carisinyal web banner retina

15 Aplikasi & Website untuk Membaca Komik Bahasa Indonesia

Ditulis oleh Listiorini

Bagaimana cara baca komik online gratis? Mudah sekali. Untuk membaca komik atau manga (sebutan komik dari Jepang) secara online, tidak diperlukan teknik yang ribet. Anda hanya tinggal buka situs-situs penyedia komik online dan Anda bisa menikmati berbagai komik dengan mudah dan gratis.

Selain bisa membaca komik melalui situs online, Anda juga bisa membaca komik dengan menggunakan sebuah aplikasi saja lho. Aplikasi untuk baca komik ini pun tersedia dengan menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, akan sangat memudahkan Anda yang doyan membaca komik. Kemudahan ini tentunya adalah berkat kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Padahal, dulu untuk menikmati sebuah komik, kita harus mengeluarkan uang untuk membeli satu komik. Berkat berkembangnya internet dan kemudahan akses, membaca komik kini tidak perlu susah lagi. Anda cukup buka beberapa situs penyedia komik dan Anda pun bisa membaca berbagai judul komik. Modalnya, tentu hanya koneksi internet saja.

Memang kehadiran komik di internet sebenarnya memberi efek negatif mengingat komik tersebut memiliki hak cipta dan tentunya kita harus menghargai hak cipta tersebut. Namun di sini kita tidak akan membahas masalah hak cipta tersebut.

Yang kita bahas adalah soal cara membaca komik di internet. Perkara hal tersebut salah atau tidak, itu tergantung pada sudut pandang masing-masing. Nah, untuk Anda yang suka baca komik ataupun manga secara online, bisa langsung cek 15 rekomendasi dari Carisinyal berikut ini.

1. BacaKomik

bacakomik_

BacaKomik jadi salah satu situs membaca komik berbahasa Indonesia terbaik. Situs ini menyajikan koleksi manga yang lengkap, dengan genre yang beragam. Judul-judul manga populer seperti Tokyo Revengers, Black Clover, One-Punch Man, hingga Detective Conan bisa Anda baca di sini. 

Tenang, Anda tak perlu takut ketinggalan karena BacaKomik menyediakan chapter demi chapter manga yang lengkap. Bahkan untuk Tokyo Revengers saja sudah tersedia sampai tamat.

Saat kami mencoba membaca komik di sini, kami cukup betah. Untuk berpindah dari satu chapter ke chapter lain, Anda bisa menggunakan tombol khusus pindah chapter. Sementara itu, untuk berpindah halaman, tinggal gulir trackpad mouse atau gunakan jari bila Anda membaca di HP.

Serunya, BacaKomik memberikan kesempatan pada pengguna untuk saling berinteraksi lewat kolom komentar. Namun, pengguna BacaKomik disarankan untuk mendaftarkan akun terlebih dulu. 

Kalau Anda ingin membaca komik tanpa koneksi internet, manfaatkanlah tombol unduhan yang ada di setiap chapter manga. Dengan begitu, Anda bisa tetap membaca manga favorit tanpa takut kehabisan kuota internet. 

Selama membaca manga di BacaKomik, nyaris tidak ada kendala apa pun yang kami alami. Terkecuali, gangguan dari iklan yang datang silih berganti. Akan tetapi, hal tersebut bisa dimaklumi, mengingat situsnya bisa diakses secara gratis. Tidak cuma melalui situsnya, Anda berkesempatan untuk menikmati konten favorit via aplikasi BacaKomik di sini.

2. KomikIndo

komikindo_

Sama seperti BacaKomik, KomikIndo adalah surga bagi Anda pencinta manga. Di situs ini tersedia koleksi manga lengkap. Mulai dari manga legendaris seperti One Piece dan Bleach, sampai manga kekinian seperti One Punch Man. Koleksi manga di sini juga dipisahkan oleh kategori dan genre tertentu. Jadi, Anda tidak perlu pusing saat mencari manga favorit.

Situs ini juga menyediakan fitur komentar dan download untuk setiap chapter manga. Anda pun dapat menjajal bacaan lain, seperti manhwa dan manhua. Salah satu manhwa populer yang banyak digemari di KomikIndo adalah Tomb Raider King. Situs KomikIndo bisa Anda akses secara gratis di sini

3. Komiku

komiku_

Situs Komiku hadir dengan koleksi manga, manhwa dan manhua yang banyak. Secara umum Komiku memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan situs baca komik yang sudah kami bahas sebelumnya. Menariknya, Komiku memungkinkan pengguna untuk membuat semacam daftar bacaan pada tab yang diberi nama Rak Buku.

Nah, di sanalah Anda bisa memantau koleksi manga yang ditambahkan sebagai favorit. Komiku juga menyajikan daftar rekomendasi bacaan yang sedang naik daun, lho. Jadi, Anda tidak akan ketinggalan tren.

Perbedaan yang dimiliki oleh situs ini dengan pesaingnya adalah ketiadaan iklan yang mengganggu. Nah, Anda jadi bisa membaca komik favorit dengan lebih nyaman. Sayangnya, Anda tak dapat mengunduh chaptermanga di situs ini. Jika tertarik, Anda dapat mengunduh aplikasi Komiku untuk Android di sini.

4. Komikid

Komikid

Situs komikid merupakan salah satu situs komik online terbesar di Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai komik terpopuler dan terbaru. Beberapa komik lawas juga hadir di situs ini. Yang menarik, selain menyediakan komik untuk dibaca, situs ini juga menyediakan judul anime populer yang bisa Anda unduh tiap episode terbarunya.

Nah, Anda juga mencari komik yang ingin dibaca sesuai dengan judulnya. Caranya sangat mudah dan simple, pembaca hanya perlu mengklik simbol "kaca pembesar" dan ketikan judul manga yang ingin dibaca. Setelah itu, Komikid secara otomatis akan menampilkan hasil pencariannya. Mudah bukan? Kunjungi Komikid di sini.

5. Mangaku

mangaku

Ingin membaca manga lewat website? Nah, Mangaku adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membaca manga dengan memanfaatkan web browser. Dalam website-nya, Mangaku ini memiliki interface yang cukup mudah untuk dipahami.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencari berdasarkan tanggal update, ataupun judul komiknya. Setiap komik atau manga yang baru di-update akan selalu muncul dalam halaman utama website. Selain menyediakan kumpulan manga, Anda juga bisa menonton Anime lho. Mau? Yuk kunjungi Mangaku di sini.

6. MirrorKomik

MirrorKomik_

Bisa dibilang, MirrorKomik mirip dengan Komiku. Tidak heran, karena dari segi tampilan webnya juga sangat mirip. Bedanya, MirrorKomik menampilkan banyak iklan, seperti situs baca komik gratis lainnya. Di MirrorKomik, penggunanya juga diperbolehkan untuk mengunduh konten melalui tombol unduhan yang ada di sebelah chapter.

Tentu, tidak ada fitur Rak Buku seperti yang ditemukan pada Komiku di sini. Meski begitu, pencarian judul atau genre komik dapat dilakukan dengan mudah. MirrorKomik menyajikan bacaan berupa manga, manhwa dan juga manhua. Situs ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengunduh serial anime secara gratis.

7. MangaToon

MangaToon

Jika Anda ingin membaca komik yang lengkap dengan update seminggu sekali, maka Anda wajib banget mengunduh aplikasi MangaToon. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan banyak kumpulan komik gratis yang selalu diperbarui secara berkala, umumnya satu minggu sekali.

Selain rajin update, komik-komik yang ada aplikasi ini juga tersedia secara online maupun offline. Untuk yang ingin membaca komik secara offline, Anda bisa mengunduh komik yang akan dibaca. Sedangkan untuk online, Anda bisa lanngsung baca di aplikasinya. Simpel, kan?

8. LINE Webtoon

webtoon_

Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi untuk membaca komik terpopuler ini? Ya, LINE Webtoon bisa menjadi sarana membaca komik terlengkap di HP Android. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh developer NAVER WBTOON CORP. Tentu saja, LINE Webtoon menyediakan berbagai macam genre komik yang seru.

Di dalam aplikasinya, Anda bisa menemukan cerita dengan genre action, romance, comedy, horror, Superheroes dan masih banyak lagi. Jangan takut ketinggalan cerita, LINE Webtoon akan selalu update cerita terbarunya lho. Yuk baca komik di LINE Webtoon dengan download aplikasinya di sini.

9. Komik Mantap

KOMIK MANTAP 1-side_

Ada lagi aplikasi baca komik buatan developer lokal: Komik Mantap. Aplikasinya dapat diandalkan untuk membaca manga, manhua dan juga manhwa. Komik Mantap memiliki user interface sederhana, sehingga aplikasinya mudah untuk digunakan. Tersedia filter untuk genre komik juga.

Agar tak perlu repot mencari, komik yang sedang dibaca dapat ditambahkan ke daftar favorit. Aplikasi ini memiliki tombol praktis untuk berpindah dari satu chapter ke chapter lain. Kalau ingin membaca di malam hari, ada fitur dark mode di Komik Mantap. Nah, jika Anda mau mengintip daftar bacaan sebelumnya, ada fitur history juga. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di sini.

10. BILIBILI

BILIBILI COMICS_

Berbeda dengan situs dan aplikasi baca komik lain, BILIBILI memuat konten web komik original. Bisa dibilang, BILIBILI adalah pesaingnya LINE Webtoon. Aplikasi ini menyediakan komik bergenre romansa, komedi, aksi, fantasi dan lain sebagainya. 

Untuk bisa mengakses konten di BILIBILI, Anda harus login atau mendaftar akun terlebih dulu. Beberapa episode awal dari komik-komik yang ada di sini memang bisa dibaca secara gratis. Tapi, tetap saja, untuk bisa lanjut membaca sampai akhir, Anda tetap harus masuk ke akun yang dimiliki.

Kualitas komik-komik di BILIBILI tentu sudah tak perlu diragukan lagi. BILIBILI menyuguhkan komik dengan alur cerita dan tampilan visual menarik. Oh iya, aplikasi ini membawa fitur yang cukup banyak, yakni komentar pengguna, pengaturan kecerahan layar, daftar episode, dan masih banyak lagi.

Sedikit catatan, beberapa komik di BILIBILI dibaca dengan cara menggeser layar ke pinggir. Ada juga komik yang cara bacanya digulir ke bawah atau ke atas seperti biasa.

11. WebComics

webcomics

Mau cari komik dengan genre romansa, horror, thriller, dan lainnya, semua ada di WebComics. Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya, WebComics juga menyuguhkan beragam cerita komik yang seru untuk dibaca secara online maupun offline.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah, Anda bisa sharing atau berbagi pendapat dengan pembaca WebComics lainnya. Ada fitur forum khusus untum Anda membagikan pendapat dan ide Anda. Selain itu, aplikasi ini juga menjamin akan selaku update setiap manga dan komik secara berkala.

12. KOOMIK

KOOMIK 1-side_

Selanjutnya, ada KOOMIK. Aplikasi ini berisi koleksi komik web dari author lokal. Ya, Anda bisa membaca karya-karya keren anak bangsa, bahkan memberikan donasi setiap membaca komiknya.

Ada banyak sekali judul komik original yang diterbitkan di KOOMIK. Salah satunya adalah komik bergenre romansa dengan judul MISUNDERSTAND. Genre komik di sini juga cukup beragam, lho. Komik-komik aksi yang keren pun ada.

Aplikasi KOOMIK hadir dengan fitur yang akan menambah kenyamanan membaca. Contohnya, fitur pemilihan episode. Selain itu, ada pula kolom komentar di setiap episode komiknya. Di KOOMIK, kreator dapat menerbitkan stiker-stiker lucu juga, lho. Stiker ini biasanya dibanderol dengan harga tertentu.

Oh iya, karena aplikasinya gratis, otomatis KOOMIK menampilkan iklan. Hanya saja, iklannya tak begitu mengganggu. Jadi, Anda tetap bisa membaca komik dengan nyaman.

13. Komikita

komikita 1-side_

Fika devs merilis aplikasi baca komik berbahasa Indonesia dengan nama Komikita. Di sini, Anda akan disuguhi dengan koleksi manga, manhwa dan juga manhua yang cukup lengkap. Aplikasinya membawa fitur pencarian chapter. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari-cari chapter secara manual jika ingin lanjut membaca.

Genre komik di sini juga cukup banyak. Ada aksi, fantasi, romansa, dan lain sebagainya. Judul-judul manga terkenal bisa Anda baca di sini. Salah satunya adalah One Piece.

Kami mencoba untuk membaca manga dengan aplikasi Komikita. Sayangnya, saat membaca ada bug di aplikasi yang membuat konten manga tidak tampil. Padahal, koneksi internet kami sangat stabil. Semoga saja, pengembang aplikasi akan memperbaiki masalah terkait, karena aplikasi ini sangat bermanfaat untuk pengguna Android yang ingin membaca manga di HP.

14. Komikstation

KOMIKSTATION_

Situs Komikstation terbilang populer di kalangan pembaca komik online. Komikstation memuat manga dengan judul dan genre yang luas. Manga yang sedang naik daun dapat Anda baca di sini. Terlebih, situs ini pun rajin update koleksinya.

Komikstation tak cuma menyajikan manga yang sedang ongoing, tapi juga yang sudah tamat. Manga yang telah selesai ini bisa Anda akses daftarnya di tab Komik Tamat. Supaya tidak sulit mencari, Komikstation memisahkan setiap manga-nya sesuai dengan kategori masing-masing. Ada pula fitur bookmark yang dapat dimanfaatkan pengunjung situs ini. 

15. Kiryuu

Kiryuu_

Kiryuu juga jadi salah satu situs baca komik online yang populer. Penyebabnya tentu karena koleksi komiknya lengkap, serta tampilan saat membaca yang membuat penggunanya nyaman. Kualitas gambar komiknya pun bagus. Untuk membaca sampai selesai, tinggal gulir trackpad atau tekan mouse sesuai kebutuhan.

Di bagian bawah terdapat tombol untuk berpindah ke chapter sebelum atau chapter selanjutnya. Situs ini juga menyediakan fitur dark mode agar aktivitas membaca komik lebih nyaman saat dilakukan di malam hari. Ada fitur bookmark yang tak kalah bermanfaat untuk Anda. Oh iya, yang membuat kami makin senang adalah, Kiryuu tak menampilkan iklan yang mengganggu. Bagaimana, tertarik untuk baca komik favorit di situs ini?

Berikut tadi adalah kumpulan aplikasi dan website baca komik online gratis berbahasa Indonesia. Semua aplikasi dan website di atas bisa Anda manfaatkan secara gratis. Nah, Anda siap melahap semua komik yang ada? Mana aplikasi dan website baca komik favorit Anda?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram