carisinyal web banner retina

4 Cara Cek Sisa Kuota Internet di Kartu Smartfren

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Bingung cara mengecek sisa kuota internet di kartu Smartfren? Pastinya bikin bete, ya. Apalagi kalau harus segera isi demi kelancaran acara di keesokan harinya. Pasti harus dipastikan kuota internet cukup agar aktivitas tidak terganggu.

Tenang saja, cara cek sisa kuota internet di Smartfren sangat simpel, kok! Malahan, caranya pun ada bermacam-macam supaya Anda punya keleluasaan untuk mencoba-coba apabila tidak berhasil pakai salah satu cara. Simak langkah-langkah praktisnya berikut ini!

Cek Cek Sisa Kuota Melalui Kode Dial

Cara paling mudah adalah melalui kode dial. Caranya tidak berbeda dengan saat Anda berusaha menelepon seseorang. Yuk ikuti langkah-langkah ini!

  1. Buka aplikasi Phone di ponsel Anda.
  2. Anda hanya perlu menekan tombol *995# pada aplikasi Phone, lalu ketuk tombol Call.
  3. Lalu akan muncul jendela pop-up berisikan informasi kuota internet.
cek smartfren 5_

Gambar di atas menunjukkan bahwa saya memiliki kuota Unlimited Harian 700 MB dengan total 19,6 GB. Bahkan tertera juga tanggal tenggat waktunya.

Mudah, bukan? Anda bisa lakukan cara ini kapan pun dan di mana pun selama ada sinyal yang cukup kuat. Cara ini juga tidak makan kuota internet sama sekali, pas buat Anda yang memang sudah berspekulasi kalau kuotanya memang sudah habis.

Cek Sisa Kuota Melalui SMS

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 995 dan 999. Usahakan untuk memiliki sinyal yang kuat sebelum lakukan metode ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi "Messages" atau "Pesan" di ponsel Anda.
  2. Tap tanda "plus" untuk mengirimkan pesan baru.
  3. Ketik angka 995, lalu pilih Send to 995.
  4. Ketik pesan "CEK" tanpa tanda kutip lalu kirim pesan.
cek smartfren 9 10_

Setelah itu, tinggal menunggu datangnya SMS berisikan paket kuota internet Anda. Mengingat saya berlangganan internet unlimited, informasi yang tertera adalah jenis paket internet dan masa durasinya.

Cara cek sisa kuota Smartfren melalui SMS tidak akan menguras kuota maupun pulsa sama sekali. Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan apabila cara kode dial tidak berhasil. Keuntungan pakai cara ini, hasil temuan bisa diakses kapan saja karena tersimpan di dalam inbox.

Cek Sisa Kuota Melalui Aplikasi MySmartfren

Jika Anda sedang terhubung ke Wi-Fi, ini adalah cara yang tepat dan paling menyenangkan untuk mengecek sisa kuota Anda. Sebab, dengan menggunakan aplikasi MySmartfren, Anda tak hanya bisa cek sisa kuota melainkan juga mengisinya via aplikasi tersebut. Simak langkah-langkah berikut ini!

1. Instal aplikasi MySmartfren

cek smartfren 12_

Unduh dan instal aplikasi MySmartfren pada laman Google Play Store (Android) atau App Store (Apple). Tekan tombol Install untuk mulai mengunduh.

2. Masuk atau daftar akun

cek smartfren 13_

Pilih tombol Masuk untuk melakukan log in. Jika sudah punya akun, tinggal lakukan log in dengan memasukkan nomor Smartfren atau email yang digunakan saat mendaftar.

Untuk yang baru pertama kali pakai aplikasi MySmart, buatlah akun terlebih dahulu dengan tap pada tulisan Daftar. Masukkan informasi yang diminta hingga berhasil mendaftar.

Setelahnya akan muncul kode OTP (one time password) yang tidak boleh Anda bagikan kepada siapa pun. Tanpa perlu menyalin, kode OTP akan langsung terdeteksi dan terinputkan secara otomatis. Hal ini juga akan langsung membawa Anda masuk ke dalam antarmuka aplikasi.

3. Cek sisa kuota

cek smartfren 15_

Nah, Anda pun kini bisa melihat sisa kuota di kartu Smartfren Anda. Berdasarkan informasi di gambar, saya memiliki sisa kuota 697,64 MB dalam bentuk batas harian.

Cara ini memang agak ribet di awal. Tapi begitu Anda sudah punya aplikasi dan akunnya, Anda tinggal perlu buka aplikasi setiap ingin cek sisa kuota.

Antarmukanya yang enak dilihat juga jadi benefit yang bisa Anda rasakan. Sayangnya, jika kuota Anda benar-benar habis, cara ini tidak bisa dilakukan lantaran memerlukan akses internet untuk membukanya.

Cek Sisa Kuota Melalui Situs Resmi

Cara ini agak-agak mirip dengan via aplikasi MySmartfren. Bedanya, Anda tidak perlu instal aplikasi apa pun di ponsel Anda. Cara ini juga bisa dilakukan via PC, namun Anda tetap memegang HP di tangan untuk menerima kode OTP.60 Yuk simak!

1. Masuk ke situs Smartfren

cek kuota smartfren

Buka browser (bisa di PC atau HP), ketikkan alamat situs "my.smartfren.com" pada address bar lalu tekan Enter di keyboard.

Masukkan nomor Smartfren Anda pada kolom isian yang tersedia. Jika lupa dengan nomornya, bisa masukkan alamat email. Lalu, klik atau ketuk tombol Selanjutnya.

2. Masukkan kode verifikasi

cek kuota smartfren

Cek SMS yang masuk ke HP Anda dengan cara buka aplikasi Messages. Cari SMS dari "mySF Verify", lalu ketikkan enam kode OTP di dalamnya di laman browser. Ingat, jangan berikan kode ini ke siapa pun selain ke situs dan aplikasi resmi Smartfren.

3. Cek sisa kuota

ilustrasi cek pulsa di aplikasi mysmartfren

Scroll ke bawah sedikit, dan Anda dapat melihat informasi sisa kuota internet yang tersedia.

Kini setelah Anda tahu cara-cara yang tepat untuk mengecek sisa kuota di kartu Smartfren, tidak ada alasan lagi untuk tidak balas chat-an doi. Artikel ini juga sudah mengantisipasi setiap skenario yang mungkin terjadi.

Tidak ada akses internet? Bisa pakai cara kode dial dan SMS. Sulit sinyal seluler tapi terhubung ke Wi-Fi? Bisa pakai MySmartfren. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram