carisinyal web banner retina

8 Aplikasi Terbaik untuk Membaca Komik di Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Jika zaman dulu orang membaca komik dengan membawa buku komik, namun berbeda dengan zaman canggih seperti saat ini. Hanya dengan smartphone, saat ini semua pecinta komik bisa menikmati bacaan dengan menggunakan sebuah aplikasi untuk membaca komik, baik membaca komik offline maupun membaca komik online.

Kali ini, tim Carisinyal akan membahas beberapa aplikasi untuk membaca komik yang paling populer di Android. Berikut daftarnya.

1. LINE Webtoon

Line WEBTOON

Aplikasi untuk membaca komik yang satu ini mungkin sudah tidak asing untuk kebanyakan orang. Webtoon merupakan salah satu aplikasi untuk membaca komik yang paling populer dengan total pengunduh aplikasi lebih dari 600.000.

Komik-komik yang disediakan dalam aplikasi Webtoon sangat memiliki banyak genre. Salah satu yang paling populer adalah genre romance.

Tim Carisinyal sendiri sedang membaca Webtoon paling populer berjudul "Marry My Husband". Kami juga menyukai komik lain dengan judul "Tales of the Unusual". Keduanya punya cerita menarik, unik dan seru untuk dibaca.

FYI, baca komik di Webtoon tidak hanya dikategorikan dengan genre yang berbeda. Di sini, kita bisa baca komik berdasarkan hari publish-nya. Kalau untuk komiknya sendiri, diterbitkan per episode. Ada beberapa episode yang gratis, ada pula yang berbayar dan mengharuskan tim Carisinyal untuk subscribe. Ada juga komik berbayar dengan koin LINE.

Jika Anda tidak ingin membaca secara online, Anda masih bisa membaca komik offline melalui Webtoon dengan cara men-download komik tersebut.

Oh iya, buat Anda yang suka membuat komik, LINE menyajikan tab Canvas. Anda dapat menerbitkan komik karya sendiri agar dibaca oleh banyak pengguna Webtoon lainnya. Kami menemukan komik dari berbagai genre di tab Canvas ini.

Dengan Webtoon, Anda bisa menikmati membaca komik online kapan saja dan di mana saja. Mudah bukan?

Hal yang tim Carisinyal sukai dari LINE Webtoon:

  • Antarmuka simpel, ada fitur download untuk baca komik offline
  • Genre komik luas, didukung terjemahan dalam berbagai bahasa
  • Ada fasilitas untuk publish karya sendiri
  • Komik dipisah dengan berbagai kategori
  • Ada fitur komentar di setiap komik

Hal yang perlu diperhatikan dari LINE Webtoon:

  • Ada sistem subscribe, beberapa episode dari komik ada yang berbayar

2. MangaToon

mangatoon

Mau baca komik sekaligus manga dalam satu aplikasi? Kalau begitu, pilihan yang tepat untuk mengunduh MangaToon.

Aplikasi satu ini menyediakan banyak sekali genre cerita komik, mulai dari action, romance, slice of life, dan masih banyak lagi. Demi kenyamana para pembaca, MangaToon tidak hanya menyiapkan cerita menarik tapi juga tampilan gambar dengan kualitas dan resolusi yang baik.

Selain itu, bagi Anda yang tidak ingin membaca komik secara online, maka Anda bisa manfaatkan fitur download. 

Fitur tersebut memudahkan Anda untuk membaca komik tanpa terkoneksi internet. Jadi, Anda cukup mengunduh komik yang ingin dibaca, kemudian komik yang diunduh akan disimpan dalam storage HP Anda, dan bacalah secara offline. 

Oh iya, tidak semua komik di MangaToon bisa dibaca secara gratis. Ada sistem subscribe dan episode berbayar akan terkunci. Kami memiliki kesempatan baca episode yang terkunci dengan menggunakan voucher yang diberi MangaToon secara cuma-cuma. Kalau tidak, kami harus menonton iklan.

Di MangaToon, Anda dapat berinteraksi dengan sesama pengguna lewat Plaza Buku. Di sini, biasanya para pengguna membuat postingan tentang komik-komik favorit mereka di MangaToon. Anda juga bisa mengikuti ragam event, atau menulis karya sendiri.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari MangaToon:

  • Genre komik luas, tersedia terjemahan di berbagai bahasa
  • Ada fitur Plaza Buku, bisa berinteraksi dengan sesama pengguna
  • Bisa unduh komik untuk dibaca secara offline
  • Banyak event seru untuk diikuti

Hal yang perlu diperhatikan dari MangaToon:

  • Tidak semua episode komik bisa dibaca gratis

3. WebComics

weomics

Jika Anda ingin membaca komik dengan tema dan cerita yang bervariasi, maka cobalah untuk men-download aplikasi WebComics. Anda akan menemukan berbagai genre. Sebut saja seperti supernatural, fantasi, horor, misteri, hingga romance

Rata-rata, yang disuguhkan di sini adalah manhua. Tim Carisinyal sendiri sempat membaca beberapa judulnya. Kami merasa nyaman, karena hanya perlu melakukan scrolling layar untuk membaca. 

Selain itu, setelah selesai membaca chapter pertama, chapter berikutnya langsung terpampang di bawah. Jadi, kami tak perlu menekan tombol-tombol tertentu.

WebComics menyediakan komik gratis juga premium. Khusus pengguna yang berlangganan premium, ada beberapa benefit yang akan didapat. Dua di antaranya adalah aktivitas baca komik tanpa khawatir adanya iklan, serta early access untuk komik-komiknya.

Sementara itu, untuk komik gratisnya bisa dinikmati dalam waktu terbatas. Ada free pass yang dapat digunakan selama 48 jam. Jadi, Anda harus menamatkan bacaan di rentang waktu tersebut.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari WebComics:

  • Antarmuka ramah untuk pengguna
  • Tersedia komik gratis dan premium
  • Ada terjemahan ke berbagai bahasa
  • Genre komik beragam

Hal yang perlu diperhatikan dari WebComics:

  • Waktu baca komik gratis terbatas
  • Konten komik rata-rata untuk orang dewasa

4. Marvel Unlimited

marvel unlimited

Tim Carisinyal menemukan banyak koleksi cerita Marvel di Marvel Unlimited. Ada lebih dari 10.000 komik digital yang bisa dibaca di sini. Salah satu yang kami temukan dan baca adalah "Miles Morales: Spider-Man" dengan lebih dari 5 volume.

Antarmuka aplikasi ini sangat simpel. Dengan hanya melakukan tap, kita bisa berpindah halaman saat membaca komik digitalnya. Selain itu, kehadiran fitur "Smart panel" cukup membantu ketika kami ingin melakukan split screen. Jadi, kami bisa melakukan aktivitas lain di perangkat selama membaca komik.

Aplikasinya juga menyediakan fitur unduhan untuk membaca komik-komik Marvel secara offline. Oh iya, komik di sini tidak bisa diakses gratis. Ada layanan berlangganan bulanan atau tahunan, dengan tarif tertentu.

Menurut kami sih, tarif yang ditetapkan cukup worth it, mengingat kami bisa baca komik Marvel original. Tidak cuma yang lama, tapi juga komik-komik terbaru. Saat pertama mendaftar akun, kami dapat masa percobaan layanan selama 7 hari. Jika Anda tertarik, silakan unduh aplikasinya, ya.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari Marvel Unlimited:

  • Antarmuka simpel, memudahkan untuk pembaca
  • Ada "Smart panel" yang bisa digunakan untuk split screen
  • Bisa unduh komik sesuai kebutuhan untuk dibaca secara offline
  • Koleksi komik diperbarui secara berkala

Hal yang perlu diperhatikan dari Marvel Unlimited:

  • Ada tarif berlangganan, konten tak dapat dinikmati secara gratis

5. Manta

manta

Manta jadi salah satu aplikasi baca komik yang kami rekomendasikan. Aplikasinya punya banyak koleksi komik dengan terjemahan ke berbagai bahasa juga, termasuk bahasa Indonesia. Baca komik di Manta masih pakai cara scroll layar yang menurut kami kurang praktis, tapi tak jadi masalah besar.

Komik-komiknya bisa kami unduh supaya tersedia secara offline. Komik di sini dibagi berdasarkan musim, volume, dan episode.

Oh iya, di Manta, Anda diberi akses gratis ke komik-komik tertentu selama 48 jam dengan "Free pass". Jadi, episode yang berbayar bisa Anda baca selama 48 jam kedepan. "Free pass" ini akan diperbarui setiap 24 jam.

Koleksi komik di Manta rata-rata untuk usia 17+, ya. Pastikan usia Anda sudah mencukupi sebelum mengakses konten di Manta. Unduh di Google PlayStore.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari Manta:

  • Genre konten luas, mulai dari romansa sampai fantasi
  • Ada "Free Pass", bisa baca komik gratis
  • Komik disortir berdasarkan musim, volume dan episode
  • Tersedia fitur unduhan untuk baca komik offline

Hal yang perlu diperhatikan dari Manta:

  • Konten rata-rata untuk pembaca usia 17+
  • Tidak semua konten komik bisa diakses gratis

6. Tapas

tapas

Masih dengan aplikasi komik yang bisa langsung Anda baca di HP Android. Kali ini, aplikasi bernama Tapas kami rekomendasikan untuk Anda. Mengapa? Sebab, aplikasi ini juga tak kalah bagusnya dengan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Di Tapas, Anda bisa membaca macam-macam komik jebolan para author yang memang jago membuat komik. Kebolehan para author-nya ini dibuktikan dengan penjualan komik terlaris. Salah satunya adalah "A Business Proposal".

Ketika kami coba, ada beberapa komik yang tak tersedia di negara tertentu. Namun, beberapa judul komik terkenal masih bisa dibaca hingga beberapa episode. 

Menariknya, Tapas memberi fitur tambahan untuk kenyamanan pengguna. Salah satunya adalah infinity reader. Dengan fitur ini, Anda dapat menikmati pengalaman membaca komik yang seamles, tanpa capek scrolling. Unduh Tapas di Google PlayStore untuk mulai membaca.

Hal yang tim Carisinyal sukai dari Tapas:

  • Genre banyak, bisa pilih sesuai keinginan
  • Ada infinity read mode, membaca komik tanpa scrolling
  • Koleksi komik di-update secara rutin

Hal yang perlu diperhatikan dari Tapas:

  • Tidak semua komik bisa dibaca secara gratis
  • Tidak ada fitur komentar

7. KakaoWebtoon

kakao webtoon

Tidak cuma LINE, Kakao juga memiliki aplikasi baca komik. Namanya KakaoWebtoon. Aplikasi ini memuat komik digital Korea dengan berbagai genre. Salah satunya tentulah genre romance. Ya, genre ini jadi yang paling populer di KakaoWebtoon, lho.

Salah satu judul webtoon Kakao bergenre romance jadi favorit tim Carisinyal. Judulnya adalah "Passionate Seduction". Untuk membaca satu episode, biasanya kita membutuhkan satu tiket Kakao. Tiket ini bisa dibeli dengan Kakao Cash. Satu tiket bernilai sekitar 140 Kakao Cash. Nah, Kakao Cash-nya dibeli dengan uang sungguhan.

Kalau mau baca komik dengan gratis, Anda bisa tunggu selama 24 jam. Nantinya, episode yang terkunci akan tersedia. Namun, dengan catatan, Anda harus login ke KakaoWebtoon. Loginnya bisa pakai email Google, kok.

Bicara soal fitur, KakaoWebtoon akan membuat Anda betah. Tim Carisinyal menyukai fitur membaca marathon. Fitur ini dapat dipakai saat Anda ingin membaca komik KakaoWebtoon tanpa henti. Biasanya, fitur marathon ini menghabiskan tiket juga. Mau menggunakan KakaoWebtoon? Unduh di Google PlayStore.

Hal yang Tim Carisinyal sukai dari KakaoWebtoon:

  • Koleksi komik di-update secara rutin
  • Tersedia waktu tunggu untuk baca komik gratis
  • Ada dukungan tiga bahasa: Bahasa Inggris, Thai dan bahasa Indonesia
  • Tersedia fitur marathon untuk membaca komik tanpa jeda

Hal yang perlu diperhatikan dari KakaoWebtoon:

  • Waktu tunggu untuk komik gratis sampai dengan satu hari
  • Membaca komik menggunakan tiket yang harus dibeli dengan uang sungguhan

8. POCKET COMICS

POCKET COMICS

Selanjutnya, ada POCKET COMICS. Aplikasi baca komik ini juga tidak kalah populer. Terbukti dengan jumlah unduhannya yang melebihi angka 1 juta pengguna. 

POCKET COMICS menawarkan bacaan yang didominasi manhwa. Tentu, kategori genrenya juga banyak. Anda bisa pilih sesuai selera. POCKET COMICS juga akan merekomendasikan beberapa karya komik digital pada Anda.

Tak ada fitur yang terlampau spesial saat membaca POCKET COMICS. Walau begitu, tersedia opsi untuk scroll cepat dan berkomentar di setiap episode.

Oh iya, biasanya episode-episode awal dari komik web di POCKET COMICS ini gratis. Tapi, untuk episode pertengahan, Anda harus membayarnya dengan koin, tiket, atau memakai waktu baca gratis yang akan diperbarui dalam 24 jam. Ada juga episode komik yang bisa dibaca gratis dengan menonton iklan.

FYI, koin dan tiket dapat dibeli dengan menggunakan uang sungguhan. Tarif koinnya bisa berbeda, tergantung jumlah yang dibeli. Tertarik untuk baca komik di sini?

Hal yang tim Carisinyal sukai dari POCKET COMICS:

  • Ada opsi baca komik gratis, salah satunya dengan menonton iklan
  • Koleksi komik hadir dengan ragam genre
  • Waktu baca gratis yang diperbarui setiap 24 jam
  • Tersedia fitur scrolling cepat dan kolom komentar

Hal yang perlu diperhatikan dari POCKET COMICS:

  • Koin dan tiket dibeli dengan uang sungguhan
  • Konten hanya tersedia dalam 3 bahasa, termasuk bahasa Inggris

Nah, itu dia kumpulan aplikasi untuk membaca komik yang terpopuler di Android. Beberapa di antaranya memang menyajikan genre yang lebih banyak, bahkan cenderung tak umum di beberapa negara. Oleh karena itu, pilih yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Manakah yang menjadi pilihan aplikasi favorit Anda? Sampaikan melalui kolom komentar, yuk.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram