11 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di PC

Ditulis oleh Jihan Fauziah

PERHATIAN

product placement easeus no 1 sampai dengan 8 juni 2022

Seringkali kita menjadi marah dan panik ketika data penting yang ada di komputer terhapus secara tidak sengaja. Padahal cara mengembalikan file yang terhapus tersebut tidaklah terlalu sulit. Pasalnya saat ini sudah terdapat banyak software yang dapat mengembalikan data yang terhapus secara otomatis.

Namun sebelum Anda menggunakan berbagai program tersebut, terdapat beberapa persyaratan yang wajib untuk Anda penuhi. Persyaratan ini akan menjamin file yang sudah terhapus tersebut akan kembali dalam kondisi baik. Berikut adalah beberapa syaratnya:

  • Jangan menambah data baru di drive tempat data tersebut di hapus.
  • Jangan menginstal program apapun di drive tersebut.
  • Jangan menyimpan file yang telah direcover ke drive tersebut.

Ketika syarat tersebut sangatlah penting agar file yang ingin dikembalikan tersebut bisa kembali dengan selamat. Pasalnya jika kita menyimpan data baru di drive tersebut, maka dikhawatirkan file yang terhapus tersebut akan ‘tertimpa’ oleh file baru sehingga menjadi rusak dan bahkan tidak bisa dikembalikan sama sekali.

11 Aplikasi File Recovery Terbaik

Nah, setelah Anda memenuhi syarat di atas, kini saatnya Anda memilih aplikasi file recovery terbaik yang dapat mengembalikan data Anda. Beberapa aplikasi ini memiliki kelebihan untuk jenis file tertentu. Pastikan Anda memilih aplikasi yang benar-benar cocok untuk kebutuhan.

1. EaseUS Data Recovery

easeus (Copy)

Software yang bisa Anda andalkan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah EaseUS Data Recovery Wizard. EaseUS Data Recovery tidak hanya bisa memulihkan data yang hilang di PC atau laptop saja, namun juga di perangkat removable lainnya.

Selain mampu mencari file yang terhapus, EaseUS Data Recovery Wizard ini juga mampu untuk melakukan backup data-data yang ada pada PC Anda. Bahkan, Anda juga bisa mengembalikan e-mail yang sudah terhapus dengan menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard.

Software ini juga dilengkapi dengan fitur scanning yang fleksible, dan mampu memulihkan lebih dari 1000 tipe format file mulai dari gambar, video, audio, dokumen, dan format file yang lainnya.

Dengan kapasitas recovery data yang mencapai hingga 2 GB, Anda bisa menginstall aplikasi ini di Windows 10/8.1/8/7/Vista/XP. Dan untuk kapasitas recovery unlimited, Anda bisa mengunduh versi pro atau pro+ WIN PE dari software ini.

Jadi jika sewaktu-waktu file penting Anda hilang akibat terhapus, terformat, partisi rusak, virus, dan lain-lain, Anda hanya perlu mengingat bahwa ada software EaseUS Data Recovery yang mumpuni.

2. Recuva

cara mengembalikan file yang terhapus recuva

Recuva juga merupakan aplikasi yang cocok bagi pemula karen menyediakan wizard yang akan membimbing selama proses pengembalian file. Berbagai format disk juga sudah didukungnya, seperti FAT, exFAT, dan NTFS. Aplikasi ini juga akan memberikan preview untuk file berjenis gambar.

Recuva menyediakan fitur Advanced Mode untuk proses pencarian yang lebih detail meskipun sedikit lebih lambat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghapus file secara permanen jika di dalamnya terdapat data yang penting. Menariknya, Recuva juga tersedia dalam versi portable sehingga Anda tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.

3. Disk Drill

Disk-Drill-Cover

Disk Drill merupakan aplikasi file recovery terbaik yang bisa Anda coba. Aplikasi ini dapat menyelamatkan file yang terhapus karena berbagai alasan, mulai dari kerusakan partisi, listrik yang mati secara tiba-tiba, serangan virus, kerusakan sistem, hingga hal sepele seperti menghapus Recycle Bin secara tidak sengaja.

Disk Drill mendukung berbagai system penyimpanan seperti NTFS, FAT32, EXT, HFS+, dan masih banyak lagi. Tidak hanya hard disk yang ada di dalam PC saja, Anda juga bisa melakukan recovery dari perangkat eksternal semacam flashdisk, SD card, ataupun hard disk eksternal.

Fitur menarik lainnya yang terdapat pada aplikasi ini adalah Recovery Vault. Fitur ini akan menyimpan database dari berbagai file yang Anda hapus sehingga Anda bisa mengembalikan file tersebut dengan mudah jika membutuhkannya kembali. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika tidak sengaja menghapus file yang sangat penting.

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, rasanya Disk Drill ini menjadi aplikasi file recovery yang tidak boleh Anda lewatkan. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis untuk keperluan pemindaian di bawah 500 MB.Jika tertarik, Anda bisa langsung mengunduhnya melalui link ini.

4. Stellar Phoenix

Stellar Pheoenix
*

Salah satu cara mengembalikan file yang terhapus dengan mudah adalah menggunakan aplikasi Stellar Phoenix. Aplikasi ini dapat mengembalikan data yang terhapus dari satu folder secara sekaligus ataupun mengembalikan file tertentu saja. Tidak hanya mengembalikan data dari hard disk, Stellar Phoenix juga dapat mengembalikan dari USB drive, CD, DVD, dan SD card.

Stellar Phoenix dapat mengembalikan file berjenis dokumen, gambar, musik, dan video. File arsip semacam ZIP dan database juga bisa dikembalikan dengan baik. Untuk versi Pro-nya, Anda juga bisa melakukan kloning hard disk untuk melakukan proses pengembalian data secara lebih aman.

5. R-Studio

cara mengembalikan file yang terhapus r-studio

Haram hukumnya melewatkan R-studio jika kita sedang membicarakan aplikasi file recovery terbaik. Ya, R-Studio merupakan aplikasi yang sangat mumpuni dan cocok untuk digunakan oleh siapa saja. Anda dapat melakukan pencarian file secara sederhana ataupun secara kompleks layaknya para ahli komputer.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram