carisinyal web banner retina

Beginilah Cara Cek IMEI OPPO dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Pernahkah terbesit di pikiranmu, apakah ponsel pintar yang tengah kamu genggam itu asli atau palsu? Jika iya, Carisinyal sarankan kamu untuk mengecek IMEI dari ponsel pintar tersebut. Bagi yang belum tahu, IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas khusus yang difungsikan untuk mengidentifikasi suatu ponsel pintar.

Pada dasarnya nomor IMEI pada ponsel pintar diramu dalam 14 digit dengan tambahan satu digit lagi yang bertugas untuk memverifikasi kembali semua digit sebelumnya. Digit-digit tersebut bukan hanya sekadar kumpulan angka saja tetapi membawa makna mulai dari nomor model, pabrikan, hingga asal muasal ponsel pintar tersebut dirancang.

Selain dapat mengetahui apakah sebuah ponsel pintar asli atau tidak, adapun kegunaan dari nomor IMEI yang lain antara lain untuk memblokir ponsel yang dicuri atau hilang supaya tidak terkoneksi dengan jaringan GSM dan untuk menghindari pembelian ponsel BM atau Black Market alias ilegal.

Perlu kamu ketahui kalau nomor IMEI pada setiap ponsel pintar (merek dan model) dapat dipastikan berbeda, tanpa terkecuali pada perangkat garapan OPPO. Bagi kamu pengguna OPPO, apakah kamu sudah mencatat atau menyimpan nomor IMEI OPPO milikmu atau belum tahu bagaimana cara melihat nomor IMEI OPPO?

Tidak perlu khawatir, Carisinyal akan membantu kamu dalam menjawab pertanyaan di atas mengenai bagaimana cara mengetahui nomor IMEI pada ponsel pintar besutan OPPO. Langsung saja simak beberapa metode yang telah Carisinyal susun berikut ini:

1. Menengok Nomor IMEI OPPO di Dus Box

Metode pertama ini mungkin membutuhkan usaha lebih banyak karena menuntut kamu untuk beranjak dari tempat duduk untuk mencari dus box. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

1 Cek Imei OPPO Carisinyal
  • Pastikan kamu masih menyimpan dus box dari ponsel pintar OPPO milikmu atau ingat kembali dimana kamu menaruh kotak ponsel pintar saat pertama kali membelinya.
  • Bila langkah di atas sudah selesai, ambilah bungkusan atau dus ponsel pintar OPPO milikmu.
  • Lihatlah dengan seksama setiap sisi (kanan-kiri, bawah-atas) dari dus ponsel pintar OPPO tersebut.
  • Apabila sudah, kamu akan menemukan dua nomor IMEI OPPO, tepat berada di atas barcode atau sandi batang.
  • Selanjutnya kamu bisa mengunjungi situs IMEI Kemenperin untuk memastikan pada nomor IMEI OPPO milikmu terdaftar atau sebaliknya.
  • Untuk menuju portal IMEI Kemenperin kamu bisa membuka mesin pencarian seperti Chrome atau Mozilla. Bisa juga kamu lansung bertandang ke situsnya di sini.
1 Cek Imei OPPO Carisinyal b
  • Selepas masuk ke situs IMEI Kemenperin, dilanjutkan dengan memasukkan nomor IMEI OPPO yang ada di dus box pada kolom pencarian di halaman IMEI Kemenperin tersebut.
  • Berikutnya, tinggal tekan enter dan nanti akan muncul tulisan "IMEI terdaftar di database Kemenperin" yang menandakan kalau ponsel OPPO milikmu asli.

2. Melihat IMEI di Cangkang OPPO

Apabila metode sebelumnya terlalu sulit bagi kamu, Carisinyal masih punya metode lain untuk mengecek nomor IMEI pada ponsel pintar garapan OPPO. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja ikuti uraian berikut ini:

2 Sticker IMEI on OPPO Carisinyal b
  • Bagi kamu yang pertama kali membeli ponsel OPPO sebaiknya jangan buru-buru untuk melepas stiker pada bagian cangkang perangkat. Alasannya, di sana kamu bisa menemukan nomor IMEI OPPO. Biasanya sticker tersebut nangkring di bodi bagian belakang jika ponsel OPPO mengusung konsep baterai non-removable atau tidak dapat dilepas.
  • Sementara bagi kamu yang mempunyai ponsel OPPO dengan sistem baterai lepas, maka dapat melihat atau mengecek nomor IMEI di bodi baterai. Tentunya, kamu harus membuka terlebih dahulu cangkang dari OPPO milikmu. Kemudian, lepas baterai dari perangkat maka nomor IMEI OPPO pun sudah didapatkan.
  • Seperti cara sebelumnya, setelah kamu menemukan nomor IMEI OPPO tersebut, langsung saja cek statusnya di situs IMEI Kemenperin.
  • Bukalah terlebih dahulu mesin pencarian yang sering kamu gunakan di laptop, komputer atau perangkat mobile lainnya.
  • Setelah itu ketik di kolom pencarian "IMEI Kemenperin". Dalam hitungan detik maka portal IMEI Kemenperin pun akan muncul.
2 IMEI OPPO Tidak Terdaftar Carisinyal
  • Selanjutnya, kamu tinggal menginput nomor IMEI OPPO milikmu pada halaman IMEI Kemenperin.
  • Tekan ikon Kaca Pembesar untuk mengetahui hasilnya. Apabila tidak muncul tulisan "IMEI terdaftar di database Kemenperin", maka dapat dipastikan kalau ponsel OPPO milikmu barang BM alias Black Market.

3. Mengecek IMEI OPPO pada Menu Pengaturan

Tenang dulu! Jika merasa cara sebelumnya masih menguras tenaga, kamu dapat mengimplementasikan metode berikut ini untuk mengecek IMEI OPPO yaitu lewat menu Pengaturan atau Setting. Dengan metode ini kamu hanya tinggal rebahan dan menggulirkan layar ponsel OPPO milikmu saja. Inilah tahap-tahapan selengkapnya:

  • Mula-mula buka menu Pengaturan atau Settings yang berlogo gerigi pada ponsel OPPO milikmu.
  • Setelah kamu berada di halaman menu Pengaturan, selanjutnya carilah opsi Tentang atau About. Bila tidak menemukannya kamu bisa mengetik Tentang atau About di kolom pencarian pada menu Pengaturan yang biasanya berada di bagian atas layar.
  • Jika, sudah menemukannya kemudian pilih opsi tersebut.
3 IMEI OPPO Setting Menu Carisinyal a
  • Pada halaman opsi Tentang, kamu akan bertemu dengan deretan informasi mengenai ponsel OPPO milikmu. Untuk mengecek nomor IMEI OPPO milikmu, maka pilihlah menu Status.
  • Dalam hitungan beberapa detik, nomor IMEI dari ponsel OPPO milikmu akan muncul di layar. Kamu bisa menyimpan nomor IMEI tersebut dengan cara screenshot atau menuliskannya di aplikasi Catatan.
  • Sementara, untuk membuktikan apakah nomor IMEI pada ponsel OPPO milikmu terdaftar dan asli atau palsu, maka pergilah ke situs IMEI Kemenperin.
3 IMEI OPPO Setting Menu Carisinyal b
  • Untuk menuju situs IMEI Kemenperin sendiri caranya sangat mudah, kamu tinggal mengunjungi mesin pencarian (Chrome, Mozilla, dan sejenisnya).
  • Kemudian, ketiklah "IMEI Kemenperin" di kolom pencarian atau tap tautannya di sini.
3 IMEI OPPO Setting Menu Carisinyal Kemenperin
  • Pada halaman IMEI Kemenperin kamu hanya akan berhadapan dengan satu kolom saja. Kolom tersebut tempat untuk menaruh deretan angka IMEI ponsel pintar. Berikutnya, simpan nomor IMEI OPPO milikmu di kolom tersebut yang diteruskan dengan menekan tombol enter atau ikon kaca pembesar pada halaman IMEI Kemenperin.
  • Selang beberapa detik nanti akan muncul hasilnya. Jika tulisanya berbunyi "IMEI terdaftar di database Kemenperin", maka artinya ponsel OPPO milikmu barang asli dan tidak perlu khawatir akan diblok oleh pemerintah.

4. Menghubungi Kode Rahasia untuk Melihat IMEI OPPO

Metode terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui nomor IMEI dari ponsel OPPO milikmu adalah dengan menghubungi kode rahasia. Tidak berlama-lama lagi langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

4 Kode Rahasia Cek Imei OPPO
  • Langkah awal yang harus kamu lakukan yakni membuka menu Telepon, biasanya berada di bawah layar ponsel berlogo gagang telepon.
  • Setelah muncul keyboard angka pada menu Telepon, ketiklah kode *#06# di layar ponsel OPPO milikmu.
  • Dalam hitungan detik, layar ponsel akan memunculkan nomor IMEI OPPO.
  • Simplah nomor IMEI OPPO tersebut dengan cara menangkap layar atau screenshot. Kamu juga bisa mengecek apakah nomor IMEI dari OPPO milikmu terdaftar atau tidak di situs Kemenperin.

Mudah bukan metode-metode yang diberikan oleh Carisinyal untuk mengecek nomor IMEI OPPO? Jika, kamu mengetahui cara lain untuk mengetahui nomor IMEI pada perangkat besutan OPPO, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar! Supaya kamu tidak ketinggalan tentang dunia teknologi dan gawai, pantau terus Carisinyal, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram