Carisinyal / Aplikasi Buku / 10 Aplikasi & Website untuk Membaca Komik Bahasa Indonesia

10 Aplikasi & Website untuk Membaca Komik Bahasa Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Bagaimana cara baca komik online gratis? Mudah sekali. Untuk membaca komik atau manga (sebutan komik dari Jepang) secara online, tidak diperlukan teknik yang ribet. Anda hanya tinggal buka situs-situs penyedia komik online dan Anda bisa menikmati berbagai komik dengan mudah dan gratis.

Selain bisa membaca komik melalui situs online, Anda juga bisa membaca komik dengan menggunakan sebuah aplikasi saja lho. Aplikasi untuk baca komik ini pun tersedia dengan menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, akan sangat memudahkan Anda yang doyan membaca komik. Kemudahan ini tentunya adalah berkat kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Padahal, dulu untuk menikmati sebuah komik, kita harus mengeluarkan uang untuk membeli satu komik. Berkat berkembangnya internet dan kemudahan akses, membaca komik kini tidak perlu susah lagi. Anda cukup buka beberapa situs penyedia komik dan Anda pun bisa membaca berbagai judul komik. Modalnya, tentu hanya koneksi internet saja.

Memang kehadiran komik di internet sebenarnya memberi efek negatif mengingat komik tersebut memiliki hak cipta dan tentunya kita harus menghargai hak cipta tersebut. Namun di sini kita tidak akan membahas masalah hak cipta tersebut. Yang kita bahas adalah soal cara membaca komik di internet. Perkara hal tersebut salah atau tidak, itu tergantung pada sudut pandang masing-masing.

10 Cara Baca Komik Online Gratis

Nah, untuk Anda yang suka baca komik ataupun manga secara online, bisa langsung cek kesepuluh rekomendasi dari Carisinyal berikut ini.

1. KomikFox

 

baca komik online naruto

Situs yang beralamat di komikfox.net ini merupakan situs komik yang cukup lengkap. Komik-komik populer dan beberapa komik dengan genre lainnya hadir di situs ini seperti komik Naruto Online, One Piece Online, Fairy Tale, Magi, dan banyak lagi.

Cara bacanya juga cukup mudah, Anda cukup memilih judul komik yang Anda suka, kemudian pilih chapter yang akan Anda baca. Mengingat umumnya komik asal Jepang menggunakan sistem chapter, maka Anda pun tentunya harus membaca per-chapter dan bukan perbuku. Jika Anda ingin membacanya, silahkan klik di sini untuk kunjungi website-nya.

2. Komikid

Komikid

Situs komikid merupakan salah satu situs komik online terbesar di Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai komik terpopuler dan terbaru. Beberapa komik lawas juga hadir di situs ini. Yang menarik, selain menyediakan komik untuk dibaca, situs ini juga menyediakan judul anime populer yang bisa Anda unduh tiap episode terbarunya.

Nah, Anda juga mencari komik yang ingin dibaca sesuai dengan judulnya. Caranya sangat mudah dan simple, pembaca hanya perlu mengklik simbol “kaca pembesar” dan ketikan judul manga yang ingin dibaca. Setelah itu, Komikid secara otomatis akan menampilkan hasil pencariannya. Mudah bukan? Kunjungi Komikid di sini.

3. Mangaku

mangaku

Ingin membaca manga lewat website? Nah, Mangaku adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membaca manga dengan memanfaatkan web browser. Dalam websitenya, Mangaku ini memiliki interface yang cukup mudah untuk dipahami.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencari berdasarkan tanggal update, ataupun judul komiknya. Setiap komik atau manga yang baru di-update akan selalu muncul dalam halaman utama website. Selain menyediakan kumpulan manga, Anda juga bisa menonton Anime lho. Mau? Yuk kunjungi Mangaku.web.id di sini.

4. Mangacanblog

baca komik online one piece

Situs ini merupakan situs komik yang khusus menghadirkan judul komik Jepang atau manga yang populer. Manga-manga seperti Detective Conan, Fairy Tale, Naruto, One Piece, Bleach, dan Hunter X Hunter tersedia di situs ini. Beberapa judul manga lainnya juga tersedia di situs ini namun tidak terlalu banyak seperti situs komik online lainnya.

Cara baca komik online gratis di sini juga tergolong bagus. Ketika Anda memilih judul komik yang disuka, Anda bisa memilih chapter dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa membaca komik dengan dua cara. Pertama, cara membaca single page, yakni membaca komik per satu halaman.

Dan yang kedua adalah cara baca full page. Cara ini lebih memakan banyak bandwidth karena menampilkan satu chapter dalam waktu bersamaan. Keunggulan lain dari situs ini adalah update yang lebih cepat untuk tiap chapter terbarunya. Klik di sini untuk baca komik di Mangacanblog.

5. MangaToon

MangaToon

Jika Anda ingin membaca komik yang lengkap dengan update seminggu sekali, maka Anda wajib banget mengunduh aplikasi MangaToon. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan banyak kumpulan komik gratis yang selalu diperbarui secara berkala, umumnya satu minggu sekali.

Selain rajin update, komik-komik yang ada aplikasi ini juga tersedia secara online maupun offline. Untuk yang ingin membaca komik secara offline, Anda bisa mengunduh komik yang akan dibaca. Sedangkan untuk online, Anda bisa lanngsung baca di aplikasinya. Simpel, kan?

6. LINE Webtoon

LINE WEBTOON

Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi untuk membaca komik terpopuler ini? Ya, LINE Webtoon bisa menjadi sarana membaca komik terlengkap di HP Android. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh developer NAVER WBTOON CORP. Tentu saja, LINE Webtoon menyediakan berbagai macam genre komik yang seru.

Di dalam aplikasinya, Anda bisa menemukan cerita dengan genre Action, Romance, Comedy, Horror, Superheroes dan masih banyak lagi. Jangan takut ketinggalan cerita, LINE Webtoon akan selalu update cerita terbarunya lho. Yuk baca komik di LINE Webtoon dengan download aplikasinya di sini.

7. Komikcast

Komikcast

Satu lagi, aplikasi komik berbasis bahasa Indonesia yang perlu Anda coba, Komikcast. Di aplikais ini terdapat banyak sekali komik yang bisa Anda baca secara online. Semua komik yang ada di sini bisa Anda pilih berdasarkan genre sesuai selera masing-masing para pembaca. Tercatat, ada belasan genre yang bisa dipilih, mulai dari 4Koma, action, adventure, hingga komik dengan cerita khusus tentang vampir.

Selain banyak genre yang bisa dipilih, Komikcast juga aktif untuk selalu update cerita komik terbaru. Nah, untuk melihat episode terbaru dari komik kesayanganmu bisa dilihat di bagian Latest. Sedangkan untuk komik-komik terpopuler ada di bagian List. Tapi, kalau Anda punya komik favorit sendiri, silakan langsung tandai di favorit akun Komikcast, ya!

8. WebComics

Mau cari komik dengan genre romansa, horror, thriller, dan lainnya, semua ada di WebComics. Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya, WebComics juga menyuguhkan beragam cerita komik yang seru untuk dibaca secara online mauoun offline.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah, Anda bisa sharing atau berbagi pendapat dengan pembaca WebComics lainnya. Ada fitur forum khusus untum Anda membagikan pendapat dan ide Anda. Selain itu, aplikasi ini juga menjamin akan selaku update setiap manga dan komik secara berkala.

9. CIAYO Comics

CIAYO Comics

Selanjutnya ada CIAYO Comics. Aplikasi yang satu ini juga siap menyediakan berbagai macam cerita komik yang menarik. Setiap cerita komik yang ada di CIAYO Comics pasti akan selalu di-update secara berkala. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lama menunggu ceritanya update. 

Selain ceritanya yang selalu update, tampilan baca CIAYO Comics juga lebih simpel dan lebih mudah. Yang menariknya lagi, CIAYO Comics ini punya berbagai macam fitur yang sangat membantu para membaca, seperti share, subscribe, challenge, connect, dan masih banyak lagi. Penasaran ingin baca komik di CIAYO Comics?

10. Mangasan Bahasa Indonesia

Sesuai dengan namanya, Mangasan Bahasa Indonesia menyediakan komik dalam bahasa Indonesia. Menariknya lagi, aplikasi ini juga punya fitur yang cukup lengkap. Anda bisa membacanya secara online atau offline. Lalu, Mangasan Bahasa Indonesia juga punya antarmuka yang simpel, sehingga penggunanya nyaman saat membaca komik. Dan yang pastinya, komik-komik di sini selalu diperbaharui secara berkala.

Aplikasi dan Situs Baca Komik Lainnya

Selain 10 aplikasi yang sudah disebutkan di atas, kami juga masih punya rekomendasi lainnya untum Anda yang suka baca komik. Namun sayangnya, aplikasi dan situs yang kami rekomendasikan ini sudah tidak dapat diakses lagi.

1. MangaZone

MangaZone

WSV mengembangkan sebuah aplikasi baca komik online gratis bernama MangaZone. Aplikasi yang satu ini dibuat dan dikembangkan atas hasil kerjasama dengan pecinta manga. MangaZone dibuat sebagai aplikasi membaca komik termudah dan tergolong paling lengkap.

Tercatat sekitar 15.000 komik yang sudah dimasukan ke dalam MangaZone. Tak hanya itu saja, MangaZone juga memiliki fitur dimana pembaca bisa mengatur tingkat kecerahan dari komik yang dibaca. Jadi, pembaca bisa mengatur tingkat kecerhannya agar pembaca bisa nyaman membaca komik di MangaZone.

2. Ngomik.com

baca komik online gratis

Berbeda dengan situs komik online lainnya, Ngomik.com bukanlah penyedia komik online dari judul manga populer. Situs ini adalah sebuah media kreativitas untuk mereka para pecinta komik. Jika Anda memiliki kemampuan membuat komik, Anda bisa memamerkan karya Anda di situs ini.

Anda juga bisa membaca komik dari pengarang indie di situs ini. Anda bisa membaca secara gratis maupun berbayar dengan harga yang sangat murah. Meskipun tidak ada judul manga populer, situs ini lebih direkomendasikan karena Anda bisa melihat karya komik anak bangsa sekaligus tidak merasa bersalah ketika membaca komik-komik di situs ini. Namun kini, Ngomik.com sudah tidak dapat diakses lagi di mana pun.

3. Mangaa Reader

Mangaa Reader

Masih dengan aplikasi dan website untuk baca komik online gratis. Kali ini Mangaa Reader hadir sebagai salah satu aplikasi membaca komik dengan menggunakan perangkat Android.

Dalam aplikasinya, Mangaa Reader memiliki kumpulan komik yang bisa dibilang cukup lengkap. Tak hanya itu saja, Mangaa Reader juga memiliki fitur membaca komik secara offline. Untuk membaca komik secara offline, Anda bisa mendownload komik yang ingin dibaca barulah Anda bisa menikmati komiknya tanpa harus terkoneksi dengan internet.

4. ZingBox

ZingBox

Konsep aplikasi yang ditawarkan oleh ZingBox ini tidak jauh berbeda dengan Mangaa Reader. Salah satu aplikasi baca komik online gratis ini juga menawarkan kumpulan komik yang cukup lengkap. Di awal Anda membuka aplikasi, ZingBox akan menunjukan ke beberapa sumber kumpulan komik seperti KomikID dan MangaShiro.

Yang membuat ZingBox dan Mangaa Reader berbeda yakni pada bagian interface saja. Jika Mangaa Reader memberikan warna gelap, maka ZingBox lebih menonjolkan interface berwarna cerah ceria. Tak jauh berbeda dengan aplikasi baca komik lainnya, ZingBox juga memperbolehkan Anda untuk mendownload komik yang ingin Anda baca secara offline.

5. Bulu Manga

bulu manga

Bulu Manga adalah aplikasi baca komik selanjutnya yang Kami rekomendasikan untuk Anda. Bulu Manga ini tergolong sangat baik untuk Anda yang doyan membaca komik. Bulu Manga siap menyediakan berbagai macam komik, mulai dari Bleach, Naruto, Tokyo Ghoul, Shokugeki no Soma, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, Bulu Manga terkenal dengan kelebihannya tanpa adanya iklan yang mengganggu. Selain itu juga, interface Bulu Manga tergolong bersih dan nyaman dilihat. Anda juga bisa memilih ingin membaca komik secara langsung atau mendownloadnya terlebih dahulu.

Berikut tadi adalah kumpulan aplikasi dan website baca komik online gratis berbahasa Indonesia. Semua aplikasi dan website di atas bisa Anda manfaatkan secara gratis. Nah, Anda siap melahap semua komik yang ada? Mana aplikasi dan website baca komik favorit Anda?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 pemikiran pada “10 Aplikasi & Website untuk Membaca Komik Bahasa Indonesia”

  1. Ngomik.com bukannya udah gada lagi min

Tinggalkan komentar