carisinyal web banner retina

4 Aplikasi Streaming Bola Terbaik di HP Android & iPhone

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Merasa suka bola saja rasanya belum cukup. Anda juga perlu menonton siaran bola untuk mendukung tim favorit Anda, bukan? Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi streaming bola untuk smartphone Android Anda.

Dengan adanya aplikasi streaming bola, Anda tak perlu rebutan TV dengan keluarga di rumah. Cukup manfaatkan smartphone Android ataupun Apple dan nikmati keseruan laga. Simak ulasan aplikasi streaming bola terbaik berikut.

1. Vidio

liga inggris vidio_

Vidio adalah platform resmi yang mengantongi hak siar Liga Inggris di Indonesia. Anak perusahaan grup Emtek ini sedianya menyiarkan kasta teratas Liga Inggris, Premier League, mulai musim 2022-2023 sampai 2024-2025.

Vidio tak cuma menyiarkan Premier League. Para pecinta bola bisa menikmati pertandingan Liga Indonesia (BRI Liga 1), Liga 2 Indonesia (Pegadaian Liga 2), La Liga (Liga Spanyol), Serie A (Liga Italia), dan seluruh pertandingan Timnas Indonesia.

Pertandingan dari ajang lain seperti Ligue 1 (Liga Perancis), Liga Portugal, Liga Champions, Liga Europa (UEL), Liga Konferensi Eropa (UECL), dan UEFA Youth League bisa ditonton.

Buat yang ingin melihat Liga Arab Saudi agar bisa menyaksikan bintang semacam Cristiano Ronaldo pun bisa. Hal ini lantaran Vidio menyediakan paket langganan untuk kanal SPOTV, kanal yang menyiarkan Liga Arab Saudi.

Saya merasa nyaman selama menggunakan Vidio. Pasalnya, fitur yang disediakan cukup banyak. Mulai dari pengaturan resolusi, opsi untuk mempercepat tayangan (berlaku untuk tayangan replay), dan statistik selama pertandingan.

Anda bahkan bisa melihat statistik secara spesifik ke salah satu pemain. Jadi Anda bisa menilai penampilan suatu pemain yang diturunkan di pertandingan.

vidio
Tampilan statistik pemain pada tab Player Performance di Vidio

Nah, kalau Anda ketinggalan menonton suatu pertandingan, Anda bisa menonton tayangan ulangnya, bahkan mengunduhnya secara full untuk ditonton dalam kondisi offline. Tayangan yang tersedia tak cuma pertandingan.

Vidio juga menyediakan tayangan pendek pertandingan (highlight), momen-momen yang terjadi sepanjang pertandingan, wawancara eksklusif terhadap pemain atau pelatih, hingga sajian berita terkait klub. Tidak ada iklan selama saya menikmati tayangan di Vidio.

Vidio menerapkan tarif tertentu agar bisa berlangganan kontennya. Yang paling murah adalah paket "Platinum Mahasiswa" yang per bulannya dikenakan biaya Rp19 ribu. Murah bukan? Saya sendiri pilih paket Diamond Mobile. Diamond Mobile pas buat saya yang suka menonton Liga Inggris serta Liga Champions.

Harga paket tersebut Rp65.490 (sudah termasuk PPN). Menurut saya, tarifnya cukup terjangkau dan sepadan dengan layanan yang dihadirkan. Unduh Vidio di Google Play Store atau Apple App Store untuk mulai menonton tayangan bola kesukaan Anda.

2. Mola TV

mola tv_

Mola TV bagi saya adalah platform yang bagus. Ada banyak koleksi film keren yang ada di Mola TV dan bisa ditonton sekalipun Anda tidak langganan. Platfrom satu ini pun kondang dengan tayangan MMA (Mixed Martial Arts).

Namun, Mola juga punya hak siar pertandingan bola dari beberapa kompetisi. Anda bisa menikmati pertandingan Eredivisie (Liga Belanda), Serie B (Liga Italia divisi kedua), A League (Liga Australia), Copa LIbertadores, Copa Sudamericana, dan Carabao Cup (Piala Liga Inggris).

mola
Showcase pertandingan di Mola TV

Tarif yang dikenakan Mola TV cukup terjangkau yakni mulai dari Rp59 ribu (Paket Entertainment + Sport Single Stream 1 bulan). Selama menggunakan Mola TV, saya merasa bahwa platform ini simpel. Ia sangat ramah pengguna. Tidak ada fitur neko-neko, juga tidak ada iklan.

Orang pun tinggal cari pertandingan yang akan ditonton, lalu klik dan saksikan. Selain melihat tayangan live, Anda juga bisa menonton tayangan dari pertandingan yang sudah digelar (highlight). Mola TV bisa di unduh di Play Store dan App Store.

3. beIN SPORTS

bein Sports_

Saya menyarankan Anda untuk mengunduh beIN SPORTS jika Anda adalah penggemar berat klub Manchester United, Arsenal, Liverpool, atau Chelsea. Pasalnya, hanya di beIN Anda bisa menonton konten eksklusif dari MUTV, Arsenal TV, LFC TV, dan Chelsea TV.

Jadi kalau ada pertandingan, misalnya Liverpool Legends yang berisi pemain-pemain zaman dulu, Anda bisa menontonnya sambil bernostalgia. Namun, konten eksklusif dari empat klub Liga Inggris tadi hanyalah salah satu hal menarik yang dipunyai beIN SPORTS.

Sajian utama dari platform ini adalah pertandingan Serie A (Liga Italia), La Liga (Liga Spanyol), Ligue 1 (Liga Perancis), PIala FA, Community Shield, FA Youth Cup, Ligue 2 (kasta kedua Liga Perancis), dan Liga Champions Afrika.

Menurut saya, beIN SPORTS adalah salah satu platform yang punya tata letak sistematis. Sebab Anda bisa mencari pertandingan berdasarkan kompetisi atau klub yang akan bertanding. Pertandingan-pertandingan yang statusnya live dan upcoming pun ditaruh di beranda agar orang lebih mudah mengaksesnya.

Selain itu, Anda juga bisa mencari tayangan pertandingan berdasarkan tanggal. Hal selanjutnya yang saya suka dari platform ini adalah ada opsi pemilihan kualitas video, tampilan statistik pertandingan, line up pemain, dan bagi yang ketinggalan momen-momen penting bisa melihat timeline pertandingan.

bein sports
Tampilan statistik pertandingan beIN SPORTS

Untuk yang tak sempat menonton pertandingan secara live, beIN SPORTS menyediakan tayangan highlight dan tayangan tunda secara full. Hanya saja, dua tayangan tersebut memiliki jangka waktu kedaluwarsa. Jadi pastikan Anda menontonnya sebelum datang gameweek selanjutnya.

Hal yang tak kalah penting tidak ada iklan di platform ini. beIN SPORTS mematok tarif yang cukup terjangkau bagi yang ingin menonton seluruh kontennya. Anda cukup mengeluarkan dana Rp50 ribu untuk langganan sebulan dan Rp399 ribu untuk langganan setahun.

Kalau Anda memilih paket bulanan secara kontinu, harga yang dikenakan Rp45 ribu. Yang menarik, beIN SPORTS tidak membedakan tarif berdasarkan media pemutaran yang Anda pakai. Jadi Anda bisa lebih bebas menikmati pertandingan. Mau di smartphone, laptop, atau smart TV, semuanya bisa!

Bagaimana? Anda cocok dengan platfrom yang satu ini? Anda bisa Anda bisa mengunduh aplikasi beIN SPORTS Connect di Google Play Store serta Apple App Store.

4. Vision+

vision+ 1-side_

Vision+ dari MNC Media menyuguhkan yang tak Anda temukan di platfrom lain. Di aplikasi ini, Anda bisa menonton Liga Champions Asia, Piala AFC, Kualifikasi Piala Dunia untuk Timnas Indonesia, dan beberapa pertandingan persahabatan dari timnas tertentu.

Vision+ bersama dengan seluruh media grup MNC pun menjadi pemilik hak siar untuk Piala Eropa (Euro) 2024 dan 2028. Tarif langganan untuk menyaksikan pertandingan bola di Vision+ cukup terjangkau. Yang paling murah adalah paket Premium Sports seharga Rp35 ribu (belum termasuk PPN) untuk 30 hari.

Selama menggunakan Vision+, saya merasa bahwa tampilan platfrom ini simpel. Anda bisa mencari pertandingan berdasarkan kompetisinya. Tidak ada opsi macam-macam pada saat memutar tayangan. Hanya ada backward, forward, dan pengaturan volume.

vision plus
Vision+ menayangkan Euro 2024

Ada juga sih opsi untuk memilih bahasa audio-nya. Mungkin ini adalah pengaturan untuk memilih komentator dari bahasa tertentu. Namun, selama saya memakai Vision+, hanya tersedia pilihan bahasa Inggris.

Saya pun iseng mencoba login dengan dua akun berbeda saat memakai Vision+. Akun pertama akun yang sudah langganan paket, akun kedua tidak langganan. Untuk akun yang sudah langganan, saya tidak menemukan adanya iklan.

Untuk akun yang tanpa langganan, ada iklan saat saya menonton konten-konten gratis. Tayangan highlight pertandingan termasuk yang gratis.

Satu catatan dari Vision+ adalah Anda tak bisa menonton tayangan ulang (replay) pertandingan secara full. Jadi kalau kelewatan menonton pertandingan secara live, Anda cuma bisa menonton highlight-nya.

Catatan lain adalah tidak ada opsi untuk mengatur resolusi video. Kemungkinan kualitas videonya akan turun sendiri ketika koneksi internet yang Anda pakai sedang terganggu. Anda bisa mengunduh Vision+ di Google Play Store maupun Apple App Store.

Itulah rekomendasi aplikasi streaming bola terbaik versi Carisinyal. Mana aplikasi yang menjadi favorit Anda untuk menonton bola?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram