carisinyal web banner retina

Cara Cek Masa Aktif, Status Registrasi, dan Nomor Smartfren

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Tidak tahu nomor HP sendiri itu membingungkan. Sejumlah orang sih akan berusaha menghapalnya. Tapi di saat isi kepala sudah pusing dengan hiruk pikuk dunia, buat apa menambah beban ke otak? Nah, jika Anda pengguna nomor Smartfren dan lupa dengan nomor HP sendiri, saya akan beberkan beberapa cara untuk mengecek nomor HP.

Ada banyak kerugian yang bisa terjadi kalau tidak tahu nomor HP sendiri. Contohnya, Anda jadi kesulitan mengisi formulir pendaftaran apa pun. Ingin membeli pulsa atau kuota internet ke konter HP juga bakal mustahil kalau tidak tahu nomornya.

Tidak hanya nomor HP yang mesti diketahui, Anda juga perlu tahu masa status registrasi nomor Smartfren yang digunakan. Soalnya, apabila nomor sudah melewati masa status registrasi, nomor akan hangus. Cara untuk memperpanjang masa aktif adalah dengan isi pulsa atau kuota.

Nah, daripada mati kutu karena tidak tahu nomor HP sendiri dan membiarkan nomornya hangus, simak cara cek nomor Smartfren dan cara cek status registrasinya di bawah ini!

Cek Nomor Smartfren dan Masa Aktifnya

Pertama-tama saya akan beritahukan cara cek nomor Smartfren dan juga masa aktifnya. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh yakni seperti berikut.

1. Cara Cek Melalui Kode Dial

Kode dial adalah deretan nomor yang biasa juga disebut sebagai USSD, alias Unstructured Supplementary Service Data. Cara akses nomor ini tak berbeda dengan ketika Anda hendak menelepon seseorang.

Tapi, bedanya, angka ini diawali dengan karakter bintang ("*") dan diakhiri dengan karakter pagar ("#"). Yuk, ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini!

  1. Buka aplikasi Phone di HP Anda.
  2. Ketikkan kode *999# dan tekan tombol Call.
cek smartfren 3_

Anda akan langsung diberikan jendela informasi berisikan nomor ponsel beserta tanggal berlakunya. Tak hanya itu, informasi sisa pulsa nomor Smartfren pun ditampilkan di jendela tersebut.

Cara ini mudah sekali, bukan? Tanpa perlu kuota dan pulsa, Anda bisa cek nomor ponsel Smartfren beserta masa aktifnya. Akan tetapi, cara ini tetap tidak selamanya berhasil lantaran membutuhkan sinyal yang kuat.

Informasi ini pun akan langsung hilang ketika Anda keluar dari jendela tersebut, kecuali jika Anda mencatatnya terlebih dahulu. Nah, kalau mau cara yang lebih nyaman, bisa melalui SMS.

2. Cara Cek Melalui SMS

Dengan mengecek nomor dan sisa masa aktif via SMS, informasi akan terus berada di dalam inbox (kecuali jika dihapus), dan bisa diakses kapan saja setiap kali lupa. Caranya pun sangat mudah, simak langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi "Messages" atau "Pesan" di ponsel Anda.
  2. Tap tanda "plus" untuk mengirimkan pesan baru.
  3. Ketik angka 999, lalu pilih Send to 999. Ketikkan kata "CEK" tanpa tanda kutip lalu kirim pesannya.
cek smartfren 11_

Selanjutnya akan muncul pesan yang berisikan informasi sisa pulsa dan juga masa berlaku dari nomor Smartfren.

Lalu, untuk mengetahui nomor telepon Anda, buat pesan baru berisikan "CEK" namun kali ini tujukan ke nomor 995. Jangan lupa kirim pesan tersebut. Lalu Anda pun akan menerima isi pesan seperti di bawah, yakni nomor Smartfren Anda, serta informasi mengenai data paket kuota internet.

cek smartfren 9 10_

Tidak sulit, bukan? Selanjutnya, Anda bisa mengacu pada informasi di isi pesan ini tanpa harus melewati langkah-langkah yang sudah ditempuh. Menurut saya sih ini cara yang lebih oke ketimbang melalui kode dial.

3. Cara Cek Melalui Aplikasi MySmartfren

Lebih suka menggunakan aplikasi untuk melakukan segala kegiatan Anda? Tentu bisa. Anda tinggal perlu instal aplikasi MySmartfren dan lakukan pendaftaran. Akan tetapi, cara ini memang mengharuskan Anda untuk tahu dulu nomor Smartfren melalui dua cara di atas tadi. Ikuti langkah-langkah di bawah.

  • Instal aplikasi MySmartfren

Instal aplikasi MySmartfren melalui laman Google Play Store (Android) atau App Store (Apple). Untuk pengguna HP Android, tekan tombol Install pada laman unduhan di Google Play Store.

  • Masuk atau daftar akun
cek smartfren 13_

Tap pada tombol "Masuk" untuk melakukan log in. Tekan "Daftar" jika Anda belum pernah buat akun MySmartfren sebelumnya. Isikan informasi yang diminta. Lalu, lakukan log in dengan memasukkan email atau nomor Smartfren.

Akan ada masa periode menunggu kode OTP datang ke ponsel Anda. Namun, Anda tidak perlu melakukan apa-apa lantaran aplikasi akan langsung deteksi kode OTP dan menginputkannya ke kolom yang tersedia. Anda pun akan log in secara otomatis.

  • Cek nomor smartfren
cek smartfren 15_

Lihat nomor Smartfren yang saya blur di gambar? Ya, itu adalah nomor Smartfren saya. Di sebelah kanannya, ada informasi tanggal masa aktif berlaku.

4. Cek Nomor via WhatsApp

Jika Anda seorang pengguna WhatsApp, tentu sebelumnya sudah pernah mendaftar ke aplikasi chat tersebut menggunakan nomor Smartfren Anda, bukan?

Nah, aplikasi WhatsApp juga bisa menampilkan nomor Smartfren Anda. Tak hanya itu, cara ini juga memungkinkan Anda untuk menge-chat diri Anda sendiri, gunanya untuk menyimpan catatan dan informasi penting lainnya.

Caranya, buka aplikasi WhatsApp, lalu tap pada ikon "pesan baru" seperti di bawah ini.

cek nomor smartfren via whatsapp

Selanjutnya akan muncul kontak dengan sederet nomor yang setelahnya ada tulisan You di dalam kurung. Itu artinya, nomor ini adalah nomor Smartfren Anda.

cek nomor smartfren via whatsapp

Dengan cara ini, Anda juga bisa mulai mengirimkan pesan untuk diri Anda sendiri. Kekurangan dari cara ini adalah tidak menampilkan informasi mengenai sisa masa aktif nomor.

Cara Cek Status Registrasi Nomor Smartfren

Untuk yang baru membeli kartu Smartfren, perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menginputkan NIK. Barangkali Anda lupa apakah sudah melakukan registrasi apa belum. Nah, untuk berjaga-jaga siapa tahu belum, ikuti cara-cara cek status registrasi nomor Smartfren berikut ini!

1. Cek Status Registrasi Via Website

Ingin cek di HP? Ingin cek di PC? Dua-dua bisa pakai cara ini. Pokoknya perangkat apa pun yang punya browser, bisa pakai cara ini. Pertama, di HP atau PC/laptop, buka situs "my.smartfren.com/check_nik.php" di browser yang Anda inginkan, baik itu Microsoft Edge, Mozilla Firefox, atau Google Chrome

Masukkan nomor NIK (nomor yang tertera di KTP) dan nomor Smartfren di kolom yang tersedia. Jika sudah, inputkan jawaban dari pertanyaan CAPCHA (3+3=6). Lalu, klik/ketuk Cek status.

cek status registrasi nomor smartfren_

Apabila sudah teregistrasi, maka akan langsung muncul informasi hasil pengecekan bahwa nomor telah registrasi seperti di bawah ini.

cek status registrasi nomor smartfren

2. Cek Status Registrasi Via SMS

Tidak ada akses ke internet? Tidak masalah. Anda juga bisa melakukan pengecekan status registrasi via SMS. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Messages.
  2. Ketuk tanda "+" di pojok kanan bawah untuk mulai mengirimkan pesan. Tanda ini berbeda-beda ya setiap HP, bisa tanda "+" bisa juga tulisan "Start Chat".
  3. Ketikkan angka "4444" pada kolom "To:", lalu ketuk pada tulisan "Send to 4444".
  4. Setelah itu ketikkan "CEK" tanpa tanda kutip pada isi pesan, kemudian kirim.
cek status registrasi smartfren

Selanjutnya akan muncul informasi bahwa nomor Smartfren Anda sudah terdaftar sebelumnya dengan informasi NIK dan KK yang sebagiannya sudah disensor.

Mudah sekali, bukan? Sekarang Anda sudah bisa mengecek nomor Smartfren, mengetahui masa aktifnya, serta mengecek status registrasinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram