Carisinyal / Tips Trik / 10 Arti Emoticon Terpopuler & Paling Banyak Digunakan di Dunia

10 Arti Emoticon Terpopuler & Paling Banyak Digunakan di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah kamu? Setiap tanggal 17 Juli adalah World Emoji Day! Mungkin kamu sudah bisa membayangkan apa itu emoji, tapi sudah tahu maknanya belum? Emoji berarti ‘kata gambar’ dalam bahasa Jepang. Desain dan tanggal peluncuran emoji bervariasi menurut vendor, misalnya emoticon Hati sebenarnya sudah ada sejak tahun 1993 tapi baru resmi masuk Emoji pada tahun 2015.

Setiap tahunnya sering kali ada penambahan emoticon baru. Dan, pada tahun 2020 sebagian besar platform sudah mendukung desain dan penambahan emoji yang baru-baru.

Sebenarnya penggunaan emoji bisa berubah setiap saat, karena emoji bisa menjadi sesuatu yang populer karena trend atau memang sangat relatable jadi pasti memang banyak yang pakai. Tapi, setidaknya di bawah ini adalah 10 emot paling populer hingga tahun 2020 versi Carisinyal.

1. ❤️

Also Known As
❤️ Heart
❤️ Love Heart
❤️ Red Heart
Apple Name
❤️ Red Heart

Nama Unicode (standar teknologi informasi untuk pengkodean, representasi, dan penanganan teks yang konsisten yang diekspresikan di sebagian besar sistem penulisan dunia) untuk emoticon ini adalah Heavy Black Heart, padahal warnanya merah.

Makanya, ada nama lain untuk emoji ini yaitu Red Heart, Love Heart, atau Heart saja. Catatan: nama karakter Unicode sudah ada sebelum emoji memilki warna! Jadi, istilah atau nama emoji ini sebenarnya merujuk pada karakter hati hitam pekat ‘❤︎’.

Emoji hati cinta yang klasik ini digunakan untuk ekspresi cinta dan rasa terimakasih, ditampilkan dalam berbagai warna merah di sebagian besar platform. Di Snapchat, emoji ini ditampilkan di sebelah nama akun teman ketika kamu dan dia telah menjadi #1 Best Friend selama dua minggu berturut-turut.

2. 🥺

* sumber: emojiterra.com

Ini emoticon favorit j-hope BTS. Face with Pleading Eyes, atau Begging, Glossy Eyes, Simp, Pleading Face, adalah nama resminya. Tapi, saya sering menyebutnya muka memelas atau puppy eyes. Digambarkan dengan wajah dengan alis berkerut, sedikit cemberut/manyun, dan mata besar ala ‘anak anjing’, seolah memohon.

Emot ini juga mewakili pemujaan atau perasaan tersentuh oleh gerakan penuh kasih. Psst, Pleading Face adalah emoji terpopuler ketiga yang digunakan di Twitter.

3. 🥲

* sumber: emojipedia.org

Pernah merasa sedih tapi harus nerimo dan legowo? Emot Smiling Face with Tear ini cocok banget untuk menggambarkan perasaanmu. Wajah tersenyum, dengan satu air mata menetes. Emot ini sebenarnya bertujuan untuk digunakan dan menunjukkan seseorang sedang tersentuh, lega, atau bersyukur. Tapi, juga dapat digunakan untuk menunjukkan perasaan tertentu dari tersenyum melalui rasa sakit.

Wajah Tersenyum dengan Air Mata malah lebih baru lagi dari puppy eyes di atas. Dia disetujui sebagai bagian dari Unicode 13.0 pada tahun 2020 dan ditambahkan ke Emoji 13.0 pada tahun yang sama. Tapi, kerennya, emoticon ini langsung menempati posisi ketiga paling banyak digunakan oleh orang-orang! Hal ini menunjukkan kalau semua orang itu sad boy.

4. ✨

* sumber: www.pngwing.com

Emoji kerlap-kerlip ini bernama Sparkles. Kamu bisa menyebutnya Glitter atau Shiny juga. Umumnya, emot ini digambarkan sebagai gugus tiga buah dari ‘bintang’ bersudut empat titik dan berwarana kuning. Satu dari Sparkle berukuran besar dan sisany akecil-kecil. Sparkles beda dengan emot ⭐ Star, ya!

Emot ini biasa digunakan untuk menunjukkan berbagai sentimen positif, seperti cinta, kebahagiaan, keindahan, syukur, dan kegembiraan. Emoji ini dapat mewakili bintang sebenarnya di langit, atau juga dapat mewakili hal-hal lain yang berkilau seperti perhiasandan kembang api.

5. 😂

* sumber: www.theverge.com

Emot ngakak yang pasti pernah digunakan oleh hampir semua orang. Nama resminya adalah Face with Tears of Joy, atau lebih simpelnya Laughing Crying dan lebih singkatnya lagi LOL. Pernahkah kamu mengalami, melihat, atau mendengar sesuatu hingga tertawa terbahak-bahak?


Si yellow face ini menggambarkannya dengan sempurna. Alis yang terangkat, tertawa yang lebar, mata yang tersenyum dengan air mata yang menandakan betapa kerasnya tawamu. Emot ini pada awalnya ditujukan untuk mengekspresikan sesuatu yang menyenangkan dan sangat lucu.

Akan tetapi, sekarang ini maknanya agak bergeser, karena emot ini bisa digunakan juga untuk meledek (menertawakan orang lain karena kebodohan mereka, misalnya), atau karena saking sedihnya sampai rasanya ingin menertawai diri sendiri sambil menangis, itu juga bisa. Mungkin karena tujuan menggunakan emot ini begitu variatif, sehingga dia menempati posisi nomor #5 paling banyak digunakan di dunia.

6. 🔥

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/651685008568266437/

Ini adalah emoticon Fire, tapi bisa juga disebut Flame, Hot, Lit, atau Snapstreak. Fire telah disetujui sebagai bagian dari Unicode 6.0 pada tahun 2010 dan ditambahkan ke Emoji 1.0 pada tahun 2015.

Nyala api dihasilkan saat ada sesuatu yang terbakar. Digambarkan sebagai api yang berkedip-kedip dengan gradasi warna merah, oranye, dan kuning. Emot Fire biasa digunakan untuk berbagai ekspresi metafora yang berkaitan dengan api, termasuk bahasa slang untuk ‘hot’ (yang berarti seseorang atraktif, kece, ganteng, cantik, seksi, dll) atau ‘lit’ (yang berarti keren, luar biasa, dll).


Di medsos Snapchat, jika kamu melihat emoji Fire di samping nama pengguna, itu namanya Snapstreak. Dia semacam thropy gitu yang menandakan kalau kamu dan orang tersebut telah berkirim pesan selama lebih dari tiga hari berturut-turut.

7. 🥰

*Sumber: https://twitter.com/emojipedia/status/1057246786048442368

Smiling Face with Hearts, juga dikenal sebagai In Love Face. Emot ini disetujui sebagai bagian dari Unicode 11.0 pada tahun 2018 dengan nama “Smiling Face with Smiling Eyes and Three Hearts” dan ditambahkan ke Emoji 11.0 pada tahun 2018.

Arti emoji ini sangat simpel. Wajah dengan mata tersenyum, senyum tertutup, pipi kemerahan, dan beberapa hati melayang di kepalanya. Kira-kira menggambarkan apa, ya? Tidak mungkin yang sedih-sedih tentunya.

Emoji ini mengekspresikan berbagai perasaan bahagia, rasa kasih sayang, terutama perasaan saat jatuh cinta. Walaupun menurut Unicode jumlah hatinya ada tiga, di platform lain bisa saja ada lebih banyak.

8. 😊

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=s5K6WWJo05k

Nama emoji ini adalah Smiling Face with Smiling Eyes, tapi dikenal juga sebagai Happy Face, Smiley Face, atau simpelnya Smile saja. Emot Wajah Tersenyum dengan Mata Tersenyum ini disetujui sebagai bagian dari Unicode 6.0 pada tahun 2010 dan ditambahkan ke Emoji 1.0 pada tahun 2015.

Jika dideskripsikan, emoji ini memiliki wajah kuning dengan mata ‘tersenyum’ dan senyuman bibir yang tertutup dan lebar, juga pipi bersemu kemerahan. Sering kali, emoji ini digunakan untuk mengungkapkan kebahagiaan sejati dan hangat, pokoknya perasaan positif.

Fun fact: di Snapchat, jika emoji ini ada di sebelah kontak orang lain, maka menandakan kamu sering mengirim pesan kepada orang itu. Tetapi, mereka bukan sahabat terbaik kamu di Snapchat, hanya chat sesekali tapi cukup sering, namun tidak seintens dengan sahabat atau pacar kamu.

9. 😷

* sumber: Mask%20Wearing%20Emoji

Apa emoticon yang paling cocok dan sering digunakan pada masa pandemi? Ya, emot wajah dengan masker jawabannya! Sebenarnya emot ini sudah lama ada dan digunakan sebagai ekspresi untuk menyiratkan penyakit secara umum. Tapi, emoji yang memakai masker ini kemudian ‘bangkit kembali’ pada tahun 2020 sebagai salah satu emoji paling populer yang digunakan dalam tweet tentang virus Corona.

Akan tetapi, karena dulu emoticon ini ‘menggambarkan orang sakit’, maka wajahnya terlihat sedih, kuyu, lesu… Makanya, ini tidak cocok dengan new normal yang dianjurkan ketika pandemi. Teori bahwa menggunakan masker hanya pada orang yang sedang sakit saja menjadi tidak sinkron.

Oleh karena itu, pada Oktober 2020, iOS, Android, dan Samsung meluncurkan emoji wajah dengan masker baru dengan wajah yang tersenyum! Bisa terlihat dari mata yang tak lagi menunduk dan pipi yang merona merah, menandakan kalau wajah di balik masker happy-happy saja.

10. 🧋

* sumber: www.buro247.sg

Karena kepopuleran bubble tea, atau beken disebut boba drink, ada emoticon yang didedikasikan untuk minuman manis tersebut. Emoji ini bernama Bubble Tea atau Boba. Bubble tea adalah minuman berbahan dasar teh yang populer di Taiwan, tapi sekarang sudah bisa ditemukan di seluruh dunia.

Umumnya minuman ini terbuat dari teh, susu, perasa, dan gula. Minuman ini disajikan dengan mutiara tapioka yang disebut boba, disajikan dalam gelas plastik dengan sedotan lebar.

Emoticon Bubble Tea disetujui sebagai bagian dari Unicode 13.0 pada tahun 2020 dan ditambahkan ke Emoji 13.0 pada tahun 2020. Dan, emoji dan emoji Bubble Tea ini merupakan new entry di Apple yang hadir di iOS14. Emoji ini dirilis bersamaan dengan emot lainnya seperti Transgender, Mask-Wearing Faces (wajah yang menggunakan masker seperti yang dilakukan orang-orang saat pandemi), dan masih banyak lagi.

Itu dia sepuluh emoji yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di dunia. Ada emot yang memang sudah kita kenal sejak dulu, dan ada juga emoticon yang baru-baru. Terbayangkah kamu emoticon apa yang akan ada di masa depan? Dan emot apa saja yang bakal disukai dan sering dipakai kemudian hari?

😂 Face with Tears of Joy
😭 Loudly Crying Face
🥺 Pleading Face
🤣 Rolling on the Floor Laughing
❤️ Red Heart
✨ Sparkles
😍 Smiling Face with Heart-Eyes
🙏 Folded Hands
😊 Smiling Face with Smiling Eyes
🥰 Smiling Face with Hearts

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *