carisinyal web banner retina

Ketahui 2 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Samsung

Ditulis oleh Jihan Fauziah

HP Samsung menawarkan berbagai fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu fitur yang bermanfaat adalah kemampuan untuk menggandakan aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memisahkan keperluan pribadi dan profesional dalam satu perangkat. 

Dalam artikel in, sayai akan membahas beberapa cara untuk menggandakan aplikasi di HP Samsung. Yuk, simak sampai habis!

1. Menggunakan Dual Messenger

samsung galaxy a14 5g cover

HP Samsung menyediakan fitur bawaan yang disebut Dual Messenger. Ini bisa membantu Anda untuk menggandakan beberapa aplikasi, tidak terkecuali aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. Begini cara mengakifkan Dual Messenger.

  • Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  • Cari dan pilih opsi "Dual Messenger".
dual-messenger-samsung-1-
  • Di opsi ini, masuk lagi ke menu “Dual Messenger”.
dual-messenger-2-
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda gandakan dari daftar yang tersedia. Sebagai contoh, saya pilih WhatsApp.
  • Geser toggle dari kiri ke kanan untuk mengaktifkan Dual Messenger-nya.
dual-messenger-3-
  • Tekan “Install”.  Tunggu sampai WhatsApp diduplikasi oleh Dual Messenger.
dual-messenger-7-
  • Kalau mau pakai daftar kontak terpisah di aplikasi, geser toggle opsi  “Use separate contact list” ke arah kanan untuk mengaktifkannya.
dual-messenger-4-

Nah, kalau sudah selesai, WhatsApp versi ganda ini akan ada di daftar aplikasi HP. Silakan atur dan gunakan seperti biasa.

dual-messenger-5-

2. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Selain opsi bawaan, ada juga aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu menggandakan aplikasi di HP Samsung. Sebagai contoh, saya pakai Parallel App. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

  • Unduh dan install Parallel App via Google Play Store.
  • Di beranda aplikasi, tekan tombol “+” untuk menambahkan aplikasi yang ingin digandakan. Atau, Anda bisa pilih dari daftar yang sudah tersedia.
parallel-app-1-
  • Sebagai contoh, saya akan menggandakan aplikasi Snapchat. Tekan tombol “Add” di sebelah nama aplikasi untuk menggandakannya.
parallel-app-2-
  • Nah, aplikasi yang telah digandakan akan muncul di beranda Parallel App.
parallel-app-3-

Parallel App sangat amat mudah untuk digunakan. Dalam hitungan detik saja, aplikasi sudah bisa digandakan. Terlebih lagi, aplikasi satu ini dapat digunakan dengan gratis. Tapi, ada pembelian untuk layanan premium dengan fitur eksklusif. Salah satunya adalah fitur “Private Space” yang menyediakan kunci aplikasi.

Menggandakan aplikasi di HP Samsung adalah cara yang berguna untuk memaksimalkan potensi penggunaan perangkat Anda. Dengan langkah-langkah dan cara yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan cepat mengaktifkan fitur ini dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram