carisinyal web banner retina

Inilah 3 Cara Membeli Steam Wallet tanpa Kartu Kredit

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 25 Desember 2020

Steam merupakan platform paling utama untuk para gamer untuk membeli game PC. Banyak yang jadi kelebihan dari Steam, mulai dari kecepatan unduhan yang unggul, ketentuan refund policy yang fleksibel, koleksi gamenya yang masif, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, terkadang masih ada beberapa yang bingung tentang metode pembayaran di Steam. Umumnya, pengguna Steam di berbagai penjuru dunia menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Tapi, karena pengguna Steam banyak yang masih sekolah dan kuliah, metode kartu kredit rasanya kurang pas.

Untungnya masih ada metode pembayaran yang lebih praktis bernama Steam Wallet. Bagi yang suka berbelanja online, Steam Wallet ini mirip-mirip dengan Shopee Pay atau Gopay yang bisa di-topup dengan berbagai cara. Jika Anda belum tahu, berikut kami sajikan beberapa cara untuk mengisikan saldo Steam Wallet.

1. Melalui Minimarket

minimarket steam wallet

Dekat rumah Anda ada minimarket? Kenapa tidak manfaatkan saja? Ya, minimarket juga melayani pembayaran untuk Steam Wallet, dan cara ini sangat pas bagi Anda yang lebih suka membayar menggunakan uang tunai.

Akan tetapi, Anda harus menggunakan salah satu situs yang memang melayani jasa pengisian Steam Wallet. Situs seperti ini cukup banyak, Anda bebas memilih yang mana saja, caranya tetap sama, kok. Paling cuman navigasi dan harganya saja yang sedikit berbeda.

  1. Daftar dan masuk ke salah satu dari situs penjual Steam Wallet, seperti UniPin, DigiCodes, atau CodaShop.
  2. Jika perlu, lakukan verifikasi email terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.
  3. Masuk ke menu pembelian voucher dan cari pilihan untuk Steam Wallet.
  4. Lalu, pilih nominal harga Steam Wallet yang ingin dibeli. Jangan kaget kalau harga dengan nominal aslinya beda harga, karena pembelian Steam Wallet memang dikenai pajak. Beberapa situs akan memiliki navigasi yang berbeda, seperti Digicodes yang membutuhkan Anda untuk melakukan Add to cart dan melakukan checkout.
  5. Pilih metode pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart.
  6. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi beberapa informasi pribadi seperti nomor ponsel atau email. Masukkan saja sesuai yang diminta.
  7. Masing-masing situs akan memberikan Merchant ID yang perlu diinformasikan ke kasir minimarket. DigiCode punya Merchant ID bernama PLASMALL. Sedangkan untuk UniPin dan CodaShop, tinggal sebutkan saja nama masing-masing situs ke kasirnya.
  8. Jangan lupa juga untuk sebutkan kode pembelian yang telah dikirimkan ke email masing-masing.
  9. Bayar ke kasir sesuai dengan nominal dan tambahan biaya adminnya.
  10. Terima struk dari kasir yang berisikan kode Steam Wallet dan simpan baik-baik.
  11. Ucapkan terima kasih ke kasir dan pulang ke rumah.

Nah kalau sudah punya kode Steam Wallet, tinggal buka aplikasi Steam di PC atau laptop, pilih menu Games dan klik Redeem Steam Wallet Code. Masukkan nomor Steam Wallet dan klik Continue. Lihat berapa jumlah Steam Wallet Anda sekarang, kalau sudah bertambah itu artinya sudah berhasil.

2. Melalui Transfer Bank

mbca steam wallet

Baik itu transfer ATM ataupun mobile banking, cara ini cocok apabila Anda tidak memiliki uang tunai yang cukup. Ditambah lagi, tidak ada biaya administrasi seperti saat melalui minimarket. Kalau pakai mobile banking, tidak perlu keluar rumah pula.

Sebagai contoh, kami akan memberikan tutorial untuk membeli Steam Wallet melalui BCA. Beberapa langkah awalnya tetap sama, melalui situs seperti UniPin, DigiCodes, atau CodaShop.

  1. Masuk ke situs pembelian Steam Wallet.
  2. Pilih menu Steam Wallet dan tentukan nominal yang ingin dibeli.
  3. Pilih metode pembayaran Virtual Account.
  4. Pilih nama bank yang diinginkan.
  5. Masukkan email.
  6. Lalu Anda akan menemukan kode Virtual Account.
  7. Anda perlu memasukkan kode Virtual Account, baik itu melalui transfer ATM maupun mobile banking.
    • Kalau lewat ATM, masukkan PIN sebanyak 6 digit yang Anda punya, lalu pilih menu Transaksi Lainnya -> Transfer -> Ke Rekening BCA Virtual Account. Masukkan kode pembayaran dan pilih Benar beberapa kali.
    • Melalui mobile banking, bukalah aplikasi m-BCA. Masukkan kode akses, pilih m-Transfer > BCA Virtual Account. Masukkan kode Virtual Account dan cek nominal yang muncul apakah sesuai dengan nominal total belanja. Masukkan kode PIN ATM dan tunggu hingga muncul konfirmasi bahwa transaksi sudah berhasil.
  8. Kode Steam Wallet akan dikirimkan ke email. Masukkan kode tersebut melalui aplikasi Steam -> Game -> Redeem a wallet code, dan selesai.

3. Melalui OVO/GoPay/DANA

ovo steam wallet

Ada satu cara lagi yang cukup populer di masa sekarang, yakni menggunakan saldo OVO, GoPay, atau DANA. Tentunya, pastikan kalau Anda sudah punya saldo yang mencukupi di salah satu sistem pembayaran ini.

  1. Masuk ke salah satu situs pembelian Steam Wallet seperti UniPin, DigiCodes, dan CodaShop.
  2. Pilih menu Steam Wallet dan tentukan nominal yang ingin dibeli.
  3. Pilih metode pembayaran OVO, Gopay, atau DANA.
  4. Ikuti langkah-langkah berikut untuk masing-masing sistem pembayaran.
    • OVO. Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di OVO, klik tombol selanjutnya. Kemudian, proses akan berlanjut ke aplikasi OVO di ponsel Anda. Buka aplikasi OVO, dan temukan perintah untuk melakukan pembayaran melalui notifikasi (tekan simbol bel). Dan ikuti petunjuk pada layar ponsel hingga ada konfirmasi transaksi berhasil.
    • Gopay. Berbeda dengan OVO, Anda diharuskan untuk memindai barcode menggunakan kamera ponsel pada aplikasi Gojek. Jadi, pilih menu Gopay pada layar PC, masukkan nomor yang terdaftar di Gojek, dan barcode akan muncul di PC. Buka aplikasi Gojek, tap pada pilihan Pay, dan arahkan kamera ke barcode. Nominal harga akan muncul di ponsel, pilih Gopay sebagai metode pembayaran. Lanjutkan hingga pembayaran berhasil.
    • DANA. Pilih DANA sebagai metode pembayaran, dan tab baru akan muncul. Lanjutkan pembayaran pada tab baru ini dengan cara klik Choose payment method dan pilih DANA Balance. Lanjutkan proses hingga transaksi berhasil.
  5. Seperti pada metode sebelumnya, Anda pun akan menemukan kode Steam Wallet di email Anda.
  6. Masukkan kode tersebut di aplikasi Steam melalui menu Games -> Redeem a Steam wallet code.

Nah, sekarang Anda sudah tahu mengenai tata cara pembayaran yang bisa dilakukan untuk mendapatkan saldo Steam Wallet. Tanpa memiliki kartu kredit, siapapun bisa mengisi Steam Wallet dengan mudah dan tanpa hambatan. Jangan lupa juga kunjungi artikel cara melakukan refund game di Steam jika Anda salah beli.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram