Cara Melacak HP yang Hilang untuk Android dan iPhone

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Adakah cara untuk melacak HP yang hilang? Barangkali pertanyaan tersebut terbesit di benak Anda ketika Anda menemukan fakta kalau HP Anda ternyata hilang. Atau Anda ketakutan jika suatu saat HP Anda hilang dan bingung cara menemukannya.

Nah, kabar baiknya, Anda tidak perlu bingung lagi ketika HP Anda hilang. Ada cara tertentu untuk melacak HP Anda yang hilang sehingga Anda bisa menemukannya lebih mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

YouTube video

Cara Melacak HP yang Hilang Semua Merek Android

Cara melacak HP yang hilang di Android untuk semua merek adalah dengan menggunakan layanan dari Google dan aplikasi pihak ketiga. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menggunakan Akun Gmail dan Google Maps

cara membuat email baru gmail

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mengunjungi situs Android Device Manager di tautan google.com/android/devicemanager. Anda juga bisa memakai tautaun  https://www.google.com/android/find.

Untuk membuka kedua layanan tersebut, Anda bisa membukanya di laptop atau tablet. Setelah mengunjungi situs tersebut, Anda akan diminta untuk masuk menggunakan akun Gmail yang terhubung dengan HP Anda yang hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang Find Device

Jika sudah masuk, akan muncul informasi posisi dari HP Anda yang hilang seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Cara Melacak HP yang Hilang Find Device

Dengan layanan ini, Anda bisa membunyikan ponsel Anda dengan memilih fitur "putar suara". Tujuannya supaya Anda tahu posisi HP Anda yang hilang. Siapa tahu HP Anda tersembunyi di bawah kasur misalnya. Jika dibunyikan, Anda tentu bisa mendatangi sumber suara.

Anda juga bisa memilih untuk mengunci HP Anda dengan memilih opsi "Amankan Perangkat". Tujuannya, jika ada yang menemukan ponsel Anda, orang tersebut tidak dapat membuka apapun. Selain itu, Ada juga opsi untuk menghapus semua konten yang Anda miliki, yakni "Hapus Perangkat" atau dalam setelan bahasa Inggris "Erase".

Oh yah, jika GPS atau "location" di HP Anda tidak dihidupkan, maka tidak akan muncul pemberitahuan lokasi HP Anda Namun, Anda dapat menghapus atau melakukan reset pada HP Anda dengan memilih opsi "Hapus Perangkat".

Dengan memilih opsi "Hapus Perangkat", HP Anda bisa kembali ke setelan pabrik. Biasanya setelan pabrik sebuah ponsel, GPS selalu nyala. Nah, ketika sudah kembali ke posisi setelan pabrik dan GPS HP Anda menyala, Anda bisa langsung mencari posisi ponsel Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Find My Device

Google Find My Device

Selain menggunakan cara pertama, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pelacak HP hilang yang dinamakan Google Find My Device atau dalam bahasa Indonesia "Google Temukan Perangkat Saya". Jika seandainya HP Anda hilang, Anda bisa meminta tolong teman Anda yang memiliki HP Android untuk menginstal aplikasi Find My Device. Untuk penggunaan aplikasi ini, ikuti panduannya berikut ini.

  • Silakan unduh Google Find My Device di sini.

Google Find My Device

  • Setelah mengunduh aplikasi Find My Device, selanjutnya Anda buka aplikasi tersebut.
  • Silakan masuk menggunakan akun Gmail yang terhubung dengan HP Anda yang hilang.

Google Find My Device

  • Setelah masuk, Anda bisa menemukan perangkat ponsel Anda.

Google Find My Device

 

Ada tiga fitur Find My Device yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih "Putar Suara" untuk membunyikan ponsel. Ada juga fitur "Amankan Perangkat". Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke HP dan menuliskan nomor HP yang harus dihubungi jika ada orang yang menemukan HP hilang Anda.

Google Find My Device

Fitur ketiga adalah fitur "Hapus Perangkat". Fitur ini memungkinkan Anda menghapus semua data HP Anda yang hilang. Hanya saja Anda tidak dapat menemukan HP Anda jika Anda menghapus data secara permanen. Tujuan penghapusan tentu biar data Anda tidak disalahgunakan oleh orang yang menemukan HP Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lainnya untuk melacak HP yang hilang adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa menggunakan aplikasi yang diunduh dari Google PlayStore. Contohnya adalah dua aplikasi berikut ini.

  • Family Locator

aplikasi pelacak HP Android yang hilang Family Locator

Family Locator adalah aplikasi pelacak HP Android yang hilang. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengecek keberadaan HP keluarga Anda yang hilang dengan menggunakan fitur GPS. Jika HP Anda yang hilang, Anda bisa meminta keluarga Anda untuk melacak HP Anda yang hilang dengan menggunakan Family Locator.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menemukan HP Anda yang hilang. Selain itu, aplikasi ini juga tergolong mudah digunakan, baik oleh Anda maupun oleh anggota keluarga Anda. Yang perlu diingat, Anda dan keluarga harus memasang terlebih dahulu aplikasi Family Locator sebelum hilang. Tertarik? Silakan coba aplikasi ini di sini.

  • Find My Phone

Find My Phone

Aplikasi selanjutnya untuk melacak HP yang hilang adalah Find My Phone. Aplikasi ini bekerja sebagai aplikasi yang memberitahukan lokasi Anda dengan teman-teman Anda. Anda terlebih dahulu harus mendaftar di aplikasi ini sebelum menggunakannya.

Sesudah mendaftar, Anda dapat mengajak teman Anda untuk bergabung di aplikasi ini. Nantinya, teman Anda bakal melihat lokasi posisi HP Anda. Jika HP Anda suatu saat hilang, teman Anda bisa melacak lokasi ponsel Anda. Cukup menarik bukan? Silakan coba aplikasi Find My Phone dengan mengunduhnya terlebih dahulu di sini.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram