selain itu, sebagian besar orang yang pernah menggunakan software ini cukup puas karena Wise Game Booster sangat baik dibandingkan software sejenis lainnya. Selain itu, software yang dapat didownload secara gratis ini dapat mendukung segala jenis game multiplayer yang Anda mainkan.

2. Razer Game Booster

Razer Game Booster

Sebagai salah satu produsen perangkat game terkemuka, Razer juga ingin memberikan pengalaman bermain game terbaik bagi para penggemarnya. Salah satunya adalah dengan merilis perangkat lunak yang akan membantu mengoptimalkan kinerja game yang dimainkan.

Razer bekerja sama dengan iOBit untuk menghasilkan Razer Game Booster yang diklaim dapat mengoptimalkan perangkat Anda untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik saat digunakan untuk memainkan berbagai macam game.

Software ini mampu menutup program dan layanan yang tidak diperlukan dengan tujuan untuk mengurangi beban sistem. Di samping itu, Razer Game Booster juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat bermanfaat, seperti FPS Counter, Screenshot Gallery, dan Driver Updater.

3. Geforce Experience

Geforce Experience

Selanjutnya, kita berkenalan dengan salah satu game booster besutan Nvidia. Geforce Experience akan bekerja dengan sangat baik di komputer yang menggunakan GPU Nvidia. Di samping itu, Geforce juga cukup stabil pada komputer AMD.

Sama seperti software sejenis lainnya, Geforce akan mengoptimalkan pengalaman gaming Anda. Tak hanya sampai di situ, Geforce juga menjaga driver komputer tetap up to date. Geforce juga dapat diandalkan untuk streaming game melalui Nvidia Shield.

4. Iobit Game Booster

Iobit Game Booster

Masih mencari aplikasi tambahan untuk membuat aktivitas gaming Anda jadi lebih cepat dan stabil? Cobalah untuk menginstall Iobit Game Booster pada PC atau laptop Anda. Ini adalah aplikasi sederhana yang dapat membuat performa PC jadi lebih cepat meskipun Anda sedang memainkan game yang berat sekalipun.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Iobit Game Booster? Apakah perlu trik khusus? Tidak perlu. Setelah aplikasi ini terpasang pada PC Anda, buka aplikasi tersebut, dan klik tombol dengan tulisan “Start Boost”. Setelah itu, aplikasi ini akan meningkatkan performa PC dan laptop Anda agar lebih stabil dan minim lag ketika dipakai untuk gaming.

5. GameFire

GameFire

GameFire menyediakan berbagai fitur penguat permainan yang populer, seperti aplikasi manager yang berfungsi untuk mematikan program atau aplikasi liar yang tidak diperlukan, folder permainan defragger untuk menjaga file Anda tetap berdekatan dengan disk, dan berbagai sistem untuk tweak di Windows.

Daya tarik dari GameFire ini memang terletak pada fitur-fitur yang dimilikinya. Namun, aplikasi ini akan membawa beberapa perangkat lunak lainnya pada saat proses instalasi. Jika tidak suka dengan software bawaannya tersebut, Anda dapat langsung menghapusnya setelah proses instalasi selesai.

6. MSI Afterburner

MSI Afterburner

Ini merupakan sebuah aplikasi yang siap membuat GPU Anda memiliki kinerja yang lebih baik. MSI Afterburner merupakan salah game booster terbaik yang layak untuk dipertimbangkan. Software ini mampu membuat tweak pada tegangan tinggi, core, dan shader clocks.

Selain itu, Afterburner bisa  mengontrol kecepatan kipas dengan slider dan memantau statistik vital kartu Anda melalui serangkain grafik. Afterburner merupakan software yang tepat bagi Anda yang gemar memainkan game-game HD yang cukup berat.

7. Razer Surround

Razer Surround

Game booster yang satu ini memang dirancang untuk memainkan game 3D dengan surround sound. Dengan Razer Surround, Anda akan mendengarkan efek suara yang luar biasa meskipun Anda hanya menggunakan headset murah dengan kualitas yang tidak terlalu tinggi. Aplikasi ini menggunakan kartu suara virtual sehingga Razer Surround dapat mencapai efek audio yang terarah.


Game booster ini dijual dengan harga $19.99, namun Razer Surround bisa diperoleh secara gratis hingga tanggal 31 Desember mendatang. Razer meminta para gamers yang mengunduh software ini untuk melakukan donasi amal untuk anak-anak yang membutuhkan.

8. AMD Raptr

AMD Raptr

Software ini memiliki kinerja yang hampir sama dengan Geforce Experience. Hanya saja, AMD Raptr tentu akan bekerja lebih optimal di komputer yang menggunakan kartu grafis dari AMD, baik itu kartu grafis lawas maupun yang terbaru.

Anda dapat mengoptimalkan segala jenis permainan dengan dengan AMD Raptr ini. Berapa pun game yang diinstal di komputer Anda, boosting saja dengan AMD Raptr untuk mencegah lag dan mempercepat kinerja dari game itu sendiri.

9. EVGA Precision

evga precission

EVGA adalah pilihan yang sangat baik untuk overlocking kartu grafis Nvidia. Software ini memungkinkan Anda untuk men-tweak lock GPU, memory clocks, tegangan, dan bahkan pengaturan putaran kipas agar komputer Anda tidak overheat ketika bermain game.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur 10 profil konfigurasi yang berbeda untuk pengaturan overlocking Anda. Beberapa fitur menarik, seperti frame rate cap dan built-in benchmark juga bisa Anda nikmati jika Anda menginstal EVGA Precision.

10. ROCCAT Power Grid

Ini adalah sebuah aplikasi open beta yang dapat mengubah smartphone atau tablet Android menjadi layar kedua untuk komputer Anda. Software ini menampilkan serangkaian grid berisi informasi sistem, kontrol audio, stream media sosial, serta kontrol kustom dan macro untuk berbagai game dan program.

Melalui software ini, Anda bisa berbagi grid kontrol kustom untuk para gamers lainnya. Satu hal yang paling penting, ROCCAT Power Grid akan memberikan kenyamanan yang luar biasa saat Anda bermain game.

Game booster diciptakan untuk meningkatkan performa sistem saat digunakan untuk gaming. Perangkat lunak ini akan menutup semua aplikasi atau program yang sedang berjalan di komputer Anda. Tujuannya adalah untuk mengalokasikan sumber daya sistem ke game yang sedang Anda jalankan.

Jika Anda adalah seorang gamer, mengapa Anda membutuhkan salah satu game booster terbaik di atas? Karena kelancaran saat gaming adalah prioritas utama bagi seorang gamer. Lag atau sistem yang lambat dapat membuat Anda kalah saat bermain game. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menginstal salah satu game booster di atas.

Artikel Terkait

Baca Juga

5 Responses

  1. Makasih gan,recomended banget buat gamer yang hanya bisa main di pc low spek.Dengan aplikasi ini kinerja pc bisa lebih baik dan game bisa berjalan lebih lancar.

    1. BTW nih admin,saya mau ngomong kalau saya nulis artikel di blog saya dengan judul tips bermain game dengan lancar di pc/laptop low spek (ini linknya lionphysics4n.id/2017/06/tips-bermain-game-agar-lancar.html) dan di artikel tersebut saya mencantumkan satu kata kunci yang saya berikan link menuju artikel ini.

      Saya cuma ingin admin tahu dan saya harap admin bisa bantu share artikel tersebut :).

      1. Promo ya mas?

  2. diantara software game booster di atas yang paling bagus yang mana?

    1. sebenarnya peningkatan pake aplikasi ini gak terlalu efektif yang paling bagus itu aplikasi game booster yang bawaan dari vendornya sih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *